Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Resep Untuk Kura-kura Yang Tidak Suka Sayur Dan Tulang Sotong

Saya sering mendapatkan pertanyaan bagaimana membuat kura-kura kita mau makan sayur dan tulang sotong.

Sebenarnya, hal seperti ini sangat mudah sekali dilakukan jika kita sering ke Dapur 😉

Saya sudah sering melakukan ini tapi sering tidak sempat memfoto dan menulisnya di blog.

Kroten sangat suka makan apa saja, jadi saya tidak perlu melakukan trik agair dia mau makan sayur dan tulang sotong.

Papoe masih mau makan sayur tapi sama sekali tidak menyentuh tulang sotong padahal dia sedang dalam proses shedding.

Kurome lebih parah lagi, sayur dan tulang sotong sama sekali tidak disentuh. Memang Kurome adalah kura-kura jenis yang lebih Karnivor daripada herbivore tapi sesekali dia juga perlu makan sayur agar pola makanannya tidak terlalu kaya protein yang dapat menyebabkan dia susah shedding.

Kuro, Papoe, Kroten

Kuro, Papoe, Kroten

Sebagai Mommy kura-kura dan ingin punya kura-kura yang sehat, kita harus lebih kreatif.

Ini adalah resep sederhana agar-agar sayuran dan tulang sotong.

Langkah 1:

Potong tulang sotong kecil-kecil dan masukan dalam blender. Pilih yang biasa digunakan untuk memblender bumbu.

Langkah 2:

Campurkan sedikit pellet agar nanti dapat tercium bau pellet yang dapat menipu kura-kura yang tidak suka sayur.

Langkah 3:

Blender hingga halus. Sipan dalam tempat yang kering agar bisa dipakai lagi nanti.

This slideshow requires JavaScript.

Langkah 4:

Siapkan beberapa jenis sayuran. Disini saya menggunakan kangkung dan sawi. Di lain kesempatan saya mencampur kangkung dan strawberry; kulit apel dan ubi; Anggur dan sawi (intinya campurlah apa yang susah dimakan kura-kura anda)…tapi JANGAN mencampur terlalu banyak, nanti malh ga jelas rasanya.

Haluskan dengan blender dan tambahkan air secukupnya.

DSC05312

Langkah 5:

Siapkan sedikit agar-agar atau nutrijel. Pilih yang tanpa rasa.

Langkah 6:

Masukkan sayuran yang sudah dihaluskan, tambahkan serbuk tulang sotong dan pelet. Panaskan hingga mendidih. Jangan lupa untuk selalu diaduk karena adonan agar ini sangat kental.

This slideshow requires JavaScript.

Langkah 7:

Karena tujuannya agar mereka mau mengkonsumsi banyak tulang sotong, Setelah mendidih, saya tambahkan lagi serbuk tulang sotongnya. Lankah ini bisa dilewati jika anda sudah merasa serbuk yang dipakai sudah cukup.

     DSC05323

Langkah 8:

Dinginkan. Setelah dingin, jika agar yang dibuat terlalu banyak…bagilah menjadi beberapa bagian.

Agar2 ini HANYA bisa bertahan 1 minggu, lewat 1 minggu cenderung tumbuh jamur…walopun belum tumbuh jamur, baunya sudah tidak sedap lagi.

Untuk mengakalin kelebihan agar. Simpanlah dalam freezer. Jika stok yang di kulkas sudah habis, agar2 beku bisa dipanaskan dengan dikukus.

DSC05325

DSC05326

Agar-agar yang saya simpan dalam freezer

DSC05332

Agar-agar untuk makan 4-5 hari

Agar-agar sayur dan tulang sotong siap dinikmati 🙂

DSC05327

Kroten, Papoe, dan Kurome suka banget sama agar-agarnya 🙂

Selamat mencoba dan semoga nutrisi kura-kura kalian makin terjamin 🙂

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura RES dan berhubungan dengan POLA MAKAN YANG BAIK (point 2)

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara melatih Kura-kura

.

.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan POLA MAKAN, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

33 comments on “Resep Untuk Kura-kura Yang Tidak Suka Sayur Dan Tulang Sotong

  1. SusanElizabeth
    July 31, 2015

    Aww, are those your pet turtles? They’re precious!! I’m copying and pasting this into google translate to read but it looks like you have homemade turtle food or treats for your pets? That’s sweet, what a good pet owner.

  2. Valerie Alexia
    July 31, 2015

    Kak, kalo ga pake tulang sotong juga bisa kan kak?

    • Novroz
      August 2, 2015

      Bisa. Tapi sayang aja karena tulang sotong itu sangat penting buat kesehatan cangkang

  3. Valerie Alexia
    August 2, 2015

    Kalo untuk kura kura saya kak, bisa tidak??

  4. angel
    August 3, 2015

    Boleh nih dicoba…si iggo trmsuk susah mkn syr n sotong….ikki g ska syur sukax tomat ma pisang…hehehe

    • Novroz
      August 6, 2015

      Good luck 🙂
      Semoha Iggo suka

  5. SusanElizabeth
    August 9, 2015

    See if this works for you. It’s a small screen but it’s better than nothing!

    • Novroz
      August 11, 2015

      Thank you for sharing that…when I saw your link, i immediately look for it in torrentz and it’s already there 😉

  6. Alice Audrey
    August 28, 2015

    It’s impressive how much they like it.

    • Novroz
      September 2, 2015

      The smell of pellet tricked them well

  7. Satria Yudistira Irawan
    December 8, 2015

    Tulang sotongnyaktnya harus di bersihin dlu APA yg di bersihin??

  8. khanif
    March 15, 2016

    itu kura kuranya jenis apa saja?

    • Novroz
      March 19, 2016

      Yang difoto…cuma red ear sliders

  9. ditonarendro
    March 25, 2016

    Agar-agar tu nggak membahayakan si kura-kura ?
    kan ada zat kimianya

    • Novroz
      March 28, 2016

      Setau saya sih ga bahaya karena kita sendiri toh makan agar2 dan ga kenapa2

  10. Dyah
    May 26, 2016

    Bagus bgt kakk triknyaaa jd pengen coba jugaa. Tapi kura2ku sama sekali gamau nyentuh pelet apalagi sayur2an 😦 Tulang sotong pun ditolak sama dia, padahal udah dipuasain berhari2. Maunya cacing bekuu terus…dulu sempet doyan udang tp skrg udah ga doyan lagi 😦 Kira2 gimana ya kak cara ngatasin yg tepat?

    • Novroz
      May 29, 2016

      Ya silakan dicoba cara diatas siapa tau dia suka 🙂

      Puasa berhari2 mah masih belum puasa, Kame dulu sampai hampir 2 minggu akhirnya dimakan juga karena bagaimanapun juga lama2 dia akan lapar n makan makanan yg tersedia, sayuran.

  11. made putra
    July 17, 2016

    Kak ada lagi gak resepnya yang gak pake agar2 sama blender
    makasih

    • Novroz
      August 15, 2016

      Kalo ga pake agar2, sayurannya ga akan bersatu. Ga pake blender bisa aja sih dengan memotong sayurnya kecil2 banget

  12. sitiagel
    August 14, 2016

    Hai, mau tanya dong. Pelet yang kamu kasih mereknya apa ya? Kamu biasa beli dimana? Saya baru 2 minggu nih pelihara kura2. Dikasih pelet ikan ngga mau. Cuma sekali dia makan ikan kecil hidup sama cacing sutra. Boleh share ya mereke peletnya sama penjualnya. Thanks sister.

    • Novroz
      August 15, 2016

      Saya pakai segala merk yang ketemu di toko ikan hias…tapi yang saya beli selalu khusus kura2. Mereka ga banyak pilih pelet, semua dimakan

  13. Saskya
    December 19, 2016

    Wahhh akhirnya nemu artikel ini, si boksil gk pernah mau makan sayur, tulang sotong n buah maunya ikan, udang n cacing… akhirnya sore tadi saya eksekusi agar2 ini dan dia mauuu yeayyy… mudah2an dia mau terus soalnya dia udah kegendutan. Btw kalo kulit kura2 merah kenapa ya?

    • Novroz
      December 20, 2016

      SElamat 🙂
      Semoga berhasil terus ya!

      Merah bagaimana ya?

  14. ier
    February 4, 2017

    kak nov , makasih resep nya ^^
    aku baru aja coba tapi tanpa sayur karena buat nya malam-malam
    bagabaga suka >___< sampe loncat-loncat gak sabar pas disuapin..

    aku keluarin untuk jatah 5 hari di wadah tertutup , sisa nya aku masukin freezer (dalam kantong plastik di jatah tiap bungkus untuk 5 hari)
    gini boleh kak?

  15. Made putra
    April 18, 2017

    Kak aku coba buat tapi gak dimakan itu kenapa ya

    • Novroz
      May 1, 2017

      Berarti dia ga suka, harus pintar2 nyari apa yg disuka

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 30, 2015 by in Kame&Kroten and tagged , , , , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,555 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads