Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

Karena Bagian kedua sudah mencapai 100 comments, maka post itu saya tutup dan kita mulai Tanya Jawab Kura-Kura RES bagian ketiga🙂

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Pertama

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Kedua

Sebelum bertanya,

….ada baiknya membaca tulisan2 saya sebelumnya… mungkin saja pertanyaan anda sudah terjawab di sana. Dan silakan bertanya di tulisan tersebut jika masalahnya berhubungan dgn topik pebicaraannya

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara Melatih Kura-Kura

Saya ucapkan banyak terimakasih telah mempercayakan saya dengan kura-kura anda…tapi PERLU diingat bahwa saya BUKAN dokter hewan dan saya pun masih belajar dalam merawat kura-kura saya. Marilah kita sama-sama belajar disini :)

Pertanyaan yang paling sering ditanya:

*****************

Hal2 yang berhubungan dengan RI(Respiratory infection):

Ga mau makan, Mengeluarkan bunyi saat bernafas, mulut membuka-menutup kayak ikan, dan kepala selalu diatas air saat berenang.

RI itu dapat menyebabkan kematian. Kalo ga mampu ke dokter bisa terapkan cara2 berikut (tapi ttp ja hrs ke Dokter kl ga ada peningkatan kesehatan):

  1. Menaikan suhu air dan udara disekitarnya  dengan lampu pemanas dan sering dijemur.
  2. Karantina, jangan satukan sama kura2 yg lain.
  3. Sering ganti airnya.
  4. Hindari udara dingin disekitar akuarium (udara dingin semacam AC) karena hal ini bisa menyerang paru2, kalo dah ke paru2 dah susah disembuhkan.

Salah seorang pembaca blog ini membagi pengalamannya dalam menyembuhkan RI dan mata bengkak/tak mau terbuka. Namanya Vika ini sedikit infonya:

oiy kak..sy pernah bca ttg obat tetes mata garamycin or gentamicin (kento) ternyata bs nembuhin RI n mata bengkak jg.. sy pernah praktekan ke Kuya..karna ga lama Kuy mati, Kuya kena jg..aku sampe stress mikirin Kuya..ga bs kerja..krna msh trauma ma Kuy..sambil berdoa mdh2an dikasih petunjuk ma Alloh..akhirnya dpet…alhamdullillah Kuya sembuh..tetesinnya di mata trs tetesin juga ke hidungnya… hehehe maaf ya ngomongnya byk kak…

Baca selengkapnya di>>SINI

Atau bisa juga mencoba cara dari Pompom’s World

***************

Baru beli dan ga mau makan serta selalu menghindar

Kemungkinan masih stres, beri waktu sebentar buat RES beradaptasi. Bayi kura-kura gampang stress dan kalau sudah stress dia akan susah makan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah: Menganti jenis makanan dan sering2 menjemur kura2nya.

Perlu diketahui: Saya SAMA SEKALI TIDAK TAHU cara membuat kura-kura yang mogok makan jadi mau makan karena saya, Alhamdulillah, belum pernah punya kura-kura yang stress.

***************

Karapas lunak

Kurang sinar matahari dan kalsium. Perawatan awalnya cuma perlu dikasih makan tulang sotong dan banyak-banyak dijemur. Beli Lampu UV kalo ga bisa sering menjemur si kura.

***************

Ga mau makan sayur

Kalau masih kecil bgt memang cenderung lebih carnivora atau lebih suka daging2an. Kalo sudah 8cm-an baru mulai dikenalkan dgn sayur2an. Kura2 tertentu bakal langsung suka sama sayur…contohnya kura2 sy yg bernama Kroten dan Papoe. Tapi ada juga yg susah makan sayur seperti Kame dan Kurome.

Mengingat sayuran sgt penting buat kura2…JADI mau ga mau saya harus sedikit tega. Contoh yg sy lakukan ke Kame, sy sayangnya setengah mati sama dia, ga tega liat dia ngerayu2 minta makan…TAPI demi kebaikannya SAYA HARUS TEGA.

Kame ga sy kasih makan apapun kecuali selada/sawi/kangkung selama hampir seminggu. Pada 3 hari pertama dia cicip dikit tp di lepeh…tapi sekitar seminggu karena lapar, pas sy pulang kerja, sayurnya dah habis :)

Jadi kunci mengajarkan kura2 makan sayur adalah TEGA!!

***************

Jangan lupa sekali-kali melihat-lihat blognya Kame, Kroten, Papoe n Kurome :)
Menggunakan bahasa Inggris karena ingin punya pembaca yang lebih mendunia, tapi banyak gambar kok jadi bahasa bukan kendala loh.

01 My babies

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

1,635 comments on “Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

  1. hosea
    March 18, 2016

    kak kura2 ku tu gamau makan ,lemes gitu wadahnya tak goyang cuman diem aja padahal matanya melek kadang merem gitu kenapa kak .kayak kaku gitu

    • Novroz
      March 19, 2016

      Sepertinya aga sakit. Coba sering2 dijemur

  2. Uti
    March 18, 2016

    Kak aku baru beli bayi kura kura brazil, nah rencana 5 hari lagi aku mau pergi, perjalanan kurang lebih 8 jam dan menggunakan mobil AC itu gmn ya kak supaya bayi kura kura nya tetap aman

    • Novroz
      March 19, 2016

      Maksudnya kura2mya mau dibawa?
      Kalau bawa kura2 kontainernya harus kering supaya dia ga terlalu terguncang2 dan siap2 untuk jadi stress karena kura2 ga begitu suka dipindahkan

  3. hosea
    March 19, 2016

    kalo kata temen mama saya itu stres kak ,tapi kalo stres masa 7 hari saya rawat lincah+mau makan hari ke 8 gamau jadi bingung mohon sarannya kak

    • Novroz
      March 19, 2016

      Maaf…seperti yang saya tulis diatas, saya kurang bisa kasih saran kalau kuranya ga mau makan karena saya belum pernah mengalami hal itu sendiri jadi kurang pengalaman dalam hal mengatasi masalah yg 1 itu

  4. hosea
    March 20, 2016

    kak kura kura saya udah mau bergerak kalo gak ada saya jadi kadang saya intip dia gerak gerak gitu begitu saya deketin masuk ke tempurung itu tanda stres atau sakit kak

    • ditonarendro
      March 25, 2016

      mungkin dia masih belum terbiasa, coba kasi makannya sambil ditungguin. Biar nanti dia terbiasa sama pemiliknya

    • Novroz
      March 28, 2016

      Tanda belum biasa dengan orang sepertinya

  5. rahma
    March 21, 2016

    Kak nov saya beli kura kura 2, waktu beli 2 duanya lincah banget, tiba2 salah satu nya ini cuma diem, susah makan, dan matanya nutup terus..
    Ittu kira2 kenapa ya kak?
    Dan cara ngobatinya kek gimana?
    Makasii

    • Novroz
      March 28, 2016

      Kura2 yang baru dibeli cenderung stress ketika dibawa pulang. Hal yang biasa.
      Saya ga tau juga gimana ngobatinnya karena biasannya hilang sendiri stressnya

  6. Ichlas
    March 25, 2016

    Mbak, mau tanya, aku kan baru beli kura2 jenis Malayan snail eater, air untuk wadahnya itu berapa cm?

    • Novroz
      March 28, 2016

      Maaf saya kurang tau tentang Malayan snail eater

  7. Shiro
    March 27, 2016

    Mbak, ane kan dikasih Kura-kura,, Nah, itu kura-kura ane gak tau apa jenisnya,,
    jangankan jenisnya, itu kura-kura darat atau air aja ane kgk tau,,
    Dan parahnya, yg ngasih pun gk tau soal begituan,,
    ane nyoba muter google, msih belum ketemu jawabannya,,
    trus, ane harus gimane? :’v :’v

    • Novroz
      March 28, 2016

      Kalo air, jari2nya berselaput kalo darat tangan kayak kaki gajah gitu

      Coba kasih foto biar bisa diketahui.

  8. Bagas
    April 3, 2016

    mbaa.. saya baru beli RES uk 7cm. tapi udah 2 hari dibeli kok gak mau makan sama sekali.

    gimana ini mba. saya takut mati nih kura.

    huhu

    • Novroz
      April 10, 2016

      Kalau baru beli memang untung2an…kalau beruntung dapat kura2 yang ga stress dan ga bermasalah dengan makan

  9. Senry
    April 15, 2016

    Gan,kura” saya baru beli hari minggu yg lalu
    ketika masih di pasar ikan dia lbih banyak bergerak & trlihat semangat
    si penjualnya bilang “kalo ini jantan” hanya dengan melihat bagian bawah tempurung *aku kurang yakin

    bukan mau brtanya soal gender ,tapi stelah saya beli dan dibawa pulang ke rumah
    saya masukan ke akuarium yang gaada hewan lain “Kura kura nya sendiri”
    saya coba kasih makan,tidak lngsung disantap….saya pikir nanti kalo lapar psti dimakan
    keesokan harinya trnyata masih blum disantap gan makanan nya
    saya ksih makan lagi,ga ada respon
    tapi dia sempet buat kotoran gan

    bener mnurut artikel agan….jika kura” berpindah tempat bakal stress
    jadi saya mau coba metode yg agan sarankan
    ~Menjemurnya
    ~tidak memegangnya selama 3 minggu

    membiarkan kura” saya beradaptasi dulu,dan tidak memegangnya slama 3 minggu menurut artikel agan atau biarkan dia langsung menjelajahi rumah ?

    • Novroz
      April 27, 2016

      Jangan biarkan dia menjelajah rumah sebelum dia mau makan dan kliatan ga stress lg

  10. Azizah sofia
    April 24, 2016

    Mba, saya mau tanya kenaa kura kura saya matanya tertutup terus dan dulu sebelum beli dia lincah banget sekarang jadi sering nutup mata dan kalau jalan matanya tertutup terus jalannya kayak pincang gt lemes? Dia kira kira sakit apa ya? Makasih

    • Novroz
      May 3, 2016

      Maaf saya kurang bisa membantu, kalo soal mata bisa dibaca diatas tapi soal jalan agak pincang saya tidak tahu kenapa

  11. hosea
    April 30, 2016

    sore kak aku habis beli kura2 kecil tapi yang satunya kok matanya merem ya kak apakah itu bentuk adaptasi? terimakasih

    • Novroz
      May 3, 2016

      Waktu beli matanya bagaimana?

  12. Rara
    May 6, 2016

    Boleh nggak jagung dikasih ke kura?

    • Novroz
      May 29, 2016

      Setau saya ga boleh karena terlalu manis. Kalaupun mau dikasih yah cuma 1 kali sebulan

  13. hosea
    May 7, 2016

    kak kura kura saya barusan beli lagi seukuran telapak tangan orang dewasa saya taruh tempat gex container warna merah boleh kan

    • Novroz
      May 29, 2016

      Kayaknya gapapa yg penting ada filter n basking area

  14. daebak
    May 20, 2016

    Kak…kura kura sya bla dilepas slalu ja sembunyi ….bagaimana mau bgi dia jinaknya…

    • Novroz
      May 29, 2016

      Jangan dilepas dulu sebelum dia terbiasa sama kamu

  15. chusna
    May 24, 2016

    KAk.. Aku baru beli kura kura kemarin tapi ternyata kuku kura2 ada yang patah. Kira2 mempengaruhi nafsu makannya ga ya.. Kemarin matanya teturup putih bengkak gitu. TApi yang kanan. Tadi tak liat kirinya hampir kena juga. Trus bau amis. Gimana ya.. Kuraku kura kura daun namanya ogy. Aku baca2 webnya kakak.. JAdi boleh ikutan sharing???

    • Novroz
      May 29, 2016

      Tentang mata coba baca diatas.

      Kalau kuku ga jadi masalah, nnt akan tumbuh lagi. Selama dia ga stress dia akan makan dengan lahap

  16. hosea
    May 29, 2016

    cara menyikat tempurung yang benar tu gimana mas kok kura kura saya tak sikat tempurungnya dia gerak terus kayak gk nyaman gitu kasih tips dong mas makasih yaa….

    • Novroz
      June 6, 2016

      Memang dia bakal kegelian kalo disikat. Itu wajar2 aja karena ada syaraf di cangkangnya

  17. hosea
    May 29, 2016

    tak suapin ikan udah mau kak rasanya seneng aku suka nglemparin pelet satu2 dia kayak anjing padahal baru 3 minggu ini saya pelihara hehehe…..makasih kak tips melatih kuranya kak

  18. odyzshop
    May 30, 2016

    Assalamualaikum kakak

    Saya dah 2x ngrawat kura2 yg pertama kira & kauri
    Kebiasaan kakak melatih sering aku lakukan bahkan di kira org gila pgl nama kira dan kauri tp dy kalau dia di panggil suka datang ngikuti.. Tp syg mati kira gr2 diare m pilek.. Saya rawat dr baby kak mpe seukuran piring. Kauripun gtu diare tp jaraknya 1th.
    Yg kedua si iru dan egy masih baby jg
    Perlakuan saya masih sm saya kasih nama kalau plg kerja sm brgkt kerja sy tgl dr akuarium ya sya pgl pamit ngurus rmh dll nah skrg lg skt jd tempurungnya ada bercak putih yg iru hmpir penuh tp bibik2 gtu yg egy cm dikit. Makannya msh rakus pernah mogok tp aku kasih putih telur maemnya byk bgt. Kak yg aku tanyakan tuh bercak jamur atau apa gtu kak, trus penangannya apa… Pengalaman kira & kauri g pernah gtu 😞😞

    • Novroz
      June 6, 2016

      Kalo cuma bercak putih biasanya memang jamur.

      Bisa dgn sering2 dijemur. Tapi kali dah parah be pake Silver Sulfadiazine. Saya pernah menulis ttg merawat jamur Kroten tp lupa linknya

  19. cloudskey
    June 1, 2016

    dari awal punya gery aku udah sering banget baca blog ini..
    aku mau nanya kak, kn aku udah plihara si gery udah 9 thn skrg ini tapi knapa ya ukurannya cuma mentok 14-15cm aja. Itu mentok semenjak umur 4 ato 5 taunan sgtu terus.
    kondisinya ya sehat2 aja Alhamdulillahnya.
    Gt itu knapa ya kak kok gak tumbuh?kadang ngiri juga res punya orang bs gede gt

    • Novroz
      June 6, 2016

      Kali sehat2 aja ya Alhamdulillah ga ada yg perlu dipikirkan lg. Kroten sy juga ga nambah2 lg besarnya tp yg penting dia ttp lincah dan makan

  20. Vino
    August 1, 2016

    Kak sy maw tanya kura kura sy kok g maw makan ya trus renangnya miring sebelah.padahal dh aq jemur di bawah sinar matahari trus aq ksh lampu philips tanpa UVA dan UVB g papa?? Trus dia sakit apa?? Mohon di jawab ya kak. Trimz….

    • Novroz
      August 15, 2016

      Maaf, saya kurang begitu ahli soal penyakit karena kalau kura2 saya sakit langsung saya bawa ke dokter.

      Ga mau makan memang udah tanda2 dia sakit, tapi sakit apa sy kurang tau

  21. dewi
    August 18, 2016

    kura2 aku dulu akrab bgt sm aku. lincah. trus aku pindah kota ketempst lbh dingin. tbtb kura2nya suka merem sm kedip2 gitu. trus kalau liat aku kabur. itu normal gak ya?

    • Novroz
      August 23, 2016

      Kalo baru pindah itu normal karena dia sedikit stress tapi biasanya seminggu udah normal lagi kelakuannya

  22. Elmoe
    August 27, 2016

    kk, mau tanya, saya kemaren baru beli kura2 kecil,,langsung strees gara2 pindah tempat,, dia klo mogok makan itu kuat sampe berapa hari/minggu ya? takut klo mati kelaparan😥

    • Novroz
      September 3, 2016

      Biasanya seminggu masih bisa hidup tapi kalau terus ga mau makan yah bahaya juga.

      memang pindahan suka bikin stress

  23. umay
    September 19, 2016

    kak mw tanya ni, sy dari dulu pengen banget punya kura-kura. cuma kendala di materi. nah karena sy skrang udah kerja jadi pngen pelihara kak. sy udah baca semua post kk alhamdulillah udh paham kak.
    k kalau saya buat aquarium uk. 70 x 50 x 40 cm. tinggi air kira2 30 cm bgus gak kak.

    • Novroz
      September 20, 2016

      Ukuran kura2nya berapa?
      Kalo kecil atau sedang, air segitu cukup…tapi kalo besar masih kurang

  24. Ahmad Humaidi
    September 19, 2016

    kak sy mau plihara kura2. sy udh baca semua post kk.
    rencananya sy mw buat aquarium 70x30x40 cm tinggi air sekitar 30 cm baskingnya kira-kira 15 cm kak.
    gmna kak ada saran?

    • Novroz
      September 20, 2016

      Ukuran kura2nya berapa?
      Kalo kecil atau sedang, air segitu cukup…tapi kalo besar masih kurang

  25. alvin
    September 21, 2016

    Gan kura kura saya bertelur tapi kok udah 2 bulan ga berubah berubah terus saya kupas eh ada kuning” gitu gan terus agak padat apakah itu telur menstruasi atau bisa jadi netes gan?

    Oiya kalo kura kura saya yang bertelur sudah umur 20 tahunan dan pas 3 bulan di gabung sama jantan umur 5 tahunan baru bertelur

    • Novroz
      September 23, 2016

      Karena saya cuma pernah ngalamin telur yang belum dibuahi (unfertilized eggs) jadi kurang paham juga dengan yang dah dibuahi.

      Yang belum dibuahi juga ada kuning telurnya kok

  26. Melissa
    October 10, 2016

    Kak, nanya dong..
    Barusan hari ini saya beli seekor res, nah wkt saya pilih itu saya sesuaikan dgn tips membeli kura. Saya pilih yg kukunya lengkap, tanpa benjolan di kulit, matanya terbuka, karapas mulus dan lasak jika di pegang..
    Stlh sy bw pulang, saya taruh di kontainer plastik yg cukup luas utk kura nya, saya taruh batu dan lampu UV di atasnya..
    Namun saya lupa bahwa tdk boleh menggunakan air keran, jadi si kura keburu berada di air itu sekitar hampir 1 jam sepertiny baru saya ganti airny dgn air aqua.
    Skrg matanya jadi tertutup saja dan hanya buka untuk 1 atau 2 kali kemudian menutup lagi bahkan saat berenang matanya tidak dibuka..
    Itu saya hrs gmn y ?
    Thanks

    • Novroz
      October 23, 2016

      Hi melissa,
      kalau soal pengobatan mata silakan baca diatas🙂

      saya pribadi sih ga pernah kasih air aqua ke kura2, selalu air keran dan alhamdillah semua sehat2 aja

  27. favian
    October 18, 2016

    Permisi saya mau tanya.? Saya punya kura kura brazil masih kecil dia kayanya kena penyakit jamur kulit apa yah. Ekornya tu putih dan sekarang udah mau putus, itu sebaike gimana yah. Dia masih bisa hidup kan.?

    Terimakasih

    • Novroz
      October 23, 2016

      Hi Fabian,
      itu di luar penngetahuan sy, kalo jamur di cangkang sy msh paham. Sebaiknya kamu bawa ke dokter hewan

  28. Julianty dermawan
    October 21, 2016

    Saya beli bayi kura kura klo di lepas lincah walau ada orang tapi kok belum mau makan ya

    • Novroz
      October 23, 2016

      Mungkin dia masih masa adaptasi

  29. Riyan Uboy
    October 23, 2016

    gan, kenapa ya setelah aku beli lampu UV, ku letakan didalam aquarium tiba-tiba mata kura-kura saya tidak bisa melihat,, dan apa yang harus aku lakukan ?

    • Novroz
      October 23, 2016

      Bagaimana kamu tau dia ga bisa melihat?

      Lampu Uv memang bs menganggu penglihatan kl diliat langsung dalam waktu yg lama. Pemakain lampu Uv hanya 4 jam sehari

  30. Vicky
    October 31, 2016

    Nov, Kalo kura2 ga pake lampu UV gpp? Gue sih sering dijemur .tapi kalau pake lampu UV selamanya gpp? Kan katanya kura kura gk boleh dijemur lama lama nanti dehidrasi

    • Novroz
      November 4, 2016

      kalo sering dijemur gapapa ga pake uv.
      iya jemurnya secukupnya aja

  31. occha
    November 19, 2016

    Kak mau tanya, sy punya kura2 ukuran 5cm kenapa ya dia ni merem trus tp klo ada makanan dia semangat trus d buka matanya , setelah makan merem lagi pdhal sebelumnya pas sy beli ga sering merem kok , apa kuranya gejala obesitas atau gimana ?

  32. Fira
    November 26, 2016

    Kura2 blh di ksh makan semangka gak sih???

    • Novroz
      December 1, 2016

      Saya kurang tau juga kalo itu..tapi semangka itu manis banget, kalopun boleh sebaiknya jangan sering2.

      Kalo kura2 darat setau saya boleh

  33. Fira
    November 27, 2016

    Maaf dia mau tanya, klo kura kuranya di jemur menggunakan air.atau tidak ya? Jenis kura kura saya warna hijau dia masih kecil. Terus klo di kemur berapa lama ya???

    • Novroz
      December 1, 2016

      Kalo masih kecil sebaiknya pakai air sedikit karena yang kecil gampang dehidrasi

  34. tria
    December 3, 2016

    Kakak gimana ya kura-kura ku matanya bengkak, gk mau makan udh seminggu ini. Tolong ya kak😪 takut dia mati. Harus gimana?

    Kalau ada obat buat matanya namanya apa ya kak? Harus dibeli dimana? Saya bingung bgt ni? Ud nyari tapi gk ada . Dokter juga dokter anjing dan kucing gk ada yg khusus reptile. Matanya blm mau buka kak masih bengkak. Gk mau makan.

    • Novroz
      December 6, 2016

      Untuk penyakit mata…silakan baca tulisan diatas🙂 sudah tertulis dengan jelas kok disana

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 2, 2011 by in Kame&Kroten and tagged , , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,511 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik ;) “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Tweeeeeettttt

Goodreads