Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

Karena Bagian kedua sudah mencapai 100 comments, maka post itu saya tutup dan kita mulai Tanya Jawab Kura-Kura RES bagian ketiga 🙂

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Pertama

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Kedua

Sebelum bertanya,

….ada baiknya membaca tulisan2 saya sebelumnya… mungkin saja pertanyaan anda sudah terjawab di sana. Dan silakan bertanya di tulisan tersebut jika masalahnya berhubungan dgn topik pebicaraannya

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara Melatih Kura-Kura

Saya ucapkan banyak terimakasih telah mempercayakan saya dengan kura-kura anda…tapi PERLU diingat bahwa saya BUKAN dokter hewan dan saya pun masih belajar dalam merawat kura-kura saya. Marilah kita sama-sama belajar disini :)

Pertanyaan yang paling sering ditanya:

*****************

Hal2 yang berhubungan dengan RI(Respiratory infection):

Ga mau makan, Mengeluarkan bunyi saat bernafas, mulut membuka-menutup kayak ikan, dan kepala selalu diatas air saat berenang.

RI itu dapat menyebabkan kematian. Kalo ga mampu ke dokter bisa terapkan cara2 berikut (tapi ttp ja hrs ke Dokter kl ga ada peningkatan kesehatan):

  1. Menaikan suhu air dan udara disekitarnya  dengan lampu pemanas dan sering dijemur.
  2. Karantina, jangan satukan sama kura2 yg lain.
  3. Sering ganti airnya.
  4. Hindari udara dingin disekitar akuarium (udara dingin semacam AC) karena hal ini bisa menyerang paru2, kalo dah ke paru2 dah susah disembuhkan.

Salah seorang pembaca blog ini membagi pengalamannya dalam menyembuhkan RI dan mata bengkak/tak mau terbuka. Namanya Vika ini sedikit infonya:

oiy kak..sy pernah bca ttg obat tetes mata garamycin or gentamicin (kento) ternyata bs nembuhin RI n mata bengkak jg.. sy pernah praktekan ke Kuya..karna ga lama Kuy mati, Kuya kena jg..aku sampe stress mikirin Kuya..ga bs kerja..krna msh trauma ma Kuy..sambil berdoa mdh2an dikasih petunjuk ma Alloh..akhirnya dpet…alhamdullillah Kuya sembuh..tetesinnya di mata trs tetesin juga ke hidungnya… hehehe maaf ya ngomongnya byk kak…

Baca selengkapnya di>>SINI

Atau bisa juga mencoba cara dari Pompom’s World

***************

Baru beli dan ga mau makan serta selalu menghindar

Kemungkinan masih stres, beri waktu sebentar buat RES beradaptasi. Bayi kura-kura gampang stress dan kalau sudah stress dia akan susah makan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah: Menganti jenis makanan dan sering2 menjemur kura2nya.

Perlu diketahui: Saya SAMA SEKALI TIDAK TAHU cara membuat kura-kura yang mogok makan jadi mau makan karena saya, Alhamdulillah, belum pernah punya kura-kura yang stress.

***************

Karapas lunak

Kurang sinar matahari dan kalsium. Perawatan awalnya cuma perlu dikasih makan tulang sotong dan banyak-banyak dijemur. Beli Lampu UV kalo ga bisa sering menjemur si kura.

***************

Ga mau makan sayur

Kalau masih kecil bgt memang cenderung lebih carnivora atau lebih suka daging2an. Kalo sudah 8cm-an baru mulai dikenalkan dgn sayur2an. Kura2 tertentu bakal langsung suka sama sayur…contohnya kura2 sy yg bernama Kroten dan Papoe. Tapi ada juga yg susah makan sayur seperti Kame dan Kurome.

Mengingat sayuran sgt penting buat kura2…JADI mau ga mau saya harus sedikit tega. Contoh yg sy lakukan ke Kame, sy sayangnya setengah mati sama dia, ga tega liat dia ngerayu2 minta makan…TAPI demi kebaikannya SAYA HARUS TEGA.

Kame ga sy kasih makan apapun kecuali selada/sawi/kangkung selama hampir seminggu. Pada 3 hari pertama dia cicip dikit tp di lepeh…tapi sekitar seminggu karena lapar, pas sy pulang kerja, sayurnya dah habis :)

Jadi kunci mengajarkan kura2 makan sayur adalah TEGA!!

***************

Jangan lupa sekali-kali melihat-lihat blognya Kame, Kroten, Papoe n Kurome :)
Menggunakan bahasa Inggris karena ingin punya pembaca yang lebih mendunia, tapi banyak gambar kok jadi bahasa bukan kendala loh.

01 My babies

Advertisement
Search for a Topic
Posted Recently
Categories
Other Blogs

Anka’s Skills Progress

%d bloggers like this: