Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Kedua

Karena Bagian kedua sudah mencapai 100 comments, maka post itu saya tutup, silakan bertanya di Tanya Jawab Kura-Kura RES bagian ketiga 🙂

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Pertama

Karena banyaknya pertanyaan di salah Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES bagian pertama, jadi saya memutuskan untuk membuat bagian kedua ini. Comment yang terlalu panjang dalam 1 post membuat lambat koneksi internetnya…maka akan lebih baik kalo mulai dari awal lagi 🙂

Sebelum bertanya, ada baiknya membaca tulisan2 saya sebelumnya… mungkin saja pertanyaan anda sudah terjawab di sana. Dan silakan bertanya di tulisan  tersebut jika masalahnya berhubungan dgn topik pebicaraannya

Atau…Cobalah liat Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Pertama. Mungkin sebelumnya sudah ada yang menanyakan pertanyaan yang membuat anda bingung

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara Melatih Kura-Kura

Saya ucapkan banyak terimakasih telah mempercayakan saya dengan kura-kura anda…tapi PERLU diingat bahwa saya BUKAN dokter hewan dan  saya pun masih belajar dalam merawat kura-kura saya. Marilah kita sama-sama belajar disini :)

Note: Komen di Pola Makan Yang Baik saya tutup sementara karena sudah terlalu panjang. Silakan bertanya di sini jika berhubungan dengan makanan.

Saya akan segera (ga janji kapannya) untuk menulis tentang penyakit2 umum kura-kura.

Jangan lupa sekali-kali melihat-lihat blognya Kame dan Kroten :)
Menggunakan bahasa Inggris karena ingin punya pembaca yang lebih mendunia, tapi banyak gambar kok jadi bahasa bukan kendala loh.

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

102 comments on “Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Kedua

  1. Beth Ann
    August 6, 2011

    I do not understand a word of today’s blog. 🙂 But I do love the pictures of your two lovelies!!!

    • Novroz
      August 6, 2011

      It is a post about Question and answers around RES.
      I have done many mistakes in taking care of Kame and Kroten because of lack of information,so I am offering help to other Indonesian turtle’s owners who are at lost with their pets as I have already learned from the past.

      this is the second part…I have just closed the first part because it has reached 128 comments. I made this in my native language because Kame and Kroten’s blog is already in English 😉

      Thank you for commenting, Beth 🙂 even though you don’t understand Indonesian language

    • Kroten
      August 6, 2011

      Thank you for liking our photos 😉
      We should ask mommy for a copyright treat for using our photos 😉

  2. DEZMOND
    August 7, 2011

    now admit it, is your turtle actually writing all your posts? And you’re just lazily laying somewhere avoiding work? 🙂

    • Novroz
      August 7, 2011

      Busted! Yes they are the ones who write all my posts this month because I am too hungry to think 😉

  3. haris
    August 7, 2011

    bagian kedua nihh..

    • Novroz
      August 7, 2011

      hehehe iya 🙂 abis yg pertama dah kepanjangan sih

  4. boy toisuta
    August 14, 2011

    kaka, aku baru punya kura² brazil 2ekor .
    dua-duanya masih baby berukuran sekitar 4cm .
    trus yg 1 ko senengnya d air terus ya, sedangkan yg 1 lainnya senang bolak-balik berjemur ?
    kira² yg sering d air itu knapa ya ka ?
    thx

    • Novroz
      August 14, 2011

      Kalo 2-2nya aktif, ga masalah dia mau di air terus atau suka berjemur. Yang jadi masalah kalo salah satunya tiba2 ga doyan makan atau diam aja

  5. rancid
    August 14, 2011

    kura2q dlu di aquarium.skr saya pndah ke kolam knapa sering diam ya?(kurang aktif). Pa mgkin sakit?

    • Novroz
      August 14, 2011

      Mungkin dia stress karena belum terbiasa. coba aja tunggu beberapa hari lagi

  6. tika
    August 18, 2011

    salam kenal…
    aku seneng baca tlsn2nya. keren. aplg video2nya. top abis!! jd ngiri. aku ga bisa interaksi dg kura2ku tiap hari.aku anak kos, pulang 1minggu 1x. ktmu induzku sayang cuma jumat mlm-senin pagi. hm…jd curhat.
    mau tanya kak…kemaren baru beli tulang sotong. selama ini blm prnh kasih. tu porsinya seberapa 1x kasih? trus sehari brp x ato gimana kasihnya? kura2ku dah 12cm an lah gt..hampir 2thn bersamaku, tp baru kmrn bisa nemu tulang sotong.
    thx…

    • Novroz
      August 18, 2011

      Hi Tika, salam kenal juga 🙂

      Tulang sotong harus dibuang dulu bagian kearsnya dengan dicungkil. setelah itu potong seukuran kepala si kura. Trus taro aja dalam kolamnya atau ikat dengan tali sehingga ga lari2 tulangnya.
      Kalo kura2nya doyan, tuh tulang bakal langsung abis

      • tika
        August 25, 2011

        kura2ku manja kak..ga mau gigit. musti dipotongin kecil2. plg ga, dipotong tipis trus disuapin gt..
        trus, ni…indutzku positif kegendutan ky kame dl. tak liat2 foto kame, mirip tu lekuk2e. lha itu cangkang bawahe, apa tu namanya…ky nyembung gt. kl tak balik jg susah balik sendiri. mulai kmrn mau tak dietin. awalnya tu maeme cm pelet doank. kn aku kos, jd aku nitip adikku ksh maem. biar ga repot, pelet jd solusi. sehari 4-5 x maem, sekali maem 1 tutup pelet. sory kepanjangan, intinya aku minta tolong ksh menu diet boleh kak? makasih…

        • Novroz
          August 25, 2011

          Hehehe memang kura2 itu mahluk2 manja 😉 selama mau makan gapapa dimanja dikit. Tulang sotong ga wajib tiap hari jadi bs dikasih pas lg sempet aja…lumayan nyuapin itu bikin dkt ma kura.

          Waaaahhhh…bahaya bgt 4-5kali setutup botol…ck ck ck itu sih dah obesitas bgt.
          Harus diet gila2an nih…dah diet pun lama turunnya. Kame aja masih aga ndut. Lucu sih kl ndut tapi ga baik buat hatinya.

          Menu Diet:
          1. Makan cukup sehari sekali
          2. Sayur/ buah selama 6 hari, cuma seminggu sekali boleh pellet, ini dianggap cemilan.
          3. Boleh makan jangkrik atau ikan2 kecil sebulan sekali.
          4. Sayur hijau yg bagus: sawi, kangkung, selada, collard. GA BOLEH bayam!!!
          5. Buah yg bagus dan kura suka bgt: Strawberry (ga boleh banyak2 krn asem), Pepaya (jgn kebanyakan krn banyak gula), kulit apel.
          6. Ubi rebus bagus buat pengelupasan scute tapi banyak gula jd ga boleh sering2 bgt.

          Ubi sama wortel jangan 2 hr berturut2, 2-2nya banyak gula…kl kebanyakan gula bisa kena diabetes.

          Si indutz dah mengelupas scute belum?? ini penting bgt loh. Kame br mulai ngelupas scute setelah lbh dr 1 tahun diet.

          • tika
            August 26, 2011

            huwa….blm nglupas. numpuk2 gt…1 thn? lama ya? duh…kesian. aku slh besar!!!
            kmrn dikasih sawi ijo, awalnya cuma dirobekin, yg dimaem batangnya doank. tp mgkn kelaperan, sawi kedua dimaem. tp lamaaaaa…..
            pepaya ga blh banyak2 to? he2…pernah seharian dia maem pepaya. jd totalnya buanyak!! poopnya jd jingga ky pepayanya. ni banyaknya maksimal brp kak? kmrn tak ksh seharinya sekitar 3cm x 3cm x 6cm an gitu. kebanyakan ga tu? kalo stroberi 1 aja gt? kalo apelnya blh ga? kok kesian bener, aku maem apel indutz cm dpt kulit?
            makasih…

          • tika
            August 26, 2011

            tmbhn info kak..umur indutz bersamaku hampir 2thn. beli sekitar 7-8 cm, sekarang sekitar 17cm. over ga?

          • Novroz
            August 26, 2011

            2 tahun naik 10cm emang dah over!!

            Scute yg menumpuk jadi pyramiding…sgt mengangguu si kura. Ayo semangat diet!!! Kame aja bisa kura2 lain pst bisa juga 🙂

            Buah apel ga byk gunanya buat mereka, kulit itu byk vitamin E-nya yg berguna buat membantu pengelupasan scute. Buah2an kira2 segede kepalanya lah.

            Ingat sekali sehari aja makannya!!!

  7. rizal
    August 18, 2011

    kak kura-kuraku kok makan terus ya, aku punya kura kura 2, yg 1 msih baby diameter 4 cm, yg 1 udah agak besaran sekitar 7-8 cman, nah setiap aku kasih makan d makan terus (makanannya pelet) setiap aku taburin d lahap habis, baik yg kecil maupun yg besar, sebenrnya pola makan yg baik itu sehari berapa butir sih baik yg kecil maupun yg besar.
    makasih. saya tunggu jwabannya,, 🙂

    • Novroz
      August 18, 2011

      Wah kura2 itu itu memang maruk jadi jangan dikasih makan terus2an.

      untuk pelet, kalo sudah besar cukup dikasih kira2 setengah ukuran kepalanya. Kalo bisa sih kasih pelet cukup seminggu sekali dan mulai dibiasakan makan sayur

      • rizal
        August 18, 2011

        terus kalau buat yg kecil sehari berapa kali kak,,

        • Novroz
          August 18, 2011

          sebanyak besar kepala…juga 1 kali. Kura kebanyakan makan bisa obesitas yg bakal ngerusak fungsi hati

          • rizal
            August 19, 2011

            emph gtu, kalau yg besar misalkan d ksih sayur porsinya seberapa kak..

          • Novroz
            August 19, 2011

            Kalo sayur aga susah nakarinnya…intinya sih secukupnya lah dan cuma sehari sekali. Malah ada yg nganjurinnya 2 hari sekali, tp kl sy ga tega.

            Kura2 itu kuat ga makan smp beberapa minggu.

  8. Hesti
    August 22, 2011

    kura2 saya cuma mau makan pelet ato ikan kecil segar. Klo sayur mereka gag suka. apa tidak apa2?? bagaimana cara membiasakan agar mereka mau makan sayur?? kayak punya bayi nich!

    • Novroz
      August 22, 2011

      Hi hesti…maaf pertanyaannya sy pindah kesini karena tidak hubungannya sama sekali dengan penentuan jenis kelamin kura, post dimana Hesti meninggalkan komen.

      Kura2 hanya boleh makan pelet terus saat bayi…semakin besar dia HARUS mulai makan sayur. Ikan kecil kebaykan protein yg bisa bikin obesitas dan pyramiding, 2 hal itu bisa menyebabkan kerusakan fungsi hati.

      CAra memaksa makan sayur adalah dengan bersikap sedikit tega demi kebaikan…kura2 hanya dikasih sayur selama berhari2 tanpa diberi makanan lain…pada akhirnya si kura akan kelaparan dan mulai mengigiti sayurnya. Cara ini sudah dicobakan dan berhasil pada Kame.

  9. rizal
    August 22, 2011

    kak sawi itu amankan buat kura kura,,
    soalnya kedua kura”ku baik yg kecil maupun yg besar suka mkan sawi,,, 🙂

    • Novroz
      August 23, 2011

      Sawi sangat aman 🙂
      Tapi ingat jangan sawi mulu. Coba variasiin sama kangkung, wortel, dan selada.

      • rizal
        August 23, 2011

        siap kak.. 🙂

  10. Dimas
    August 24, 2011

    kak, mau nanya ni kalo kura” makannya buah terus baik g?
    soalnya kura”ku di kasih sayur g dimakan”

    • Novroz
      August 25, 2011

      Hi Dimas…buah boleh aja, tp tergantung krn ada yg mengandung banyak asam atau gula jd ga boleh setiap saat.

      Yg paling bagus adalah kombinasi selang seling sayur, buah dan pellet. Makan sayur bs dipaksa kok. Ini ada contoh makanan yg boleh dan tak boleh dimakan…pakai bhs Inggris sih, tp pst ngerti . http://wp.me/pUu9G-iw

      • Dimas
        August 25, 2011

        ok Thx kak..

  11. tika
    August 25, 2011

    kak, mau tanya lg. ni beda topik ma makan. indutzku susah disuruh berjemur. gimana buat biasainnya? di basking area gt. kl outdoor seminggu sekali gpp kan?

    • Novroz
      August 25, 2011

      Berjemurnya dimana nih maksudnya?
      Kalo di basking area ga bisa dipaksain, nanti dia naik sendiri kalo pengen kering.

      Kalo berjemur di bawah matahari…ini ada tricknya 😉
      Kalo si indutz ga biasa di jemur, pertama2 taro dalam baskom terus taro di bawah matahari, sebentar aja, 15 menitan. Trus keluarin n liat dia mau jalan kemana…kalo kepanasan dia bakal cari tempat teduh tp kalo betah dia bakal anteng di bawah matahari. Dikeluarin dr baskom dengan tujuan supaya dia bs nentuin sendiri kepanasan atau ga.

      Beda kura beda kelakuan sih. Kame lebih suka sebentar aja dijemurnya…trus pulang sendiri deh ke dalam rumah. Nah si Kroten betaaaah bgt berjemur, sampe saya cape sendiri nungguin dia bosen n masuk rumah. Kadang dah sejam lebih masih betah, terpaksa sy yang ngangkut masuk ke rumah. Nah liat si Indutz tipe yg mana 🙂

      • tika
        August 26, 2011

        jemur outdoor. aku ikut saran kakak, diluar biar bisa jln2. jd ga pake ember. kl tak tinggal2 tak taro ember. kmrn sempet bingung, tak lepas di halama belakang, tak tinggal bersihin filter, dia ilang. taunya dah di ruang tamu, he2..ga ulangin lagi dah!!
        kak, aku srg panggil indutzku dg “sayang” gpp? kl lg nggapai2, tak tanya, “laper sayang?” ato kl lg jln2 tak panggil “indutz…sini sayang” gt dia jd bingung ga ya?

        • Novroz
          August 26, 2011

          Kalo dijemur memang wajib diliating baik dlm baskom maupun dilepas. Banyak bahaya di luar sana, bisa hilang atau digigit hewan kyk kucing atau anjing.

          Mau dipanggil apa aja ga ngaruh kok asal konstan, Kame kadang sy panggil amechan n dia masih ngerti kok

          • tika
            August 26, 2011

            indutz berjemur suka ditemenin 3 kucingku.. mlh kucing2ku suka kaget n njauh kl dideketin indutz. pernah juga wkt tak lepas indutz mlh ikut ngambil mknn kucingku, trus tak kejar, indutz lari sambil gigit mknn kucingku…besok2 tak liatin trs. takut dipatok ayam tetangga.
            makasih kakak..

  12. rizal
    September 4, 2011

    kak kura kuraku yg besar kok dri mulutnya kyak keluar putih” itu apa ya,..

    • Novroz
      September 4, 2011

      Wah maaf saya sama sekali ga paham kalo soal itu

  13. delz
    September 11, 2011

    eehhh kak thank’s for information nya kalau cara merawat cangkangnya gimana yah…

    • Novroz
      September 11, 2011

      Sama2 Delz 🙂
      Maksudnya merawat cangkang gimana?
      Kebersihannya atau kesehatannya?

  14. Alicia
    September 24, 2011

    kak , kura2 bole makan apa aja ?

  15. Alicia
    September 25, 2011

    boleh nanya lagi ga kak ? mata kura2 aku kok ada sesuatu gitu ? seperti kertas transparan , trus , ga bisa buka matanya , gimana dong ? kura2 itu kalo kulitnya kebakar kayak gimana yah ? blm pernah tau soalnya kak ,, hehehe

    • Novroz
      September 26, 2011

      Wah maaf alice kalo soal mata saya sama sekali ga tau apa2.
      Udah banyak yang bertanya soal itu tapi saya sama sekali ga punya jawaban.ada yang bilang dikasih minyakikan matanya,benar atau ga…ga tau juga.

      hehe ga tau juga kayak apa…semoga Kamen Kroten ga pernah kebakar

  16. Alicia
    September 25, 2011

    kak , kakak pelihara kura2 dari kura itu masi bayi atau udah gede ?

    • Novroz
      September 26, 2011

      Dari bayi. Mereka lebih gampang dilatih kalo dr bayi

  17. rizal
    September 25, 2011

    eh kak saya mau tnya, kalau akuariumnya kura” dihias sama hiasan akuarium yg tumbuhan” air dll itu bagus endak buat kura kuranya,. 😀

    • Novroz
      September 26, 2011

      Tergantung tumbuh2annya, boleh dimakan apa ga 😉

      • rizal
        September 26, 2011

        wah itu masalahnya pasti sebentar aja daun” tumbuhannya udah d mkan sma kura kura, apa d ksih tumbuhan plastik aja biar endak d makan,haha

        • Novroz
          September 27, 2011

          Itu c trgantung kura2nya jg. Kalo Kroten pst dimakan jg, sgala yg warna ijo pst dia cb makan

          • rizal
            September 27, 2011

            wah iya sama kalau itukak, makanya buat ngantisipasi pkek yg plastik, biar endak bsa d makan,,, 😀

          • Novroz
            September 27, 2011

            tapi daun2an plastik gampang lepas jd kalo saya malah takut itu kmakan ma kroten. Tangga basking areanya aja suka dia gigitin

  18. Alicia
    September 26, 2011

    minyak ikan ? ga yakin deh kalo d pakein minyak ikan ..
    kalo kita pelihara yg betina kenapa lebi susah ya kak ?
    kalo kita baru pelihara , knp dy ga mau makan ? ad yang bilang , dia blm kenal sama pemelihara yang baru , ada juga yang bilang dy stress , emg bener itu kak ?

    • Novroz
      September 26, 2011

      Ga juga tuh. Kame dan Kroten 2-2nya betina dan baik2 aja. Mungkin aga repot dikit pas mereka mau bertelur…selain itu semuanya biasa aja.
      Kura2 jadi pendiam memang bisa disebabkan karena strees melihat lingkungan baru.

  19. Alicia
    September 28, 2011

    kalo mau bertelur itu umurny ekitar brp tahun ya kak ?
    🙂

    • Novroz
      September 29, 2011

      Kame sih sekitar 3tahunan. Aga beda2 tiap kura

      • Alicia
        October 4, 2011

        kak , kura aku matanya uda ke buka 😀
        tau umur kura2 itu darimana yah cara ngitungnya ?

        • Novroz
          October 4, 2011

          syukur d kl gt 🙂
          umur kura2 aga susah ditntukan krn kalo liat ukuran badan sering tergantung pd makanan dan perawatannya.

          • Alicia
            October 9, 2011

            ahah , okd , makasi ya kak :DD

  20. deecheya
    September 30, 2011

    Haiiii…. aq lg bingung nih, aq lg ngajarin kura2 qu mkn sayur tp mereka ga mo mkn. klo mereka ga mo mkn sayur, mlmnya dkasih pelet. Abz klo ga dksh pelet, mereka ga mo mkn sharian. Gmn ya agar mereka mo mkn sayur, coz Donatello (kura2qu) sblomnya mkn apa ja. Thx b4

    • Novroz
      September 30, 2011

      hehe ini pertanyaan yg sy sampe bosan jwbnya 😉

      jawabannya gampang aja, HARUS TEGA demi kebaikan si kura sndri. Kame dulu smp puasa seminggu lbh gara2 ngambek ga mau makan sayur. Tiap pagi sy kasih sawi, malam sy angkat msh utuh ga digigit, pagi sy kasih daun segar lg …begitu sterusnya. Slama itu Kame sama skali ga makan…mata dah penuh binar2 mohon dikasih makan tp ga sy kasih apapun slain sayur. Semingguan dia mulai icip2 si sayur…smp saat ini msh smangat makan sayur.

  21. Alicia
    October 26, 2011

    kak , aku mau nny lagi nih , kalo tempurung kura2 lunak itu kayak apa yah ? mungkin kura2 aku tempurungnya lunak .. 😦 mesti gimana dong kalo tempurung kura2 lunak ? 😦

    • Novroz
      October 26, 2011

      Tempurung lunak bisa dirasain dengan mencet tempurung si kura. Tempurung harusnya ga aga bisa dipencet karena keras.
      Kalo tempurung lunak itu pasti krn kurang calcium dan cahaya matahari

      • Alicia
        October 26, 2011

        😥 kura2 aku terumpungny lunak . trus gmn dong kak , kalo gitu ? 😦

        • Novroz
          October 26, 2011

          Banyak2 dijemur dan makan tulang sotong. cuma itu penangannannya

          • Alicia
            October 30, 2011

            kalo sayur2an , gada yang mengandung kalsium yah ? di jemurnya sehari brp jam yah ? 😦

          • Novroz
            October 31, 2011

            Hampir semua sayur mengandung kalsium 5tapi ga sebanyak tulang sotong dan cangkang lunak BUTUH banyak kalsium.
            Sehari kalo bisadijemur 1/2 jam sampai 1 jam, tapi kalo kura2nya belum tahan panas, siapin juga air buat dia berendam sambil panas2an

  22. boy toisuta
    October 26, 2011

    kaka, RES saya yg satu ko mengambang . dia ga bisa berenang menyelam, dia udah tumbuh sekitar 6cm .
    kira² kenapa ya kak, saya khawatir .
    mohon bantuannya kak .

    • Novroz
      October 26, 2011

      Wah maaf Boy…kalo itu saya juga ga tau. Mungkin dia sakit tapi saya ga tau sakit apa.maaf ya ga bisa membantu

      • boy toisuta
        November 1, 2011

        waduh, kepalanya keluar masuk gitu terus lehernya mengembung seperti cegukan .
        dan dia sering berjemur terus .
        kira² obatnya apa ya kak ?

        • boy toisuta
          November 1, 2011

          mangap² aja ka 😦

          • Novroz
            November 1, 2011

            kalau mengap2 dan susah nafas biasanya karen RI, respiration infection. Cara pnanggulangannya ada di tanya jawab skitar kura2 bagian pertama, saya lg pk hp jd ga bs menglink. Disearch aja di blog ini dgn keyword tanya jawab skitar kura-kura

          • boy toisuta
            November 3, 2011

            aduh kaka, aku kasian lihat RES ku .
            mengap² mulu, ko dia gamau makan ya ?

          • Novroz
            November 3, 2011

            Saya ga bisa bantu apa….RI emang cenderung berbahaya buat bayi kura2.
            Yang penting lakuin ini dulu:

            1. Menaikan suhu air dan udara disekitarnya (makanya dia aktif pas dibawah matahari kan!)
            2. Karantina, jangan satuin sama kura2 yg lain.
            3. Sering ganti airnya.
            4. Hindari udara dingin disekitar akuarium (udara dingin semacam AC) karena hal ini bisa menyerang paru2, kalo dah ke paru2 dah susah disembuhkan.

            Atau coba ikuti cara Vika disini

          • boy toisuta
            November 3, 2011

            udah terlanjur ka, baru aja beberapa menit yg lalu RES ku R.I.P (RES In Peace) 😥
            padahal aku udah lakuin yg kaka kasih tau .
            sekarang tinggal 1 s Jacko .
            aku harus gmana supaya jacko tetep sehat ka, aku gamau jacko tiba² mengapung lg .
            aku minta tips ya kak, untuk mengantisipasi .
            skali lagi terimakasih kaka Nov 🙂

          • Novroz
            November 4, 2011

            aww…sedihnya 😦
            smangat ya, ayo jaga Jacko dgn baik. banyak berjemur itu plg penting loh. Matahari bkin mrk jd kuat.

          • boy toisuta
            November 9, 2011

            kaka, s jacko kabur k bawah torn air .
            pas aku lg jemur dia, sebentar aku buang air tempat (baskom) dia berendam .
            eh dia lari gesit sekali kak, pas aku mau ambil tanganku udah mentok sama pot tanaman .
            yg jd pertanyaan dia bakal keluar lg ga kak untuk nemuin matahari ?
            aku takut dia diem terus d bawah torn, kasian kan dia ga makan .

          • Novroz
            November 9, 2011

            Torn itu apa?
            Wah ngeri juga kalo diangumpet terus…coba pancing pake makanan supaya dia keluar…kalo Kroten pasti langsung keluar 😉

  23. Nita
    October 26, 2011

    nah t lettuce nya ad yg bole sm ga bole.
    aku liat gbr nya d google koq btk na ga beda kyn na.
    jd bingung

    • Novroz
      October 26, 2011

      Lettuce yang ga boleh cenderung jarang kokdi Indonesia. Yang pasti boleh ya selada dan sawi. Gampang dicari disini

      • nita
        October 26, 2011

        owh.. ok. makasii info nya ^__^

        • nita
          October 30, 2011

          kak.. tanya lg nih. hehe..

          td aku br beli tulang sotong.
          cara congkel utk misah in yg keras gmn y?
          td rada ancur2 tuh. jd ssh mkn kura2 nya.
          pertama aku suapin sih dia ga mw makan.
          d paksa2 makan, di gigit dikit trz d kluarin lg.
          akhir nya aku tarok azatuh tulang sotong di ember tmp dia brenang (sementara di ember krna aquarium nya lg d renovasi). nah d sna wktu aku ga liat dia makan tuh mpe ancur2..

          • Novroz
            October 31, 2011

            Untuk misahin itu harus telaten,pake pisau yang tumpul,di cogkel dikit2. Aga susah juga ngejelasinnya lewat tulisan, jadinya seperti no.3:

            Ga semua kura suka Tulang Sotong,jadi sabar2 aja 🙂

  24. Alicia
    November 1, 2011

    tulang sotong itu belinya dimana yah ? kalo jemurnya lebih dari 1 jam bole ga kak ?

  25. Novroz
    November 1, 2011

    Di toko yg jual makanan burung krn burung jg makan tlg sotong.

    Sy ga tau kekuatan kura2 Alicia. Kroten emang suka berjemur smp 1 jam lbh tp dia dah gede n dah sadar sndiri kapan dia merasa kpanasan, kl kpanasan dia bakal jalan balik ke rumah. Tp kura2 bayi punya daya tahan yg beda. Sbaiknya jgn tiba2 1jam lebih, sebentar2 dulu spy jd biasa

    • Alicia
      November 2, 2011

      kura aku ukuranny kayak kura2 kakak yg namanya kame itu , tapi , waktu kecilnya , kakak kan pernah fotoin kame sama kulit jeruk itu . nah , segitu gedenya .. 🙂
      tulang sotong itu sehari d kasi seberapa yah ?

      • Novroz
        November 3, 2011

        ukuran sgitu c masih kecil, dulu Kame aja cm dijemur stgh jam plus dikasih air n batu, jd dia bs nyemplung kalo kpanasan.

        Tulang sotong dikasih dikit2 dl aja supaya yg ga kemakan ga ngotorin airnya.

        • nita
          November 3, 2011

          iya nih.. aku congkel na rada ancur2. kira2 sekeping2 3centimeter la.
          ssh soal na. patah trz.. hehe..

          kura ku mw makan nya yg ud ancur kcl2 kira2 stgh centimeter. lgsg di suapin.
          yg gede dia gigit na kyk na ssh amat. ga patah2.. wkwkwk

          • Novroz
            November 4, 2011

            hehe bgs lah dia mau makan. Jd inget tlg sotongku dah abis nih 😉

        • Alicia
          November 8, 2011

          berarti ga bole terlalu lama dong yah kalo jemur kura yg gedeny segitu ?

          kalo ga abis tlg sotong nya , bole di masukin ke kulkas kan yah ?

  26. black phoenix
    November 21, 2011

    sis, kalo tempurung kura” lembek mesti diapain ya..?

    • Novroz
      November 21, 2011

      Tempurung lembek tandanya kurang kalsium.Penanganannya cuma ada 2, makan tulang sotong dan banyak diijemur

  27. ando
    November 27, 2011

    Salam kenal Mba… saya baru punya kura-kura, dan saya sepertinya perlu belajar banyak nih…
    saya mau nanya beberapa hal ni mba,
    1. kura2 saya berukuran kecil (kurang dari 8 cm), apakah makan pelet saja cukup?
    2. dalam ukuran seperti ini apakah bisa di tentukan jenis kelaminnya.
    Thanx b’ 4

    • Novroz
      November 27, 2011

      Salam kenal juga Ando 🙂
      1. Sebaiknya dari ukuran segitu sudah mulai dibiasakan makan sayuran. kalo dah aga besar baru dikasih sayuran…bisa2 dia nolak jadi susah nyuruh dia makan sayur padahal sayur adalah makanan terpenting mereka saat mereka dah dewasa.

      2. Bisa diperhatikan dari kukunya…panjang bgt ga? atau kalo bisa kasih foto kuku dankloakanya,nnt saya bisa tau apa dah jelas atau belum jenis kelaminnya

      • ando
        November 28, 2011

        Ngirim fotonya gmna ya mba? maaf dikit gaptek mba…. 😛

        • Novroz
          November 28, 2011

          Diupload dulu di situs2macam photobucket atau flickr baru linknya ditaro dikomen ini

          • ando
            December 2, 2011

            Maaf mba Novroz saya belum sempat ngupload fotonya. tapi saya ada masalah baru mba, dua hari yg lalu saya beli kura2 teman saya karena kasihan kura2nya ga di urus sekalian biar ada tman bono (kura-kura saya). tapi keadaan kura2nya sepertinya tidak sehat mba. kura2nya ga mau mkn n tidur mulu mba, dan kerapasnya juga lembek mba. ada solusi ga mba….tolong bantuannya donk mba kasian bgt liatnya T_T

          • Novroz
            December 2, 2011

            Karapas lembek berarti dia ga terawat dengan baik dan SANGAT JARANG dijemur.Satu2nya cara cumamakan tulang sotong dan sering dijemur

  28. Alicia
    December 2, 2011

    kakakkk ! 😦 kura aku mangap2 kak , ini kedua kalinya ..
    gimana dong ? biar cpt sembuh ?
    pdhl baru sembuh loh kak , 3 bln apa 2 bln gitu , eh , sakit lgi :((

    • Novroz
      December 2, 2011

      Alicia pake lampu pemanas ga? sepertinya kura2nya aga lemah. Coba pakai lampu pemanas

  29. Novroz
    December 2, 2011

    Seperti biasa…saya akan menutup post yang sudah terlalu panjang komennya dengan alasan semakin panjang komen semakin lama halaman ini terbuka.

    Sesi tanya Jawab tetap dilanjutkan di Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

    Atau sesuai dengan temanya di:

    1. Habitat yang baik
    2. Pola Makan yang baik
    3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
    4. Basking Area nan Simpel
    5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
    6. Pengelupasan Scute
    7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
    8. Cara Melatih Kura-Kura

Comments are closed.

Information

This entry was posted on August 6, 2011 by in Kame&Kroten and tagged , , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,554 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads