Basking Area nan Simpel

Ini adalah artikel ketiga dalam hal perwatan kura-kura.

Sebelumnya adalah Habitat dan Pola Makan

Pertama-tama, apa itu basking area? Basking area adalah tempat berjemur kura2. sebenarnya saya dah ngebahas sedikit ttg basking area di tulisan ttg habitat, tapi disitu saya tidaj jelasin gimana cara bikinnya. Nah di tulisan kali inilah saya mau bebagi cara membuat basking area yang simpel.

Kalo liat orang2 di luar negeri (liat di redearslider.com) toko2 hewan disana banyak yang ngejual dock buat kura2, jadi mereka ga usah repot2 bikinโ€ฆtapi disini aga jarang, kalopun ada harganya aga mahal.

Ada cara murah untuk bikin basking area dgn bahan2 disekitar. Sy akan menuliskan cara buat basking area yang dah pernah sy buat, lalu ada tambahan beberapa ide lainya. Kalo kebetulan membaca tulisan ini dan punya ide lainโ€ฆsy akan sangat senang menerima ide tersebut di komen ๐Ÿ™‚

  • Dgn menggunakan Kaca

Cara ini hanya bisa untuk yang melihara kura2 dalam akuarium kaca. Anda bisa memotong kaca lalu di lem dgn pola yang anda sukai. Setelah kering kaca tersebut ditempelkan ke akuarium dgn mengunakan karet penempel. Kalau malas membuat tangga, kaca tersebut bisa ditempelkan tepat diatas air, lalu agar kura2nya bisa kering total, taruhlah batu kecil diatas kaca tersebut.

Namun saya rasa cara ini kurang cocok untukย  kura2 besar, basking ala ini saya bikin untuk sepupu sy dan waktu itu kura2 mereka, si ipin n upin, masih kecil2 begini. Jadi bobot badan mereka ga akan membuat kacanya lepas dr karetnya.

Kalo biasa bergaul dgn kaca, bisa juga kaca basking itu di lem langsung ke akuariumnya.

  • Dgn menggunakan plastik

Nah basking cara inilah yang sy pake dr dulu sampai sekarang. Sy pake karton plastic (Impraboard) yang banyak ditemukan di toko2 buku. Trus bikin kerangka ala mau ngebuat balok (waktu SMP n SMA pasti pernah buat) tapi baloknya cuma ada 4 sisi. Kalo mau buat yang besar, gunakan 2 karton.

Trus bikin tangganya dgn sedikit perhitungan pitagoras (lagi2 pake itungan matematika ;p ). Lalu kasih karton lagi diatar tangganya. Karton diatas tangga ini dibolong2in supaya bisa jadi pijakan kura2 pas manjat (seperti di gambar ini)โ€ฆtapi kalo bisa menemukan floormat di hypermarket2 setempat, ga perlu pake cape2 dibolongin banyak2, cukup 4 lubang untuk mengikat floormatnya.

Rangkanya jadi seperti ini:

Bentuk jadinya adalah begini:

Karton2 ini disatukan dgn cara dijait (gambar 3) karena sy ga mau Kame n Kroten jadi keracunan lem. Mungkin pake lem juga bisa tapi sy ga yakin seberapa bahayanya jd gw pilih cara aman aja.

Sy dah pake basking ini sejak tahun 2007 dan basking itu masih ttp aman (^_^)v

  • Dgn menggunakan Mika

Nah kalo mau repot dikit tapi dgn hasil yang tahan lama, bisa pakai mika (semacam plastic keras yang tebal). Tapi jujur aja, sy ga tau gimana cara motong2 tuh mika n lem apa yang bisa dipakai. Tapi sy pernah dgr ada orang yang pake bahan ini.

Okeh segitu aja ttg cara membuat basking area yang gampang ๐Ÿ™‚

PERLU DIINGATKAN!! Basking area ini sangat penting buat kura2 loh!! Mereka memang jago banget berenang tapi mereka bukan ikan, jadi mereka perlu istirahat. Selain itu, kura2 juga butuh saat2 dimana dia harus mengeringkan karapasnya.

Tambahan: Kame paling suka tidur di basking areanya drpd dalam air, tapi kalo kroten lebih sering tidur didalam air ๐Ÿ™‚

Cara perawatan lainnya silakan klik gambar ini:

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Basking Area, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

Advertisement
Search for a Topic
Posted Recently
Categories
Other Blogs

Anka’s Skills Progress

%d bloggers like this: