Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Pengelupasan Scute

Semua orang pasti tau kalo Kura2 itu adalah sejenis reptil, dan semua juga pasti tau kalo reptil sering mengganti kulitnya. Hal yang sama juga terjadi pada kura2.

Tapi…saya yakin sekali kalo tak banyak yg tau bahwa kura2 juga melakukan pergantian karapas. Jangan membayangkan kalo kura2 akan keluar dari cangkangnya dan mencari cangkang baru yg lebih besar seperti yg dilakukan keong. Kura2 tidak hanya berganti kulit tapi juga berganti karapas dgn cara mengelupaskan Scutenya.

Apa itu Scute?
Saya tidak tahu apa itu scute dalam bahasa Indonesia jadi mari biarkan saja nama itu dalam bahasa Inggris. Liat gambar Kroten (nama kura2 sy) di samping. Karapas kura2 berbetuk seperti ruas2 disamping, ruas2 tersebutlah yg disebut dgn Scute. Scute2 tersebut akan mengelupas satu persatu hingga pada akhirnya semua scute pd karapas kura2 terkelupas. Mereka akan melakukan pengelupasan scute ini secara rutin setiap tahun namun tidak sesering mereka ganti kulit.

Kura2 yang sehat PASTI melakukan pengelupasan scute, jadi jika kura2 anda tidak melakukan hal tersebut maka cobalah perhatikan habitat dan makanannya.

Scute yang mengelupas biasanya berbentuk tipis dengan warna seperti kuku. JANGAN PERNAH kita bantu kelupaskan…biarlah scute itu terlepas sendiri dgn wajarnya.

Ada 2 jenis scute yg mengelupas:

1. Scute tipis.
Lihat foto dibawah ini. Terlihat scute Kroten yang sudah siap terlepas. bentuknya kecil dan tipis. Ini adalah tipe pengelupasan scute yg wajar.

2. Scute Tebal
Lihat foto di bawah ini. Kame (nama kura2nya pertama sy) telah mengalami salah perawatan selama sekitar 2 tahum smapai akhirnya sy menemukan situs yg sgt membantu sy dalam merawat Kame. Selama 2,5thn hidupnya, Kame tidak pernah mengalami pengelupasan scute…dan sy pun tidak tau kalo kura2 harus mengelupaskan scute lamanya. Scute2 kame terus menumpuk menjadi 1.

Lalu saya mulai memberinya makanan yang baik dan sinar matahari yang teratur. Pada bulan April tahun ini, Kame melepaskan Scute pertamanya. Scute tersebut begitu tebal karena merupakan akumulasi dr tumpukan scute2 lamanya yg seharusnya telah mengelupas dr dulu. Scute tebal jenis ini sebenarnya tidak normal…TAPI masih lebih baik drpd tidak pernah mengelupas sama sekali.

Warna karapas kura2 menjadi lebih cerah setelah mengalami pengelupasan scute. Tipe scute tebal, walaupun tidak umum, lebih memperlihatkan betapa berubahnya warna karapas baru kura2. Lihat warna karapas lama kame yg cenderung kecoklatan dan yang baru lebih muda dan aga kehijauan dgn pola yg lebih jelas. Pada Kroten, yg selalu mengelupaskan scute2 tipis…perubahan warna karapasnya tidak begitu jelas. Post tentang pengelupasan scute Kame.

Agar scute dapat terkelupas, kura2 perlu makan sayuran hijau (jangan bayam), tulang sotong, dan buah2an yg mengandung vitamin E. Selain makanan, mereka juga perlu sering2 terkena sinar matahari.

*semua foto bisa di liat lebih jelas dgn mengklik fotonya🙂

Cara perawatan kura-kura lainnya bisa dilihat disini

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

121 comments on “Pengelupasan Scute

  1. Aryo Leksono Part II
    July 16, 2016

    kak kura2 res akuarium nya air nya bagusan dikit apa banyak.dan banyak nya harus semana?

    • Novroz
      August 15, 2016

      Banyak karena kura2 itu sebenarnya suka berenang. Sebanyak yang memungkinkan dia untuk berenang

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 27, 2010 by in Kame&Kroten and tagged , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,511 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik ;) “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Top Rated

Tweeeeeettttt

Goodreads