Pengelupasan Scute

Semua orang pasti tau kalo Kura2 itu adalah sejenis reptil, dan semua juga pasti tau kalo reptil sering mengganti kulitnya. Hal yang sama juga terjadi pada kura2.

Tapi…saya yakin sekali kalo tak banyak yg tau bahwa kura2 juga melakukan pergantian karapas. Jangan membayangkan kalo kura2 akan keluar dari cangkangnya dan mencari cangkang baru yg lebih besar seperti yg dilakukan keong. Kura2 tidak hanya berganti kulit tapi juga berganti karapas dgn cara mengelupaskan Scutenya.

Apa itu Scute?
Saya tidak tahu apa itu scute dalam bahasa Indonesia jadi mari biarkan saja nama itu dalam bahasa Inggris. Liat gambar Kroten (nama kura2 sy) di samping. Karapas kura2 berbetuk seperti ruas2 disamping, ruas2 tersebutlah yg disebut dgn Scute. Scute2 tersebut akan mengelupas satu persatu hingga pada akhirnya semua scute pd karapas kura2 terkelupas. Mereka akan melakukan pengelupasan scute ini secara rutin setiap tahun namun tidak sesering mereka ganti kulit.

Kura2 yang sehat PASTI melakukan pengelupasan scute, jadi jika kura2 anda tidak melakukan hal tersebut maka cobalah perhatikan habitat dan makanannya.

Scute yang mengelupas biasanya berbentuk tipis dengan warna seperti kuku. JANGAN PERNAH kita bantu kelupaskan…biarlah scute itu terlepas sendiri dgn wajarnya.

Ada 2 jenis scute yg mengelupas:

1. Scute tipis.
Lihat foto dibawah ini. Terlihat scute Kroten yang sudah siap terlepas. bentuknya kecil dan tipis. Ini adalah tipe pengelupasan scute yg wajar.

2. Scute Tebal
Lihat foto di bawah ini. Kame (nama kura2nya pertama sy) telah mengalami salah perawatan selama sekitar 2 tahum smapai akhirnya sy menemukan situs yg sgt membantu sy dalam merawat Kame. Selama 2,5thn hidupnya, Kame tidak pernah mengalami pengelupasan scute…dan sy pun tidak tau kalo kura2 harus mengelupaskan scute lamanya. Scute2 kame terus menumpuk menjadi 1.

Lalu saya mulai memberinya makanan yang baik dan sinar matahari yang teratur. Pada bulan April tahun ini, Kame melepaskan Scute pertamanya. Scute tersebut begitu tebal karena merupakan akumulasi dr tumpukan scute2 lamanya yg seharusnya telah mengelupas dr dulu. Scute tebal jenis ini sebenarnya tidak normal…TAPI masih lebih baik drpd tidak pernah mengelupas sama sekali.

Warna karapas kura2 menjadi lebih cerah setelah mengalami pengelupasan scute. Tipe scute tebal, walaupun tidak umum, lebih memperlihatkan betapa berubahnya warna karapas baru kura2. Lihat warna karapas lama kame yg cenderung kecoklatan dan yang baru lebih muda dan aga kehijauan dgn pola yg lebih jelas. Pada Kroten, yg selalu mengelupaskan scute2 tipis…perubahan warna karapasnya tidak begitu jelas. Post tentang pengelupasan scute Kame.

Agar scute dapat terkelupas, kura2 perlu makan sayuran hijau (jangan bayam), tulang sotong, dan buah2an yg mengandung vitamin E. Selain makanan, mereka juga perlu sering2 terkena sinar matahari.

*semua foto bisa di liat lebih jelas dgn mengklik fotonya ๐Ÿ™‚

Cara perawatan kura-kura lainnya bisa dilihat disini

137 Comments

  1. novroz, skrg kura2 saya ada 3 dan semuanya sama2 sedang mengelupas kulitnya…. berapa lama sih proses pengelupasan itu.. trus selama ngelupas sebaiknya apa yg perlu dlakukan supaya dpt ngelupas dg baik n sempurna :p thanks

    1. Mengelupas kulit atau scutenya?? kalo kulit dapat sering terjadi, malah bisa seminggu sekali. Tapi scute itu lama rentangnya.

      Kalo ada scute yang mulai mengelupas…jangan di tarik, dia harus terkelupas alami. Supaya prosesnya agak cepat dikasih makanan yg banyak mengandut vitamin E, sudah sy tulis diatas.

      Kame bahkan hampir setahun br selesai semuanya terkelupas. Kroten punya jenis pengelupasan yg berbeda jadi jauh lebih lama dr Kroten.

  2. Hallo salam kenal..
    Novroz kura2 saya sekarang umurnya udah 9 tahun..tp dr badannya kecil.. masih besaran telapak tangan.. dikira saya klo skutenya ngelupas ga sehat…hihihi salah ya…
    tolong bimbingannya ya novroz..krn saya sangat saaaayyyyaaaang bgt ma kura2 saya…namanya “KUYA” ๐Ÿ™‚ trs kadang2 emang saya tarik..ada efeknya ga C trs kesakitan ga klo saya tarik..karna jd merasa bersalah…:( kuya saya paling sering ngelupas scute yang dibawah…nah yang diatas yang tot ada 14 itu belom pernah ngelupas..kayanya udah berlapis deh..apa gara2 itu ya sampe sekarang badannya kecil…?
    Trs novroz nah ini rada susah ni…kuya saya ga mau sama sekali makan sayur..sekarang aja dikasih pelet udah ga mau makan lg… malahan klo saya misal masukin daun kangkung contohnya…eh malah ketakutan..jd sekarang kuya cuma makan daging ikan aja..saya kasih daging ikan mujair or ikan mas.. gmn ya supaya kuya makan yang lainnya…

    1. Hi Vika….wah maaf bgt ya baru bales sekarang. Sy lupa kenapa komen kamu bisa kelewat…mungkin krn saat itu ada banyak komen dan kelewat deh….maaf ya.

      Scute jangan ditarik, scute itu akan lepas saat scute yang dibawahnya sudah mengeras, kalo dicabut paksa otomatis scute dibawahnya belum terbentuk sempurna plus hal itu juga akan membuat si kura strees.

      Bentuk scute yang terlihat bertumpuk bisa menjadi ciri2 awal pyramiding. Hal ini bisa disebabkan karena makan makanan berprotein kelewat tinggi, seperti ikan dan ayam. Pyramiding bisa merusak bentuk fisik kura dan juga merusak fungsi hatinya.

      Sebisa mungkin Kuya harus dipaksa makan sayur. Kame juga memerlukan waktu lama agar bs makan sayur. Ingat kesehatan jangka panjang Kuya!! Paksa dia makan sayur.

      1. cara paksa makan sayur nya gmn kak?
        aku kasi sayur ga pernah mau makan.
        kura2 ku jenis kura2 ambon.
        dulu wktu baru beli mmg dia mau mkn kangkung. skrg ga mau lagi.
        jadi ku kasi pelet, pempek, bakso2an, udang..
        kadang buah2an tapi skrg ud ga mau lg makan buah.
        di puasa in sampe berhari2 ttp aza ga mw makan sayur atau buah..
        ga di kasi makan kasian.. jd hrz gmn y?
        karapas nya kyk nya ud kna sdkt pyramiding deh..
        umur nya ud 10 thn lbh..
        tolong solusi nya donk..

        1. Satu2nya solusi yah harus tega!!
          kame juga dulu ga boleh makan apapun selain sayur. Tiap pagi dikasih satur sawi atau kangkung, malamnya dibuang…paginya kasih sayur yg segar lagi,malamnya dibuang lagi…begitu terus sampai seminggu. Dia sama sekali ga dikasih apa apa selain sayuran itu. Aga sedih juga liat muka pengen makannya…tapi demi kebaikan sy tega-tegain aja.
          Alhamdulillah semingguan dia dah mau makan sayurnya

          1. selain sawi sm kangkung, sayur ap lg yg bgs?
            td br ku kasi udang rebus makan na rakus amat ~___~
            dr kmrn d kasi buah sm sayur ga mw mkn sih

          2. hmmm kalo mainnya kasianan…sampai kapanpun kura2 kamu ga akan bebas dari pyramiding loh. Slain bentuk karapas yg jd sperti piramid, kbnyakan protein spt itu akan merusak fungsi hati si kura2 dan memperpendek hidupnya. Krn sy ga mau kehilangan Kame kurang dr 30thn ke depan, maka sy tega ngedietin dia.

            Kalo mau lbh jelas makan apa yg baik liat aja di perawatan kura2 (ada di paling atas blog ini link pagenya.) disitu ada yg judulnya pola makan yg baik.

          1. skrg ga mw makan sayur lg.. pelet jg ga mw…
            mau na pisang melulu T____T
            lama2 jd monyet tuh kura2..

            kl d kasi pisang trz bgs ga?

  3. Mbk carolQ ma carelq scute n plastronx kok agk rengat2 gt ya? G rpet gt.. Q mlihara dah krg lbh 5 blnan.. Dl q dpt 6cm n skg dah 8cm.. Duax2 karapasx rengat2 gt knapa ya mbk? Apa mau gnti scute? Kr2 lo kura2 ganti skute tu umur brp n panjangx brp?

    1. Rengat2 gimana maksudnya? saya ga paham dengan kata itu.

      Biasanya 2 tahun dah bisa ganti scute. Kame sih dah lewat 3 tahun karena gaya makan dia yang ga sehat sebelum saya nemu situs yang banyak bgt membantu kesehatan kame

  4. Hehehe.. Ups itu kan bahasa jawa jd g ngrti.. Mksudx retak2 gt lo mbak.. G rapat gt plastronx.. Tapi msih lincah n doyan maem.. Apa itu tanda2 primyding ya mbk?

  5. Excuse mee..
    Mau nanya nihh..
    Kura kura RES saya masih bayi (-+2,5cm) saya beli 16 hari yang lalu..
    Sekarang garis2 karapas nya (bagian kiri) kok agak hitam ya?itu kenapa?
    Memang jarang di jemur sih
    Dia makan nya baru pelet..

    Dan baru beli kmaren kuku nya utuh smua..tp skrg yg depan kok tinggal 8 kuku ya (โŒฃ_โŒฃ’)
    Kira2 kenapa?
    Dan apa kura2 RES bayi itu hobi ngumpet dan tidur lama ya?

    Thanks

    1. Hi Dhanu ๐Ÿ™‚
      Garis karapas hitam sepertiny abisa aja…tapi ga bisa yakin juga kalo ga liat fotonya.
      Kuku yang hilang itu katanya (saya juga ga begitu yakin) askibat semacam virus atau bakteri. Kroten pas saya beli sama sekali ga punya kuku loh. Tapi sekarang dah lengkap dah sehat.

      Kalo masih bayi emang suka ngumpet karena belum percaya sama manusia

      1. Gatau deh pokoknya sebelum nya ga gitu karapasnya…
        Cara kirim foto gimana ya?hehe

        Ohh gituu,berarti kuku itu bakal tumbuh lg ya nanti ?

        Ohh hehe,tp kalo tidur lama bgt dan suka lama di darat,di air cuma pas makan aja..
        Makan bayi kura yg baik apa ya

        Dulu beli kroten & kame dari bayi ya?

  6. aku lagi ^^
    mau tanya, ini ttg turtle tetanggaku namanya hua,, dy tumbuhnya cpet bgt, dlu ama turtleku(daima) gdhean daima, tpi ni bru 2 mnggu uda dsalip ama hua,,
    yg jadi prtanyaan, cangkangnya hua itu wrnanya kog jadi putih ya? apa itu jua trmasuk pngelupasan scute? tapi kalo dlihat sksama kaya ada butiran” putihnya, dan warna hijaunya jadi pudar,, apa papoe jua ngalamin kaya gitu?(umur papoe ama hua cuma beda dkit)

  7. umur hua bru 2bulan kog :O
    tapi wrna scute.nx kaya pudar gitu,,
    iya sih, tapi hua maemnya banyak bgt emg, mgkin kaya pyramiding,,
    permukaannya ga rata,,

  8. kalo menurutku sih obesitas,, aq uda blang ma pmiliknya sruh diet dlu tp pmiliknya ndk tega =_=’
    skrg wrnanya jdi pucat bgt, tkut knpa” ama hua ;(

  9. iya, dlu daima jua g aq ksih mkan 2hari trus mau maem kangkung,,
    ni lgi aq bwa bbrpa hari biar mw maem sayuran, kasian kalo obesitas gitu, wrna scutenya jadi putih,,

  10. iya >o<
    daima kayanya pemakan segala kayak kroten deh,,
    oya novroz boleh uplod foto d page fb ga? ngsih liad fotonya hua yg putih,,

  11. kak, kura saya sudah mau melepas scute nya .. sudah lama sekali tidak terkelupas2 .. kira2 berapa lama sih sampai scute nya itu lepas ? biar membantu cepatnya scute terkelupas kura2 diberi makan apa ?

    1. Wah selamat ๐Ÿ™‚
      Pengelupasan sxute lama kok…Kame aja sampai berbulan2. Coba aja sesekali kasih tulang sotong dan kulit apel. Lumayan membantu.

  12. iya trims ๐Ÿ˜€
    tulang sotongnya susah banget dikupas, kadang2 ngupasnya sampe tulang sotongnya ikut terbelah -___-
    pernah sekali aku kasih tulang sotong tapi tidak dimakan karena tenggelam kebawah

  13. owh .. aku coba deh lain kali ngelupas bagian kerasnya dgn teliti ๐Ÿ™‚
    jadi kalau kasih makan wortel gimana ? wortelnya tenggelam jg

  14. owhh .. okkayy .. trims yaa ๐Ÿ˜€
    btw, kalau kasih makan buah2an pun dia mesti di taroh dalem air ya ?

        1. Halo kak,tempurung kura2 saya pecah sehabis jatuh dri tangga dan retaknya itu dibagian ujung dekat buntut berdarah2 kakk,itu gimana cara mengobati nya?terimakasih banyak kakk

          1. Saya belum pernah mengalami kura2 dengan retak begitu jadi ga bs kasih saran…tapi kalo itu terjadi ke kura2 saya pasti langsung saya bawa ke dokter hewan

  15. Kak, umur kura2(bie) ku udah mau 3 tahun, setelah melihat blog kak akhirnya sadar klo kura2 gak cuma makan pelet skr ni ku kasi makan sayuran dia suka, pernah sekali ku kasi buah pepaya tapi gak begitu suka dan matahari setiap pagi.. Akhir ni ku liat kyk ada tanda2 mau mengelupas scute nya, tp klo ku jemur diliat kulit kerapas nya mau lepas2 gt apa itu wajar? Trus klo gak makan tulang sotong boleh gak. Hbs sini gak ada yg jual tulang sotong TT … Bie udah ada tanda piramid gt

    1. Hi Yen…
      Kalo mau makan sayur dah bagus banget ๐Ÿ™‚
      Kulist karapas mau lepas2 gitu ya gapapa…yang penting jangan dicabut sendiri, biarkan mengelupas sendiri.
      Tulang sotong punya kandungan kalsium paling banyak…tapi ga makan juga gapapa…dia semacam vitamin, lebih baik makan tapi ga ada juga gapapa.

      1. Ooo.. Gak pernah ku cabut sih, tp kmrn gak sengaja ku jatuhin kena batu scute nya lepas 1.. TT
        Gak apa2 y klo gak makan, klo buat penganti tulang sotong bagus nya kasi makan apa kak?
        Kmrn ada 1 kura2 ku RIP

  16. Kak.. Kura2ku, turo(cwo) sm en-en(cwe) ga prnh ak kasi makan sayur ๐Ÿ˜
    Sejak aku pelihara 3-4tahun makan pelet terus..
    Scutenya mereka ga pernah ngelupas, karapasnya gelap banget.. Hampir ga kliatan warna kuningnya..
    Mulai kemarin aku paksa makan sayur, tp kdg2 aku barengin pelet.. Enaknya paksain sayur trs ato kdg kasi pelet?
    Klo ak kasi makan sayur trs, bs ngelupas scutenya dan karapasnya bisa makin cerah ga ya? Atau sudah terlambatkah? (T.T)

      1. Kalo saya sih…makan sayur terus, pelet cuma sekali seminggu atau pas ga ada sayur buat mereka. pelet cuma jadi kayak snack buat mereka. Trus dikasih Tulang sotong juga.

        Tanpa makan sayur, kemungkinan terjadi pergantian scute sangat kecil, malah bisa jadi pyramiding.

        1. Buat yg nyari tulang sotong di toko burung bnyk tuh.
          Eh novroz, kura2mu ukurannya seberapa? Si jojo(nama kura2ku) pas aku beli uda gede gt, lbh gede dr telapak tanganku.
          Dulu lincah, skrg jd g lincah.
          Kalo kata temenku stress, soalnya dia cwo, trus butuh cwe buat kawin. Bener g sih itu?
          Aku kan kuliah di depok, Trus di depok sini g ada yg seukuran jojo, kecil2 smua. Trus nemu di daerah depok 2 yg ukurannya gede gt, tp kegedean, gedenya se laptop gede gt. Takutnya kalo aku beliin betina yg itu malah takut gt.
          Segede jojo uda siap kawin blom sih?
          Add fbku ya, andy setyadi (asal kediri).
          Ntar aku tunjukin fotonya

          1. Hi Andy,
            Sy jarang buka fb…jadi lewat blog aja ya ๐Ÿ™‚

            Ukuran ga bisa mastiin apa dia siap kawin atau belum. Jantan biasanya umur 3 tahunan dah bisa kawin. sebenarnya bisa ketauan sih apa mau kawin atau ga dengan cara mengelus2 perutnya, kalo tiba2 keluar alat kelaminnya (warnanya hitam) nerarti dia emang dah siap dicariin pasangan.
            Beli betina bisa aja…tapi kalo ga mau repot, cari aja yang punya betina seukuran Jojo. Kroten udah 5 tahun, sebenarnya siap kawin tapi saya mau tunggu dia sampe dia bertelur dulu, jadi yakin kalo dia emang bisa bertelur dengan normal.

  17. min mw tanya…. xo ripie ku gk suka makan sayurr yahh… v dulu kura2 yg prtama q punya dy suka sayur #belinya emg gk dri kcil# kalo ripie dari kcil gmana cranya biar dy bsa suka..

      1. Si jojo knp g mau makan tulang ikan sotong y? Trus skrg jojo penakut bgt, soalnya 3 kali dipindah2in, dia stress bgt pas naik motor. ๐Ÿ˜ฆ
        Trus malah si jojo takut bgt sama tulang ikan sotong, trus skrg cm mau makan pelet, peletnya jg harus yg paling mahal. Hovt

  18. Hai..salam kenal.. blog kamu keren banget deh. Senang lihat Kame & Kroten sehat dan cantik ๐Ÿ˜‰
    Di rumah saya merawat 2 hamster, 1 kelinci dan 1 kura-kura (namanya Goku), semuanya punya keponakan yang mau mainin doang, ngk bisa/ngerti + ngk telaten merawatnya.
    Kebetulan di rumah, cuma saya yg senang binatang, maka jadilah saya pengasuh dari 7 individu (suami, 2 anak laki, 2 hamster, 1 kelinci dan 1 kura-kura) ๐Ÿ˜‰
    Si Goku waktu datang sudah besar (+/- 10cm), saya ngak tau umur dan jenisnya. Dugaan saya sejenis RES (bentuk hidung, tempurung, kaki sama tp di kepala tidak ada garis merahnya). Menurut pemilik terdahulu, selalu diberi ikan mas kecil, jadi sampai sekarang (6bulan sejak terima) Goku selalu diberi ikan laut (kebetulan adik ipar sering mancing di laut). Karena baru tau pola makannya jelek, baru kemarin saya coba kasih sawi. Cuma dimakan sedikit. Tapi saya rencana tegain spy dia sehat.
    Masalahnya sekarang : scutenya tidak mulus (ada garis seperti retak), dan beberapa seperti mau kelupas (sebelumnya tidak pernah). Terus terang, saya takut dia sakit. Gerakannya sih lincah. Dikasih ikan lahap. Kondisi sebelumnya di taruh di bak besar (+/- 1,5meter berbentuk oval, spt bath tub) dg batu bata di tengah bak untuk berjemur. Setiap hari kehujanan dan kepanasan. Tidak pernah pengelupasan scute. Air diganti kalau sudah kotor/bau amis karena makanan yang tidak habis (+/- 2 mingguan). Minggu lalu saya belikan pelet karena takut kurang vit. Kemarin saya lihat scutenya mau lepas, jadi saya pindahkan ke dalam rumah dg bak jauh lebih kecil dan dijemur di luar 1 jam (jam 2 – 3) supaya mudah diawasi.
    Menurutmu, apa Goku sakit?

    1. Hi Yuli ๐Ÿ™‚
      Wah banyak juga ya yg diasuh ๐Ÿ˜‰

      Karapas mengelupas itu wajar kok…malah bagus. Tapi memang pola makannya aga salah karena mereka cenderung herbivora kalo dah dewasa.

  19. malam ..
    aku mau tanya .. kura” ku ada 2 nih sepasang jenis ambon . tapi ko aku kasih makan pelet , udang dan makaanan lainnya ga mau ya ? kenapa bisa gitu y ? mohon bantuannya teman

  20. kak kalo tempurung kura-kura yang retak itu apa bisa nyatu kembali…? tolong dijawab ya kak nov.

  21. Halo kaka
    Seneng banget baca postingan kaka tentang RES, kebetulan omku punya res tapi karena dia lagi di luar pulau jadi kadang aku yang ngurus, sedih kadang dikasih makan ikan dan udang terus sama mba yang bantu bantu di rumah om, jarang dijemur juga jadi krapasnya berlapis
    aku gatau umurnya berapa tapi panjang ukuran kerapasnya sekitar 25cm
    tapi tadi pagi si Rembo namanya (padahal cewe), aku jemur, akhirnya ada scutenya yang lepas, subhanallah keren banget, makasih kaka infonya

  22. terimakasih infonyaa. mau nanya nih, di kura kura ku (namanya Turu hehehe) dideket kaki… pokoknya dibadannya deh bukan ditempurung, ada kayak lendir putih gitu:\ itu apa yaa? ada yang blg itu jamur lah, ganti kulit lah, haduu bingung. mau difoto lendirnya susah soalnya gabisa diem Turunya. mau ke dokter hewan ga punya duit -_- #curhat.

  23. saya mau tanya.. saya punya kura2 sudah 4 tahun, meliharanya dari pas dia baby sih… nah tiap hari saya selalu bersihin akuarium dan cangkangnya,, tapi waktu saya membersihkan tdk sengaja kura2nya terjatuh dan terdapat luka cukup dalam dibagian cangkang atasnya, kaya mengelupas gt.. tapi hanya sepetak sih.. haha.. terus apa ya yg harus saya lakukan cz saya takut cangkangnya akan retak keseluruhan.. ๐Ÿ˜ฆ

    1. Saya juga kurang tahu apa yg harus dilakukan kalau cangkangnya luka begitu. Kalo hal itu terjadi pada kura2 saya, sy pasti langsung bawa ke dokter hewan

  24. Mb saya sudah pelihara kura2 sekitar 10 thn lebih. Selama itu kura2 sy selalu makan makanan ikan (pelet. Stlh tau kalau kura2 makan sayur, saya coba kasih tp kura2nya tdk mau. Apakah gk apa2 makan pelet terus?

  25. yah kenapa gua malah bantu ngelupasin , tapi cuma satu petak aja , nggak semuanya , gimana dong ini mbak ,efeknya apa ๐Ÿ˜ฆ , jadi ngerasa bersalah ๐Ÿ˜ฆ

  26. Hi, mba, blognya bagus sekali.

    saya baru piara kura2 2 ekor. 1 jantan(Yoku) 1 betina(hana). hana makannya lahap tapi setelah itu tidur dan ke batu terus ga mau lama2 berendam dn matanya menutup. itu kenapa ya?

    Terima kasih.

  27. hai novros,sy agak bingung ini kura2 sy ganti kulit apa berjamur ya?
    hampir semua bagian kulitnya ada kayak kapas2 gitu
    tapi dia makan masih lahap sih
    oya trs di bagian belakang karapas deket ekor kok kayaknya lembek gitu

  28. hellowww … saya punya kura2 brazil masih kecill lucu .. tapi matanya merem terus udah itu sekarang dia ga selasak dulu , kalo dulu doyan lari2 (emang bisa :v) , kalo sekarang diem mulu jalan aja gak mau :\ .. itu kenapa ya ? .. padahal saya udah jemur terus kok kalau pagi2 ? :\

  29. Selamat pagi Novroz, saya mau nanya, kura2 brazil saya uda sebesar telapak tangan saya, selama ini dia makan lahap , tapi saya selalu tidak sempat untuk menjemur nya di bawah sinar matahari, tp saya mengantikan nya dengan sinar lampu bohlam Softtone 25watt di dalam Ruangan, jika seperti itu apa oke oke saja ? Novroz?

  30. Oh ya kak, satu pertanyaan lagi kak kalo kura kura yang masih kecil juga bisa terjadi pengelupasan scute ya kak?? Sorry kalo banyak pertanyaan dari instagram Dan blog ini ya kak

  31. Kak,si sora kok karapasnya berubah warna jadi agak kemerahan?
    Kan aslinya ijo,lalu ada bintik merah di samping kiri,saya kira bakal hilang sendiri,tapi sekarang jadi 4 tempat.
    Itu kenapa kak?
    Saya takut sora kenapa napa

    1. Bintik merah ya?
      Belum pernah liat sih. Tapi kalau hubungannya dengan karapas biasanya kalo ga jamur yang shell rot (busuk) . Kalo shell rot pasti klarapasnya jd lembek dan aga bau

  32. hai salam kenal, sy punya sepasang kura-kura. usianya sudah 10 tahun. cuma kejadian ini baru saya lihat jadi mungkin mbak bisa sharing.
    yang jantan jauh lebih kecil dari yang betina padahal usianya sama kenapa ya?
    karapas kura-kura jantan terkupas tidak beraturan jadi keliatan tidak terawat padahal rajin dijemur dan disikat, seminggu sekali dikasih tulang sotong

    yang betina karapas bagian atasnya tampak luka warnanya jd putih tulang, adakah cara mengembalikan warnanya? dan yang betina dulu pernah bertelur, setelah pindah rumah tidak bertelur2 lagi kenapa ya?

    1. Memang begitu adanya, seperti kebanyakan binatang…yang jantan lebih kecil dr betina.

      Nanti akan kembali dengan sendirinya. Kroten juga pernah terkelupas warna karapasnya dan tiba2 aja dan berwarna lagi.

      Bertelur atau tidaknya tergantung kawin atau ga betinanya. Kalau telur infertil itu ga bisa ditebak kapan keluarnya

  33. Hadeeeh Nyesel Aku Min, Kemarinan Saya Ngupas Scutenya -_- Saya Kira Itu Lumut Nempel Yaudah Saya Keletin Aja. Terus Gmana Kalo Udah Gitu?? Apa Ada Efek Sampingnya? Saya Takut Dia Kenapa”.

    Trims Tolong Pencerahannya ya min ^_^

  34. kulit dan kuku jari kura2 saya seperti hancur..itu bentuknya kayak biskuit direndem air gitu,cuman kura kuranya masih aktif.
    Itu gimana ya novroz? apa gpp kalo kuku jarinya seperti itu?

  35. mb… baby kura sy udah 4 hr ga mau mkn…
    yang satu matanya agak sembab.. trus kulitnya agak berubah jadi keputih2an… kasian bgt mb…:'( dia tidur mulu ga mau berenang… ada solusinya ga mb.. mohon bantuannya.. saya baru pelihara seminggu.. airnya saya ganti terus dan baru 2 hari ini saya jemur pagi2…

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s