Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Update Pengelupasan Scute Kame

You can read this in English here

Dulu gw dah nulis ttg pengelupasan scutenya kame disini dan sini. Waktu itu bulan …. Nah sekarang scute kame dah bertambah lagi yang mengelupas…senang bgt liatnya 🙂

Gw mau ngebagi cangkang Kame ke dalam 3 bagian supaya lebih gampang dijelaskan.

Scute Kame pada Bagian Karapas (bagian atas cangkang). Disini ada 14 scutes. Baru hari ini scute dari area ini mulai mengelupas. Ga lama ada 1 lagi yang posisinya ada di bawah scute sebelumnya. Whuaaa senang banget liat 2 scute yang baru. Pyramiding Kame dah berkurang…syukur deh gw dah ngasih makan dia dgn baik selama ini jadi pyramiding di karapas barunya dah berkurang (lihat gambar di bawah).

Persentase pengelupasan scute di karapas adalah: Dari total 14 scute baru 2 yang terkelupas, jadi baru 14% yang baru.

Scute Kame pada bagian samping. Bagian ini punya jumlah scute paling banyak, ada 25 scute. Disini pengelupasan terjadi dgn kecepatan yang cepat, kadang sehari bisa 3 scute sekaligus. Mungkin karena jumlahnya yang lebih banyak dibanding yang lain jadi cepat juga mengelupasnya. Bentuk scutenya melengkung karena mengkover area atas dan bawah. (lihat gambar di sebelah kanan).

Persentase pengelupasan scute di karapas adalah: Dari total 25 scute dah 17 yang terkelupas, jadi baru 64% yang baru.

Scute Kame pada bagian plastron (bagian bawah cangkang). Scute pertama yang mengelupas terjadi di area ini. Warna scute barunya lebih kuning cerah dan polanya pun berubah (lihat foto di bawah). Ga sabar nunggu yang 2 lagi untuk cepat2 mengelupas.

Persentase pengelupasan scute di karapas adalah: Dari total 16 scute dah 14 yang terkelupas, jadi baru 87,5% yang baru.

.

Foto ini menunjukkan karapas kame yang dah mulai berganti

Foto ini menunjukkan plastron kame dengan warna yang lebih cerah

Nah ini adalah scute kame yang gw kumpulin, maksudnya ntar mau disatuin…hehehe iseng aja.

Dan inilah si Kame. Kura-kura plaing manis sedunia :love:

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

10 comments on “Update Pengelupasan Scute Kame

  1. awal
    June 17, 2010

    kame kok bisa pastel ya warnanya?emang dari dulu waktu kecilnya warnanya udah gitu atau ijo sama kaya kroten sis???

    • Novroz
      June 17, 2010

      Yang pastel itu Kroten 😉

      Dulu Kroten aga2 ijo muda n jadi pastel deh, Kame sih warnenya normal bgt kayak yang banyak dijual2, pas gede jadi coklat, tapi nih pas scutenya dah lepas jadi aga ijo lagi, liat aja fotonya 😉

      • awal
        March 5, 2011

        kura2ku ilang dicolong orang dua2nya….
        sekarang dah beli lagi yg kecil dua lagi,tapi sekarang disimpen di dalem rumah,,,
        oya aku pengen tau toko yang jualan kura2 cinemis dimana yah?
        pengin soalnya…

        • Novroz
          March 5, 2011

          wah kasian bgt, sampe diambil org gitu. Jahat tuh org.
          Semoga yg sekarang aman ya 🙂
          Hmm..ga tau dimana.

  2. lala
    November 2, 2012

    kak.. pengelupasan scute pada umur berapa yah ?

    • Novroz
      November 2, 2012

      tiap kura beda2, kame pas umur 3tahun.

  3. Kuro
    January 1, 2013

    gan numpang tanya.. makanan atau sayuran apa gan yang membantu proses pengelupasan scute??
    minta resep donk gan..:D

    • Novroz
      January 1, 2013

      Hi Kuro…tolonmg jangan panggil gan ya 🙂
      Supaya gampang mengelupas, makan sayur, tulang sotong dan kulit apel

      • Kuro
        January 8, 2013

        maapin ya sis… hehehe.. 😛
        sayurannya apa ya, sis?? boleh tahu ga?? soalnya takut sembarangan.. selama ini sih baru berani kasih kangkung aja…. tpi kog kelihatannya kurang mantep sis..
        tu kulit apel, kulitnya aja sis??
        ane soalnya ga tega sis, masa dikasi kulit apel… klo sama apelnya gpp?
        thanks sis.. mohon infonya… 😀

        • Novroz
          January 8, 2013

          Kulitnya itu justru yang mengandung banyak vit E.
          Sayur kangkung n sawi yang paling umum

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 12, 2010 by in Kame&Kroten and tagged , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,554 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Goodreads