Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Cara Melatih Kura-kura

DILARANG MENGOPI TULISAN INI TANPA SEIJIN PENULIS!!!

Tolong ya DIHARGAI karena ini semua ditulis atas dasar cinta saya kepada kura-kura saya jadi jangan seenaknya copy-paste!

English version is here

How to Train Your Turtle bukanlah sequel dari film How to train your dragon walaupun saya iseng membuat poster dari film tersebut.

Sebelum membaca post ini,perlu saya ingatkan bahwa semua yang tertulis disini SAMA SEKALI BUKAN nasehat seorang yang ahli dalam dunia perkura-kura2an. Bahkan saya yakin seratus persen akan banyak orang yang protes dengan saya…tapi apapun kata mereka, saya telah berhasil membuat kura2 saya jadi sangat jinak, penurut dan cerdas.

Tips melatih kura2 yang saya berikan berikut ini adalah 100% berdasarkan pengalaman saya, kalau menurut anda bagus, silakan ditiru dan kalau menurut anda tidak bagus, silakan dicuekin aja🙂

Saya tahu benar bahwa banyak orang  yang berpendapat bahwa kura-kura itu seperti ikan, jadi cukup dilihat saja dan dikasih makan. Tidak boleh banyak dipegang karena di alam pun mereka jarang di pegang2…tapi menurut saya, semua mahluk hidup akan berlaku sesuai bagaimana kita memperlakukannya. Saat kura-kura menjadi peliharaan, hal yang wajar kalau kita menyanyanginya dan tidak hanya sekedar memberi makan. Bila  kita melakukan hal itu, kura-kura pun akan menganggap kita lebih dari sekadar tukang kasih makan

Alasan saya menulis post ini sangat sederhana…karena akhir2 ini saya sering sekali mendengar orang2 yang berkata kalau kura2 mereka ga mau dipegang dan cenderung ingin mengigit mereka. Kame dan Kroten sama sekali bukan pengigit dan luar biasa manisnya…saya sampai terheran-heran jika mendengar  ada yang bilang kura2nya  galak banget.

Nah…mari kita mulai langkah2 membuat kura2 anda menjadi jinak dan penurut. (Perlakuan saya terhadap Kame sejak Oktober 2006 dan Kroten sejak Maret 2008 ) (updated: terhadap Papoe and Kurome sejak2012).

1. Berikan nama pada kura-kura anda!

Memang benar kalo mereka cuma kura-kura,mahluk berdarah dingin. Tapi… jangan pernah menganggap kalo mereka tidak butuh nama. Saya kenal paling tidak 4 orang yang tidak pernah memberikan nama pada kura-kura mereka, mereka pikir kura2 itu tak butuh nama *geleng-geleng kepala*

Mari saya buat sederhana saja… MEREKA PAHAM KOK DENGAN NAMA MEREKA!!!

2. Panggilah kura-kura anda sesering mungkin

Hal ini perlu dilakukan agar mereka mengenal nama mereka.

Baik Kame maupun Kroten akan menengok ke arah saya setiap saya memanggil mereka. Saya paham betul kalau mereka tidaklah secerdas anjing dan kucing tapi mereka hampir selalu menanggapi panggilan saya.

3. Bermainlah dengan mereka

Mungkin anda akan bingung, gimana caranya main dengan kura-kura?

Yang paling mudah adalah dengan memberikan mereka sebuah benda yang mencurigakan lalu biarkan  mereka memeriksanya. Saat Kame masih bayi, saya suka mengelindingkan sesuatu ke arah dia, dia akanpanik dan lari.Tapi kemudian dia mendekat dan mencium2. Singkat kata, berikanlah sedikit waktu untuk bersama mereka.

4. Sering-seringlah dipegang

Saya sangat tahu kalau orang2 di  redearslider.com akan sangat tidak setuju dengan pelatihan macam ini…Tapi…saya sudah melakukan hal ini sejak bertahun-tahun lamanya dan hasil yang saya dapat sangat menakjubkan.

Mereka jadi sangat terbiasa dengan saya,mereka bahkan seperti meminta untuk disentuh. Kame lebih ingin disentuh daripada Kroten

Saya membiarkan mereka memanjat kaki saya kapan pun mereka mau. Bahkan mereka tidak memasukkan kepala mereka saat saya mau menyentuh kepala  mereka. ketiduran di kaki sudah menjadi hal yang biasa.

5. Suapi mereka sekali-sekali

Halini juga banyak ditentang orang karena mereka bisa saja malah menganggap jari kita adalah makanan. Untungnya, karena saya sudah sering menyuapi  (bahasa kerennya: Hand-Feed) mereka sejak kecil, jadi cara ini sangat berhasil.

Kame adalah yang terbaik dalam hal suap-menyuap ini. Dia dapat mengigit makanan sekecil 1 cm tanpa mengigit jari saya. Dia sudah pandai mengukur jarak. Kroten masih payah dalam mengukur  jarak, makanan 2 cm juga masih suka mengigit  jari. Namun, tak satupun dari mereka yang mengigit jari kalo saya sedang tidak memegang makanan.

Hand-feed memberikan sebuah ikatan khusus antara kura-kura dengan pemeliharanya.

6. Biarkan mereka menjelajah rumah

Menurut saya, ini adalah cara yang baik untuk membuat mereka merasa bagian dari keluarga. Tidaklah adil jika membiarkan mereka melihat orang-orang mondar-mandir di depan mereka sementara mereka diam di dalam akuarium atau tempat berjemurnya. Sekal-kali biarkanlah mereka juga meregangkan kaki2nya di sekitar rumah.

Saya tdak takut kehilangan mereka karena saya tinggalmemanggil nama mereka, merekapun akan muncul. Kalaupun tidak muncul, biasanya mereka sembunyi di tempat yang sama.

Tapi ini sangat sulit bagi yang jarang melepas mereka, untuk yang pertama kali membiarkan mereka jalan-jalan…amati terus gerak gerik mereka!

7. Ulangi perintah yang sama berkali-kali

Jika anda ingin mereka melakukan sesuatu…katakan lagi  dan lagi dan  lagi. Saya sangat bangga Kame bisa bersalaman (salaman ala kura-kura hanya dengan meletakkan tangannya di atas tangan saya) – lihat bagian akhir dari video paling bawah. Kame dan Kroten akan memanjangkan lehernya jika saya mendekatkan mereka ke hidung saya…mereka akan menyentuh hidung saya dengan mulut mereka.

Kamepun sudah paham kata ‘naik’ dan ‘sini’. Dia akan naik ke tangan saya jika saya bilang naik dan kearah saya jika saya bilang sini. Kroten masih dalam tahap belajar. Keduanya bisa dilarang untuk menuju ke bagian tertentu rumah.

8. Biarkan mereka tidur di samping tempat tidur sesekali

Hmmm… Ini mungkin tip paling gila yang pernah anda  dengar. Ini dapat menyebabkan anda kehilangan kura-kura anda, menurut beberapa orang.

Untungnya, saya belum pernah kehilangan satu pun dari mereka! Saya taruh mereka di atas selembar kain dan menutup mereka kembali dengan kain lain, seolah2 kasurdan  selimut. mereka akan bangun pada saat yang bersamaan dengan saya…dan setelah itu, hal menyenangkanpun terjadi…mereka akan mengikuti kemanapun saya pergi. saya suka sekali saat-sat seperti tu🙂

Untuk yang pertama kali melakukan ini, yang perlu dilakukan adalah sedikit pencegahan…awalnya taruhlah mereka di dalam kotak,jadi kalau bangun duluan, mereka tidak lari kesana-kemari Lama-lama mereka akan bangun sama dengan kita.

Mungkin anda  pikir ini hal yang tidakbiasa…tapi cobalah pikir lagi, banyak orang yang membiarkan anjing  dan kucingnya tidur di kasur mereka, lalu apa salahnya  kalo kura-kura tidur dekat kita?

9. Tunjukkan rasa sayang kita pada mereka

Tips yang satu ini adalah yang paling penting.

Jangan hanya memandang mereka dan memberi makan. Anda  perlu sekali-sekali berbicara dengan mereka, menghabiskan waktu dengan mereka …intinya, tunjukkan kalo kita sayang dengan mereka.

Kolam Kame dan Kroten ada  di kamarsaya…sangat menyenangkan melihat mereka mengangkat badan dan leher mereka saat saya masuk ke kamar. saya akan mengelus-elus leher mereka sebelum saya melakukan aktivitas apapun di kamar.

10. Ambil foto mereka sebanyak mungkin (pelatihan ekstra)

Hehe…pelatihan ini cuma untuk membuat mereka terbiasa dengan kamera dan menjadi kura-kura narsis😉

Nah segitu dulu untuk kali ini🙂

Semoga anda bisa memperbaiki hubungan anda dengan kura-kura anda😉

Saya tidak tahu apakah pelatihan inidapat berguna pada kura-kura yang telah dewasa. Kame lebih mudah mengerti karena saya telah melakukan hal-hal diatas sejak dia masih berukuran 2 cm dan pada Kroten sejakdiatidaklebih dari 4 cm.

Beginilah kelakuan Kame dan Kroten

Ini Kroten dan Kurome

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin

.

.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan cara melatih kura-kura, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

357 comments on “Cara Melatih Kura-kura

  1. Muhammad Alvian
    February 13, 2016

    Ka saya mau nanya, saya kan baru beli kura kura, tempurungnya kering kaya yg mau ganti kulit, terus di bagian belakang deket kaki kanannya tempurungnya sedikit cacad, itu tempurung yang kering emang mau ganti kulit ka? Atau penyakit? Kalo tempurung yg cacad bisa jadi lagi ga ka? Makasihhh kaaa

  2. Lukita
    February 24, 2016

    Wah makasih ya atas infonya saya mau mencoba ah.. kecuali yang tidur di sebelah saya soalnya takut terdindih hehehe… oh ya tau gk apa yg dilakukan jika kura kura sakit? Kura kura saya yg satunya matanya tertutup mulu tapi dia masih gerak tapi dia gk mau makan kenapa ya ? Tolong jawab ya ka plz jawaban kaka akan sangat membantu…. >_<

  3. Omad
    February 26, 2016

    assalamualaikum kak salam kenal,,kak aku masih newbi neh dalam hal kura2, aku punya 2 kura2 res sekarang yang kecil udah seminggu aku plihara dan sempet sakit dan setres,, berkat ramuan serba guna(air daun sirih) alhamdulillah sekarang yang kecil malah lebih lincah dan rakus makannya,,

    klo yang gede baru 2 hari aku beli dari toko ikan hias, dengan ukuran kurang lebih segede tatakan gelas, berhubung posturnya yang bantet alias gendut mnurut aku jadi aku kasih nama “Bom2” dan dya langsung merespon dengan mengeluarkan kepalanya, sepertinya pemiliknya dahulu juga sayang sm dya, jd dya dah gak takut lagi dengan bau tangan manusia,

    aku mw tanya nh kak kalo untuk mengembalikan kecerahan warna si Bom2 pakai apa ya kak?

  4. khanif
    March 12, 2016

    salam kenal
    kak mau tanya kura kura res aku kok aku deketin di malah kabur dan ngumpet itu kenapa?

    • Novroz
      March 14, 2016

      Itu tandanya kura2 kamu belum terbiasa dengan manusia

  5. rambelia
    March 30, 2016

    Salam kenal kak..
    Mau tanya caranya memberi tahu kasih sayang sama kura kura gimana ya

    • Novroz
      April 10, 2016

      Salam kenal juga🙂

      Dengan bermain sama kura2, dielus dan dimanja…yah sama aja dengan kucing dan anjing

  6. edelweis kalista dewi
    May 6, 2016

    Kak kura kura saya matanya selalu tertutup dan jarang begerak itu ☹ŞäӃiiŤ ka terus makan aja jarang .kura kura itu galak gak sih kak$

    • Novroz
      May 29, 2016

      Galak kalau jarang diajak berinteraksi

  7. reno muthmainnah
    May 19, 2016

    Kak saya baru beli kura kura dia kelihatan lincah tapi nggak mau makan , kenapa ya kak?

  8. Fai hasibuan
    May 20, 2016

    Wah, saya pikir kura kura adalah hewan bodoh… Kura kura saya tahunya makan dan berusaha kabur dari rumah hahah wkwkwk 🙈🙉🙊

    • Novroz
      May 29, 2016

      Sama seperti hewan lain, harus dilatih dulu😉

  9. Fahcrulboy
    June 20, 2016

    Salam kenal kk
    Berapa lama kita harus melatihnya kk

    • Novroz
      June 21, 2016

      Beda kura2 beda waktunya. Ga bisa ditargetin

  10. Maria Ulfah
    August 6, 2016

    Kak kura2 aku msh baby, dia lbh sering tidur gitu gak aktif kaya baby punya tmn aku yg suka bgt lari2an gt. Itu knp ya kak? Apa msh wajar aja?

  11. yuhu
    September 19, 2016

    kak kura kura saya udah 3th sendirian apa tidak apa apa ya?

    • Novroz
      September 20, 2016

      Gapapa…kecuali kamu mau cariin pasangan

  12. Omoy
    October 2, 2016

    Izin save fotonya ya kak, lucu banget :p

  13. Gandul
    October 23, 2016

    Makanan nya apaa ya? Trus kura kura saya suka bunyi klo di pegang itu knp ya apa masih takut? Terima kasih

  14. Prayoga
    November 20, 2016

    Numpang tanya kak boleh kan??, kura-kura saya kok kalo di liatin kok ngga mau makan,knapa ya kak??

  15. michelle
    December 1, 2016

    saya baru pelihara kura2, ini hari ke 4, cukup menyenangkanndan slalu aku main sama dia dan ga ada masalahnya. Namanya moana masih bayi.. Aku mau nannya ttg tmpt aquariumnya, yg diperlukan apa saja ya? ak skrg blm beli aquarium yg gede tp bakal rencana buat. Ak liat video yg hand feed trs mau nannya utu di aquarium tmpt kura2nya ad apa aja ya? satu lagi.. kl diajak tdr bareng perlu waktu utk masukin ke dlm air atau gpp di darat? rhankyouuuu

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 10, 2011 by in Kame&Kroten and tagged , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,511 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik ;) “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Tweeeeeettttt

Goodreads