Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Basking Area nan Simpel

Ini adalah artikel ketiga dalam hal perwatan kura-kura.

Sebelumnya adalah Habitat dan Pola Makan

Pertama-tama, apa itu basking area? Basking area adalah tempat berjemur kura2. sebenarnya saya dah ngebahas sedikit ttg basking area di tulisan ttg habitat, tapi disitu saya tidaj jelasin gimana cara bikinnya. Nah di tulisan kali inilah saya mau bebagi cara membuat basking area yang simpel.

Kalo liat orang2 di luar negeri (liat di redearslider.com) toko2 hewan disana banyak yang ngejual dock buat kura2, jadi mereka ga usah repot2 bikin…tapi disini aga jarang, kalopun ada harganya aga mahal.

Ada cara murah untuk bikin basking area dgn bahan2 disekitar. Sy akan menuliskan cara buat basking area yang dah pernah sy buat, lalu ada tambahan beberapa ide lainya. Kalo kebetulan membaca tulisan ini dan punya ide lain…sy akan sangat senang menerima ide tersebut di komen 🙂

  • Dgn menggunakan Kaca

Cara ini hanya bisa untuk yang melihara kura2 dalam akuarium kaca. Anda bisa memotong kaca lalu di lem dgn pola yang anda sukai. Setelah kering kaca tersebut ditempelkan ke akuarium dgn mengunakan karet penempel. Kalau malas membuat tangga, kaca tersebut bisa ditempelkan tepat diatas air, lalu agar kura2nya bisa kering total, taruhlah batu kecil diatas kaca tersebut.

Namun saya rasa cara ini kurang cocok untuk  kura2 besar, basking ala ini saya bikin untuk sepupu sy dan waktu itu kura2 mereka, si ipin n upin, masih kecil2 begini. Jadi bobot badan mereka ga akan membuat kacanya lepas dr karetnya.

Kalo biasa bergaul dgn kaca, bisa juga kaca basking itu di lem langsung ke akuariumnya.

  • Dgn menggunakan plastik

Nah basking cara inilah yang sy pake dr dulu sampai sekarang. Sy pake karton plastic (Impraboard) yang banyak ditemukan di toko2 buku. Trus bikin kerangka ala mau ngebuat balok (waktu SMP n SMA pasti pernah buat) tapi baloknya cuma ada 4 sisi. Kalo mau buat yang besar, gunakan 2 karton.

Trus bikin tangganya dgn sedikit perhitungan pitagoras (lagi2 pake itungan matematika ;p ). Lalu kasih karton lagi diatar tangganya. Karton diatas tangga ini dibolong2in supaya bisa jadi pijakan kura2 pas manjat (seperti di gambar ini)…tapi kalo bisa menemukan floormat di hypermarket2 setempat, ga perlu pake cape2 dibolongin banyak2, cukup 4 lubang untuk mengikat floormatnya.

Rangkanya jadi seperti ini:

Bentuk jadinya adalah begini:

Karton2 ini disatukan dgn cara dijait (gambar 3) karena sy ga mau Kame n Kroten jadi keracunan lem. Mungkin pake lem juga bisa tapi sy ga yakin seberapa bahayanya jd gw pilih cara aman aja.

Sy dah pake basking ini sejak tahun 2007 dan basking itu masih ttp aman (^_^)v

  • Dgn menggunakan Mika

Nah kalo mau repot dikit tapi dgn hasil yang tahan lama, bisa pakai mika (semacam plastic keras yang tebal). Tapi jujur aja, sy ga tau gimana cara motong2 tuh mika n lem apa yang bisa dipakai. Tapi sy pernah dgr ada orang yang pake bahan ini.

Okeh segitu aja ttg cara membuat basking area yang gampang 🙂

PERLU DIINGATKAN!! Basking area ini sangat penting buat kura2 loh!! Mereka memang jago banget berenang tapi mereka bukan ikan, jadi mereka perlu istirahat. Selain itu, kura2 juga butuh saat2 dimana dia harus mengeringkan karapasnya.

Tambahan: Kame paling suka tidur di basking areanya drpd dalam air, tapi kalo kroten lebih sering tidur didalam air 🙂

Cara perawatan lainnya silakan klik gambar ini:

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Basking Area, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

169 comments on “Basking Area nan Simpel

  1. Indra Jaya
    October 21, 2014

    kak saya punya akuarium panjang 115cm lebar 60 tnggi skitar 10cm (seukuran kaca jendela yg daunnya banyak), akuariummnya saya bagi 2 untuk darat dan air, prntanyaan, bgusan mana bnyakan daratnya (basking areanya) atau airnya, kura2 sy msih kecil rncana mau isi smpe 5 ekor.

    • Novroz
      October 22, 2014

      Bagusan banyak airnya.
      5 ekor? waktu bayi sih masih bisa muat tapi inget loh mereka akan bertambah besar sepuluh kali lipat (bahkan lebih) dr ukuran bayi mereka

  2. Indra Jaya
    October 21, 2014

    dibagian basking areanya sya kasih tanah jaga2 biar ktorannya bisa terurai sndiri, tapi apa kalo pakai pasir/tanah biasa bagus tdk kak ?
    trimakasih

    • Novroz
      October 22, 2014

      Tanah nanti bisa bikin airnya cepat keruh. Saya sih ga pake apa2 toh mereka makan tainya sendiri

  3. Indra Jaya
    October 24, 2014

    Trima kasih srannya kak’ :), klo gitu kura2’a cukup 2/3 ekor aja

  4. Umah Schair
    June 28, 2015

    Mbak, aku kmarin baru beli kura2 sepasang (tapi belum tau beneran male femLe apa bukan) masih kecil kayak yang foto di atas (2 kura2 hijau..
    Aku masih taro mereka di aquarium plastiknya yang kecil, aku taro beberapa batu buat area basking nya, air juga ga sampe bikin batu tenggelam..
    Itu gakapa2? Atau yang baiknya bagai mana?
    Terimakasih

    • Novroz
      June 30, 2015

      Sebaiknya airnya cukup banyak buat dia bisa berenang tapi jangan kelewat banyak juga krn msh bayi

  5. Valerie Alexia
    July 20, 2015

    Kak, kalo basking area nya botol saja boleh tidak??

    • Novroz
      July 21, 2015

      Pake apa aja boleh yg penting bs berjemur

      • Valerie Alexia
        July 21, 2015

        Oke. Terima kasih ya kak 🙂

  6. leminggus
    August 6, 2015

    Kame paling suka tidur di basking areanya drpd dalam air, tapi kalo kroten lebih sering tidur didalam air
    pertanyaanya yg dimaksud dengan
    kroten jenis kura kura apa?
    kame jenis kura kura apa ?

    • Novroz
      August 6, 2015

      Dua-duanya Red Eared slider atau yang biasa disebut kura2 brazil

  7. wiki
    August 25, 2015

    Untuk indoor diberi cahaya lampu akuarium apa boleh kak utk yg masih baby?

    • Novroz
      August 27, 2015

      Boleh aja tapi itu cuma buat penghangat. Buat pengganti cahaya matahari butuh lampu uvb

  8. Valerie Alexia
    August 29, 2015

    Kak cara jahit nya gimana kak?

    • Novroz
      September 2, 2015

      Yang dijahit aja pake tangan

  9. Yusuf Darmawan
    October 15, 2015

    Mba kura kura saya ada 20 merka suka tumpuk tumpukan itu kenapa ya?

    • Novroz
      October 26, 2015

      Biasa aja kok. Kalo kura2 ada banyak emang suka saling tumpuk

  10. delvin
    November 12, 2015

    Mbak saya punya kura kura dua masih kecil sekitar 3cm lah saya isi air sekitar 10-15 cm kira kira boleh ga buat si kura kura

    • Novroz
      November 19, 2015

      Boleh tapi jangan lupa ssediakan tempat buat berjemur

  11. Satria
    December 2, 2015

    Kura oura saya saya taro di tempat kecil ada 4 ukuran 10 cm basking areanya cmn 1 batu kecil doank muat 1 kura” boleh gk???

    • Novroz
      December 3, 2015

      Umumnya orang Indonesia akan bilang boleh…tapi kalau memang peduli dengan kura2nya…jawabannya adalah ga boleh karena kura2 itu perlu ruang untuk berenang

  12. fariss prakoso
    February 13, 2016

    Kalo kura kuranya gg mau naik ke tempat menjemur itu kenapa ya?

    • Novroz
      February 13, 2016

      Bisa jadi airnya lebih hangat drpd yang di tempat berjemur…atau kura2nya pemalu

  13. made putra
    July 11, 2016

    Kak kura kura saya basking areanya cuma batu yang di atas nya kaca itu gk apa2
    makasih

    • Novroz
      July 12, 2016

      Gapapa selama dia bisa berjemur apapun basking areanya ga masalah

  14. made putra
    July 17, 2016

    Kak gimana ni sekarang kura2 aku jadi gak mau berenang sejak aku kasih kaca yang di atas nya batu gede ,bahkan menyentuh air pun gak pernah
    tolong penjelasannya

    • Novroz
      August 15, 2016

      Mungkin airnya terlalu panas atau dingin jadi dia nyaman di tempat kering. Dia pasti turun ke air kok paling ga buat makan

  15. Iwan
    September 10, 2016

    Gan ane baru beli baby res,dy ko ga mau dikasi pelet y? Dy g doyan atau masi adaptasi?
    Makasi

    • Novroz
      September 15, 2016

      Kalau baru beli biasanya masih adaptasi

  16. Nevile
    November 27, 2016

    Kak, kalo pake batu2an buat jadi tempat berjemur bole ga?

    • Novroz
      December 1, 2016

      Boleh. yang penting dia bisa berjemur

  17. ier
    December 28, 2016

    huft dari 2014 pertama ketemu situs ini , sampe sekarang molor terus mau buat.
    padahal basking idaman 😀 , tahun depan harus sudah buat makasih kak posting nya sangat membantu ,

    aku suka banget lihat posting sama foto2 mereka, selama ini jadi silent reader soalnya selalu baca lewat ponsel agak susah buat komentar, tapi pas online dr Pc malah lupa karena kerja 😀
    dari mulai kontainer , cara ngajak main , malah tidur di kain dll aku belajar dari sini

    (agak animal freak jd agak lebay kadang2 wkwkw , harap maklum)

    • Novroz
      December 31, 2016

      Hi ier 🙂

      Makasih dah baca walaupun sekarang aga jarang diupdate krn ada kesibukan baru.

      Ayo dibuat baskingnya, murah meriah loh 😉

  18. Irsyad Amru
    March 15, 2017

    Kak floormat di foto atas itu maksudnya kayak keset dari karet itu bukan ya kak? Yang sering dipake diluar gedung gedung gitu?

  19. Irsyad Amru
    March 30, 2017

    Oh ok maksih kak, tapi kok yang ada di gambar itu kayak tipis banget sama kayak dari plastik keras ya kak?

    • Novroz
      April 10, 2017

      Plastik keras? kurang tau juga ya…walaupun tipin ini kuat bisa sampai 5 tahun lebi

  20. Irsyad Amru
    April 15, 2017

    Hheh alhirnya selesai juga aku buat basking areanya kak hahaha tapi impraboard ku warnanya bening ukuran 1 m × 50 cm. Tapi kak kayak mana nyambungin kerangka tangga sama kerangka rumahnya ya kak? Itu kan kerangka tangga nya sekitiga kayak gitu (sesuai gambar diatas) nah aku bingung mau nyatuinnya gimana ya kak? Tolong penjelasannya ya kak

    • Novroz
      April 17, 2017

      Kan ada bagian yang kayak kotak disebelahsegitiganya. Nah itu dijait ke dasar baskingnya

  21. Made putra
    April 16, 2017

    Kak kura kura yang aku bilang gak pernah ke air sekarang dah mati
    Tapi sekarang kura kura aku satu lagi sejahtera
    Kira kira perlu berapa taun sampe kura kura aku gede kayak kame

  22. Made putra
    April 18, 2017

    Makasih

  23. Irsyad Amru
    April 19, 2017

    Kak izin copy paste ya

    • Novroz
      May 1, 2017

      Boleh asal dicantumkan linknya

  24. Irsyad Amru
    May 1, 2017

    Woke maksih banyak kak 🙂

  25. Jmal
    May 6, 2017

    Ka itu kura kuranya jenis apa yg kroten ya ?
    Terus kalau lampu utk basking areanya bukan lampu uv gak apa ?

    • Novroz
      May 7, 2017

      Red eared slider.
      Boleh tapi cuma berfungsi sebagai penghangat bukan pengganti sinar UV matahari

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 21, 2010 by in Kame&Kroten and tagged , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,524 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads