Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

Karena Bagian kedua sudah mencapai 100 comments, maka post itu saya tutup dan kita mulai Tanya Jawab Kura-Kura RES bagian ketiga 🙂

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Pertama

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Kedua

Sebelum bertanya,

….ada baiknya membaca tulisan2 saya sebelumnya… mungkin saja pertanyaan anda sudah terjawab di sana. Dan silakan bertanya di tulisan tersebut jika masalahnya berhubungan dgn topik pebicaraannya

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara Melatih Kura-Kura

Saya ucapkan banyak terimakasih telah mempercayakan saya dengan kura-kura anda…tapi PERLU diingat bahwa saya BUKAN dokter hewan dan saya pun masih belajar dalam merawat kura-kura saya. Marilah kita sama-sama belajar disini :)

Pertanyaan yang paling sering ditanya:

*****************

Hal2 yang berhubungan dengan RI(Respiratory infection):

Ga mau makan, Mengeluarkan bunyi saat bernafas, mulut membuka-menutup kayak ikan, dan kepala selalu diatas air saat berenang.

RI itu dapat menyebabkan kematian. Kalo ga mampu ke dokter bisa terapkan cara2 berikut (tapi ttp ja hrs ke Dokter kl ga ada peningkatan kesehatan):

  1. Menaikan suhu air dan udara disekitarnya  dengan lampu pemanas dan sering dijemur.
  2. Karantina, jangan satukan sama kura2 yg lain.
  3. Sering ganti airnya.
  4. Hindari udara dingin disekitar akuarium (udara dingin semacam AC) karena hal ini bisa menyerang paru2, kalo dah ke paru2 dah susah disembuhkan.

Salah seorang pembaca blog ini membagi pengalamannya dalam menyembuhkan RI dan mata bengkak/tak mau terbuka. Namanya Vika ini sedikit infonya:

oiy kak..sy pernah bca ttg obat tetes mata garamycin or gentamicin (kento) ternyata bs nembuhin RI n mata bengkak jg.. sy pernah praktekan ke Kuya..karna ga lama Kuy mati, Kuya kena jg..aku sampe stress mikirin Kuya..ga bs kerja..krna msh trauma ma Kuy..sambil berdoa mdh2an dikasih petunjuk ma Alloh..akhirnya dpet…alhamdullillah Kuya sembuh..tetesinnya di mata trs tetesin juga ke hidungnya… hehehe maaf ya ngomongnya byk kak…

Baca selengkapnya di>>SINI

Atau bisa juga mencoba cara dari Pompom’s World

***************

Baru beli dan ga mau makan serta selalu menghindar

Kemungkinan masih stres, beri waktu sebentar buat RES beradaptasi. Bayi kura-kura gampang stress dan kalau sudah stress dia akan susah makan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah: Menganti jenis makanan dan sering2 menjemur kura2nya.

Perlu diketahui: Saya SAMA SEKALI TIDAK TAHU cara membuat kura-kura yang mogok makan jadi mau makan karena saya, Alhamdulillah, belum pernah punya kura-kura yang stress.

***************

Karapas lunak

Kurang sinar matahari dan kalsium. Perawatan awalnya cuma perlu dikasih makan tulang sotong dan banyak-banyak dijemur. Beli Lampu UV kalo ga bisa sering menjemur si kura.

***************

Ga mau makan sayur

Kalau masih kecil bgt memang cenderung lebih carnivora atau lebih suka daging2an. Kalo sudah 8cm-an baru mulai dikenalkan dgn sayur2an. Kura2 tertentu bakal langsung suka sama sayur…contohnya kura2 sy yg bernama Kroten dan Papoe. Tapi ada juga yg susah makan sayur seperti Kame dan Kurome.

Mengingat sayuran sgt penting buat kura2…JADI mau ga mau saya harus sedikit tega. Contoh yg sy lakukan ke Kame, sy sayangnya setengah mati sama dia, ga tega liat dia ngerayu2 minta makan…TAPI demi kebaikannya SAYA HARUS TEGA.

Kame ga sy kasih makan apapun kecuali selada/sawi/kangkung selama hampir seminggu. Pada 3 hari pertama dia cicip dikit tp di lepeh…tapi sekitar seminggu karena lapar, pas sy pulang kerja, sayurnya dah habis :)

Jadi kunci mengajarkan kura2 makan sayur adalah TEGA!!

***************

Jangan lupa sekali-kali melihat-lihat blognya Kame, Kroten, Papoe n Kurome :)
Menggunakan bahasa Inggris karena ingin punya pembaca yang lebih mendunia, tapi banyak gambar kok jadi bahasa bukan kendala loh.

01 My babies

1,754 thoughts on “Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

  1. Kak umur kame sama panjangnya berapa ya kak terakhir kali?
    Sama panjang kroten berapa kak?
    Maaf ya kak kalau kebanyakan nanya wkwk

      1. kak ,klo kura kura umur 8blnan itu termasuk dewasa atau nggk ? Msih bisa di latih buat nurut Ama kita g ya ??
        Terimakasih:D

    1. Mau nanya min,, saya punya kura kura dewasa 8 tahun. Dan yang satu masih baby.. apa yang terjadi kalo keduanya saya gabung? Apakah baby akan dimakan?

  2. Kak di kerapas kura kura ku ada putih2 kayak kroten itu apa ya kak? Kura kura ku udah ngelupasin scute2 nya tetep aja tu putih2 ga ilang. Boleh minta email ga kak buat kirim fotonya?

  3. Jd gini kak ak baru beli hybrid res ama yb,
    Sekarang dia itu diem matanya bengkak mulutnya mangap mangap gitu dan kyk gak kuat angkat kepala nya sendiri gitu padahal jemur pun rutin

  4. Kak, kura-kura ku 13 tahun di aquarium, mau ganti kontainer kira2 bikin stres nggak ya, saya bimgung mau beli aquarium takut pecah lagi, tapi katanya karena terbiasa di aquarium yang transparan nanti di kontainer stres. Terima kasih.

    1. Dicoba aja dulu. Stress atau ganya saya juga kurang tau karena ga pernah pakai akuarium. Yang pasti stress itu adalah kalau dia pindah rumah, perjalanan pindahnya itu yang bikin stress…tapi cuma sebentar stressnya

      1. Jadi kalau ga bisa pake acriflavine pake apa kak? Trus kalau didiemin itu bisa datengin penyakit gak kak?
        Terima kasih

  5. gan kalo kura2 brazil di kasih makannya tiap hari? kalo menurut yg saya baca ngasih makannya 4-3x seminggu. itu gimana?

  6. gan saya kan punya kura-kura satu terus sekarang saya kasih satu lagi tapi malah bertengkar itu bisa menyebabkan mati atau lama kelamaan akur gan?

  7. Kaak, lampu buat kura res dan filter yang bagus yang bagaimana, kakak pakai yang mana, saya cari di toko ikan di kota saya cuma ada filter biasa yang besar, apa memang untuk kura-kura cukup filter biasa?. Lampu yang kakak pakai panjang itu apa lampu uv atau bukan. Kura2 saya 13 tahun tapi lebarnya hanya sekitar 12cm apa tidak bisa lebih besar lagi? Terima kasih.

    1. Komen kamu masuk ke spam nih, untung dicek dulu sebelum dikosongkan spamnya.

      Filter apa aja gapapa kok yang penting pakai filter.

      Untuk lampu saya pakai yang UVB, cukup banyak di online shop.

      Masih bisa lebih besar tapi ga selalu begitu

  8. Kak , aku beli kur res 2 yang satu sih nprmal aja sampe rumah , tapi yang satu lagi sepertinya dia stress, setelah 2 hari dia normal aja , tapi next day nya dia mulai diem muluk , renang ogah ogahan , sklinya renang keluar suarasuara , trus badan dia jadi ada kayak lendir sma kutil gitu di leher sma kaki tangannya ..

    Saya baca komen diatas kakak kasih burnazin , itu dikasih brp hari sekali ? Trus kalau mereka berdua saya pisah apa bagus? Atau malah menyebabkan strees lagi .
    Makasih kak mohon bantuannya

    1. Kutil?
      Burnazin itu untuk jamur di karapas kalau di kulit jangan pakai itu.

      Kura2 bayi yang baru dibeli itu memang rentan sakit. Sering2 dijemur aja

  9. Radang Paru2 Nular ga ya ?, soalnya baru ketauan 1 mangap2 aja kerjaannya sama tangan kakinya lemes bgt di pegang, trus ada 3 yang biasanya klo di cek kabur2an, skrg tidur2an terus, makannya masih mau. pertama beli blm dikasih lampu dkk, karena masih order, pas udah nyampe lampunya kerjaannya sering tidur, klo dipegang doang bangun, kira2 nular ga ya itu ?

  10. Maaf kak saya tadi lupa nambahin, kalo ga akur itu gimana ya? Soalnya kura kura saya sering tindih tindihan tapi kliatannya akur akur aja abisnya akuariumnya juga ga terlalu luas jadi mau gimana lagi makasihh kakk

    1. Iya memang kalau udah keseeingan dikasih daging2an dia aga susah dengan pelet dan sayur.

      Caranya kurangi hewaninya dan kasih pelet terus, lama2 pasti dimakan

  11. Jangan dipotong karena kalau krpanjangan sedikit aja motongnya bisa berdarah. Selain itu kura2 huga ga suka dipaksa potong kuku, pasti dia mau mengigit yg motong

  12. mengapa kita tidak boleh membantu pelepasan scute? kalau kita lakukan, apa efek sampingnya terhadap kura kura? terima kasih

  13. Cara ngobatin nya gimana ya?? Saya punya bayi kura” dia kayak cegukan.. Ngeluarin suara gluk sambil buka mulut.. Dia juga males makan gimana ya kak solusi nya?

  14. Ka, kura2 aku umurnya udah hampir 6 tahun, 1 bulan terakhir ini dia gak mau makan sama sekali dan gak seaktif dulu lagi. Kira2 kenapa ya kak, dan cara mengobatinya gimana?
    Oiya, dia mogok makan semenjak habis dua kali bertelur kak, dia bertelur tanpa dibuahi jantan. Mohon saran nya kak.

    1. Hi Cahya,

      Seperti yang saya tulis diatas, saya kurang mengerti juga bagaimana mengatasi kura2 yang tidak mau makan. Maaf ya.

      Iya, kura2 betina bisa bertelur tanpa jantan

    2. Sama kaya aku nih kasusnya. Kura-kuraku sampe kurus gara-gara gamau makan setelah bertelur. Belom lahap makan eh bertelur lagi. Bertelur setiap bulan apakah wajar?

  15. Nov sy mau tanya nih obat flu untuk kura2 res ukuran 3-4 cm apa ya selain teramycin, soalnya di tempatku (papua) g ada yg jual .

    Oh ya untuk kandang.nya sy mlihara indoor, pke heater+lampu bohlam 24w untuk tempat berjemurnya.

    1. Hi richywu,

      Kura2 saya ga pernah flu jadi saya juga kurang tau obat flu kura2 apa. Teramycin itu adalah sharingan pemilik kura2 lain.

      Heater dan bohlam itu cuma pemanas, dia butuh UYB yang khusus lampunya sebagai penganti sinar matahari

  16. Halo kak, kura – kura ku bertelor mulu tiap bulan, apakah itu hal yang wajar? Oia dia ga punya pasangan kak, jadi telornya bakal infertil kan.

  17. Kak, aku baru pelihara RES yg baru 4cm.. Dia kalo tidur suka di atas basking area, tapi udah 2 malem dia tidur di air.. Tapi aktif sama mau makan kok. Dia gapapa kan kak? Apa harus dipindah aja ke tempat kering kalo udah malem kak? Makasih sebelumnya 🙂

    1. Saya cuma disikat aja…tapi karena pasta gigi aman buat manusia, mungkin juga aman buat kura.
      Saya pakai pasta gigi cuma kalau habis ngolesin obat ke cangkang kura

  18. Kak kura kura ku namanya koro. Koro kan gapernah mau ke air terus aku pernah celupin gitu ke air eh ada putih2 keluar dari mulutnya. Seperti ingus anak kecil itu kenapa ya? Dia pilek atau ri?
    Terus dia kalau di basking area tidurrr terus. Besok pagi kalau dijemur baru bangun dan makan. Jadinya biar dia makan saya jemur setiap pagi. Abis di jemut dia bakalan tidur lagi sampe besok paginya. Koro ini memanh jenis pemalas kah?

  19. Hii nov… Salken.. Mau nnya masih mungkin kah melatih kura2 yg kita beli ketika umurny sudah besar.. ? Diameterny kira2 sudah 12-13 cm.. Blm pernah d latih sebelumny.
    Pingin c melepas kura2 d luar kandang ny.. Tp sy keberatan kalau kura2 ny pup sembarangny.. Bagaimana melatihny agar tdk pup sembarangan ketika d luar kandang? Thx

    1. Kura ku dl bisa.. biasa aku taruh dl dikamar mandi kl sore sampai mereka puas pup sm pipis dl.. abis itu aku mandiin pake sabun baby.. selesai mandi mereka bisa masuk ke kamar tidur ke tempat biasa mereka tidur.. kalau aku matiin lampu baru pada tidur.. kl lampu masih nyala ga ada yg tidur.. yg satu pagi2 kl sdh bangun ga lama pasti pup sm pipis.. tp yg satu lagi bisa smp siang

  20. Kak kura kura ku nda tau jenis apa tapu katanya yg jual cst soalnya galak banget, itu kalo saya taruh di air yang lebih dalam dari carapace nya dia kok kaya panik giru ya kak? Gimana cara ngelatih dia supaya dia bisa ditaruh di air dalam? Mksh..

  21. Assalamualaikum Hallo gan, maaf sebelumnya saya ingin bertanya, dikura2 saya ada bercak putih dan seperti kutil coklat pada tubuhnya malah sudah ada yg pecahh kutil itu, tapi untuk bagian kerapasnya tidak bermasalah. Bagaimana mengatasi dan mengobatinya ya gan???? Terimakasi sebelumnya👌👌

  22. Kak kura” saya itu ada 3 terus yang 2 itu sering banget berantem itu cara biar gk berantem lagi gimana ya kak?

  23. kak kura” aku baru aja datang seminggu.. dia gak mau makan… dan kepala nya ke atas terus itu knp ya? jenis nya kura” mse, di jemur klo pagi sekitar sejam … tapi tetep gak mau makan.. apa krn stress ya? dia berusaha keluar terus dr bak nya

    1. si jantan selalu gigit kaki depan si betina dan gamau di lepas itu mengapa, dan boleh minta solusinya agar tidak terjadi hal hal seperti itu lagi? soalnya kasian kura kura yg betina, mohon jawabannya ya hehe

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s