SMK Farmasi

Ini adalah post pertama saya sebagai guru Kimia di SMK Farmasi Galang Farmasia ๐Ÿ™‚

Selama 5 tahun terakhir, sy banting stir dr guru Kimia jadi guru English Conversation. Waktu banting stir, sy cuma berfikir ‘yah bolehlah memperdalam kemampuan berbahasa Inggris sebentar‘…eh ternyata sebentarnya malah jd panjang, jd 5 tahun. Sebenarnya dr angkatan 2008 (SMAN 28) lulus, sy juga dah berminat untuk ‘lulus’ tapi ternyata butuh 2 tahun lagi br bisa ‘lulus’ dari HL (lembaga yg mengusung diriku jd guru English Conversation di SMAN 28 dan SMAN 67). 2009 masih di 28. 2010 pindah ke 67, walopun cuma 1 tahun disana, tp sangat berkesan…lucunya, sy malah merasa paling akrab dgn kelas 3 yang dah siap2 mau lulus pas sy mulai ngajar disana.

Angkatan 2010 pun lulus dr 67…saya pun ‘lulus’ dr kerja sebagai guru English Conversation. Alasan utama sy keluar adalah karena telah diterima di SMKย Farmasi Galang Farmasia sebagai guru Kimia ๐Ÿ™‚ hehehe senangnya. Walopun belum tau bakal ngajar berapa hari dan gaji berapa, sy nekat resign dr HL (sumpah itu program lab dgn inisial ‘D’ boseninnya setengah mati…ini yg bikin pgn bgt cepat2 cabut dr HL). Allah maha Pengasih, Alhamdulillah sy pun dpt kerja tambahan pengisi hari2 pas sy ga ngajar di SMK-F.

SMKย Farmasi Galang Farmasia ini masih baru bgt!! Baru aja buka tahun ini, jadi jangan heran kalo jumlah muridnya pun baru 11 orang. Tapi, guru2nya qualified semua loh ๐Ÿ™‚ Yayasan ngajak guru2 28 yang menurut sy paling paham menyampaikan materi ke anak2 dgn mudah. Di SMK-F ini sy ngajar 2 hari, hari senin dan Rabu. Tiap hari tersebut cuma 2 jam sehari.

Aturan yg sy tetapkan disana adalah:

1. Mengajar semi-billingual, sy buka dan tutup kelas dgn English dan kalimat2 yg ga berhubungan langsung dgn kimia juga suka pake English. Sy jg menyelipkan soal dgn English. Sejauh ini cuma 1 yg aga sulit dgn soal berbahasa Inggris, tp gapapa krn sy selalu bikin 2 soal yg sama dgn angka yg beda dan bahasa Indonesia yg merupakan arti dr soal berbahasa Inggris. Yg lain malah ada yg senang dgn soal pake English ๐Ÿ™‚

2. SELALU ada PR, Sy cenderung cuma meriksa apakah mereka kerjakan atau tidak, mengambil nilai yg beneran cuma akan dilakukan sesekali. Tujuan PR setiap hari adalah melihat apakah mereka sudah paham atau belum. Sudah diwanti2 dr awal agar jgn nyalin punya teman krn ga da gunanya buat mereka. Alhamdulillah, sebagian besar dr mereka benar2 ngerjain sendiri dan mereka paginya lgsg bilang ‘Bu, ternyata sy yg ini belum ngerti’…jadi bagian itu bs diulang lagi.

3. Ada Pop-Quiz (Kuis dadakan). Kuis ini cuma akan jd penambaha, kl nilainya bagus akan disimpan dan jd pembantu kl nilai ulangannya jelek, tapi kalo nilai kuisnya jelek ga akan dirata2kan dgn nilai ulangan sungguhannya. Selain penambah, juga sebagai pengukur diri mereka sendiri…sudah benah2 paham atau belum, kl sgt paham, mendadakpun mereka siap. Alhamdulillah, pop-quiz pertama sukses ๐Ÿ™‚ 1 anak dpt 8 4 anak dpt min 6 dan 5 lagi masih ada yg ga ngerti. Setelah diulang materinya, semoga mereka bisa lebih baik pas ulangan beneran.

Lucunya, ada beberapa anak yg malah minta pop-quiz lg dan lbh sering…huahaha ketagihan mereka.

4. Ada Trik2 pemahaman yg kreatif. Hehehe soal mengkreatifkan pelajaran udah jadi kerjaan otak saya dr dulu ๐Ÿ˜‰ Sy sudah memikirkan cara2 agar mereka ga merasa Kimia itu susah. Bahkan hr ini, Ayu nyeletuk ‘hehe seru ya, Kimia main mulu nih’ padahal mereka lg belajar Struktur atom dan Bilangan Kuantum. Serunya karena jd kyk main tebak2an ๐Ÿ™‚

Kimia itu menyenangkan!!! << inilah kesan yg pengen sy sampaikan kepada siswa karena buat saya Kimia itu memang menyenangkan bgt. Walopun pada akhirnya mereka dpt nilai jelek, sy ttp pgn mereka ga sebel dgn Kimia.

Setiap berangkat ke sekolah, sy selalu semangat karena siap bersenang2 bersama anak2 rame yg penuh rasa ingin belajar itu ๐Ÿ™‚ . Jadi inget Fachmi yg malah minta PR lebih banyak hehe.

Oh iya, mereka masih berfikir sy adalah guru yg baik dan tak pernah marah…hehe belum taunya kl marahnya dah keluar ๐Ÿ˜‰

18 thoughts on “SMK Farmasi

  1. Anak Malaysia in UK checking in.
    Great blog. August is the month of both our countries independence day. I know you are doing a feature on that, and I’ll be doing for both too!

    1. Hi JoV .. thank you for stopping ๐Ÿ™‚

      You can see the post by clicking on the icon I made for Indonesia Banget on right side of this blog.

      Can I assume that you know about it from Mel U? ๐Ÿ™‚ I’m going to feature what Indonesian do to celebrate Independence Day…I’d love to know what Malaysian do to celebrate your Independence day ๐Ÿ™‚

      1. hahahha iya jga sihhhhhhh ……..

        iia Bu klo ulangan jangan pake bahasa inggris donk Bu Saya kasian sama Thol’at Bu …

        hahahahhaa…..

        UTS kasih nilai yang bagus ya Bu .
        +++ gampangin soalnya -ibu kan baik-

        1. Hehe gapapa dikit2, itu juga tujuannya membantu Thol’at kok. Kapan bisa English kl ga pernah latihan ๐Ÿ˜‰

          Hehehe gimana ya…kalo bs ngerjain nilainya bagus kok, kalo belajar soalnya gampang kok *jawaban diplomatis*

      1. I understand some of the things in this post, I’m from Malaysia, I believe Bahasa Indonesia and Bahasa Malaysia has some similarity but certain meanings and words might be off. HEHE. I know Kimia means Chemistry. LOL!

        I do, too. If I were to be a teacher next time, I want to teach about Chemistry and English. I love this two Subjects the most! ๐Ÿ˜‰

        1. Yup we do sound the same, we are from 1 rumpun afterall ๐Ÿ™‚
          That’s what I was thinking about…we are similar but not exactly the same, so you might be off in some places…that’s why I ask ‘you can read this’

          Now we have more similarity!! I am an Chemistry/English teacher and you want to be one if you ever become a teacher ๐Ÿ˜‰

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s