Resep Untuk Kura-kura Yang Tidak Suka Sayur Dan Tulang Sotong

Saya sering mendapatkan pertanyaan bagaimana membuat kura-kura kita mau makan sayur dan tulang sotong.

Sebenarnya, hal seperti ini sangat mudah sekali dilakukan jika kita sering ke Dapur 😉

Saya sudah sering melakukan ini tapi sering tidak sempat memfoto dan menulisnya di blog.

Kroten sangat suka makan apa saja, jadi saya tidak perlu melakukan trik agair dia mau makan sayur dan tulang sotong.

Papoe masih mau makan sayur tapi sama sekali tidak menyentuh tulang sotong padahal dia sedang dalam proses shedding.

Kurome lebih parah lagi, sayur dan tulang sotong sama sekali tidak disentuh. Memang Kurome adalah kura-kura jenis yang lebih Karnivor daripada herbivore tapi sesekali dia juga perlu makan sayur agar pola makanannya tidak terlalu kaya protein yang dapat menyebabkan dia susah shedding.

Kuro, Papoe, Kroten
Kuro, Papoe, Kroten

Sebagai Mommy kura-kura dan ingin punya kura-kura yang sehat, kita harus lebih kreatif.

Ini adalah resep sederhana agar-agar sayuran dan tulang sotong.

Langkah 1:

Potong tulang sotong kecil-kecil dan masukan dalam blender. Pilih yang biasa digunakan untuk memblender bumbu.

Langkah 2:

Campurkan sedikit pellet agar nanti dapat tercium bau pellet yang dapat menipu kura-kura yang tidak suka sayur.

Langkah 3:

Blender hingga halus. Sipan dalam tempat yang kering agar bisa dipakai lagi nanti.

This slideshow requires JavaScript.

Langkah 4:

Siapkan beberapa jenis sayuran. Disini saya menggunakan kangkung dan sawi. Di lain kesempatan saya mencampur kangkung dan strawberry; kulit apel dan ubi; Anggur dan sawi (intinya campurlah apa yang susah dimakan kura-kura anda)…tapi JANGAN mencampur terlalu banyak, nanti malh ga jelas rasanya.

Haluskan dengan blender dan tambahkan air secukupnya.

DSC05312

Langkah 5:

Siapkan sedikit agar-agar atau nutrijel. Pilih yang tanpa rasa.

Langkah 6:

Masukkan sayuran yang sudah dihaluskan, tambahkan serbuk tulang sotong dan pelet. Panaskan hingga mendidih. Jangan lupa untuk selalu diaduk karena adonan agar ini sangat kental.

This slideshow requires JavaScript.

Langkah 7:

Karena tujuannya agar mereka mau mengkonsumsi banyak tulang sotong, Setelah mendidih, saya tambahkan lagi serbuk tulang sotongnya. Lankah ini bisa dilewati jika anda sudah merasa serbuk yang dipakai sudah cukup.

     DSC05323

Langkah 8:

Dinginkan. Setelah dingin, jika agar yang dibuat terlalu banyak…bagilah menjadi beberapa bagian.

Agar2 ini HANYA bisa bertahan 1 minggu, lewat 1 minggu cenderung tumbuh jamur…walopun belum tumbuh jamur, baunya sudah tidak sedap lagi.

Untuk mengakalin kelebihan agar. Simpanlah dalam freezer. Jika stok yang di kulkas sudah habis, agar2 beku bisa dipanaskan dengan dikukus.

DSC05325

DSC05326
Agar-agar yang saya simpan dalam freezer
DSC05332
Agar-agar untuk makan 4-5 hari

Agar-agar sayur dan tulang sotong siap dinikmati 🙂

DSC05327

Kroten, Papoe, dan Kurome suka banget sama agar-agarnya 🙂

Selamat mencoba dan semoga nutrisi kura-kura kalian makin terjamin 🙂

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura RES dan berhubungan dengan POLA MAKAN YANG BAIK (point 2)

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara melatih Kura-kura

.

.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan POLA MAKAN, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

39 thoughts on “Resep Untuk Kura-kura Yang Tidak Suka Sayur Dan Tulang Sotong

  1. Aww, are those your pet turtles? They’re precious!! I’m copying and pasting this into google translate to read but it looks like you have homemade turtle food or treats for your pets? That’s sweet, what a good pet owner.

  2. Bagus bgt kakk triknyaaa jd pengen coba jugaa. Tapi kura2ku sama sekali gamau nyentuh pelet apalagi sayur2an 😦 Tulang sotong pun ditolak sama dia, padahal udah dipuasain berhari2. Maunya cacing bekuu terus…dulu sempet doyan udang tp skrg udah ga doyan lagi 😦 Kira2 gimana ya kak cara ngatasin yg tepat?

    1. Ya silakan dicoba cara diatas siapa tau dia suka 🙂

      Puasa berhari2 mah masih belum puasa, Kame dulu sampai hampir 2 minggu akhirnya dimakan juga karena bagaimanapun juga lama2 dia akan lapar n makan makanan yg tersedia, sayuran.

  3. Hai, mau tanya dong. Pelet yang kamu kasih mereknya apa ya? Kamu biasa beli dimana? Saya baru 2 minggu nih pelihara kura2. Dikasih pelet ikan ngga mau. Cuma sekali dia makan ikan kecil hidup sama cacing sutra. Boleh share ya mereke peletnya sama penjualnya. Thanks sister.

  4. Wahhh akhirnya nemu artikel ini, si boksil gk pernah mau makan sayur, tulang sotong n buah maunya ikan, udang n cacing… akhirnya sore tadi saya eksekusi agar2 ini dan dia mauuu yeayyy… mudah2an dia mau terus soalnya dia udah kegendutan. Btw kalo kulit kura2 merah kenapa ya?

  5. kak nov , makasih resep nya ^^
    aku baru aja coba tapi tanpa sayur karena buat nya malam-malam
    bagabaga suka >___< sampe loncat-loncat gak sabar pas disuapin..

    aku keluarin untuk jatah 5 hari di wadah tertutup , sisa nya aku masukin freezer (dalam kantong plastik di jatah tiap bungkus untuk 5 hari)
    gini boleh kak?

  6. Pertama kali nyoba pake campuran sawi, pisang, ama wortel tp ga ad tulang sotong krena belum beli. Dimakan abis beneran :DDD sayangnya aku bikinnya kayaknya kurang agar-agar karena masi blm nyatu banget. Kira-kira agar-agar yang dipake kalo sebungkus kecil gitu berapa banyak yah? Aku belinya sama kayak yang difoto.

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s