Karapas Baru

Read this post in English>> here

Alhamdulillah…akhirnya karapas Kame sudah 100% baru ๐Ÿ™‚

Semua scutenya sudah mengelupas…wuih lumayan lama juga loh, di mulai dari bulan februari dan diakhirin pada bulan Oktober. Berakhirnya proses pengelupasan scute Kame benar2 tepat…hehehe sama dengan bulan datangnya kame dalam kehidupan gw.

Pada post terakhir tentang pengelupasan karapas kame, masih ada 6 scute lagi yang belum mengelupas, yaitu si bagian belakang. Dalam 2 minggu terakhir ini, ke 6 scute tersebut akhirnya lepas ๐Ÿ™‚

Satu lagi tugasku sebagai ibu kura2 sudah tuntas…Kame dah sukses bertelur dan dah sukses mengelupaskan karapas. Tinggal 1 lagi yang harus gw kerjakan, menguruskan badan Kame…dia masih agak obesitas. Setelah itu segalanya tinggal kerjaan rutin aja. Kame pasti akan bertelur lagi dan akan mengelupaskan scutenya lagi…tapi pengalaman kedua pasti ga serepot pengalaman pertama.

Total scute kame ada 55 buah…membutuhkan kurang lebih 10 bulan untuk mengelupas, dari februari hingga oktober. Semua scute itu gw kumpulkan, niatnya mau gw satuin lagi (nanti kalo dah disatuin bakal gw foto n upload ๐Ÿ™‚ ). Proses pengelupasan scute ini keliatan lama ya? Tapi 10 bulan masih waktu yang singkat dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan Kame untuk menjadikan karapasnya normal lagi.

Dalam Journal Kame kali ini, gw akan menyoroti pyramiding Kame yang alhamdulillah mulai berkurang seiring terjadinya pengelupasan scute ini. 2 tahun setelah Kame mulai makan dengan sehat…penurunan pyramidingnya baru keliatan…hati gw benar2 terenyuh, ga sia2 selama 2 tahun mengurus kame dgn makanan sehat. Memang belum sempurna sih, tapi setidaknya sudah lebih baik drpd sebelumnya.

Lihat foto di Kiri! (Semua foto bisa diperbesar dengan mengklik fotonya) Bagian belakang karapas Kame yang terkena pyramiding berbentuk melengkung ke bawah, setelah pengelupasan scute…karapas bagian belakang tersebut sudah terlihat normal lagi, pendek dan tidak melengkung ke bawah.

 

Lihat foto di Kanan! Bagian karapas di atas kepala Kame, awalnya melengkung ke atas dan meruncing, efek dr pyramiding. Karapas barunya datar dan berbentuk membulat.

 

Lihat foto di Kiri! Karapas samping yang berbentuk seperti sisik naga pun sudah hilang menjadi bentuk melengkung/membulat

 

 

Lihat foto di bawah! Kedua foto ini diambil dari atas. Yang kanan adalah foto sebelum pengelupasan scute terjadi, yang kiri adalah yang paling baru. Terlihat banget kan perbedaan bentuk karapas Kame. Karapas sampingnya sudah sama sekali ga da yang meruncing, karapas Kame sekarang sudah bulat-oval sempurna ๐Ÿ™‚

Yang jadi masalah tinggal gundukan-gundukan atas karapas Kame. Kelihatan ada perubahan sedikit, sudah tidak terlalu menonjol lagi…tapi ini masih kurang sempurna. Selain itu gw ga tau apakah karapasnya itu akan melengkung ke atas lagi seperti waktu dia kecil atau ga. Sekarang, walaupun gundukkannya sudah ga terlalu menonjol, tapi bentuknya masih datar.

Ini foto Kame waktu kecil, tertidur pulas di tangan gw. Terlihat karapasnya yang masih melengkung ke atas dengan bagusnya

Walaupun belum 100% sembuh dari pyramidingnya…tapi gw dah sangat bersyukur karena sekarang Kame dah lebih baik dan lebih cantik.

 

Love you soooo much dear *hug*

22 thoughts on “Karapas Baru

  1. Woow.. kalo dirawat dengan baik, kura2 bisa terlihat anggun ya… ๐Ÿ˜ณ

    Saya, gara2 lihat acara “Dunia Binatang” di Trans7 tadi siang, jadi pengen melihara kadal jenis “Mali Uromastyx”… :mrgreen:

      1. Hehe, kata liputan di tipi itu sih jenis “Mali Uromastyx” ini adalah yang paling terkenal di kalangan pemelihara kadal, karena jenis ini paling mudah dipelihara, paling cepat beradaptasi di lingkungan baru, dan herbivora! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Bentuknya juga bagus, warnanya cerah… ๐Ÿ˜ณ

        Perihal harga, gak disebut-sebut… ๐Ÿ˜ฅ

  2. Akhirnya, bsa liat kame yg baru. Wuah, saya ikut seneng sis, tapi ttp harus brusaha ngurangin pyramiding brsabarlah, n jgn lupa upload 55 scutesny!

    1. Makasih Sat ๐Ÿ™‚
      Iya nih tinggal mengatasi pyramiding, tapi yah sabar ajalah…pengelupasan scute kame aja br terjadi 1,5thn setelah dikasih makan yg sehat.
      Sip, tunggu akhir minggu dulu buat disatuin pake lem.

  3. Eh, kemarin, Scute kura2 gw, gw lepasin semua, agak dipaksain sih…. esok-nya, si kura2 gak mau makan. terus gak mau di air,… dan dia pengen keluar terus, Menurutku sih ini akibat dikelupasin scute-nya, gw nyesel… dikasih apa ya? untuk nyembuhinnya???? help…

    Oh, ya, Mau nanya Website kura2 yg namanya : http://www.kurabrazil.com itu kemana ya????????? kog dicari2 gak ada sih????????

    1. Wah kasian sekali ๐Ÿ˜ฆ
      Saya juga sudah mengaris-bawahi (sebenarnya sih mewarna-merahi) di sini http://t.co/QT29Cjv bahwa scute yang lagi mengelupas ga boleh dibantuin. Pemaksaannya seberapa maksanya? sampai berontak2kah dia?
      Hal itu bisa bikin strees,saya kurang tau bagaimana caranya menyembuhkan stress kura2. Coba diliat dulu beberapa hari ke depan,mungkin dia aga baikan.

      Iya tuh…kayaknya ada masalah. Setiap dtg ke url itu selalu ada kata2 kalo web-nya dah expire. Kayaknya forum n blog beda peraturan ya.

      1. Ya, sampai berontak2… beberapa hari kemudian, scute-nya berwarna putih kekuningan, dan lembek banget,,…. tolong donk, help,…….. ada website bhs.Indonesia yang menjelaskan tentang ini gak, help… udah mau mati, dia gak mau makan, dan hanya mau didarat ajah……

        1. coba ke reptilx.com deh. Saya coba bantu juga dgn tanya2 di redearslider.com, org2 di forum res.com itu biasanya cepat tanggap. Nanti akan langsung sy post disini.

          ==============

          Jawaban:
          1. Biasanya akan sembuh sendiri yang penting kuranya hrs bersih dan sesering mungkin ditaro dibawah sinar matahari. Makanan yg sehat juga hrs ttp disediakan dengan harapan dia akhirnya mau makan.

          1. Loh, dulu, sewaktu dia masih sehat, dikasih sayur gak mau, kecuali ikan platy dan pelet… Kan dia Masih “Baby RES” hahahhaa….. nutrisi dari pelet cukup gak ya? tadi dia baru makan satu butir pelet, lumayan… mungkin dia kelaperan…

            Ok, tnx ya. Oh,ya mo nanya, Novroz ini online tiap saat gak ya?… hahahah, nanti kayak di kurabrazil.com, pesan ku gak dijawab2…
            Terus, kalo kura2 gak punya temen alias sendirian gpp?? soalnya kura2 ku gak punya temen….

            Oh iya, sebenernya namaku Stefina, kura2ku namanya turtie… Pernah denger pesanku gak yang soal cangkanya luntur hahhaha, itu aku…Tapi aku nyamar soalnya itu nama kura kuraku yg baru… dan dia sendirian… kedua kura2ku dah mati… (Turtie & Tythur)

          2. Halo Stefina ๐Ÿ™‚

            Insya Allah selalu online karena ini blog pribadi bukan forum kayak kurabrazil.com dan sudah ada dr tahun 2005. Isinya ga cuma ttg kura2 aja kok. Berhubung sy sgt senang menulis jadi kecil kemungkinan tb2 berhenti ngeblog (kecuali yg diAtas berkehendak lain).

            Postingannya baru? beberapa bulan belakangan sy jarang2 berkunjung ke kurabrazil.com…hehe sibuk bgt ma blog ini.

            Iya gapapa ga punya teman…2 kura2 sy aja smp sekarang susah bgt bertemannya ๐Ÿ˜ฆ
            Aw kasian, kenapa mati kura2 lainnya?

          3. Kura2 dah Mati, cangkangnya gak ketolong….. Tapi kura2 keduaku yang namanya Ruby (baru beli) Mau keluar dari kandangnya….. kayak heboh gitu…. (Clue : Ruby = Baby RES)

          4. Tapi, Ruby suka berontak2 gitu, kaya pengen keluar dari kandangnya… and dia gak mau makan… dikasih makan pelet, gak mau… panjang Ruby 3 cm. N’tar dikasih makan apa ya supaya dia bisa bertambah nafsu makan?

          5. Mungkin Ruby masih perlu adaptasi…tunggu aja dulu.
            Tetap kasih makan sedikit2 karena pelet yg kelamaan kena air kan bs ngotorin air, jd ksih beberapa butir dulu ja.

          6. Udah seminggu loh kayak gitu, pas udah dibikinin tempat kayak Kame n Kroten, dia maunya didalam air mulu, tenggelam di dasarnya, gak ngambil napas juga, emang tahan berepa lama ya, di dalam air…
            Trs, dia gak mau naik ke basking-nya ditaruh di basking, malah turun ke air lagi, dia gak mau makan lagi, aduh ,bener2 khawatir… -_-“

          7. Hmm…memang punya RES masih bayi susah2 gampang.Enak kalo dapat yang langsung bisa adaptasi tapi kalo yang aga makan waktu yah harus sabar2 deh.

            Dulu Kame n Kroten sih langsung bisa terima basking areanya. Coba dijemur di luar sesekali.

          8. Mo share pengalaman nih…
            Kemarin, Ruby lagi dijemur diluar, setelah ditinggal sekitar 12 menit, kulihat dia sudah digigitin n dicakar kucing liar yg masuk ke rumah. Pas si kucing tertangkap, akhirnya Ruby selamat, lega bgt…. tapi banyak luka… huhuhu….Tapi udah di obatin kok pake betadine cair,… Wah, kura2-ku main gak ke-urus nie, gak bisa jadi kayak kame n kroten deh… >.<

            (Gak terasa panjang bgt obrolannya…) -_-"

    2. Ya Allah…Kasian amat si Ruby. Saya sih ga pernah lepas pandangan dr Kame dan Kroten kalo mereka lagi di jemur…ga sanggup ngebanyangin betapa sedihnya kalo mereka sampe digigit kucing.

      hehe iya nih jadi kepanjangan. Kalo masih ada pertanyaan atau pembicaraan yang ga ada hubungannya dengan Karapas, comment di Seri Perawatan Kura2 aja ya ๐Ÿ™‚
      Soalnya sy suka liat komen2 yang berhubungan di tempat yang sesuai ๐Ÿ˜‰

  4. Ka aku mau nanya nih .. kura2 aku kn masih bayi nah dia itu terserang jamur .. aku baca di google katanya disuruh rendem didalem air yang udh dicampur garam ikan .. nah udah aku rendem tapi dia malah gamau makan .. gimana ha ja caranya buat nyembuhin jamur pada kura2

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s