Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

SMK Farmasi

Ini adalah post pertama saya sebagai guru Kimia di SMK Farmasi Galang Farmasia 🙂

Selama 5 tahun terakhir, sy banting stir dr guru Kimia jadi guru English Conversation. Waktu banting stir, sy cuma berfikir ‘yah bolehlah memperdalam kemampuan berbahasa Inggris sebentar‘…eh ternyata sebentarnya malah jd panjang, jd 5 tahun. Sebenarnya dr angkatan 2008 (SMAN 28) lulus, sy juga dah berminat untuk ‘lulus’ tapi ternyata butuh 2 tahun lagi br bisa ‘lulus’ dari HL (lembaga yg mengusung diriku jd guru English Conversation di SMAN 28 dan SMAN 67). 2009 masih di 28. 2010 pindah ke 67, walopun cuma 1 tahun disana, tp sangat berkesan…lucunya, sy malah merasa paling akrab dgn kelas 3 yang dah siap2 mau lulus pas sy mulai ngajar disana.

Angkatan 2010 pun lulus dr 67…saya pun ‘lulus’ dr kerja sebagai guru English Conversation. Alasan utama sy keluar adalah karena telah diterima di SMK Farmasi Galang Farmasia sebagai guru Kimia 🙂 hehehe senangnya. Walopun belum tau bakal ngajar berapa hari dan gaji berapa, sy nekat resign dr HL (sumpah itu program lab dgn inisial ‘D’ boseninnya setengah mati…ini yg bikin pgn bgt cepat2 cabut dr HL). Allah maha Pengasih, Alhamdulillah sy pun dpt kerja tambahan pengisi hari2 pas sy ga ngajar di SMK-F.

SMK Farmasi Galang Farmasia ini masih baru bgt!! Baru aja buka tahun ini, jadi jangan heran kalo jumlah muridnya pun baru 11 orang. Tapi, guru2nya qualified semua loh 🙂 Yayasan ngajak guru2 28 yang menurut sy paling paham menyampaikan materi ke anak2 dgn mudah. Di SMK-F ini sy ngajar 2 hari, hari senin dan Rabu. Tiap hari tersebut cuma 2 jam sehari.

Aturan yg sy tetapkan disana adalah:

1. Mengajar semi-billingual, sy buka dan tutup kelas dgn English dan kalimat2 yg ga berhubungan langsung dgn kimia juga suka pake English. Sy jg menyelipkan soal dgn English. Sejauh ini cuma 1 yg aga sulit dgn soal berbahasa Inggris, tp gapapa krn sy selalu bikin 2 soal yg sama dgn angka yg beda dan bahasa Indonesia yg merupakan arti dr soal berbahasa Inggris. Yg lain malah ada yg senang dgn soal pake English 🙂

2. SELALU ada PR, Sy cenderung cuma meriksa apakah mereka kerjakan atau tidak, mengambil nilai yg beneran cuma akan dilakukan sesekali. Tujuan PR setiap hari adalah melihat apakah mereka sudah paham atau belum. Sudah diwanti2 dr awal agar jgn nyalin punya teman krn ga da gunanya buat mereka. Alhamdulillah, sebagian besar dr mereka benar2 ngerjain sendiri dan mereka paginya lgsg bilang ‘Bu, ternyata sy yg ini belum ngerti’…jadi bagian itu bs diulang lagi.

3. Ada Pop-Quiz (Kuis dadakan). Kuis ini cuma akan jd penambaha, kl nilainya bagus akan disimpan dan jd pembantu kl nilai ulangannya jelek, tapi kalo nilai kuisnya jelek ga akan dirata2kan dgn nilai ulangan sungguhannya. Selain penambah, juga sebagai pengukur diri mereka sendiri…sudah benah2 paham atau belum, kl sgt paham, mendadakpun mereka siap. Alhamdulillah, pop-quiz pertama sukses 🙂 1 anak dpt 8 4 anak dpt min 6 dan 5 lagi masih ada yg ga ngerti. Setelah diulang materinya, semoga mereka bisa lebih baik pas ulangan beneran.

Lucunya, ada beberapa anak yg malah minta pop-quiz lg dan lbh sering…huahaha ketagihan mereka.

4. Ada Trik2 pemahaman yg kreatif. Hehehe soal mengkreatifkan pelajaran udah jadi kerjaan otak saya dr dulu 😉 Sy sudah memikirkan cara2 agar mereka ga merasa Kimia itu susah. Bahkan hr ini, Ayu nyeletuk ‘hehe seru ya, Kimia main mulu nih’ padahal mereka lg belajar Struktur atom dan Bilangan Kuantum. Serunya karena jd kyk main tebak2an 🙂

Kimia itu menyenangkan!!! << inilah kesan yg pengen sy sampaikan kepada siswa karena buat saya Kimia itu memang menyenangkan bgt. Walopun pada akhirnya mereka dpt nilai jelek, sy ttp pgn mereka ga sebel dgn Kimia.

Setiap berangkat ke sekolah, sy selalu semangat karena siap bersenang2 bersama anak2 rame yg penuh rasa ingin belajar itu 🙂 . Jadi inget Fachmi yg malah minta PR lebih banyak hehe.

Oh iya, mereka masih berfikir sy adalah guru yg baik dan tak pernah marah…hehe belum taunya kl marahnya dah keluar 😉

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

18 comments on “SMK Farmasi

  1. Reva Virgio
    July 28, 2010

    Wah coba dulu guru kimianya miss juga. Ga puyeng dah tiap ketemu kimia. Hehe

    • Novroz
      July 29, 2010

      wah kata siapa ga puyeng? Sy kalo ngasih soal susah2 loh ;p

  2. Mezz
    July 28, 2010

    Hmhm jadi pengen tau gimana rasanya diajar kimia sama miss, haha..

  3. JoV
    August 3, 2010

    Anak Malaysia in UK checking in.
    Great blog. August is the month of both our countries independence day. I know you are doing a feature on that, and I’ll be doing for both too!

    • Novroz
      August 3, 2010

      Hi JoV .. thank you for stopping 🙂

      You can see the post by clicking on the icon I made for Indonesia Banget on right side of this blog.

      Can I assume that you know about it from Mel U? 🙂 I’m going to feature what Indonesian do to celebrate Independence Day…I’d love to know what Malaysian do to celebrate your Independence day 🙂

  4. Taras look~look
    September 23, 2010

    HHHHHHHHHHHaaaahhhhaaaaaaaa…. IBU curhat Bu ….

    • Novroz
      September 23, 2010

      Wah kok bisa ketemu juga post ini? hehehe namanya juga blog, ya curhatan gapapa donk 😉

      • Taras look~look
        September 24, 2010

        hahahha iya jga sihhhhhhh ……..

        iia Bu klo ulangan jangan pake bahasa inggris donk Bu Saya kasian sama Thol’at Bu …

        hahahahhaa…..

        UTS kasih nilai yang bagus ya Bu .
        +++ gampangin soalnya -ibu kan baik-

        • Novroz
          September 24, 2010

          Hehe gapapa dikit2, itu juga tujuannya membantu Thol’at kok. Kapan bisa English kl ga pernah latihan 😉

          Hehehe gimana ya…kalo bs ngerjain nilainya bagus kok, kalo belajar soalnya gampang kok *jawaban diplomatis*

  5. hayyu
    September 29, 2010

    mau diajarin dong kimia organik sama miss novi 😦

    • Novroz
      September 29, 2010

      Boleh2…Kimia organik gampang loh…favorit saya dr sma sampai kuliah

  6. bananamolly
    October 7, 2010

    you’re a chemistry teacher?! I love chemistry class. 🙂

    • Novroz
      October 7, 2010

      You can read this post?
      Yeah me too, I love my chemistry class when I was in highschool and that’s why I become a chemistry teacher.

      • bananamolly
        October 7, 2010

        I understand some of the things in this post, I’m from Malaysia, I believe Bahasa Indonesia and Bahasa Malaysia has some similarity but certain meanings and words might be off. HEHE. I know Kimia means Chemistry. LOL!

        I do, too. If I were to be a teacher next time, I want to teach about Chemistry and English. I love this two Subjects the most! 😉

        • Novroz
          October 8, 2010

          Yup we do sound the same, we are from 1 rumpun afterall 🙂
          That’s what I was thinking about…we are similar but not exactly the same, so you might be off in some places…that’s why I ask ‘you can read this’

          Now we have more similarity!! I am an Chemistry/English teacher and you want to be one if you ever become a teacher 😉

  7. sdasdasd
    December 8, 2010

    wow….cool…

  8. sdasdasd
    December 8, 2010

    where thol’at

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 26, 2010 by in All About School, Teacher's Note and tagged , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,554 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads