Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

Karena Bagian kedua sudah mencapai 100 comments, maka post itu saya tutup dan kita mulai Tanya Jawab Kura-Kura RES bagian ketiga 🙂

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Pertama

Tanya Jawab Sekitar Kura2 RES Bagian Kedua

Sebelum bertanya,

….ada baiknya membaca tulisan2 saya sebelumnya… mungkin saja pertanyaan anda sudah terjawab di sana. Dan silakan bertanya di tulisan tersebut jika masalahnya berhubungan dgn topik pebicaraannya

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  6. Pengelupasan Scute
  7. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Meentukan Jenis Kelamin
  8. Cara Melatih Kura-Kura

Saya ucapkan banyak terimakasih telah mempercayakan saya dengan kura-kura anda…tapi PERLU diingat bahwa saya BUKAN dokter hewan dan saya pun masih belajar dalam merawat kura-kura saya. Marilah kita sama-sama belajar disini :)

Pertanyaan yang paling sering ditanya:

*****************

Hal2 yang berhubungan dengan RI(Respiratory infection):

Ga mau makan, Mengeluarkan bunyi saat bernafas, mulut membuka-menutup kayak ikan, dan kepala selalu diatas air saat berenang.

RI itu dapat menyebabkan kematian. Kalo ga mampu ke dokter bisa terapkan cara2 berikut (tapi ttp ja hrs ke Dokter kl ga ada peningkatan kesehatan):

  1. Menaikan suhu air dan udara disekitarnya  dengan lampu pemanas dan sering dijemur.
  2. Karantina, jangan satukan sama kura2 yg lain.
  3. Sering ganti airnya.
  4. Hindari udara dingin disekitar akuarium (udara dingin semacam AC) karena hal ini bisa menyerang paru2, kalo dah ke paru2 dah susah disembuhkan.

Salah seorang pembaca blog ini membagi pengalamannya dalam menyembuhkan RI dan mata bengkak/tak mau terbuka. Namanya Vika ini sedikit infonya:

oiy kak..sy pernah bca ttg obat tetes mata garamycin or gentamicin (kento) ternyata bs nembuhin RI n mata bengkak jg.. sy pernah praktekan ke Kuya..karna ga lama Kuy mati, Kuya kena jg..aku sampe stress mikirin Kuya..ga bs kerja..krna msh trauma ma Kuy..sambil berdoa mdh2an dikasih petunjuk ma Alloh..akhirnya dpet…alhamdullillah Kuya sembuh..tetesinnya di mata trs tetesin juga ke hidungnya… hehehe maaf ya ngomongnya byk kak…

Baca selengkapnya di>>SINI

Atau bisa juga mencoba cara dari Pompom’s World

***************

Baru beli dan ga mau makan serta selalu menghindar

Kemungkinan masih stres, beri waktu sebentar buat RES beradaptasi. Bayi kura-kura gampang stress dan kalau sudah stress dia akan susah makan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah: Menganti jenis makanan dan sering2 menjemur kura2nya.

Perlu diketahui: Saya SAMA SEKALI TIDAK TAHU cara membuat kura-kura yang mogok makan jadi mau makan karena saya, Alhamdulillah, belum pernah punya kura-kura yang stress.

***************

Karapas lunak

Kurang sinar matahari dan kalsium. Perawatan awalnya cuma perlu dikasih makan tulang sotong dan banyak-banyak dijemur. Beli Lampu UV kalo ga bisa sering menjemur si kura.

***************

Ga mau makan sayur

Kalau masih kecil bgt memang cenderung lebih carnivora atau lebih suka daging2an. Kalo sudah 8cm-an baru mulai dikenalkan dgn sayur2an. Kura2 tertentu bakal langsung suka sama sayur…contohnya kura2 sy yg bernama Kroten dan Papoe. Tapi ada juga yg susah makan sayur seperti Kame dan Kurome.

Mengingat sayuran sgt penting buat kura2…JADI mau ga mau saya harus sedikit tega. Contoh yg sy lakukan ke Kame, sy sayangnya setengah mati sama dia, ga tega liat dia ngerayu2 minta makan…TAPI demi kebaikannya SAYA HARUS TEGA.

Kame ga sy kasih makan apapun kecuali selada/sawi/kangkung selama hampir seminggu. Pada 3 hari pertama dia cicip dikit tp di lepeh…tapi sekitar seminggu karena lapar, pas sy pulang kerja, sayurnya dah habis :)

Jadi kunci mengajarkan kura2 makan sayur adalah TEGA!!

***************

Jangan lupa sekali-kali melihat-lihat blognya Kame, Kroten, Papoe n Kurome :)
Menggunakan bahasa Inggris karena ingin punya pembaca yang lebih mendunia, tapi banyak gambar kok jadi bahasa bukan kendala loh.

01 My babies

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

1,743 comments on “Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES Bagian Ketiga

  1. Ratih
    February 2, 2013

    ka..aku mau tanya,kan aku baru punya kura2 namanya casey,dia susah banget makannya,dikasih wortel ga mau.sawi ga mau,ikan kecil juga ga mau,,tapi dia aktif suka banget lari2,,kenapa yah? gimana cra ngasih mkannya?

    • Novroz
      February 3, 2013

      Cara supaya doyan makan saya sama sekali ga tau…yang penting mah dikasih makan aja terus, kalo masih aktif berarti dia masih sehat…nanti juga dimakan ma dia.

  2. Ardhy
    February 3, 2013

    Hai mba. Baru ngikutin blognya mba, menyesal kenapa saya ga nemu blog ini dari dulu padahal udah melihara kura2 dari 2 tahun lalu. Ternyata cara pemeliharaan saya banyak yang salah.

    Begini mba mau nanya. Kura2 itu pendengarannya bisa terganggu ngga ya? Begini soalnya mba, saya kan main biola dan setiap hari harus latihan. Saya takut kura2 saya ga dalam pengawasan jadi saya taro dalam kamar juga kaya mba. Cuma saya takut kura2 saya jadi budeg kalo ngedenger tiap kali saya latihan biola di kamar.

    Karena takut mereka budeg jadi kadang saya latihan biola di luar kamar, khususnya kalo mereka lagi tidur. Tapi biola kan suaranya kenceng banget mba jadi sampe dalem kamar juga masih kedengeran. Sejauh ini sih ga ada masalah kayanya mba, ada suara2 mereka masih bereaksi. Tapi saya kuwatir kalo kenapa2. Hehe makasih ya mba

    • Novroz
      February 3, 2013

      Hi Ardhy 🙂

      Saya kurang tau juga bagaimana kekuatan pendengaran kura2…dan saya rasa belum ada juga penelitian bisa atau ga-nya kura2 jadi budek gara2 biola. Liat aja kuranya, merasa terganggu ga.

  3. herdy
    February 4, 2013

    mw nanya donk,,
    tingkh laku kura” sehat+normal itu gmn y?
    tolong share donk pnglman prtama mlihara kura”. nanganinnya sama kbiasan /sifat kura” punya mba 🙂 di tunggu y jwbnnya

    • Novroz
      February 4, 2013

      Aduh pertanyaan yang susah.
      Sehat dan normal kaykanya yah ga tidur aja dan mau makan…kayaknya loh!
      untuk pertanyaan kedua kamu nrwosing aja semua tulisan ttg kura2 saya disini karena ga mungkin ditulis semua 😉 begitu banyak pengalamannya

  4. herdy
    February 5, 2013

    hhe,, mksh y,, udah ko udh d bca smuanya,. malah smpe smua tanya jwbnya.
    kren ni info”y, sya pantau trus tiap hari,,

    sya niat mlihara kura” tp sblmnya sya cri dlu smua info mliharanya dn stlh liat info dsni sya kmren bli 2,, 1 yg ukuran 5cm,, 1lg kira” 8-10 cm dn trnyta ksh mkannya ga susah kaya yg sring di tanyain di sini,, dya cma btuh tmpt smbunyit di container box,, ama tmpt kring,,

    dya mau makan,, tp klw gda yg liatin/ liatnya qt nyumput”,, sya pnsran apa kura” emang gt y klw mw makan??

    • Novroz
      February 6, 2013

      Dipantau setiap hari? Hahaha kan ga ada tulisan br disini. Sy sekarang selalu nulis ttg mereka di blog terpisah.

      Beberapa kura2 memang pemalu…tapi ada juga yg cuek aja

  5. Han
    February 6, 2013

    hy kak..
    aq pnya res ,yg bru aq beli, aq ksih nama Kara miskly ,dya udah gde panjannya 20 cm. dya aktif aq byrin kliaran dkamar.
    tp cangkangnya pda brlobang gripis” gitu. bsa tumbuh lg gak kira” kak? to kasih solusinya gmana ya kak?

  6. ciput
    February 7, 2013

    kak mau nanya nih
    kira” kalo RES d bwa prjalanan jauh pke mobil tahan ga ya?
    Takut ny kepanasan ato stres

    • Novroz
      February 7, 2013

      Saya belum pernah melakukan perjalanan jauh…tapi memang waktu pertama kali pindah rumah, Kame aga stress…butuh 2 hari buat dia jadi normal lagi.

      • Al Kashikoi L
        February 23, 2013

        RES q sering perjalanan jauh, ga stres kok,.
        yang penting selama perjalanan jangan di kasih air dan usahakan suhu sekitar stabil, g kedinginan. Dan juga selama perjalanan kondisi wadah gelap biar g stres gara2 pindah tempat.. 🙂

  7. ryant
    February 9, 2013

    mbak kura kura ku kok udah di kasih basking area dia ga mo naik ke besking are sih

    • Novroz
      February 9, 2013

      Ga semua kura2 lgsg ngerti mesti naik. Papoe aja dah setahun masih ga mau naik

  8. herdy
    February 9, 2013

    mba mw nanya lg donk,,

    kura” saya yg kcil ukuran kira” 5cm,
    tadinya dia aktif bgd,, suka jalan” berenang,,
    tapi smenjak basking area saya sorot lampu bohlam 5w, lumayan chyanya rada anget di tes pake tangan.
    dia maunya di bawah sorot lampu terus,, saya pindahin di tmpt lain dia ttep ksitu lg, tapi makan mah mau, rakus bgd lg skrg mah,

    sya mw tanya,, dia sakit ga y? normal ga?
    soalnya skrg mwnya tidur di bawah lampu terus,, kadang berjamjam.

    td pagi jg sya jmur pke matahari tp di siapin tmpt neduh,, dia pindahnya ke yg kna sinar matahari aja,, berjam jam tidur di situ,
    kalo di kagetin baru nybur ke aer,. brnang brenang gt, tp di tinggalin,, dia ngjemur lg.

    normal ga ya??

    sya pke lampu 5w soalnya blm nemu uv lamp,
    yg pnting anget aja dulu, hehe ga masalah kan pake lampu ini sementara mah??

    mhon pnjelasannya ya., 🙂
    soalnya mba pngalaman bgd

    • Novroz
      February 9, 2013

      Ga masalah sih, itu tandanya airnya kedinginan dan dia suka tmpt yg hangat.

  9. ryant
    February 11, 2013

    mbak kalo kura kura nya gak mau naik trus gimana ya apa dibiarin aj kalo dibiarin aku takutnya kura kura nya ga bisa tidur karena air nya dalam

    • Novroz
      February 12, 2013

      Memang ada kura2 yg malu2 mau naik. Kali takut tenggelam, airnya dikurangi aja

  10. Andre
    February 20, 2013

    Mbak..kira2 obat mata buat kura2 apa ya mbak?soalnya matanya bengkak dan gak mau makan. kira2 gimana penanganannya mbak? makasih

    • Novroz
      February 20, 2013

      Buat obat mata…coba baca tulisan di atas! 🙂

  11. Rendra Dzaky
    February 20, 2013

    kak,sy kmrn sbtu pas pljrn PLH nemu RES d sungai kcil d swah dkt skolah,sya bwa dh k rmah..aku simpen dia d hlmn blakang,mkanannya krn blom tau apa jd aku biarin dia nyari ndri(sadis)
    oia dia itu ska smbunyi terus n ktika ak smpen d tangan dia itu lngsung merungkut,gmn ya biar gk malu2 lg?

    • Novroz
      February 20, 2013

      Di halaman belakang? ada airnya ga? RES ga bisa makan tanpa air karena mereka ga punya kelenjar ludah.
      Karena dia kura2 liar jadi maklum aja kalo dia aga takut dengan manusia

      • Rendra Dzaky
        February 21, 2013

        ada kok dh aku sedia’in tempatnya.
        pas aku simpat d kontainer plastik,dia itu jalannya suka di pojok terus kyk yg gk suka sm tempatnya.pdahal dh ad makanan n tempat airnya.

        • Novroz
          February 21, 2013

          Kura2 yang beli di toko aja suka pemalu, apalagi yang liar…jadi butuh kesabaran sampai dia ga takut lagi sama kamu

          • Rendra Dzaky
            February 21, 2013

            oh ya kak satu lg,kalo lampu UV itu kyk gmn?(bru dnger) kalo d market2 ada g ya?

          • Novroz
            February 22, 2013

            Lampu UV yang beneran adanya di toko2 khusus dan mahal tapi kalo mau pake yg murah yg penting bisa menghanggatkan bisa di cari di toko2 yg jual ikan

  12. Dhita
    February 21, 2013

    kak, aku punya kura-kura RES, terus aku simpan di kolam depan rmhku, sekitar seminggu kemudian di tempurungnya ada semacam lumut, waktu aku mau lepasin takut kenapa” dianya malah pengen kabur kya gamau di lepasin lumutnya. jadi bahaya gak kak lumut di tempurungnya?

    • Novroz
      February 22, 2013

      Kura2 kl di luar emang gampang lumutan…kalo saya sih rajin ngelap kura2 saya pake kain atau disikat dengan sikat gigi. Kalo ga biasa si kura2 akan kabur tp kl dah biasa bakalan anteng aja kok

  13. Iqbal
    February 21, 2013

    mbak aku mau nanya, kura” itu bisa tidur dalam air gak ya?? :O

    • Novroz
      February 22, 2013

      Bisa tapi ga lama…mereka nafas pake paru2 jadi harus ke atas untuk bernafas

      • Iqbal
        February 22, 2013

        aku pernah naikin dia ke ruang tamu aku, aku perhatiin terus sampai malam dianya gak tidur” kak, lalu ketika di dalam air dianya bisa tidur

        • Novroz
          February 24, 2013

          Walaupun dia tidur di air dia ttp hrs naik ke atas buat bernafas…dia bukan ikan. Maka itu perlu ada basking area.

          • ihza alparis
            June 6, 2013

            Basking area itu apa kk ?

          • Novroz
            June 6, 2013

            Tempat nonkrongnya buat mengeringkan badan. Kura2 kan bukan ikan, mereja ga diciptakan untuk berenang sepanjang hari

  14. yuni
    February 25, 2013

    kenapa ya kak kok kura2 ku cuman ngambang aja gitu terus dia buka2 mulutnya gaktau deh dia maksutnya gimana? solusinya dong…

    • Novroz
      February 25, 2013

      Hi Yuni…tolong dibaca dulu ya tulisan saya yang diatas 🙂

  15. sanzi
    February 25, 2013

    Salam kenal kk, saya pemula nii mau coba” pelihara kurakura.. Mau tanya, kalo tulang sotong itu apa yah ? Dan bisa didapat dimana ? Harganya ? Makasihh 🙂

    Satu lagi kk, kura-kura saya itu sangat agresive.. Kalo mau dipegang suka mau matuk-matuk gitu sambil buka mulutnya… Gmn cara jinakin nya ya kk makasihh 😀

  16. Sarah
    March 6, 2013

    Salam. Mau tanya. Kura2 saya ini, dia seperti… Buka mulut, tutup mulut…. Kemudian buka tutup lagi…. Itu aja, jadi itu Respiratory Infection kah? Saya udah tukar airnya ke air yang sedikit hangat, tapi dia berenang sebentar kemudian berjemur dan buka tutup mulut lagi. Bimbang…. Ada apa apa lagi yang saya perlu lakukan? Terima kasih.

    • Novroz
      March 6, 2013

      Sepertinya memang RI.
      Saya hanya tau cara awal perawatannya selebih dr yang diatas saya sama sekali tidak tahu. maaf ya Sarah

      • Sarah
        March 6, 2013

        Terima kasih karena reply comment yang lalu. Tapi saya ingin tanya lagi, kalau kura2 ada infeksi RI, adakah kura2 akan kerap buat perbuatan buka dan tutup mulut itu? Karena sekarang ini ia sedang tidur tapi tidak lakukan buka tutup mulut itu. Cuma ketika ia bangun dan sedar saya ada melihat ia, ia akan buat seperti itu lagi. Tapi bila saya lihatnya dari jauh, kelihatan seperti tidak juga ia melakukan buka tutup mulut itu. Ada pendapat ya?
        Terima kasih sekali lagi.

        • Novroz
          March 8, 2013

          Saya kurang tau jelas ttg RI karena kura2 sy ga ada yg pernah kn RI.
          Kbanyakan pertanyaan disini sy jawab atas apa yg prnh terjadi pd kura2 sy. Kl ingin jawaban lbh ahli coba deh ke redearslider.com 🙂

  17. santy
    March 7, 2013

    mau tanya donk. kura2 aku tiba2 3 hari ini nga mau makan trus diem aja. itu knapa n sakit apa ya ? cara penagan nya apa ?

    • Novroz
      March 8, 2013

      Ga mau makan ba jadi krn 2hal, sakit dan stress. Coba jemur sesekali

      • Sarah
        March 8, 2013

        Oh. Saya ingin tnya lagi, kenapa kura kura mendongak semasa tidur? Maksudnya kura kura itu ada masalah sakit tekak atau gi mana?

        • Novroz
          March 9, 2013

          Kura2 tidur sesukanya. ada yang mendongak ada yang menunduk bahkan ada yang memasukkan kepalanya ke dalam cangkang, jadi terkesan seperti ga punya kepala.

  18. shanti
    March 20, 2013

    mau nanya dong ka, aku punya RES masih bayi,matanya yg sebelah ngga mau melek,dia juga masuk ke dalem tempurungnya terus,dipegang kepalanya malah masuk.tolong yaa makasih..

    • Novroz
      March 21, 2013

      Ga mau melek dr pertama beli?
      Seharusnya pas beli, cari yg paling gesit dan sehat. Bayi kura itu rentan penyakit.

      Kalo soal masukin kepala mulu, itu biasa aja karena masih malu

  19. shanti
    March 21, 2013

    pertama beli mah melek,pas ditukangnya dia gesit ka.
    mata dia mau kebuka kalo dia brenang,kalo ga brenang matanya yg sebelah ketutup.pas dia melek matanya kaya ada kotoran didalem.apa ditetesin obat mata aja ya?

    dia juga ngga mau makan ka,kenapa tuh?

    • Novroz
      March 21, 2013

      Di atas (artikel atas) saya udah share tentang penyakit mata…coba dibaca deh.

      Kalau soal ga makan…itu yang susah, bayi gampang stress, kalo udah stress ga mau makan deh. Karena saya belum pernah punya kura2 yang stress jadi saya ga tau gimana cara ngilangin stress

  20. abiel
    March 25, 2013

    kak ane pnya kura-kura ukuran yang satu 7cm dan yang satunya sekitar 15cm,, ane gabung yang besar sering gigit yg kecil d kejar”.. 2″ny betina, gmn cara mengatasi gigitan dr yg besar?? tx

    • abiel
      March 25, 2013

      oiya nanya lg, basking nya kroten tempat dia mendaki bahan ny apa? soal nya basking ane cm pake akwat nyamuk bolong2 besar n itu tajem..

      • Novroz
        March 25, 2013

        Pake floormat yang sering dipake buat pinggiran kolam atau tempat wuduh. Gunanya buat mencegah kepleset karena air.

        • abiel
          March 25, 2013

          yah gbs d gabunng donk sm yg kecil.. pnya sist d campur bs?

          beli dmn floomat?

          • Novroz
            March 25, 2013

            Ga bisa.
            Kroten galak banget. Tapi Papoe dan Kurome bisa disatuin. Tergantung sifat kura2nya.

            Floormat ada di carefour

    • Novroz
      March 25, 2013

      Ga ada cara yang bisa bikin kura ga agresif ke kura lain. Itu dah bawaan kepribadiannya. Cuma ada 1 cara, mereka harus dipisahin.

      • abiel
        March 26, 2013

        cara obatin res sembelit pake pepaya? kl gamau makan pepaya ada alternatif lain ga?

        • Novroz
          March 26, 2013

          Eah sy belum pernah berurusan dgn kura yg sembelit…tapi kl soal pepaya, setau sy kura2 lgsg suka karena manis

      • abiel
        March 26, 2013

        sist, mau nanya papoe sm kurome kok bs ketemu? ketemu dimana? bukan beli
        klo d kalimantan sih wajar ane naik mbl pada nyebrang tu ambon, RES (tapi d jalan kanan kiri hutan)…tp kl d jawa keliatan nya janggal? nyuri ya ? :p

        • Novroz
          March 26, 2013

          Maksudnya? Papoe ma Kurome mah ga da hubungannya sm kalimantan. Papoe asli papua new guinea, Kurome asli China/Jepang.

          Di Jakarta mah segala macem kura ada yg jual

          • abiel
            March 27, 2013

            maaf sist, soal nya ane bc salah satu blog sist ngmong nya “papoe sm kurome nemu bla bla di bazzar”

          • Novroz
            March 28, 2013

            Papoe di toko yg jual banyak jenis kura2, kalo kurome memang di bazzar

          • abiel
            March 27, 2013

            sist ngasih tulang sotong brp x sehari… bused seneng bgt sama tulang sotong lahap bgt .. selama ini ane kasih nya tiap hr porsi2 kecil.. untuk kroten brp x sehari.. maff banyak sist cz menurut ane dah pengalaman sist rawat res 😀 hehehe

          • Novroz
            March 28, 2013

            Saya jasih seminggu sekali. Kebanyakan kasih juga percuma soalnya kelebihan kalsium yg dimakan bakal di buang sama tubuhnya.

            Gapapa kok banyak tanya 🙂

  21. abiel
    March 27, 2013

    banyak nanya

    • abiel
      March 28, 2013

      sist, kura ane dah mau naik basking nih 🙂 namanya si rakus.. kandang res ane sm persis kek pnya sist, ada container plastik basking (tapi dari kayu, kmrn gamau naik soal nya licin cm polos kayu jd gbs naik makanya dah ane ksh floormart br dah bolak balik naik turun), nah mau nanya.. filter u/ di container pake filter apa ya.. cz filter yang sebelah sisi lainnya kotor ga ikut kesedot filter nya.. tx

      • Novroz
        March 28, 2013

        Wah berita bagus 🙂

        Kali filter saya pake yg bentuknya bulet…aduh ga tau juga namanya apa.

  22. Irene
    March 27, 2013

    Maaf kak, sy punya baby RES umur skitar 1-2 bln, namu bagian samping karapas (terutama scutes kiri & kanan dr tlg blkg bagian dpn, dan karapas blkg dkt kakinya) rasanya agak lunak saat ditekan, apakah itu normal mengingat RES sy msh tergolong bayi? Sy menjemur Reis (nama si RES) hampir setiap hari saat pagi (kl tdk bekerja) dan sore hari (saat plg kerja) , biasanya dgn durasi 30menit. Selain itu sy berminat dgn tulang sotong yg seringkali disebut2 dpt membantu pembentukan karapas yg baik, tp sy mengalami kesulitan mendapatkannya, blh sy tau dmn tmpt yg menjual tulang sotong tsb di daerah jakarta?

    Maaf ya pertanyaan sy borongan, ini pertama kalinya sy pelihara RES dan sy mau Reis bs tumbuh sampai dewasa n umur panjang.. 🙂
    Thanks kak Novroz!

    • Novroz
      March 28, 2013

      Hi Irene 🙂
      Bayi kura2 memang cenderung punya karapas yg lunak, sama aja kyk bayi manusia yg punya tengkorak kepala masih lunak.

      Dijemur memang palung bgs buat bayi, sinar matahari dpt menyehatkan si bayi.

      Tulang sotong itu adanya di toko yg jual pakan burung karena sotong dimakan juga sama burung.

      • Irene
        March 30, 2013

        Thanks ud replynya kak, namun pd karapasnya Reis, ada sdkt bagian yg berwarna putih kehitaman spt scutes yg mau lepas.. Namun saat sy pegang, tdk terasa spt kapas, dan jg tdk bau.. Mnurut kakak itu knp ya? Sbnrnya warna tsb sdh ad sejak sy beli.. Dan utk bagian lunaknya apakah wajar kak apabila hanya sebagian saja? bbrp bagian karapasnya jg ada yg keras sekali..

        Mengenai tlg sotong, sy sdh pernah cb ke toko yg jual pakan burung namin tdk ada.. Blh tau tmpt jelasnya kak?

        Oh iya kak, apabila saat Reis menyelam, dia suka mengeluarkan sdkt gelembung udara, apakah itu normal kak? Sy sempat takut RI, tp dia tdk menunjukkan gejala RI spt mengangkat kepala tinggi2 maupun bersin (dulu temannya meninggal krn RI.. T_T), nafsu makannya jg sgt baik, jari sy jg kdg suka mau digigit jg malah.. :p

        Maaf ya borongan lg kak nanyanya.. Makasih sblmnya.. 🙂

        • Novroz
          March 30, 2013

          Kedengarannya kayak pengelupasan scute tp biasanya setelah umur setahunan…aneh juga ya kl bayi dan mengelupasin scute.

          Sy juga kurang tau kalo karapas lunak ga rata gitu. Tp kl soal karapas yg penting mah sering dijemur aja.

          Tempat pastinya beli tulang sotong susah juga karena saya suka asal beli aja. Emang ada toko pakan burung yg ga jual tulang sotong tp rata2 sih ada.

          Kl nafsu makan msh bgs, ga usah cemas 🙂

  23. abiel
    April 2, 2013

    sist mau liat setting filter di container nya bisa??
    soalnya filter ane d taruh d salah satu sisi.. sedang kan res pup disalah satu sisi yg lain dan ga keserep filternya, res nya pup nya hancur… jd agak susah bersihin nya.. gmn y..
    mnt foto setting filter nya atau gambar filternya donk

  24. abiel
    April 3, 2013

    sist mau nanya lg ni.. ane kan pelihara RES sama CST.. nah d campur,, klo CST air nya apa hrus d atas karapasnya sedikit atau boleh full+basking area kayak RES?

    • Novroz
      April 4, 2013

      Wah sy sama sekali ga tau soal CST, coba aja di google.
      Eaktu sy beli Papoe n Kurome, saya langsung google cara perawatannya…umumnya dlm English sih. Kalo ga baca2 dulu bisa2 Kuromw mati karena dia ga bs hidup si air dalam.

  25. tyas
    April 5, 2013

    Klo obat tradisional untuk mata kura” yang tidak mau di buka ap?
    tlong blss yh,
    Mksh

    • Novroz
      April 6, 2013

      Hi Tyas, maaf ya tapi cara penyembuhan sakit mata yg sy tau cuma yg teryulis diatas, dan itupun cara org bukan sykrn kura2 sy belum prnh kena sakit mata

  26. Fathelia
    April 8, 2013

    Ka, Gimana cara nentuin umur kura-kura berdasarkan ukuran??

    • Novroz
      April 9, 2013

      Sy ga tau 🙂
      Ukuran dan umur ga bs pasti.

      • tata
        April 9, 2013

        kura-kura saya udah 4 hari matanya bengkak, dan gak mau makan, kemaren udah beli obat mata merknya erlamycetin tapi kok kaya’nya gak ada perubahan ya?

        • Novroz
          April 9, 2013

          Hi Tata, coba dibaca deh di atas, saya sudah membagi cara mengatasi mata bengkak.

  27. anthyn
    April 11, 2013

    mbaaakkk.. mauuu tanyaaa.. aq punyaa bayi res baru smingguan ini, namax pompom.. ukuranx bru skitar 3cm.. luucuuuu bgt mbak, sukax makan tdr makan tdr,hehehe.. naahhh, masalahx si pom2 ini maux cm makan udang mentah, sm cacing idup,, dr awal aq ksh pelet n sayur g pnh mau.. bgtu dksh udang baru dy lahap makan,, apa gpp tu mbak 3 kali shari dksh makan gt trs?? trs gmn yaa mbk crx biar dy mw makan yg lain, soalx uda aq cb mpe bbrp hari dksh.pelet dy ttep g mw..
    trs dy juga sukax tidur d darat mbak.. bgtu knyg, dy sll ngroweng2 mnt d kluarin dr baskomx gt.. smpe manjat2 gt.. klo uda aq kluarin n aq trh d kain dy g smpe 1 ment lgsg tdr mbak.. puleeeesssss bgt.. klo bobox siang, biasax magrib bru.bgn, n posisix msh sm -.-
    g brgerak sm skali.. bgtu bgn, lgsg mkn lg, trs gerak2 bntar baru bobo lg.. pagi baru bangun,heehe.. heran aq, dy ko betah bgt bobo.. ituu gppkah mbak?? apa gpp lama2 didarat?? max brp lama mbk d darat buat bayi res ky pom2? mhon bantuanx yaaa.. trima kasiihh.. :))

    • Novroz
      April 12, 2013

      Hi Anthym.
      Makanan waktu bayi boleh aja banyak protein kayak udang tapi 3 kali sehari itu terlalu banyak. Cukup sekali sehari aja. Kalo udah aga gedean baru mulai diajarin makan makanan yang lebih sehat. Karena masih bayi yang riskan jadi turutin aja dulu apa yg dia suka.

      Tidur di darat lama gapapa kok. Kura2 bisa hidup di darat sampai seminggu lebih, yang bikin dia mati di darat karena ga makan aja karena dia ga bisa makan tanpa air.

      • anthyn
        April 12, 2013

        Ohh, kbnyakan yaa mbak,hhehe.. tp dy klo d sodorin makan mau trs tuh -.-
        shari 1/2 – 1 udang kecil bs abis ituu.. kbnyakan y?hehehe..
        alhamdulillah de klo tahan ddarat, aq kdg was2 jugaa, klo da mnt kluar, bgtu kluar, cri tmpt nyaman, lgsg bobok puless bgt brjam2 gak gerak,hahaha.. smpe takut aq.. akhirx ujg2x aq bgnin dy, aq ksh mam lg biar melek,hhehe..

        • Novroz
          April 14, 2013

          Kura-kura dikasih pasti dimakan…ga dikasih aja minta-minta. mereka tuh rakus bgt, tinggal kita yang harus ngontrol

          • anthyn
            April 21, 2013

            mbak roz T.T
            kura2q kok ekornyaa putus y??? T.T
            kmr setelah 2 – 3 harian aq lebih banyak taruh dy d darat, n dy tidurrr trs mbak.. aq pindahin k air cm klo mw makan aja.. stlh ituu aq taruh ddarat lg.. trs aq perhatikan ternyata dy klo ddarat sptnya g mau pup.. trakhir kmr aq liat bag ekornya bengkak gitu mbak, aq takut dy nahan pupnya,, akhirnya meskipun dy msh bobo n gak melek2, aq paksa bangunin, n aq taruh d air, eeehhh gak lama dyx lgsg pup, banyak pula.. tp bag ekornya msh bengkak.. aq coba ksh sayur, msh g mau dimakan..
            trs td pagi, aq kaget, ekornya putuss T.T
            tp kyx si pom2 sehat2 ja.. masih mau makan n banyak geraknya.. msh mau didarat jugaa.. mbak apa pernah ngalamin ky gni?? aq agk panik juga nih mbak T.T

          • Novroz
            April 21, 2013

            Kenapa kamu taro dia di darat mulu?
            Biar bagaimanapun mereka mahluk 2 alam. Mereka harus sering di air dan sediakan basking area. Boleh aja dilepas di darat kayak saya melepas mereka tidur di darat kalau dah malam…tapi tetap aja mereka lebih banyak di air.

            Walaupun saya bilang mereka bisa di darat sampai seminggu bukan berarti harus ditaro di darat lebih lama.

            Saya ga pernah menggalami kejadian seperti itu. Kurome emang udah putus ekornya dari saya beli. Kalau di darat todur mulu juga aga aneh loh…ketiga kura2 saya cuma tidur di malam hari n pagi2 dah pada liar berkeliaran di darat walaupun saya belum bangun.

  28. R.D.A.F
    April 12, 2013

    Sist mau tanya, kura2ku msh baby sist. Aku punya 2 namanya taka sm tiki, wktu beli itu besarnya sm, tp pas udh 8bulan jd besaran tiki. Ya mgkn faktor rebutan makan.
    Tp kok taka itu jd kecil badannya, nggamau makan, trus matanya nutup terus, kalau buka mata itu sedikit. Apa dia sakit mata sist? Solusinya gmn nih?:'(

    • Novroz
      April 12, 2013

      Coba aja makannya dipisah jadi adil.

      Kalo soal sakit mata itu diatas ada caranya.

      • R.D.A.F
        April 13, 2013

        Tp kalau mau ditetesin matanya itu merem sist nggabisa buka, gmn ya? Pdhl dulu bisa buka:(

        • Novroz
          April 14, 2013

          Aduh say ga tau juga karena kura-kura saya ga pernah kena sakit mata. Saya cuma bisa berbagi apa yang sudah pernah saya kerjakan.

          • R.D.A.F
            April 15, 2013

            Ternyata beneran matanya sakit sist. Aku bersihin pake cuttonbud dikit2 keluar

          • Novroz
            April 16, 2013

            Trus dikasih gentamycin ga?
            Semoga cepet sembuh ya

    • R.D.A.F
      April 17, 2013

      belum pake gentamycin sist, belum nyari. Iyaa amin sist
      tp dtaruh di darat jg udah aktif sist

      • Novroz
        April 18, 2013

        Syukur deh kalo gitu 🙂 semoga tambah sehat aja

  29. aldy
    April 16, 2013

    mba sy aldy mw nanya soal cisi nama kura-kura saya…cisi kemaren baru bertelur…dan bertelurnya didalam air..karena cisi tempat tinggalnya didalam aquarium….sekarang sy msih bingung bagusnya telurnya sy simpan dimana?dan cisi bertelurnya cuma 1 butir apakah cisi msih akan bertelur lagi dalam dekat-dekat ini?

    • Novroz
      April 17, 2013

      Hi Aldy 🙂
      Karena itu sepertinta telur kosong, dibuang aja juga gapapa sih. kalo saya dulu sy simpen semingguan karena mau nunjukkin ke semua anggota keluara hehe.
      Biasanya nanti bakal keluar lagi karena 1 kali bertelur bisa sampai 20an

  30. qois
    April 21, 2013

    k,saya mau pergi jauh,tp tkt kura saya setres,soalnya masi bayi??
    Gimana cara ngindarinnya k?
    Mksi k…

    • Novroz
      April 21, 2013

      Pergi jauh sambil bawa kura2?
      Wah itu sih susah…yang gede aja bisa stress

  31. anthyn
    April 22, 2013

    Novroz April 21, 2013 at 3:33 pm

    Kenapa kamu taro dia di darat mulu?
    Biar bagaimanapun mereka mahluk 2 alam. Mereka harus sering di air dan sediakan basking area. Boleh aja dilepas di darat kayak saya melepas mereka tidur di darat kalau dah malam…tapi tetap aja mereka lebih banyak di air.

    Walaupun saya bilang mereka bisa di darat sampai seminggu bukan berarti harus ditaro di darat lebih lama.

    Saya ga pernah menggalami kejadian seperti itu. Kurome emang udah putus ekornya dari saya beli. Kalau di darat todur mulu juga aga aneh loh…ketiga kura2 saya cuma tidur di malam hari n pagi2 dah pada liar berkeliaran di darat walaupun saya belum bangun.

    ————————————————————————————————————————-

    Abisnya si pom2 mnt kluar2 terus mbak, g tega aq, akhirnya aq kluarin.. klo uda d kluarin betah bgt bobonyaa.. mknya bbrp hari kmr lbih bnyak ddarat..n itu pst tdr trs jugaa.. tp d darat tu juga aq sediain air dipiring gt buat dy, mksdq klo dy butuh air bs kstu, tp mgkn dy msh kecil kali ya, jd g ngrti.. d kandangnya juga udah aq sediain basking area kok mbak, tp stlh bbrp hari kmr ddarat mulu, skr dy g mau naik k basking area.. kmr malem juga msh aq taro d kandangnya, dy bobonya d air, g mw naik k basking area.. uda kbiasaan ddarat apa yaa.. kura2q anehhhh,huhu T.T

    kurome mskipun ekornya putus tp dy msh sehat y?? ekornya numbuh lg g mbak??

    • Novroz
      April 23, 2013

      Pom2 ini terlalu pasif ya. Semoga dia sehat2 aja tapi pasif banget.

      Kura2 bukan kadal, jadi ekor Kurome ga akan pernah panjang lagi 😦
      Kuro mah sehat banget…lincah kelewatan

      • anthyn
        April 23, 2013

        termasuk pasif y mbak?hehehe.. aq perhatikan ni, ternyta kalo dia d taro di air mulai dr pagi smpe malem g bakal bobo, kec da ngantuk bgt kali y, jdx ktdran d air,hehehe.. trs dy klo aq kluarin klayapan kmn2, tp klayapanx cari tempat enak buat bubuk -___-”
        begitu nemu tempat sempit, n gelap, lgsg bobok,hehehe.. lucu juga klo ngeliat tingkah polah dy.. tp meskipun suka bubuk, klo lari cuepet bgt, n klo d pegang merontax kuat bgt, mpe hampir lepas dr tangan,hehe..
        Mbak dulu ngelatih si kura2x mbak biar noleh klo dipanggil sampe umur berapa y mbak?? aq cb panggil2 namax pom2 ni, tp dy g ngerespon sm skali -.-

        • Novroz
          April 23, 2013

          Wah kalau dia aktif di air, lebih baik banyak di air, di darat cukup malam aja.

          Nama itu memang aga lama pada kura2 tertentu…ada yg cepat hafal ada yang lama. Yang penting mah tiap saat dipanggil aja.

  32. siska
    April 25, 2013

    asalamualaikum mbak
    gini,aku baru dikasih kura-kura sama temen,sudah segede genggaman tangan orang dewasa
    pas baru baru aja dikasih,men(nama kura-kuranya)saya taro di aquarium dan dia nggak mau makan. trus kemarin saya lepas dia di kolam ikan dan alhamdulillah dia jadi rakus
    aman nggak sih kalau dia saya peliahara dikolam outdoor?

    • Novroz
      April 26, 2013

      Hi Siska 🙂
      Aman aja kok dalam hal kesehatan, ga amannya cuma seberapa terjaganya kolam luar itu, memungkinkan ga buiat si kura untuk kabur

  33. Nita Amalia
    May 4, 2013

    ka, pengen tanya nih. cara menghilangkan lumut lumut yg ada di leher, tangan, dan kaki kura kura gimana ya ? soalnya setiap mau saya bersihkan dia mangap terus pengen ngegigit. mohon di bantu

    • Novroz
      May 5, 2013

      Hi Nita,
      maff saya ga bisa membantu untuk hal itu soalnya kura2 saya ga pernah lumutan dan ga ada satupun yang kerjaannya pengen mengigit.

  34. mel
    May 6, 2013

    ka, ini kura-kura saya seminggu udah gmw makan, matanya jg tertutup terus, kl terbuka pun sprti msih ada selaput yg nutupin matanya, terus kl d mskin k air dianya ngapung, dan dia diem terus,

    • Salim
      May 6, 2013

      Sama, RES saya juga tertutup terus matanya. Tolong infonya…

      • Novroz
        May 7, 2013

        untuk masalah mata coba baca tulisan yang diatas dulu ya. Disitu ada cara mengobati mata bengkak, ga beda jauh dgn mata tertutup.

        Untuk masalah makan, seperti saya sudah tulis DIATAS, saya ga tau cara membuat kura2 mau makan lagi karena kura2 saya belum pernah bermasalah dgn makan.

        Kura2nya MEL sepertinya sedang sakit.

        • mel
          May 7, 2013

          iya ini sudah bbrp hari sya tetesin sprti yg d blg, dan udah lumayan matanya, hehehe
          jadi ngobatinnya gmn ka ?

          • Novroz
            May 7, 2013

            Kalo saya, kalau saya ga tau cara penangganannya saya bawa ke dokter hewan.

            Coba aja dijemur sesekali biasanya jadi aga semangat dikit

          • mel
            May 7, 2013

            Waktu di jemur kadang2 aja dia jalanny terus diem lagi.. Matanya saat ini udah baikan, tadi waktu di rendam di air, selaput yg d mata tuh lepas, blm seluruhny sih tp bola matanya sudah terlihat.. Tp kok dia ngapung ya ka, saya mskin air ttep aja ngapung, ringan gitu badannya, apa gara2 nd makan ?

          • Novroz
            May 9, 2013

            Saya ga bisa ngasih banyak saran kecuali banyak dijemur dan mungkin matahari bisa menolong. Tetap usahana dia makan dengan ganti2 menu.

  35. mel
    May 9, 2013

    Wahh td pagi saya mimpi kl kura saya udh sembuhh, td saya cek matanya sudah sembuhh, gak ada selaput lgiii \^.^/ tp masih aja blm mau makan, huaa..

    • Novroz
      May 9, 2013

      Selamat 🙂
      Semoga sebentar lagi mau makan. Kasih daging2an aja dulu kayak bloodworm atau udang

      • mel
        May 11, 2013

        Aminn.. Udangnya mentah atau rebus ?

        • Novroz
          May 12, 2013

          Mentah. Kalo dah mau makan perlahan harus diganti karena makanan itu kebanyakan protein.

  36. Rapita
    May 16, 2013

    Kura kuraku ukurannya masih 2,5 cm. waktu aku beli, dia sehat bngt, tapi stlh 2 hari dirumah dia gk mau buka mata. Bahkan udah 2 minggu dia ttap gk buka mata. Kira2 obatnya apa ya??
    Mkasih 🙂

    • Novroz
      May 16, 2013

      Soal masalah mata…coba baca diatas 🙂

  37. agung
    May 17, 2013

    sore mbak novroz ,
    ini tadi aku br liat si momon, kaki kanan belakangnya kayak memar merah gitu mbak, stelah sy amati trnyata itu kena pinggiran di tempurungnya mbak ,
    jd ini td dia manjat” tros ditempatnya , trs dia berdiri gt mbak, trs ngguling deeh,
    nah pas ngguling itu yg jatuh selalu kena kaki belakang sebelah kanan mbak , jdnya memar gt mbak 😦 kasian ngeliatnya

    mau saya kasi betadine tp tiap sy sentuh kakinya langsung masuk k tempurungnya
    gimana mbaak ? ada saran ?

    • Novroz
      May 17, 2013

      Kali mau dikasih betadine sebaiknya minta bantuan orang lain. Minta dia mengangin si kura, tapi hati2 karena kura yg dipaksa suka jadi galak dan pengen ngegigit, trus kamu tarik paksa kakinya baru kasih betadine. Diemin di darat. Kalo mau dibalikin ke kolam, bersihin dulu betadinenya

  38. ardha
    May 19, 2013

    mba.. ni bayi2 (pipo ma pino) baru 2 bulan tpi uda jago makan sayur.. gpp kah kiranya juga dikasi menu tmbahan sayur gitu mbak?

    • Novroz
      May 19, 2013

      Gapapa bgt! Bagis malah kalau dr kecil dah mau sayur. Selang seling aja sama yg berprotein tinggi kayak pelet atau bloodworm

      • Ardha
        May 20, 2013

        ni bayi mmang sadis.. bloodworm aja kenalannya baru 3 mnit udah digigit2,, hahaa..

  39. ardha
    May 19, 2013

    1 lagi mbak..
    pas sela2 paha pino tu kulitnya brlebih keluar gitu kak.. itu kegemukan ya? trus apa si solusinya?

    • Novroz
      May 19, 2013

      Harus liat fotonya dulu. Tapi kalo iya kegemukan, satu2nya solusi ya diet

      • Ardha
        May 20, 2013

        ada emainya mba gak? mau kirimin ni foto si pino
        gimana cra dietnya mba? dianya suka nyuri2 punya pipo.. kalo di pisahin si piponya ga mau mkan krna sress

        • Novroz
          May 20, 2013

          Upload di page mereka aja 🙂 http://www.facebook.com/pages/Kame-Kroten/351414058231621
          Atau kalo ga punya fb, di blog kamu aja trus kasih linknya kesini.

          Mau ga mau harus dipisah makannya. Diet ya ga makan sehari. Kura2 saya sekarang semua lagi diet karena pada gampang gemuk. Mereka hari ini makan besok ga lusa baru makan lagi

  40. Irene
    May 20, 2013

    Misi kak Novroz, sy punya seekor kura2 Brazil, namanya Reis, usianya kr2 3 bulanan, dia sangat suka makan dan main2, terlihat sangat sehat. Namun, dua hari ini sy perhatikan pada pagi hari saat dia bangun, saat dia bernafas di lubang hidungnya terdapat gelembung kecil yg muncul dan pecah saat dia bernafas, tp tdk terus menerus dan tdk banyak, hanya kr2 15-20 menit pertama bangun, selebihnya tdk keluar lagi gelembungnya (Oh ya, Reis kalo tdr di dry dock, jdnya gelembungnya ditmpt kering). Namun diluar itu, dia sangat aktif dan suka jalan2, terutama saat berjemur. Nafsu makannya jg bgs, sy berikan pelet & bloodworm stiap hari 1x.

    Apakah Reis sakit? Sy curiga jgn2 dia pilek, namun dia tdk pernah bersin, batuk, dan sy sdh cb dengarkan suara nafasnya, namun tdk ada suara apa2.. Berenang jg koordinasinya sangat baik, bisa menyelam dgn baik. Mohon pendapat dan sarannya.. Makasih.

    • Novroz
      May 20, 2013

      Kalo dia masih doyan makan kemungkinan masih sehat2 aja.
      Saya juga kurang tau soal gelembung itu…mungkin memang pilek. Pakai lampu penghangat ga?

      Coba di jemur setiap hari kalo emang ga ada lampu penghangatnya.

      • Irene
        May 20, 2013

        Reis pakai lampu penghangat biasanya malam hari saat mau tdr, pakainya lampu pijar 15W gt.. Tiap hari jg dia berjemur kr2 1jam skitar jam 7-9, kcuali kalau mendung.. Tp td saat sy ksh makan, sy cb dgrin lg suara nafasnya, kali ini spt ad suara2 gelembung pecah.. 😦
        Mnurut kakak gmn ya? T_T

        • Novroz
          May 21, 2013

          Kalo bersuara pas bernafas kemungkinan besar kena RI, sy cuma tau cara pencegahannya, liat diatas.
          Kalo pencegahan ga berhasil cuma biaa dibawa ke dokter.

  41. Ardha
    May 24, 2013

    mbak. pentingan heater ato uv si?
    msalahnya rp terbatas 😦

  42. wiwi
    May 25, 2013

    saya mau nanya, red ear slider saya tinggal di kosan selama 3hr. Tp saya sudah memberi pelet kura2 cukup untuk 3hr, dia bisa bertahan ato tdk ?
    trus cangkang nya koq agak licin ya? pdhl sy sering mengganti air nya
    mohon jawabanya ya, makasi

    • Novroz
      May 25, 2013

      Hi wiwi 🙂
      Dikasih pelet jatah 3 hari hanya akan habis dalam waktu 1 hari. Mereka bukan tipe penyisa makanan.Kura2 bisa bertahan hingga seminggu jadi 3 hari bukan masalah.

      Biarpun airnya diganti tapi lumut tetap bisa hidup di cangkang. supaya ga berlumut atau menjadi licin ya harus menyikat cangkangnya sesekali.

      • farid
        April 27, 2015

        Kak mau nanya… kura2 saya ukurannya 22 cm trus cangkang.y pecah gara2 d pukulin sama anak2, cangkangnya bisa tumbuh lagi gak ?

        • Novroz
          April 27, 2015

          Bisa nyatu sih tapi jangan sering2 masuk air karena bisa infeksi

  43. Ardha
    May 26, 2013

    more question more knowing 😀
    mbak kalo tulang sotong tu ga usah dicampur ma pelet kan?

  44. Michelle
    May 31, 2013

    Kakak… mau nnya yah…
    kalo cangkang kura-kuranya ada bercak putih itu kenapa ? bisa di kelupas sih tpi numbuh-numbuh terus…
    gimana yah cara ngobatinnya ?

  45. Kak, mau tanya aku punya 2 kura2 kira udah 3thn pelihara dari kecil bgt, sekarang yg 1 kuku2nya pada lepas, sedih banget ngeliatnya, aku gak tau kenapa, apa mungkin jamur atau berantem sama yg satunya ya Kak? sekarang kaki belakang kukunya sisa 2. Cara ngobatinnya gimana ya Kak? apa gak boleh di air terus ya? baru taunya juga seminggu ini kakinya gak ada kukunya 😦

    • Novroz
      May 31, 2013

      Kalo ukurannya kecil mulu ada 2 kemungkinan…kurang gizi atau emang dia midget atau kate.
      Kalo soal kuku saya juga kurang tau. Waktu saya beli Kroten, dia juga ga punya kuku, katanya sih kena virus, tapi Alhamdulillah dia tumbuh sehat setelah tinggal sama saya.

      Kura2 itu butuh basking area atau tempat dia berjemur. Mereka bukan ikan yg di air terus.

  46. novi
    June 4, 2013

    Mau nany nih ka.. Kura” gw ada 2 bru skitar 3cm an.. Awal beli sih dksih makan cacing.. Dicoba ksih pelet merah ga di makan.. Pelet ijo jg ga di maakan pdahal dah beli bnyak.. Dy cma mau cacing.. Nah skrg puny masalah 1 kura” ini ga mau makan.. Matany sering nutup gtu.. Tpi kadang” ngebuka jg sih.. Trus mulutny kadang” mangap.. Udah ga makan skitar 1 mggu.. Ga puny pemanas sih.. Trus dy lagi skit gni spya mau makan dksh makan ap yah? Tolong infony dong.. Thanks

    • Novroz
      June 5, 2013

      Hi Novi, sepertinya itu tanda2 RI, silakan baca diatas untuk perawatan awalnya.

  47. novi
    June 6, 2013

    Iaa udah d baca ka… Udah d pisahin udh dksh lampu kmrn” ini.. Udah d bliin gentamicin tp tetep aj nutup trus mataany cma buka d pagi hri aj.. Ksh makanny gmn yah? Takut mati udah 1 mgg lbih. Trus ga suka pelet sama skali..

    • Novroz
      June 6, 2013

      Wah kalo dah ga bs dikasih pertolongan pertama…tinggal 1 cara, dibawa ke dokter.
      Di blog sy 1 lagi juga ada yg mirip pertanyaannya tp dia dah dibawa ke dokter, tggl nunggu pulih aja skarang.

  48. Bentz
    June 7, 2013

    K. Novroz, nanya lagi nich, RESku sudah umur 5 bln, dulunya lincah, sudah 1 bulan terakhir ini ga bisa nyelam, kalau dia berusaha nyelam bagian belakangnya ga bisa masuk air(seperti ada udara yg menahan di bagian dekat ekornya), kasihan sekali, jadi kerjanya cuma megangan ke batu sambil terapung sepanjang hari, tapi nafasnya normal.

    Mungkin K. Novroz punya solusi?

    Thanks!

    • Novroz
      June 7, 2013

      Maaf Bentz…sy baru dengar yang seperti ini jadi sama sekali ga bs membantu.

  49. Bentz
    June 8, 2013

    Thanks eniwei!

  50. novi
    June 8, 2013

    Ka.. Ini kayany udah rada mendingan sih kura-kurany.. Udah rada merespon klo d ajak ngom aato d toel.. Biasany sih diem aj.. Skrg klo d angkat rada nendang” gtu.. Jarang maangap” sih kcuali klo d ceburin k air bru mangap.. Udah gtu ngga lgi.. Cma matany msih nutup trus d matany kaya ad kulit kering ato kotoran mata ga tau tah tpi uudah d cba bersihin ga bsa jg,, mgkin kulit kaali yaa? Hrs pke salep ato gmn ya ka? Makasih loh ka..maap nany” trus.. Hhe

    • Novroz
      June 8, 2013

      Syukur deh kalo begitu 🙂

      Jujur saya ga tau apa2 kalo soal penyakit mata karena kura2 saya ga da yg pernah sakit mata. Semua yang saya tau cuma dari pengalaman aja karena kalau saya begitu kura2nya sakit ga tersembuhkan sendiri pasti dibawa ke dokter

      • novi
        June 9, 2013

        Haaduuh pusing jg yh ngerawat kura-kura lgi sakit.. 😦 buat nge biasain ksih makan pelet kura-kura satunya di tegain gtu yah ka? Wktu itu cacingny abis slama 4 hrian saya coba ksih makan pelet slama 4 hri trus”an ga mau jga.. Mau yg pelet buat ikan yg kcil” ga mau yg buat kura-kura yg rada besar ga mau jga.. Bru beli cacing lg lahap bgt makanny..

        • BNS
          September 18, 2015

          Kura kura saya sk tutup mata gimana biar dia aktif

          • Novroz
            September 30, 2015

            Tiap kura2 punya kepribadian sendiri…selama sehat dan mau makan gapapa kalo dia ga aktif

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 2, 2011 by in Kame&Kroten and tagged , , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,254 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker” Advertisements

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads