Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Menentukan Jenis Kelamin

Semua tulisan ini merupakan terjemahan dari Redearslider.com, Gambar dan foto2nya juga milik Redearslider.com (kecuali yang ada label blog ini).

This post is translated from Redearslider.com, the pictures are also from Redearslider.com (except those with my label) , I don’t own copyright for this post. My intention is only to help my fellow turtle lovers from Indonesia who don’t understand English very well.

Keterangan: Kame: kura2 pertama saya; Kroten: kura2 kedua saya.

Ciri-ciri fisik kura-kura

Red Ear Slider sangat mudah dikenali karena adanya garis merah dikepalanya, garis tersebut dianggap seolah2 telinga si kura2 sehingga namanya menjadi Red Ear (telinga merah) Slider. Sebenarnya, garis merah tersebut bukanlah telinganya. Telinga kura2 berbentuk garis melingkar dibawah garris merah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan liat di tulisan berjudal Ada Apa di Kepala Kura-Kura.

Bagian cangkang kura2 disebut Karapas dan Plastron. Karapas adalah bagian atas cangkang dan Plastron adalah bagian bawah cangkang. Bagian2 tersebutpun dibagi lagi menjadi beberapa nama. Lihat pada gambar di bawah.

Copyright belongs to redearslider.com

Ketika masih kecil, warnanya hijau (atau agak kekuningan seperti Kroten). Cangkangnya pun sedikit lunak. Ketika RES semakin besar, warnanya berubah menjadi semakin gelap dan garis merahnya pun mulai memudar. Perhatikan perbedaan warna kura2 kecil dan kura2 besar dibawah ini: (walaupun Kroten, si kecil, akhirnya tumbuh jadi warna kuning bukan gelap seperti kame, si besar)

RES tergolong kura-kura air tawar. Mereka tidak memiliki air liur sehingga mereka memerlukan air untuk menelan makanannya. Walaupun disebut kura2 air, tapi mereka cukup kuat hidup di darat hingga berhari-hari. Jika mereka menemukan makanan di darat. Mereka akan mencari air untuk menelannya. Kura2 tidak mempunyai gigi, tapi mereka memiliki paruh yang kuat untuk memotong sayur dan daging. Saya ssebelumnya sudah menulis tentang efek dari gigitan kroten disini.

Pengukuran dan Umur

Copyright belongs to redearslider.com

Pengukuran panjang kura2 dilakukan TANPA mengikuti lekuk karapasnya. Gunakan penggaris plastic untuk mengukurnya karena penggaris plastik tidak mengikuti lekuk kura2.

Kura2 yang baru menetas, biasanya berukuran kurang lebih 1 inchi (2,5 cm). setelah setahun ukurannya menjadi sekitar 2-3,5 inchi (5-9 cm). Kura-kura jantan dianggap telah matang seksualnya ketika mencapai ukuran 4 inchi (10,5 cm) dan betina pada ukuran 5 inchi (13 cm). Kura2 dewasa bisa mencapai ukuran 7 – 9 inchi (17,8 – 22,8 cm) dan betina bisa mencapai 10 – 12 inchi (25 – 30,5 cm). Saat ini, Kame berukuran 18 cm dan berumur 4 tahunan (tulisan edisi khusus ulang tahun Kame bisa dilihat disini); kroten berukuran 16 cm dan umur sekitar 2,5 tahun dalam peliharaan saya, tidak jelas umurnya berapa ketika masih di toko hewannya.

Catatan penting: Ukuran tidak bisa dijadikan patokan umur, namun kura2 peliharaan biasanya tumbuh lebih cepat daripada kura2 liar. Hal ini biasanya disebabkan karena kura2 peliharaan tidak melakukan hibernasi dan pemberian makan yang terlalu banyak. Makan yang berlebihan dapat membahayakan kura2. Silakan baca pola makan yang baik disini.

Jika dirawat dengan baik, RES peliharaan bisa hidup hingga 40 tahun (sementara RES liar umumnya hanya mencapai 20 tahun). Oleh karena itu, persiapkanlah diri anda untuk merawat mereka selama itu, jika tidak siap maka pikirlah kembali sebelum membeli kura2.

Jantan atau Betina?

Plastron melengkung ke dalam BUKAN jaminan

Jika anda pernah tertipu penjual kura2 dalam membedakan RES jantan dan betina…anda tidak sendiri!! Saya pun pernah tertipu. Ntah pedoman dari mana yang mereka pakai, yang pasti teori jantan betina mereka salah besar!!

Dulu teman sy melihat acara di TV yang mengatakan kalau kura2 Jantan itu memiliki plastron yang melengkung ke dalam (saya pun pernah melihatnya di buku cara merawat reptile, terbitan orang Indonesia yang sy lupa namanya) dan betina memiliki plastron yang datar sebagai ruang menyimpan telur. Ciri2 ini tidak 100% salah, tapi sangat tidak tepat diterapkan pada kura2 kecil. Bentuk plastron baru menjamin jantan atau Bettina ketika kura2 tesebut sudah cukup besar. Ketika masih kecil, plastron bukanlah patokan jenis kelaminnya.

Saya sempat dibuat bingung apakah kame betina atau jantan, bahkan saya membeli kroten atas dasar yang sama…berharap dapat jantan tapi ternyata kroten pun sama betinanya dgn kame.

Plastron tidak bisa dijadikan penentu jantan atau betina kecuali jika RES-nya sudah dewasa.

Secara ukuran tubuh, Jantan memiliki tubuh yang lebih kecil daripada betina.

Lihat foto di bawah ini!

Copyright belongs to redearslider.com

Betina memiliki cakar depan yang lebih pendek daripada jantan. Ekor betina juga lebih pendek daripada jantan, kloakanya pun lebih dekat ke pangkal ekor.

Ukuran ini terlalu kecil untuk menentukan jantan atau betina (Copyright belongs to redearslider.com)

Secara umum, kematangan seksual RES ditentukan oleh ukurannya. Anda harus menunggu hingga ukurannya mencapai 4 inchi (10,5 cm) untuk dapat menentukan jenis kelaminnya. Tidak mudah untuk menentukan jenis kelaminnya jika berukuran dibawah 10 cm. Ukuran tersebut biasanya dicapai setelah usia 2 hingga 4 tahun.

RES jantan yang lebih tua terkadang memiliki tampilan lain yang mencirikan bahwa RES tersebut adalah jantan, seperti hidung yanglebih panjang dan plastron paling bawah yang agak melengkung kedalam. Namun kedua ciri ini tidak bisa dijadikan patokan pasti saat RES masih muda.

Ini cakar/kuku Kame dan Kroten.  Kedua RES saya adalah betina.

Semoga infomasi ini berguna bagi para pemilik RES dan untuk info lebih banyak lagi, silakan klik icon informasi perawatan kura-kura di atas.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Ciri dan jenis kelamin, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA. Maaf saya TIDAK akan menjawab pertanyaan yang tidak berhubungan.

306 Comments

  1. Q binggung ne . Q dibeliin kura” ma suami tp g tau umur brapa, trus di kasih makan g pernah di makan. Matanya merem terus jarang di buka

  2. mas kok kura” saya bisa bertelur padahal ga ada jantannya gimana nih…?? trus kura” itu biasanya ada dimana ya??? satu lagi kame itu apasih kroten juga maksud nya apa mz???

    masih pemula.. hehehehe 😀

  3. Gan Ane Punya Kura2 Baru Dikasih Tetangga , Tetangga ane rawatnya didalam aquarium. Kalo gw dilepasin di halaman yang gk terlalu gede. Sekitar 2 minggu ane kasih makan kornet potongan. Tiba2 ada 1 kura2 yang stress kayaknya gan (ada 2 kura2 drmh ane). Pas ane tangkep buat ngasih makan, dia lari2 gk jelas gan, ane ksh makan gk mau. Nah itu gimana ya ? Fast Reply Gan (mbak juga) thanks ya

  4. mau tnya ya mba.. kurapi sama kurapo kura2 saya..saya juga kurang jelas mereka klaminnya ap.. tp salahsatu dr mrka muncul jendolan(sprti daging di anusnya} itu kira2 apa ya? apakah penis?

  5. mba, saya punya kura2 yg kurang lebih sudah 10tahun saya pelihara, ukuran pertama sebesar kepalan tangan dewasa dan skrg sudah sebesar tangan org dewasa yg dilebarkan. selama 10tahun saya berusaha mencari kura2 brazil dengan ukuran yg serupa dan baru skrg dapatnya.. tapi ketika mereka disatukan dalam kolam awalnya mereka berdekatan hingga akhirnya kura2 yg baru spt menyerang kura2 saya, menggigit dan sulit dilepas.. karna hal tsb saya memisahkan dan menyatukannya kembali setiap hari dalam pantauan saya.. setelah berjalan seminggu, sekarang intensitas bertengkarnya berkurang tp masih gigit2an namun skrg cenderung kura2 baru terus mengejar kura2 saya.. sebenarnya itu knp ya ? oh ya, tambahan kura2 baru itu ditangkap oleh seorang teman dari rawa2, dan kura2 baru memiliki ekor sktr 5cm, sdgkan kura2 saya selama ada kura2 baru tidak pernah tampak ekornya..
    tolong bantuannya mba, terimakasih..

    1. Berarti mereka ga bisa disatukan dalam 1 kolam! Ada kura2 yang teritorial. Kroten ga pernah mau satu kolam dengan kura2 manapun, makanya dia sampai sekarang punya 1 kolam sendiri.

  6. gan kura2 saya sudah berumur 8 th ..wkt dulu beli masih kecil yg jual bilang co & ce.tp wkt baca informasi diatas,kayaknya kura2 ku ce2 semua….makanya yg satu banyak luka gi2tan…apa tempatnya harus dipisah ya ?

    1. Banyak luka gigitan?
      Sebenarnya ce dua2nya atau co dua2nya ga ngaruh dgn gigit-mengigit. Tapi yg satu pasti lbh galak dr yg lain. Kalo mau aman memang hrs dipisahkan

    1. Post ini tidak membahas perbedaan kura2 darat dgn air, tapi jantan dan betina dr kura2 air tawar.

      Kura2 darat gampang banget dibedainnya dr air, liat aja kakinya.

  7. Saya punya kura2 sejak saya umurnya 2 tahun (umur saya skrg 11), dan tahun kemaren dia mati, kira2 apa y penyebabnya mba??

  8. apa kura kura bs brtlr bl gk ada jntnnya? soalnya kr kr sy blm ada jantannya ,tktnya bila bertelur tidak bs menetas karna tdk di buahi sel sperma

    wajar Newbie ,baru pemula

  9. mbak, ni pacar sy baru beli kura2. 2 ekor. di pasar hewan di solo.
    sekitar 3 hari lagi mau di bawa pulkam ke bengkulu. naik pesawat solo-jkt, jkt-bengkulu, dr bengkulu naik mobil smpe rumah 4 jam. klo naik pesawat gitu emg boleh y mbak bawa kura2? trus bagusnya ditaruh di mana mbak biar aman(selamat sehat smpe rumah)?

  10. Bak kura” sya lok sendirian pasti agresif, tpi lok di satuin sma kura” yg lain pasti tenang bak ?
    Jdi harus di gimanaiin bak ?

  11. Mbak,saya masih bingung nentuin kelaminnya AKIKO(nama kura kura saya) soalnya bawahnya datar tapi kukunya panjang panjang..udah lumayan gede mbak,sekitar 15 cm

  12. Siang mbak,
    Saya mau nanya.. Panduan untuk membedakan male or female yg mbak posting itu berlaku untuk semua kura”?
    Soalnya saya punya kura” matahari (semi aquatic?) nah saya belum tau sex’y itu. Karena rencana saya mau cari yg jantan (kalo punya saya betina).
    Thx mbak..

  13. Gan, mau tanya hidung kura kura saya kayaknya sompel luka gitu, sya mau ngirim fotonya kemana yah? Apa digigit tikus yah

  14. Gan, mau tanya hidung kura kura saya kayaknya sompel luka gitu di lubang hidungnya, sya mau ngirim fotonya kemana yah? Apa digigit tikus yah?

  15. Mbak. kura2 saya di sela kaki belakangnya ada benjolan agak mencuat keluar. Apa itu telur? Saya taruh di kolam semen, tapi udah saya beri tanah & pasir, buat bertelur sama air buat berkubang dan makan. Tapi kok belum mau betelur ya?
    oia, mbak punya kontak yg bisa saya hubungi? pingin nanya2 nih. Pingin bisa ternak kura2, soalnya pas bayi lucu2.

  16. Numpang nanya saya punya 2 kura kura tapi saya nggak tau jenis kelaminnya apa dan umurnya berapa. Saya membeli kura kura tersebut sekitar 2-3 tahun lalu, kata si “penjualnya” jenis kelamin 2 kura kura ini laki perempuan, yang satu tempurungnya lebar mendatar(nggak melengkung ke bawa)panjangnya sekitar 18cm, kukunya pendek. Yang satunya lagi panjang tempurungnya 17cm(melengkung ke bawah)kukunya pendek, dan kayaknya ekor 2 kura kura ini sama. Saya biasa melihara mereka di emer besar dan diisi air, saya selalu gabungin keduanya. Mau tanya apa dengan ciri ciri kayak gitu kura kura bisa bertelur? Kadang kura kura yg 17cm suka naik di atas tempurung kura kura yg 18cm, apa itu karena bentuk tempurungnya atau mereka sedang melakukan pembuahan soalnya hal ini sering dilakukan? Thx…

  17. mba, saya punya 2 kura2, yang pertama saya beli dr masi sd sampe saya lulus sma, yg satu lagi saya beli pas smp, dua2nya di jadiin satu di kolam. panggil aja si tua ama si muda ya mbak, n’ yang saya heran dua2 sering berhadap2 an di air, trus si tua julurin dua tangan nya di lurusin ke kepala kura2 satunya, terus di getar2in gitu kuku2 panjangnya si tua ke pipi si muda,,, itu mereka lagi ngapain ya mbak???

    1. Kalo jenisnya beda (jantan dan betina), itu berarti dia ngajak kawin. Tapi kalo jenisnya sama (betina atau jantan dua2nya) berarti itu semacam tanda ngasih tau daerah dia.

  18. Misi mba..
    Mau nanya saya punya 2 kura”..
    Yang satu cw yang satu lg cowo..
    Dua” nya udah gede mba saya selalau taro di wadah yang sama..
    Saya taro di ember kira” bisa di buahi ga mba..
    Saya takut yang cw betelor nanti..
    Soalnya saya belom ada wadah untuk betelurnya..
    Tolong bantunya mba..
    Kira” apa aja yang di butuhin ya mba..

  19. Oiya mab satu lg..
    Kura” brazil kalo betelur di darat apa di air mba..
    Trus gimana cara nya ya untuk ternakinya..
    Heheyyy…
    Makasi ya mba..

  20. tahun 1998 saya nemu kura2 nyasar karena banjir, sejak saat itu saya beri nama MORGAN saya pelihara sampai sekarang. saya ingin bisa konsultasi lebih lanjut, mohon minta emailnya.
    SERIUS, MENUNGGU terimakasih

  21. Mba’,mau nanya,kalo tempurung kura” brazil ku rada kering sama terkelupas gitu,itu gimana penanganannya mba ? Terimakasih sebelumnya

  22. thanks for this blog explaining ERS. i have 2 ERSs. 17 years already in my home. i just know if they all are male. wkwk.. a female ERS is easier to die than those of male, right? because at the beginning i have 3 ERSs. it looked like the one died is a female ERS. i remember the die ERS had its 15cm length when it died 5 years ago.

  23. selamat sore~
    saya mau nannya, jadi saya punya kura2 sudah besar dan setelah baca ini kelamin kura2 saya betina.
    pertanyaan saya, kira2 untuk proses mengkawinkan kura2 itu berapa lama ya? soalnya kura2 jantannya bukan punya saya punya temen, jadi saya cuma minjem aja untuk ngawinin dengan betina saya. mohon infonya

    terimakasih

    1. Hi Ayu…
      Maaf saya belum pernah mencoba untuk mengawinkan kura2 jadi saya sama sekali ga bisa kasih info. Coba tanya di facebook group pencinta kura2, disana banyak yg sudah berhasil menernakkan kura2

  24. Mbak mw nanya, kura2 betina saya udh besar mbak, umurnya udh sekitar 6 tahun, itu sudah bisa bertelur belum mbak ?

  25. Trims infonya mbak, sekarang saya tahu kalau kura2 milik saya ternyata jantan. Sekarang umurnya sudah sekitar 4 tahun, saya rasa sekarang dia butuh pasangan. Berhubung kura2 punya mbaknya betina dan sudah cukup umur, bolehkah dipasangkan dg kura2 saya.
    Trimakasih.
    Utk reapon lanjut please email ke ivannullah@gmail.com

    1. Wah mau besanan nih ceritanya 😉

      Boleh2 aja tapi penjantan kamu yg dibawa ke rumah sy ya krn sy ga mungkin berpisah sama Kroten 😉

  26. mau nanya mbak, aku baru seminggu nih beli kura2, kok aku kasih mkn apa2 gamau, maunya cm sama pepaya, trus aku bkinin kolam gamau nyebur dia pengenya di darat terus ( kura ambon) dikasih mkn apa harusnya tuh ya? thanks

  27. Aku punya kura” ketemu di depan rumah ada 2, udah ku rawat 2 tahun tp sampe skrng gatau jenis apa. Mirip kura” brazil tp garis” nya cuma ada di kepala nya doang gd di badan nya

  28. Gan… kalao mau beli kura brasil yang masih anakan trus belinya biar dapat sepasang gmna ya caranya… td postingan agam kalau blm 10 cm susah bedakannya… mohon info gan.

      1. Min aku punya kura” 2. Trs yg satu fit fit aja. Tapi kok yg satu lemes trs matanya ketutup kek ada putih putih gitu. Itu kenapa ya?
        Obatnya apa?

  29. Mba, kura kura ku lagi sakit ni. Matanya ketutup iya sih aku tau dia infeksi aku udh pakai daun sirih buat ngobatin . Tapi ni kura2 saya malem malem jalan2 kagak jelas tapi matanya ttp ketutup . Apa gara2 sakit dia jdi gak nyenyak tdr ?

  30. Bang ane punya kura2 ukurannya kuranglebih 3-4x korek bensin.. sering ane tinggal keluar kota jadi kadang lupa ngasih makan.. kira2 kura2 tahan berapa lama puasa ya gan biar aku bisa lebih waspada lagi gan… mohon balasannya…

  31. Hai mba…
    Mw tanya dong…
    Sy punya jenis RES yg sdh sy pelihara +17thn…
    Sdh bberapa minggu ini sering mngeluarkan kotoran sperti selaput2 apabila stelah dbersihkan kolam nya… mohon info nya mba… trims…

  32. Mbak aku mau nanya nih, aku dulu, 4 taun yg lalu, pernah pelihara RES tapi meninggal 😦 terus entah kenapa aku kangen punya temen RES, jadi sekarang aku banyak baca web2 ttg RES. Nah kan udah mantep mau pelihara nih, terus mau beli. Di petshop tempat aku mau beli kura2 itu kok semua kura2nya (masih pada bayi, sekitar 3cm) pada merem dan diem aja ya? Apa mereka ga sehat ? Gimana caranya memilih kura2 yg sehat di petshop? Makasih banyak mbak:)

    1. Wah…saya sih selalu memilih berdasarkan insting…kura-kura mana yang mencuri hati saya, ga pernah liat mana yang lincah atau mana yang sehat 🙂

  33. Siang Mbak. Saya punya 2 ekor kura2 brazil. Dibeli dari bayi, jadi untuk jenis kelaminnya, sy tidak mengetahui. Namanya Scoopy & Scorpio. Sekarang sudah 4 tahun, sdh dewasa tentunya. Mereka hidup dalam satu kolam dan seringkali bertengkar, jadi sy berasumsi mereka berdua betina. Berdasarkan ciri fisikx, Scoopy adalah betina.
    Yg bikin bingung si Scorpio. Dilihat dari plastronx, dia betina krn plastron datar. Tp kalo lihat dari kuku kaki depanx yg panjang, dan ekorx yg besar, Scorpio terlihat seperti jantan. Menurut Mba, Scorpio jantan atau betina, yah??

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s