Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Tanya- Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Pertama

Karena banyaknya pertanyaan di salah satu Post tentang perawatanKura2 yang saya tulis, jadi saya memutuskan untuk membuat post ini yang bertujuan sebagai jembatan tempat bertanya jawab sekitar kura2 Red Ear Slider.

Sebelum bertanya, ada baiknya membaca tulisan2 saya sebelumnya… mungkin saja pertanyaan anda sudah terjawab di sana. Dan silakan bertanya di tulisan  tersebut jika masalahnya berhubungan dgn topik pebicaraannya

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara Melatih Kura-Kura

Saya ucapkan banyak terimakasih telah mempercayakan saya dengan kura-kura anda…tapi PERLU diingat bahwa saya BUKAN dokter hewan dan  saya pun masih belajar dalam merawat kura-kura saya. Marilah kita sama-sama belajar disini 🙂

Note: Komen di Pola Makan Yang Baik saya tutup sementara karenasudah terlalu panjang. Silakan bertanya di sini jika berhubungan dengan makanan.

Saya akan segera (ga janji kapannya) untuk menulis tentang penyakit2 umum kura-kura.

Jangan lupa sekali-kali melihat-lihat blognya Kame dan Kroten 🙂
Menggunakan bahasa Inggris karena ingin punya pembaca yang lebih mendunia,tapi banyak gambar kok jadi bahasa bukan kendala loh.

Tanya Jawab disini sudah ditutup…silakan melanjutkan ke Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga.

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

128 comments on “Tanya- Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Pertama

  1. Venicie
    March 15, 2011

    Mbak lanjut yang tadi ya. .

    jd it pnykt gawat ya mbak?
    ju2r aja gag trlalu ngrti mbak, tempertur udrany hrus d naikin n air ny gag boleh dngin? gt mbak?
    bsa tlong jelasin gag mbak. .

    • Novroz
      March 15, 2011

      Iya…cukup gawat 😦
      RI itu dapat menyebabkan kematian. Kalo ga mampu ke dokter bisa terapkan cara2 berikut (tapi ttp ja hrs ke Dokter kl ga ada peningkatan kesehatan):
      1. Menaikan suhu air dan udara disekitarnya (makanya dia aktif pas dibawah matahari kan!)
      2. Karantina, jangan satuin sama kura2 yg lain.
      3. Sering ganti airnya.
      4. Hindari udara dingin disekitar akuarium (udara dingin semacam AC) karena hal ini bisa menyerang paru2, kalo dah ke paru2 dah susah disembuhkan.

  2. Venicie
    March 15, 2011

    Huaaaaa q gag mw chara q mati . huhuhu. .

    iya mbak dy aktip bgd pas d bwh snar mthri . aduh hruz sring2 q jemur jadi ya .
    soal d karantina , udh beres mbak, udh brapa hr ini dy tempat ny beda ama kura2 q yg stunya, cz q da beliin tempat yg bru buat dia .
    oh oke mbak, kbtlan kmar q gag pke ac kok, cuma pke kpas angin.

    o ia mbak, kalo gni bisa gag, kae mlem ini dy nya q ajag q tdur d smping q, q alasin kain trus q slimutin jg, it anget kan? boleh gag mbak gt tyap mlem dia nya? gag q tempatin d dalem aer ?

    • Novroz
      March 16, 2011

      Coba kasih lampu diatas kolamnya, seharusnya lampu UV tapi kl ga ada pk lampu biasa aja yang pentung jd aga angetan…jadi walopun ga dijemur dia ttp bisa merasa hangat.

      Soal tidur disamping atau bukan di air saat malam sebenernya hal yg saya lakuin sama Kame n Kroten sejak sy punya mereka, awalnya dijaga supaya ga hilang kalo dia bangun tengah malam, sekarang sih dah ga pernah dijaga karena mereka bangun brg sama saya 🙂 …. TAPI saya ga tau apa itu bs menyembuhkan RI atau ga

  3. Asop
    March 16, 2011

    Wooow…. saya gak henti2nya takjub dengan kura2 Mbak Nov… 😀

    • Kame
      March 16, 2011

      Makasih Sop 🙂

  4. HENDRA SUTYONO
    March 23, 2011

    KURA KURA SAYA KOK PUNYA BERCAK BERCAK BERWANA PUTIH DI KULITNYA TOLONG DIJAWAB YA

    • Novroz
      March 23, 2011

      Kemungkinan itu Jamur,tapi ga bisa dipastikan kalo belum liat fotonya. Kalo memang jamur, coba dikasih Acriflavine di airnya.
      Kroten saya juga mengalami hal yang sama. Sekarang lagi coba obat anti jamur lainnya.

  5. teni
    March 29, 2011

    ‎​ (˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩з˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩) ,,

    Karna Gΰă Ğa pisahin,, skrg tmn2 ikut2n kya sesek nafas gtu,,
    Tp kure+torto makanx pinter bgd, Ğa pilih2 makanan aka LAHAP. Typ hri jg ∂ï jmur.
    Kure udh mendingan. Apa harus ∂ï pisah ªjª? Klo ∂ï pisah,lampu uv cma pnya 1.

    Mw nanya lagi. ∂ï samping mulut torto ad benjolan gtu, ap ♈ª kira2? Tyuz ∂ï kepalanya ad benjolan putih kecil kya jamur, nyembuhinx gmn ♈ª??

    ‎​​°•·♥· τнäиκ чöü ·♥·•°. ♈ª
    Maaf nanya mulu,,

    • Novroz
      March 29, 2011

      Karena itu adalah infeksi yang artinya ada bakteri yang terlibat maka mau ga mau harus dipisahin.

      Benjolan aga susah krn ga tau benjolan apa. Kalo jamur di kulit jujur sy juga masih belum tau cara pengobatannya. Sekarang sy cuma pake obat jamur ikan, jd yang dicampur dalam airnya

  6. teni
    April 1, 2011

    nov gmn donk, tutel udh Ga mau makan dah 3 hari. torto yg d mulutnya ad benjolan+serabut halus dlm mulutnya pgn makan tp kyanya susah bgd, hari ini torto g makan. 😦

    gtw harus di apain. sekrang tutel+torto udh dipisah,kure sndirian..

    sedih ikh g bisa ngapa2in.. pasrah ajh, gw cma pakein garem di tempat yg sakit. karna gtw obatnya, yasuw, gw diemin ajh

    • Novroz
      April 1, 2011

      Maaf ya…saya juga ga tau. Dulu sih saya pasga tau mau diapain lagi ngerawat Kame, saya bela2in bawa ke dokter hewan, bahkan smp berawat jalan 3kali.

  7. teni
    April 5, 2011

    Nov,, tutelqu mati ‎​ (˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩з˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩)

    Tp alhamdlillahnya c torto udh mau maksain makan berasa punya kura baru dehh,, ♡hϱ♡hϱ♡‎‎

    • Novroz
      April 5, 2011

      Innalillahi 😦
      Semoga Torto jauh lebih sehat drpd tutelqu

  8. maha suputra
    April 6, 2011

    gan kura kura gua koq gag maw makan

    pdhal dah dkasi makanan terbaik

    makanan terbaiknya yang bemerek orca khan

    dah tak kasi tapi gag maw makan jga

    • Novroz
      April 6, 2011

      Heheh jangan panggil ‘gan’ donk … ntah kenama sy ga suka aja ama panggilan itu makanyya sy ga pernah berkunjung ke kaskus. Pake nama aja ya,cukup Nov aja 🙂

      Saya juga kurang tau mana pelet yang terbaik. Kalo dia ga mau yang merek Orca, coba merk yang lain atau sedikit makanan aga amis juga gapapa. sedikit aja loh.

  9. teni
    April 10, 2011

    nov,, kmren kure gw tiba2 mati… hiks,,
    aneh deh dy itu g sakit, malemnya pun dy masih brenang2 lincah d aquarium, pagi2 udah ngambang, masih idup cma sakaratul maut,, sakit apa yh dy?

    tinggal torto pejuang sejati, bonusx gw kasih aquarium 2×1 meter bwt dy makin gede tmpat kyanya makin cepet gede yh hha…

    tyuz bwt tmn torto gw bli kura ambon ukuran cup mentega tp akur loh, ajaib hha..
    katanya brazil ska nyrang yg ukurannya lebih kecil yh? c kroten suka dserang g sma kame??

    • Novroz
      April 10, 2011

      Wah aneh juga ya. Tapi emang kura2 kecil rentan bgt sih. gampang mati 😦

      Hehehe Kroten di serang kame? yang ada Kroten nyerang kame. Kroten kecil2 galak bgt.
      Wah daku juga sebenarnya pgn punya Ambon tapi belum dapat yg cocok

  10. May
    April 10, 2011

    Mb, kura2ku beberapa hari yg lalu mati karena RI. . Sedih n sepi bgt jadinya. Jd akhirnya kemarin beli bayi res lagi 2 ekor, ukuran 4 cm-an. . Tp beda sama kuraku yg dulu, waktu baru beli dikasih makan langsung mau. Yg sekarang tadi pagi ku kasih makan ga disentuh sama sekali. Dy masih adaptasi mungkin y. Tp berapa hari sih toleransi kura nolak makanan sebelum harus diperiksakan ke dokter? N ku juga trauma sama RI. Jd selagi belum bisa beliin heater, qga berani taruh dia di air. Jadi rencananya cuma ku kasih air pas jam makan aja. Bahaya ga ditaruh dibawah lampu uv tanpa air sehari semalam? Makasih ya kak 🙂

    • Novroz
      April 10, 2011

      Wah itu salah.Kura2 butuh air loh, ga cuma buat makan. Dia kan mahluk yang butuh air. Ditambah lampu UV bisabiikin dia tambah dehidrasi. Kasih air dan lampu UV juga gapapa.

      Toleransi ga makan…saya juga kurang tau. Maklum Kame & Kroten langsung doyan makan tanpa ada kendala sama sekali.

      • May
        April 10, 2011

        Ou. . gitu y mb. . Td alhamdulillah uda mau makan, tp pas diliatin langsung berhenti. Setidaknya udah ada sinyal positif lah, moga aja semakin lama semakin doyan makan, amiin. . (jd inget kura ku yg dulu tiap sy bawa makanan, kepalanya langsung nyosor ga sabaran :'()
        Kira2 kemarin penyebab kura saya flu kenapa y mb? Cz soal air, sy selalu ganti tiap hari. Sy takutnya air tanpa heater ditambah tempatnya yg terbuka bikin dia kedinginan. . Sekarang kura yg ini q taruh di pet house ukuran 15 x 11 x 9,5 cm, dg tutupnya juga untuk melindungi dari debu n udara dingin luar. . Kalo dikasih air tanpa heater tapi dengan bantuan lampu uv n batuan untuk bejemur, cukup kuat ga ya mb dia bertahan dari flu?

        • Novroz
          April 10, 2011

          Asal ga di ruangan berAC,kura2 cenderung aman dr flu.
          Trus setiap ada waktu, si kura diajak berjemur di bawah sinar matahari,selain hangat juga bagus buat kesehatan cangkangnya.

          Ukuran kolam segitu kecil bgt loh. Kura2 butuh tempat berenag. Coba nabung dikit2 buat beli container plastic plus filter air. Mereka senang bgt berenang2 kalo hari panas dan bermalas2 di basking area saat dingin.

  11. May
    April 11, 2011

    Oke. . Makasih ya kak masukkannya. . Salam untuk kame ma kroten =]

  12. teni
    April 14, 2011

    wah koq bsa yh kroten nyerang kame? pantez g digabung 1 container yh.. tp d videonya kyanya mereka adem ayem ajh yh, hha..

    nov bingung ney item2 d tempurung torto makin banyak. tp badan torto mulai gede, tyuz sekarang lebih lincah g kaya d aquarium dlu, padahal aer d kolam kecillnya dingin.

    oia kura ambon tu kura darat yh? dy ga sepinter brazil renangnya, malah dy bsa makan d luar aer loh, salah g c klo d gbung m brazil yg aerx lmyan byk..?

    • Novroz
      April 14, 2011

      Kadang2 sih akur, tapi Kroten pernah gigit tangan Kame…jadi deh dia kena marah.

      Sama!! saya juga lagi bingung sama Kroten 😦
      Jamurnya (putih) makin banyak padahal dah diobatin dgn segala cara 😦 kayaknya airnya ga beres deh.

      Wah sy juga kurang tau soal Ambon…yakin dia bisamakan di darat? ada lidah n ludahnya ga?

  13. teni
    April 16, 2011

    gw selalu ngefans m kedua kura u! kame yg penurut, kroten yg maruk..
    mgkin dya kira tangan kame makanan jadi d gigit, hha..

    stelah gw perhatiin item2 d kerapas torto itu sama kya item2 d kerapas kame, jd kya mw nglupasin scute gtu, pantesan tambah banyak itemx..

    ambon bisa makn d luar air,, blom merhatiin mulutx biz dy pemalu bgd2, bru dideketin badanx udah masuk semua k kerapas, g kya brazil dy bsa masukin semua badannya lucu!!

    bru bgd gw bli kura brazil segede ujung gelas, sekarang gw gabung d kolam torto+kuro. berharap bgd bsok pagi torto masih utuh.. takut yg baru galak k anak kecil..

    • Novroz
      April 16, 2011

      Iya ambon lucu…gw pernah liat punya tetangga…semuanya masuk dalam cangkang.

      Jadi berapa sekarang jumlahnya? 3 ya?
      Btw, dah pernah berkunjung ke blognya Kame & Kroten? Sekarang sy jarang nulis ttg mereka disini karena merekapunya blog sendiri…tapi pake English. soalnya kalo di Indonesia gw suka dianggap aneh kalobilang mereka anak2 gw…kalo ama org2 bule, mereka dah paham bgt perasaan gw.

  14. astri
    April 17, 2011

    ka,, kurakura perlu kta bersihin ga si?? oya terus cara kurakura kawin gimana ya?? hmm,, bingung ane.. mkash sebelumnya

    • Novroz
      April 17, 2011

      perlu! kalo ga disikat cangkangnya bs jd berlumut. Slain itu, membersihkan kura2 jg bkin tambah dkat sama kura2nya.

      Wah kalo ngawinin kura2 sy jg ga tau, blm pernah soalnya. Kura2 sy 2-2nya cewek. Yg sy tau sebaiknya tunggu kura2 bertelur dl br dikawinin.

      • astri
        April 17, 2011

        ohh kura kura bisa bertelur tanpa kawin yaa?? kalo umur berapa mulai bertelur,, kura2 saya udah 2tahun trus panjangny ud 17cm,, tpi plastrony cekung, kykn digambar itu,, berarti jantan ya??? ^_^

        • Novroz
          April 17, 2011

          liat plastron ga menjamin c…liat kuku n ekor y lbh pasti.

          Kame bertelur umur 3 tahunan. Kura2 bertelur sama kayak ayam atw manusia kalo lg haid…telurnya telur infertile yg ga akan pernah netes. Kl dah prnh bertelur, kita dah bs yakin kalo dia dah siap kawin.

          • astri
            April 17, 2011

            ohh,, oke,, mksi bnyk ya ka,, blognya krenn dan bagus banged,, jd terinspirasi.. makasihh ka 😀

          • Novroz
            April 17, 2011

            makasih atas pujiannya 🙂

            Sekali2 mampirlah ke blog kame n kroten 🙂 mereka suka bagi2 cerita ga jelas.

  15. astri
    April 18, 2011

    insya ALLAH ntar kak,, lagi UAN ni,, hhee,, internetan tetep tp,, tp bentar ajaa.. :p

    • Novroz
      April 18, 2011

      Good luck 🙂
      Semoga lulus dgn gemilang

      • astri
        April 19, 2011

        amin ka,, makasih

  16. titin
    April 19, 2011

    kak, kura2 Q masih bayi….
    akhir2 ini dia jd pendiam, matanya tertutup terus
    tapi kalo makan masih lahap
    terus d karapasnya ada 2 bintik putih, itu jamur y kak?
    mulai kemarin dia saya berjemur di luar setiap pagi
    Q kawatir bgt ma kura2 Q kak
    kira2 dia kenapa y…
    oy, dia jg sering buka mulutnya….
    tlong Q kak

    • Novroz
      April 19, 2011

      biasanya bintik putih emang brarti jamur.

      kura2 yg buka mulut buat bernafas biasanya karen respiratory infection, cara pgobatan dasarnya ada di komen plg atas.

      smoga kura2nya cpt sehat ya.

  17. titin
    April 20, 2011

    air’a klo d kasih air anget gmn?
    bgng bgt kak
    sedih rasa’a liat kura2 Q sakit
    Q baru pnya dia 1 bulan ini
    jd blum tau jg cara rawat kura2 yg bner

    oy, kak d mata’a tu ada kaya selaput yg nutupi mata dia
    maka’a dia selalu gosok pake kaki depan dia
    tu knpa y kak?

    mksih y kak
    oy, nma kura2 Q “Gelis”
    kdang Q panggil “Gege”

    • Novroz
      April 20, 2011

      Punya bayi kura2 memang riskan, cenderung ga selamat.
      Satu2nya cara simple adalah dengan sering menjemur dia termasuk airnya. Semoga dengan begitu diabisa merasa aga hangat. kalo pake air hangat karena dimasak saya sama sekali ga tau apa efeknya

  18. Theo
    April 20, 2011

    cara nyembuin luka pada kura kura itu gimana ya, soalnya, kura kura gw klo lukanya mau kering, pasit dia garuk garuk di lantai / tempat berjemur, dia juga selalu ke daratan, selama ini gw juga udah kasih betadin, kasih obat biru, sama garem ikan.

    • Novroz
      April 20, 2011

      Lukanya dimana?
      Mungkin dia kegatelan pas lukanya mau kering…susah juga ya menjaga dia jangan garuk2.

      • Theo
        April 22, 2011

        iya, ini lukanya di kaki kiri, sembuhnya itu memang lama, gw sih maunya dia di balut, tp susah, balutnya gimana, emang kura kuranya kakak pernah luka ?

        • Novroz
          April 22, 2011

          Kame pernah lecet krn dia kegendutan…tp cepet keringnya c. Kame n Kroten rata2 di kolamnya cuma 12jam, sisanya di lantai, jd pas luka gampang keringnya.

          • Theo
            April 22, 2011

            ooo… jd harus banyak di darat

          • Novroz
            April 23, 2011

            Kalau mau cepat kering lukanya ya harus begitu

          • Theo
            April 27, 2011

            tp kasihan, klo di darat terus, dia berontak, gw sih kasih bebasin dia aja di kolam, tp gww balut pake perban, supaya ga garuk lagi, emang boleh ?

        • Novroz
          April 27, 2011

          kalo brontak bingung jg. hehe Kame n Kroten sih ga masalah mondar mandir di rumah, mrk dah kyk kucing drpd kura.

          • Theo
            April 28, 2011

            sekarang sih tambah parah, gw kan punya 5 kura yang besar malah luka, ternyata, kura gw itu di gigit sama tikus, makannya luka, soalnya gw taro di kolam, di taman.

          • Novroz
            April 28, 2011

            di kolam luar emang cenderung kena gigit ama hewan lain.
            untuk hal ini gw ga bs ksh saran apapun.

          • Theo
            April 30, 2011

            sekarang kura kura gw gw kasih orang lain, soalnya lukanya gak sembuh – sembuh, terus kolam gw sudah gak aman untuk kura kura gede :(. jd sisa 3, tp sedengan semua, sebelumnya thanks banyak untuk informasinya dan bantuannya ! mudah mudahan 3 kura gw yang sedengan bs tumbuh sehat, gak luka lg, rencana gw juga mw bikini kontainer yang bagus spt punya kakak 🙂

  19. titin
    April 20, 2011

    makasih kak
    skrg Gelis lebih sering diem n nutup matanya
    di lepas d bawah sinar matahari g selincah kmarin
    sedih bgt Q mba….

    • Novroz
      April 20, 2011

      Sabar ya. itu penyakit emang sering menimpa kura2.

      smoga ja da keajaiban buat gelis

      • titin
        April 21, 2011

        mkasih y kak
        Q jg berharap akan ada keajaiban buat gelis……
        doain jg y kak….
        skali lg mkasih dh may berbagi dgn Q kak…..

        • Novroz
          April 21, 2011

          amien. coba terus dijemur ya! jgn menyerah dulu.

          • titin
            April 21, 2011

            y kak, tiap pgi Q jemur ….
            oy, kak
            dia kn Q taruh d akuarium bulet jd belum Q buatin basking area…
            pling tak kasih batu2 buat dia nangkring
            itu gp2 kn mba?
            soal’a dia kecil bgt
            klo dh smbuh mau Q beliin satu lagi buat tmn dia truz tak beliin kontainer agk gde jg

            oya kak, jamur’a muncul lg
            obat’a apa kak?
            yg acriflavine bkn?
            tu cara obatin’a gmn?
            mf y kak tnya terus

          • Novroz
            April 21, 2011

            Acriflavine caranya dicampur dgn airnya…kayak buat akuarium ikan aja.

            Basking area itu penting bgt loh. Kura2 perlu mengeringkan badannya.

  20. teni
    April 21, 2011

    iaa nih jadi 3, tp alhamdulillah pada sehat, emang hewan itu g usah terlalu d manja,kecuali yang baby. harus jemur typ hari.
    nov.. kame kroten knp pke english c??
    g ngerti hiks.. bilingualin atuuh, hhe..
    eia gw mw tanya emg blimbing g dcerna kura yh? sminggu lalu gw kasih kuro c ambon blimbing, p kmaren poopx masih kluar kaya kulit blimbing gitu, padahal sminggu inidi kasih pelet truus..
    kapok jd g pernah d kasih slain pelet deehh…

    • Novroz
      April 21, 2011

      hehe Kame & Kroten c sgt dimanja skali, tp Kame lah yg sifatnya plg manja.

      Yg bhs Indo justru sering ditulis di blog ini. Sy plh pk bhs Inggris krn 2hal, wkt nulis disini pk bhs qt, ga bnyak yg bc n ninggalin komen…pas pk English bnyk bgt yg komen. Slain itu, tuh blog ditulis seolah2 Kame & Kroten yg nulis (kdg2 sy), pas mrk yg nulis mrk bkal blg kl sy adalah mommy mrk. Sy cm knal satu org Indo yg mengerti pengumpamaan smacam itu…umumnya malah menganggap sy aneh. Tp org2 luar mlah menanggapi ‘keanehan’ itu dgn senangnya.

      Wah sy ga tau apa kandungan blimbing. ada sayuran ga boleh dimakan kura loh. Makan pelet aja ga baik jg, mrk hrs blajar makan sayuran macam sawi dan selada.

  21. titin
    April 21, 2011

    kakaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak
    si geulis dh ceria lagi
    dh g nafas pake mulut lgi.
    seneng banget Q kak
    tp selaput di matanya itu masih ada
    selaput itu nutupin pandangan geulis
    jd sering d kucek terus pke kaki depan dia

    sama 2 bintik jamur d karapas dia yg lum smbuh

    • Novroz
      April 21, 2011

      Alhamdulillah. Sebaiknya cepat2 dibikinin basking area. Selalu basah bikinkura2 gampang kena RI.

      Untuk mata saya ga bisa banyak membantu…maaf ya.

  22. teni
    April 24, 2011

    nov koq susah yh bikin komen pke hp? hmmmp…

    iaa c kandungan pelet g bagus juga. udh bli 3 macem pelet. orca, hoky kalsium batang+bulet..typ pagi gw kasih yg gede orca+hoky batang, yg kecil orca+hoky bulet. udh musim ujan gini susah ngjmurnya.

    gw curiga ambon mirip kroten nih, makanx buanyaak! kmren ini gw lepasin smwa k taman tyuz gw aerin tamannya, dy makan keong kecil,tyu dy jalan lg nemu biji kurma dy masih mikir2 mw d makan ap g, gw keburu nglarang akhirnya dy lepasin tuh biji, hha kocak.. tp bahaya yh klo dy asal makan cz dy g butuh aer bwt nelen. gw juga curiga g ada bekas poop d kolamx.. bahaya g tuh?
    skrg tuh ambon lgi sakit kayax jamuran deh d kulitx.. ngobatinnya gmn yh? gmw dy sakit 😦

    • Novroz
      April 24, 2011

      Masa sih? saya aja sering bgt ngejawab comment pake HP….kalo kira2 lama ga akan nyalain kompu.

      Hahaha kura2 memang rakus!!! iya bahaya kalo asalmakan makanya harus diawasin mulu.
      Kura2 makan poopnya sendiri haly ang biasa, sama sekali ga membahayakan. Untuk Jamur memang susah dihindari karena negara kita lembab bgt sih.

      Saya juga lagi bereksperimen dgn beberapa saleb untuk nyembuhin jamur tapi belum ada yang sukses nih.

  23. teni
    April 26, 2011

    blom bsa saii pke hp. waktu itu bsa pke bb cma bsa 1x, biz itu g bsa lg.. 😦
    hiks.. kmren kuro+tutel gw kasih pisang lumut.
    c tutel aman2 ajh, tp c kuro mencret2 bingung obatx ap? trus klo emg c kuro jamur, masa yg kena c kuro doank yh, kn kuro,tutel,torto satu kolam dan yg laen aman2 ajh, sehat walafiat.

    apa krna kuro ambon yh habitatx harus d bedain?? klo sendirian d aquarium repot bersiinnya, bau bgd!!

    skrg kuro d smpen d baskom deh, kasian bgd tmptnya sempit..

    • Novroz
      April 26, 2011

      Aneh ya, pdhal ini aja gw bls pk hp…cuma nyalain kompu kalo mau nulis bwt blog, ngereply komen cukup lewat hp aja.

      Pisang bukan makanan yg umun jd kl mau jd selingan jg cm bs dikit aja. Mencret bs krn bnyk hal, dia mgkn ga cocok ama pisang. Kame dulu jg mencret berbulan2, akhirnya gw bw ke dokter krn takut kenapa kenapa…dan trnyt dia kena bakteri koksidia yg kl ga diobati bs ngegerogoti ususnya n jd pendarahan. Alhamdulillah cepat diobati.

      Daya tahan kura kan bd2 sama kyk manusia, mgkn yg lain suka brjemur yg satu lg ga jd ja ada yg jamuran n ada yg ga.

      Bau bgt? kok bs? Kolam Kame n Kroten ada di kamar gw tp ga pernah kebauan…cuma kbauan kalo tau2 salah satu dr mrk poop di ubin pas lg dibiarin jalan2 di kamar.

  24. teni
    April 30, 2011

    yeeyy.. kuro poopx g mencret lg..
    tp g dobatin, cma d puasain ajh, hhe..

    paz dy mencret bauuu bgd baskom tmpat dy d karantina.. poopx bau.. skarang d pindah k kolam lg, tp g ad poop 1pun kyax dy makan poop lg ney, pdhl lg brusaha ngasih makan sminggu 3x 😦

    masalah d jmur biasanya mreka b3 d gabung. tp yg pzti typ hri d jmur yg bayi. apa harus d jemur typ hari semuanya?

    • Novroz
      April 30, 2011

      yg bgs sih memang tiap hr tp emang c ngatur waktunya bakalan susah. sbisanya aja, gw jg cm bs 2-3 kali smgg kalo lg ga kerja aja.

  25. Theo
    April 30, 2011

    kak, tanya lg, klo mw dietin kura kura tuh butuh waktu 1 tauh lebih ya, soalnya nih kura kura gw udah mw coba makan sayur. Ukurannya masih 10 cm, tapi gemuk, kayak kame dulu 🙂

    • Novroz
      May 1, 2011

      dietin kura2…luaaama bgt. Kame dah diet 3tahun ttp aja msh lbh ndut drpd Kroten.
      Tp yg pnting dia dah ada penurunan walopun sdikit dan makan makanan sehat.

      untuk komen yg di atas.
      Good luck dgn 3 kuranya 🙂
      emang sbnrnya kura lbh baik di luar krn dia bs kna matahari tp kl pgn akrab lbh bgs kl dia di dalam rumah.

      • theo hadinata lianto
        May 1, 2011

        o ya, sekalian tanya nih, gw kan nih lg bikin word press tentang kura brazil juga, gimana cara masangin foto di belakang sama di atasnya, barangkali kakak punya panduannya 🙂

        • Novroz
          May 1, 2011

          Selamat bergabung di wordpress 🙂
          Tapi berhubung pertanyaannya bukan sekitar kura2, sebaiknya bertanya di Message Board 3 aja ya biar lebih teratur.

  26. teni
    May 1, 2011

    hhmm, mdh2n k kirim ney pke hp..

    Nov gw, baru bli morph, like kroten! Lucuuu,,,,
    Cma kyx klamaan d pet shop yg g k urus, dy byk bgd pnykitx. Matax merem 1, kukux lepas 2, d kasih mkn gmw, yg plg parah, deket kupiing ad bnjolan.. Hadooh kasian bgd..
    Nti ajh akh k dokterx klo dh pny duit..

    Kasih nma bwt kura morph gw itu… Kasian blom d nmain

    • Novroz
      May 1, 2011

      Kekirim 🙂

      Semoga emang kura2nya jadi morph .Waktu beli Kroten warnanya cuma sedikit lebih muda dr Kame,eh gedenya jadi kuning. Morph susah ditebak sih. untung2an.

      Hmmm…sama kayak Kroten ya. Dia juga dulu ga punya kuku dan karapasnya busuk di beberapa tempat. Di rawat dengan penuh kesabaran bgt dulu.

      Namanya Morphi aja 😉

  27. teni
    May 1, 2011

    boleh juga tuh morphi.. 😀
    okey, kenalin new turtle gw, morphi 😉

    udah pasti morph, cz blinya udah segede tutup blueband, hhe.. kuku2,paruh+ kerapasx pastel..
    murah lg cma 40 dtawar 30rb dkasih, krna kondisi dy yg gtu kli yh mkanya d jual murah 😦

    ngobatin mata gmn yh nov?? bengkak gtu, td pag dh d jmur mulai melek, alhamdulillah 🙂
    kya ada slaput dmatax,gtw obatx apa,, pling nti d jmur ajah typ hari..
    kukunya juga g ada, tp bisa tumbuh, kyax tinggal drawat bae2 ajh yh,, seneng bgd 🙂

    ada berita baik lagi, kuro c ambon juga jaamurx mulai kering, tinggal pemulihan :), cma g bsa sekolam m ade2ny yg brazil lg biar g kambuh jmurnya 😦

    mayan deh, kolam masih cukup gede bwt nampung beberapa kura yg g kerawat d petshop.. 😉

    • Novroz
      May 1, 2011

      untk penyakit mata, gw jg ga tau gmn pengobatannya. Ada yg menyarankan pk minyak ikan.

      Smoga morphi bs jd sehat lg kyk Kroten 🙂

  28. teni
    May 2, 2011

    pke minyak ikan? Kya cod emoltion yg bwt org itu??
    Crax gmn tuh??
    Morphi emg baru beli, byasax biarpun kuya bru dtg krmh gw d kasih mkn psti mw nyaplok mknanx, morphi ngga, dy biarin peletx ngambang g d sentuh.. Knp lg ney kuya,, bingung..

    • Novroz
      May 2, 2011

      bukan cod emoltion, tp yg bulet2 itu, dipecahin kapsulnya n minyaknya diolesin. Gw perlu pernah cb c, itu kata org.

      Ga mau makan mgkn krn stress. Beli kura2 sakit emang beresiko, bs sembuh bs jg makin parah.

  29. teni
    May 2, 2011

    alhamdulillah pagi ini mophi, mw makan.. masih stres kli dy bru p rmh..

    emg ada yg minya ikan bentunya bulet2? tyuz klo kna matax bahaya g yh?
    wedeh,, rempong juga yh.. tp pasti sembuih deh c mophi.. 🙂

    • Novroz
      May 2, 2011

      ada, dulu waktu kecil gw sk makan itu.

      krn gw ga pernah ngobatin kura dgn penyakit mata jd gw bs mastiin bahaya atau ga-nya.

  30. kuraji
    May 2, 2011

    salam kenal…
    mau tny ni ka..ga tau umur sbnrnya kura2ku brp. dulu beli ga dr bayi, sktr 8cm an lah. brsamaku dah 1thnan ini. skrg dah 20cm an. normal ga si? makannya gmpg bgt. sering minta pula. tiap diliat orang, dia minta maem. aku ksh pelet deh… kmrn (stlh bc tlsn kaka) tak ksh pepaya. tnyt seneng bgt. lahap pula! nah, masalahnya dia minta trs, tak kasih lagi deh. mustinya makan tu seberapa to porsinya?
    maaf, pnjg bgt. aku baca maeme ga blh bnyk2 ntar ganggu organ dlmnya, gt kn ka? tp dah dr dulu maem ga aturan porsinya. mau ngurangin ga tega…

    • Novroz
      May 2, 2011

      hi Kuraji, met datang di blog saya.

      8cm mungkin dah 1thn umurnya tp ga bs yakin bgt kl sgitulah umurnya, yg pst adalah bertambah 12cm dlm 1thun itu aga kecepatan dan mgkn bs jd obesitas.

      kura2 emang pinter bgt mengemis makanan, dl sy jg ga tahan liat tatapan memohon Kame dan hasilnya dia malah jd obesitas.

      Pola makan mereka sbnrnya bs 1kali 2hari tp mgkn kitanya yg ga akan sanggup liat kura kita ga makan…jd shari skali jg gapapa. JANGAN sampe sehari berkali2.
      Slain itu, pepaya bnyk mengandung gula jd hanya bs dikasih sminggu skali. Kebanyakan gula bs bkin mrk diabetes.
      Yg baik 5hr sayuran hijau kayak sawi, selada atau kangkung. shari pelet dan shari yg manis2 kayak ubi rebus, wortel dan pepaya.

  31. teni
    May 9, 2011

    nov, mophi kasian deh td pagi kn 4 kura gw d kasih makan dlam 1 ember. c mophi makanx susah kya liat tp susah nyaploknya. kya yg minus tingkat tinggi nih 😦
    brarti klo makan mophi harus dipisah sniri niih..

    oia, c bungsu torto dah 5harian g mw makan, skrg lemes bgd. pgnx tiduuurr terus.. kn paruh dy rada somplak gra2 almarhum2 yg dlu, pz d teliti dlmx kya tebel gitu d bagian yg somplak, jd dy susah mkn 😦 dy mungkin lebih milih g mkn drpd susah nelennya.. kasian bgd!

    • Novroz
      May 10, 2011

      ah kasian si Morphi. Kl kura makan brg emang pasti ada yg kalah. Lebih baik dipisah.

      Wah repot yg kl dah kna luka gt. smoga dia bs membaik.

  32. teni
    May 15, 2011

    berita baik hri ini,, mata mopii mulai membaik. mulai melek dengan sempurna g bengkak lg 😉
    cuma ada jamur dah ad d lapisan dalem kulit kepala pas d atas matanya.. mungkin harus d suntik. cma bingung gtw klinik hewan d bogor dmn 😦

    g ad prubahan d torto 😦 udh sminggu lebih gmw makan gmn mw sembuh klo dy sendiri g makan.. gtw harus gmn 😦

    • Novroz
      May 16, 2011

      Di Bogor bukannya lebih gampang? kan ada IPB yang jurusan dokter hewa…pasti ada prakteknya juga.
      Wah…torto ayo semangat!!! Coba ganti2 jenis makanannya

  33. teni
    May 18, 2011

    gtw dmn tmpat dkter hwanx.. 😦
    pnah nanya2 k naq kdokteran d ipb. dy jg blom ngerti bgd masalh kura2..
    torto bner2 gmw makn nov..:'(

    • Novroz
      May 18, 2011

      Coba yang amisdeh…kan baunya aga mengiurkan buat kura2.
      Emang sih…dokter hewan kita ga banyak yang paham soal kura2 dan reptil 😦

  34. teni
    May 27, 2011

    torto mati nov.. seblum mati mulutnya berbusa. truz gw paksa masukin pelet kecil 3 biji. setengah jam kmudian mati hiks 😦
    gw yg bikin dy mati.. sedih bgd.. kasian, nyesel. nyampur smwa dh jadi satu.
    tgl 3 deh kura gw… doain yh biar sehat smwa..

    • Novroz
      May 27, 2011

      wah…kok bs smp berbusa ya??
      Semoga yg 3 lg akan hidup sehat smp 30thn.

  35. nisa
    June 2, 2011

    sedikit cerita saya baru pelihara kura2 sekitar 1minggu. Sewaktu saya beli umurnya masih 8bulan. Nah yg jd permasalahan baru2 ini saya perhatikan di pinggir kepalanya ada benjolan kecil. apakah benar itu bisul telinga?bagaimana cara menyembuhkannya? terima kasih

    • Novroz
      June 2, 2011

      Hi Nisa…makasih atas pertanyaannya, tp maaf saya sama skali ga bs bantu krn sama skalia tdk tau soal bisul pd kura2

  36. nisa
    June 3, 2011

    :((((( saya bingung banget mba. kalau putih di bagian kaki itu apa ya mba? apa itu panu?kalau iya bagaiamana cara mengobatinya?

    • Novroz
      June 3, 2011

      putih2 di kulit n tempurung bs jadi adalah jamur.
      Bisa pk burnazin (adanya di apotik). harganya 50ribuan

  37. rizal
    June 30, 2011

    kura-kura saya malas makan dan suka tidur, bagaimana solusinya nie,,,??

    • Novroz
      July 1, 2011

      Masih bayi kah kura2nya?

      coba di ganti2 jenis makanannya

      • rizal
        July 1, 2011

        iya msih kecil..
        yg paling pas mkanannya kira-kira apa..??

        • Novroz
          July 1, 2011

          Kalo masih kecil dikasih makan pelet aja gapapa, tp bayi kura2 itu punya kcenderungan gampang stress jd menyebabkan dia susah makan

          • rizal
            July 2, 2011

            ouw gtu, trus biar kura” itu ga stres gmna..??

          • Novroz
            July 2, 2011

            kalo itu sy ga bs bantu, maaf. Soalnya sy ga pernah punya kura2 yg stress. Waktu sy bli Kroten, dia memang punya rasa percaya trhadap manusia yg kurang dibanding Kame, tp dia ga stress, makannya normal2 aja

  38. korin
    July 6, 2011

    kak nov, aq punya kura2 ambon,, nemu udah gede,,,,
    aq kasih makan pelet ama sayur gk mw,,
    mwnya makan ikan aj, memang ikan kh makanannya k?
    oya, klo mw tw dy siap kawin tu gmna caranya?

    • Novroz
      July 6, 2011

      Hi Korin…maaf sy sama skali ga tau soal ambon.

      Hehe sepertinya sy hrs ganti judulnya nih, jd tanya jawab skitar RES 😉

  39. Dinda
    July 6, 2011

    kak kalau kura2 yang masih kecil itu dikasih makannya berapa kali sehari? dan berapa butir pelet? soalnya banyak yang bilang kasih 2x trus 5 butir pelet, ada juga yang bilang 1x aja, peletnya cuma 5 aja, terus ada yang bilang kasih 15 butir pelet???!! Yang betul yang mana ya?

    • Novroz
      July 7, 2011

      Hi Dinda, selamat datang di blog ini 🙂

      Berdasarkan apa yg saya baca dr redearslider.com, kalau masih kecil, pelet yang dikasih sebanyak kira2 ukuran kepalanya…berapa butirnya ga jelas. Coba aja ditaro di tangan dan liat apa kira2 seukuran dgn besar kepalanya. Kalo dia dah besaran hanya boleh seukuran setengah kepalanya.

      Hanya diberi makan sekali sehari karena secara habitat aslinya mereka cuma makan seminggu sekali, kalo dipelihara juga sebaiknya ga dikasih makan tiap hari, tapi pasti ga tega kalo ga ngasih makan jadi boleh sehari sekali asal jgn berlebihan

      • Dinda
        July 7, 2011

        kak aku udah ngasih makan sekitar 5 butir tapi dia gak mau makan.. trus aku belinya di tukang kura-kura biasa yang pakai tempat kecil.. itu baik gak sih?

        • Novroz
          July 8, 2011

          Coba aja terus dikasih. Kura2 br beli memang suka rada2 stress.

          Tempat yang kecil itu AMAT tidak baik buat2 kura. Mereka butuh tempat yang luas buat berenang2

          • Dinda
            July 8, 2011

            kak kura2 ku selalu tidur terus matanya kayak ada selaputnya itu dia lagi tutup mata ya?

          • Novroz
            July 10, 2011

            Selaput? maksudnya seperti ini > http://t.co/ANrYbZK

  40. rizal
    July 31, 2011

    kak kura-kuraku kok di lehernya kayak ada putih-putihnya kyak kulit ngelupas gtu, setiap d bersihin ada lagi, terus kayak jadi pasif gitu kak, matanya kayak merem terus, padahal dulu waktu pertama beli endak gitu, kenapa itu kak ? solusinya apa kak ?

    • Novroz
      July 31, 2011

      Kalau itu memang kulit yang mengelupas sebaiknya jgn dibersihkan…biarkan lepas sendiri.
      Kura2 selalu melakukan pengelupasa kulit dan bagian2 cangkang (scute)..saat itu terjadi, cukup qt liat aja. Dibersihkan atau dicabut malah bikin kura2 stress.

  41. rizal
    August 1, 2011

    ouw gitu, eh tpi tapi ada 1 lgi kak, d mata kura kuraku kadang kayak ada putih” kluar gitu, apa ya itu kak..??

    • Novroz
      August 1, 2011

      Wah kalo penyakit mata saya belum banyak tau karena Alhadulillah Kame & Kroten belum pernah (dan semoga ga akan pernah) kena sakit mata.

      Ada yg bilang ditetesi minyak ikan tp sy juga ga tau benar apa ga-nya

  42. Vika
    August 1, 2011

    Hallo Ka Novroz…
    aku dah komen di sesi pengelupasan Scute..tp kok ga dibales2 C… hehehe…
    Kak aku jga punya RES 2 Kuya n kuy, tp skrng tinggal 1, kuy udah mati..1 thn yg lalu..sediiihhh bgt..matinya kayanya karna RI, aku tinggal di bogor..pernah bwa ke dokter hewan di IPB tp ternyata beliau ga ngerti apa2 ttg RES..alhasil obat yang dikasih ma dokter itu malahan buat Kuy +parah..tp salah sy jg C ngerawatnya ga bener.. thx bgt infonya..berguna bgt..

    oiy kak..sy pernah bca ttg obat tetes mata garamycin or gentamicin (kento) ternyata bs nembuhin RI n mata bengkak jg.. sy pernah praktekan ke Kuya..karna ga lama Kuy mati, Kuya kena jg..aku sampe stress mikirin Kuya..ga bs kerja..krna msh trauma ma Kuy..sambil berdoa mdh2an dikasih petunjuk ma Alloh..akhirnya dpet…alhamdullillah Kuya sembuh..tetesinnya di mata trs tetesin juga ke hidungnya… hehehe maaf ya ngomongnya byk kak…

    • Novroz
      August 1, 2011

      Hallo Vika…wah maaf bgt sepertinya komen kamu disitu kelewat…tapi udah sy bales kok (^^)v

      Memang banyak dokter hewan di negara kita yang ga ngerti kura 😦 suka iri sama teman2 internet sy yg dr Amrik krn mereka punya dokter hewan yg khusus reptile. Kasihan Kuy.

      Wah infonya menarik bgt…makasih nnt sy kasih tau yang lain yg punya masalah dgn mata dan RI. Semoga Kame dan Kroten ga pernah kena….amin

      Oh ya…garamicynnya bisa ditemukan dimana?

      • Vika
        August 3, 2011

        Yeaahhh akhirnya dibales… 😀
        coz aku seneng bgt kak nemuin blog ini..aku jg suka dianggap aneh ma temen2, karna suka ngobrol ma kuya..abs aku udah anggap kuya bagian dr keluarga.. aku jg baca2 ttg blognya kame n kroten…wwwaaahhh…senangnya…

        oiy kak.. garamicyn ada dua macem klo di apotik..ada yang bentuk salep jg obat tetes..nah yang dipake untuk RES yang obat tetes..aku belinya di apotik kimia farma..tp jarang2 yang stock karna harganya mahal..dulu aku beli Rp 110.000,- tp ada yang generiknya namanya ya itu gentamicin(kento) Rp 35ribuan..emang rada susah nyarinya..aku aja sampe keliling bogor..nyarinya..eh ada di apotik cibuluh..

        skrang C selalu ada stock dirumah..abs takut kuya sakit itu lg..jd bisa langsung dikasih…kuya jg jenis kelaminnya cewe…hehehehe..sampe skrng belom ada temennya lg…
        kak makasih bgt infonya…byk ilmu yg didapet dr ini.. 🙂

      • Vika
        August 3, 2011

        yyeeeaaahhh udah di bales… :)) oiy kak… aku c waktu itu beli obat tetes garamicyn di apotik kimia farma..klo yang merk garamicyn agak mahal Rp 110rbuan, nah klo yang gentamicyn (Kento) rada murah Rp 35ribuan..aku waktu itu beli di apotik cibuluh bogor, abs jarang bgt yang jual itu..aku aja ampe muter2 nyarinya..tp klo berusaha pasti ada hasilnya…oiy ada 2 macem bentuknya..ada yg salep n obat tetes…nah yang dipake itu yang obat tetes…karna musti di tetesin ke hidungnya dan kematanya..krna mata kuya jg bengkak dan udh ga bs kebuka lg..
        waktu itu aku tetesin malem..trs ga aku masukin ke air..tp semalaman tidur dikasur..disebelah aku..hehehe.. eh pas subuh ky ada upil hehehehe…di idung kuya..baru aku masukin ke air..ternyata mungkin ky lendir keluarnya..setelah itu aku terusin kasih obatnya..tdnya kuya udah lemees bgt ampe ga gerak..cuma bs napas aj..tp pas lendirnya itu keluar..udah mulai gerak tangannya..trs sehat Alhamdulillah…diiringi dengan bantuan sinar matahari pagi..
        oiy kak klo kame butuh berapa lama bru mo makan sayur..trs caranya gmn..hehehe…

        • Novroz
          August 3, 2011

          Makasih banyak buat info garamycinnya dan perawatannya, Vika…nanti pasti saya kabarin buat yg lain. Rencananya sih mau ngebuat tulisan perawatan terbaru tentang merawat penyakit, tapi yang saya tau br sedikit….jadi tertunda terus nulisnya.

          Hehehe saya aja suka dianggap aneh kalo bilang Kame n Kroten punya blog dan twitter…tapi bodo lah, banyak juga org2 yang suka baca blognya, jd sy ga peduli ama yg nganggap aneh 😉

          Kame dikasih sayur terus menerus tanpa makanan lain selama 1 mingguan, akhirnya dia makan juga. Saya dulu pernah nulis ttg memaksa makan sayur di blog ini pake bahasa Indo, tapi lupa judulnya apa ;p

          • Vika
            August 5, 2011

            iya ya kak nnt trs kabarin..asyiikkk… :))
            ooo gtu ya..ya udah nnt aku coba ke kuya.. kemaren jg udah beli tulang sotong..aku coba jg kasih ke kuya..dia pas disodorin tulang sotong udah mulai di cium2, ga takut,,,nah pertanda bagus..tp klo kangkung malah dicuekin..hehehe.. semangat deh…

            Thx..thx…thx..thx..thx…infonya kak.. oiy..blog yang bhs inggris jg lg aku baca2.. nnt aku cari jg deh di blog kak nov yg ttg memaksa makan sayur… 🙂

          • Kroten
            August 5, 2011

            Wah dah liat2 blog kita juga ya 🙂

            Hehehe seru kan blog kita. Sekali2 komen pake bahasa Indo juga gapapa, kita ngerti kok 🙂

  43. Venicie
    August 2, 2011

    Mbak novroz maaf ganggu lagi ya, tpi bner2 binggung ama kura2 q ini . boleh minta no.hape gag mbak? krimin k email q aja, bnyak yg pngen q tanya. .

    • Novroz
      August 2, 2011

      Okeh…nanti sy kirim emailnya 🙂

  44. kak aq punya 1 kura2 RES namanya lucky usianya lima tahun yang aku mau tanyain
    apakah kura kura kesepian?? apakah aq harus ngadopsi satu kura kura lagi biar jdi temennya
    soal nya dia jadi pendiem bulan bulan terahir ini…////??

    • Novroz
      August 5, 2011

      Hi Abdurahman,
      Kalo kura-kuranya dah berumur 5 tahun aga susah juga dikasih teman. Biasanya kalo dicariin teman yang lebih kecil, dia malah bakal mengintimidasi. teman barunnya.
      Kalo menurut saya, gapapa dicariin teman tapi ga wajib. Kame br punya teman setelah umurnya 2 tahin, smp sekarang Kroten dan Kame masih tinggal di tempat terpisah…kalo disatuin Kroten yang lebih kecil malah mengintimidasi Kame yang gedean.

      • thanks….
        oo iya kak tau gak cara ternakin kura kura…??

        • satu lagi kak kalo mau manggil nama q panggil aja haris okee

        • Novroz
          August 6, 2011

          Wah kalo soal menernakin, saya sama sekali ga tau.
          Habis kame dan Kroten 2-2nya Ce sih

          Okeh deh…sekarang dipanggil Harris 😉

  45. Vika
    August 5, 2011

    Ka Nov…td aku cari2 tulisan ttg maksa makan sayur…udah ketemu.. judulnya
    ‘Arrrghh…ga tahan gw !!!’ n Too Much love will kill her…
    deg2an bacanya..tp ada lucunya jg..abis kame manja bgt ya.. n pinter… :d
    wah berarti aku jg selama ni kejebak ma kuya..coz pinter ngerayu C..hahahaha…
    tp bener demi kebaikan kuya..aku musti berusaha… makasih… 🙂

    • Novroz
      August 5, 2011

      Wuih hebat bisa ketemu!! Selamat *tepuk tangan*

      Hehehe hati2 sama kura2 mereka itu perayu ulung…tatapannya bikin ga tega. Perlu tekad yang kuat kalo mau mengganti makanan mereka…semangat Vika \(^^)/

  46. Novroz
    August 6, 2011

    Seperti biasa…saya akan menutup post yang sudah terlalu panjang komennya dengan alasan semakin panjang komen semakin lama halaman ini terbuka.

    Sesi tanya Jawab tetap dilanjutkan di Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

    Atau sesuai dengan temanya di:

    1. Habitat yang baik
    2. Pola Makan yang baik
    3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
    4. Basking Area nan Simpel
    5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
    6. Pengelupasan Scute
    7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
    8. Cara Melatih Kura-Kura

Comments are closed.

Information

This entry was posted on March 15, 2011 by in Kame&Kroten and tagged , , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,554 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads