Update Pengelupasan Scute Kame

You can read this in English here

Dulu gw dah nulis ttg pengelupasan scutenya kame disini dan sini. Waktu itu bulan …. Nah sekarang scute kame dah bertambah lagi yang mengelupas…senang bgt liatnya 🙂

Gw mau ngebagi cangkang Kame ke dalam 3 bagian supaya lebih gampang dijelaskan.

Scute Kame pada Bagian Karapas (bagian atas cangkang). Disini ada 14 scutes. Baru hari ini scute dari area ini mulai mengelupas. Ga lama ada 1 lagi yang posisinya ada di bawah scute sebelumnya. Whuaaa senang banget liat 2 scute yang baru. Pyramiding Kame dah berkurang…syukur deh gw dah ngasih makan dia dgn baik selama ini jadi pyramiding di karapas barunya dah berkurang (lihat gambar di bawah).

Persentase pengelupasan scute di karapas adalah: Dari total 14 scute baru 2 yang terkelupas, jadi baru 14% yang baru.

Scute Kame pada bagian samping. Bagian ini punya jumlah scute paling banyak, ada 25 scute. Disini pengelupasan terjadi dgn kecepatan yang cepat, kadang sehari bisa 3 scute sekaligus. Mungkin karena jumlahnya yang lebih banyak dibanding yang lain jadi cepat juga mengelupasnya. Bentuk scutenya melengkung karena mengkover area atas dan bawah. (lihat gambar di sebelah kanan).

Persentase pengelupasan scute di karapas adalah: Dari total 25 scute dah 17 yang terkelupas, jadi baru 64% yang baru.

Scute Kame pada bagian plastron (bagian bawah cangkang). Scute pertama yang mengelupas terjadi di area ini. Warna scute barunya lebih kuning cerah dan polanya pun berubah (lihat foto di bawah). Ga sabar nunggu yang 2 lagi untuk cepat2 mengelupas.

Persentase pengelupasan scute di karapas adalah: Dari total 16 scute dah 14 yang terkelupas, jadi baru 87,5% yang baru.

.

Foto ini menunjukkan karapas kame yang dah mulai berganti

Foto ini menunjukkan plastron kame dengan warna yang lebih cerah

Nah ini adalah scute kame yang gw kumpulin, maksudnya ntar mau disatuin…hehehe iseng aja.

Dan inilah si Kame. Kura-kura plaing manis sedunia :love:

10 thoughts on “Update Pengelupasan Scute Kame

    1. Yang pastel itu Kroten 😉

      Dulu Kroten aga2 ijo muda n jadi pastel deh, Kame sih warnenya normal bgt kayak yang banyak dijual2, pas gede jadi coklat, tapi nih pas scutenya dah lepas jadi aga ijo lagi, liat aja fotonya 😉

      1. kura2ku ilang dicolong orang dua2nya….
        sekarang dah beli lagi yg kecil dua lagi,tapi sekarang disimpen di dalem rumah,,,
        oya aku pengen tau toko yang jualan kura2 cinemis dimana yah?
        pengin soalnya…

      1. maapin ya sis… hehehe.. 😛
        sayurannya apa ya, sis?? boleh tahu ga?? soalnya takut sembarangan.. selama ini sih baru berani kasih kangkung aja…. tpi kog kelihatannya kurang mantep sis..
        tu kulit apel, kulitnya aja sis??
        ane soalnya ga tega sis, masa dikasi kulit apel… klo sama apelnya gpp?
        thanks sis.. mohon infonya… 😀

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s