Basking Area nan Simpel

Ini adalah artikel ketiga dalam hal perwatan kura-kura.

Sebelumnya adalah Habitat dan Pola Makan

Pertama-tama, apa itu basking area? Basking area adalah tempat berjemur kura2. sebenarnya saya dah ngebahas sedikit ttg basking area di tulisan ttg habitat, tapi disitu saya tidaj jelasin gimana cara bikinnya. Nah di tulisan kali inilah saya mau bebagi cara membuat basking area yang simpel.

Kalo liat orang2 di luar negeri (liat di redearslider.com) toko2 hewan disana banyak yang ngejual dock buat kura2, jadi mereka ga usah repot2 bikin…tapi disini aga jarang, kalopun ada harganya aga mahal.

Ada cara murah untuk bikin basking area dgn bahan2 disekitar. Sy akan menuliskan cara buat basking area yang dah pernah sy buat, lalu ada tambahan beberapa ide lainya. Kalo kebetulan membaca tulisan ini dan punya ide lain…sy akan sangat senang menerima ide tersebut di komen 🙂

  • Dgn menggunakan Kaca

Cara ini hanya bisa untuk yang melihara kura2 dalam akuarium kaca. Anda bisa memotong kaca lalu di lem dgn pola yang anda sukai. Setelah kering kaca tersebut ditempelkan ke akuarium dgn mengunakan karet penempel. Kalau malas membuat tangga, kaca tersebut bisa ditempelkan tepat diatas air, lalu agar kura2nya bisa kering total, taruhlah batu kecil diatas kaca tersebut.

Namun saya rasa cara ini kurang cocok untuk  kura2 besar, basking ala ini saya bikin untuk sepupu sy dan waktu itu kura2 mereka, si ipin n upin, masih kecil2 begini. Jadi bobot badan mereka ga akan membuat kacanya lepas dr karetnya.

Kalo biasa bergaul dgn kaca, bisa juga kaca basking itu di lem langsung ke akuariumnya.

  • Dgn menggunakan plastik

Nah basking cara inilah yang sy pake dr dulu sampai sekarang. Sy pake karton plastic (Impraboard) yang banyak ditemukan di toko2 buku. Trus bikin kerangka ala mau ngebuat balok (waktu SMP n SMA pasti pernah buat) tapi baloknya cuma ada 4 sisi. Kalo mau buat yang besar, gunakan 2 karton.

Trus bikin tangganya dgn sedikit perhitungan pitagoras (lagi2 pake itungan matematika ;p ). Lalu kasih karton lagi diatar tangganya. Karton diatas tangga ini dibolong2in supaya bisa jadi pijakan kura2 pas manjat (seperti di gambar ini)…tapi kalo bisa menemukan floormat di hypermarket2 setempat, ga perlu pake cape2 dibolongin banyak2, cukup 4 lubang untuk mengikat floormatnya.

Rangkanya jadi seperti ini:

Bentuk jadinya adalah begini:

Karton2 ini disatukan dgn cara dijait (gambar 3) karena sy ga mau Kame n Kroten jadi keracunan lem. Mungkin pake lem juga bisa tapi sy ga yakin seberapa bahayanya jd gw pilih cara aman aja.

Sy dah pake basking ini sejak tahun 2007 dan basking itu masih ttp aman (^_^)v

  • Dgn menggunakan Mika

Nah kalo mau repot dikit tapi dgn hasil yang tahan lama, bisa pakai mika (semacam plastic keras yang tebal). Tapi jujur aja, sy ga tau gimana cara motong2 tuh mika n lem apa yang bisa dipakai. Tapi sy pernah dgr ada orang yang pake bahan ini.

Okeh segitu aja ttg cara membuat basking area yang gampang 🙂

PERLU DIINGATKAN!! Basking area ini sangat penting buat kura2 loh!! Mereka memang jago banget berenang tapi mereka bukan ikan, jadi mereka perlu istirahat. Selain itu, kura2 juga butuh saat2 dimana dia harus mengeringkan karapasnya.

Tambahan: Kame paling suka tidur di basking areanya drpd dalam air, tapi kalo kroten lebih sering tidur didalam air 🙂

Cara perawatan lainnya silakan klik gambar ini:

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Basking Area, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

181 thoughts on “Basking Area nan Simpel

  1. kak saya punya akuarium panjang 115cm lebar 60 tnggi skitar 10cm (seukuran kaca jendela yg daunnya banyak), akuariummnya saya bagi 2 untuk darat dan air, prntanyaan, bgusan mana bnyakan daratnya (basking areanya) atau airnya, kura2 sy msih kecil rncana mau isi smpe 5 ekor.

    1. Bagusan banyak airnya.
      5 ekor? waktu bayi sih masih bisa muat tapi inget loh mereka akan bertambah besar sepuluh kali lipat (bahkan lebih) dr ukuran bayi mereka

  2. Mbak, aku kmarin baru beli kura2 sepasang (tapi belum tau beneran male femLe apa bukan) masih kecil kayak yang foto di atas (2 kura2 hijau..
    Aku masih taro mereka di aquarium plastiknya yang kecil, aku taro beberapa batu buat area basking nya, air juga ga sampe bikin batu tenggelam..
    Itu gakapa2? Atau yang baiknya bagai mana?
    Terimakasih

  3. Kame paling suka tidur di basking areanya drpd dalam air, tapi kalo kroten lebih sering tidur didalam air
    pertanyaanya yg dimaksud dengan
    kroten jenis kura kura apa?
    kame jenis kura kura apa ?

    1. Umumnya orang Indonesia akan bilang boleh…tapi kalau memang peduli dengan kura2nya…jawabannya adalah ga boleh karena kura2 itu perlu ruang untuk berenang

  4. huft dari 2014 pertama ketemu situs ini , sampe sekarang molor terus mau buat.
    padahal basking idaman 😀 , tahun depan harus sudah buat makasih kak posting nya sangat membantu ,

    aku suka banget lihat posting sama foto2 mereka, selama ini jadi silent reader soalnya selalu baca lewat ponsel agak susah buat komentar, tapi pas online dr Pc malah lupa karena kerja 😀
    dari mulai kontainer , cara ngajak main , malah tidur di kain dll aku belajar dari sini

    (agak animal freak jd agak lebay kadang2 wkwkw , harap maklum)

  5. Kak floormat di foto atas itu maksudnya kayak keset dari karet itu bukan ya kak? Yang sering dipake diluar gedung gedung gitu?

  6. Hheh alhirnya selesai juga aku buat basking areanya kak hahaha tapi impraboard ku warnanya bening ukuran 1 m × 50 cm. Tapi kak kayak mana nyambungin kerangka tangga sama kerangka rumahnya ya kak? Itu kan kerangka tangga nya sekitiga kayak gitu (sesuai gambar diatas) nah aku bingung mau nyatuinnya gimana ya kak? Tolong penjelasannya ya kak

  7. Kak kura kura yang aku bilang gak pernah ke air sekarang dah mati
    Tapi sekarang kura kura aku satu lagi sejahtera
    Kira kira perlu berapa taun sampe kura kura aku gede kayak kame

  8. kak mau tanya, kura2 aku msh bayi jd cuma aku taro di ember lebar., trus basking nya cuma batu batu an, kira2 kalo masih bayi perlu pake filter ga? atau butuh kayak gelembung udara kayak ikan? oiya kura2 nya jg gamau naik batu kak, aku naikin malah turun lg:( tp untung mau makan, aku msh kasih pelet takari. air nya 5-10cm an aku kasih di ember, aku pakein lampu aquarium tp kdg aku matiin, terus hampir tiap pagi aku jemur pake air dikit, sambilan aku nge bersihin ember rumahnya. apa udah aman kak kalo gt? makasih maaf panjang:D

    1. Filter itu membantu agar kita ga sering2 bersihin kolamnya tapi kalau airnya sedikit ya ga ada filter yang cocok untuk air yang sedikit.

      Berjemur itu harus kemauannya sendiri ga usah dipaksa

  9. hi kak, aku seringnya jemur kura2 aku ke matahari tiap 2 hari selama 15 menit. itu masanya cukup ngak kak? kura2 aku masih bayi sekitar 1 bulan..

  10. Kalau masih bayi 2-4cm di kasih airnya tinggi 10-15cm bisa ndak itu ? di contener yang 83 liter, ada daratannya jg..

    Trus ada kura2 yang tangan kaki sama palanya dari beli ada yang putih2nya gtu, tiap hari di jemur sama di rendemm air garem tapi ga ilang2 itu jamur atau apa2 ya ?

  11. halo kk, aku baru beli kura damer kira2 ukuran 4 cm, aku taro di aquarium ukuran 40x26cm, dan ada basking area nya bentuk jembatan bentuk stengah lingkaran bagian terendah nya 1,5 cm dan bagian tengah nya 7 cm. tapi kura2 aku ga mau naik 😦 kira2 kenapa ya kak? aku takut mereka terlalu banyak di air jadi ga bisa nafas gitu.. terimakasih sebelumnya

  12. Kak kura kura res ku kok gak mau sama sekali naik ke basking,dari beli sampe sekarang ku pelihara 3 bulan aku gak pernah liat dia naik,kayanya lebih betah di air?

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s