Gravid Turtle (Kura-kura yang siap bertelur)

Gravid turtle adalah istilah yang diberikan kepada kura2 yang dah siap untuk bertelur. Saya tidak tahu apa istilahnya dalam bahasa Indonesia.

Ada 2 hal yang menyebabkan kura2 bertelur:

  • Sama halnya seperti mamalia yang sedang menstruasi, burung dan reptile juga mengalami hal yang sama…namun mereka mengeluarkan telur bukan darah seperti umumnya mamalia. Telur2 tersebut adalah telur2 infertile yang tidak akan pernah menetas karena tidak ada penjantannya. Terjadi kira2 pada usia 3-5tahun dimana kura2 sudah dianggap dewasa.
  • Yah tentunya karena kura2 betina sudah melakukan perkawinan dgn kura2 jantan.

Bagaimana kita tahu kalo kura2 betina milik kita akan bertelur? Perhatikanlah gelagatnya yang tiba2 akan berubah drastis

  • Kura2 jadi tidak nafsu makan. Sayur yang ada di akuariumnya akan didiamkan saja selama berhari2, disentuh pun tidak
  • Kura2 jadi hiperaktif. Dia akan naiik turun basking area sepanjang hari bahkan di malam hari yang biasanya digunakan untuk tidur dia tetap naik turun ga jelas.
  • Kalo dilepas di darat, kura2 akan menjelejah keseluruh bagian rumah tanpa henti2nya karena dia lagi nyari tempat yang strategis.
  • Ini yang paling penting!!! Dia akan mulai mengaruk2 ubin atau tumpukan kain dgn kaki belakangnya. Lihat video dibawah.

Untuk memastikan kalo dia benar2 akan bertelur, anda bisa memasukkan jari ke ruang di kaki belakangnya dan bisa merasakan grunjulan2 telurnya…TAPI HARUS EXTRA HATI-HATI karena kalo sampai telurnya pecah si kura2 bisa mengalami infeksi di dalam perutnya.

Apa yang harus dilakukan/disiapkan?

  1. Kalo anda punya taman, biarkanlah dia berkeliaran di taman. Kura2 akan mencari tempat yang dia pikir aman untuk menggali dan menyimpan telurnya.

  1. Kalau tidak punya taman, siapkanlah kotak bertelur yang isinya pasir dan tanah. Masukkan kura2 disana dan diamkan 3-5jam sehari…lakukan terus sampai dia udah bertelur.
  2. Biasanya kura2 aktif ingin bertelur menjelang malam dan pagi hari. Ada sedikit tips kalo kita tak bisa mengawasi sepanjang waktu, tutuplah kura2 agar tidak lari atau digigit hewan2 sekitar taman.

Perlu diingat bahwa walaupun kita sudah menyiapkan tempat untuk bertelur, kadang kura2 ttp tidak bertelur karena satu dan lain hal. Hal ini akan menyebabkan terjadinya istilag egg-bind yang maksudnya adalah kura2 tidak mampu mengeluarkan telurnya dan dia terus menyimpannya dlm perutnya. Jika hal ini terjadi maka lama kelamaan telur2 tersebut akan membusuk dan menyebabkan infeksi bagian dalam. Satu2nya cara untuk menolong kura2 tersebut adalah dgn operasi. Di bawah saya berikan video dari youtube ttg operasi egg-bind. Serem banget, sy tidak bisa melihat sampai habis krn selalu terbayang kura2 sayalah yang ada disitu.

Jika tidak dioperasi, kura2 tersebut akan meninggal. Kalo anda tidak mampu mengeluarkan biaya operasi…saran saya cuma 1 … BERDOA!! Kame mengalami waktu bertelur yang lama, sampai 2 bulanan dan saya sudah cemas setengah mati dan akhirnya memasrahkan pada Allah SWT dan Alhamdulillah seminggu setelah saya bertahajud, Kame pun mengeluarkan telurnya.

Kadang2 ada kura2 yang tak bertelur di lubang yang digalinya, mereka memilih bertelur di dalam air atau di darat tanpa menggali. Itulah yang terjadi pada Kame, telur pertamanya keluar di darat tanpa lubang dan sisanya selalu di dalam air.

Ini adalah telur pertama Kame dari berbagai

Semoga informasi ini dapat berguna 🙂

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura RES

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  4. Basking Area nan Simpel
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara Melatih Kura-Kura

73 thoughts on “Gravid Turtle (Kura-kura yang siap bertelur)

  1. mbak mau tanya gmh sih bentuk telur kura? kura q kayakx sih bertelur tp masih ragu bentukx putih bulat(agak banyak) teksturx tapi kok disekitar ada warna hijaux(kayak kotoran kura2 tapi keras),, bisa saya kirim fotox k email mbak g? sekedar untuk memastikan itu telur atau bukan,,? 🙂
    oia selama 3 hari berturut yg seperti telur itu selalu ada yg baru,, sekedar info kura ku umurx 8 th lebih,,

    1. Oh ya saya lupa ngeupload foto telur Kame 🙂
      Itu dah saya upload, coba bandingkan aja. Kalo mau email juga boleh ke sweet(underscore)kame(underscore)chan(at)yahoo(dot)com

      Iya, kura2 bakal terus bertelur sampai sekitar 20 butir

  2. halo salam kenal…q juga punya kura2 jenis yg sama dengan kame dan sekarang lg bertelur yg mau saya tanya gimana yah cara netasin telurx…???

    1. Hi Tata.
      Sebenarnya saya belum pernah menetaskan telur karena telur Kame itu telur yang belum dibuahi. Kalo untuk menetaskan, dari apa yang saya sudah baca, telur2 itu ga boleh dipindahkan atau kalo dipindahkan harus pastikan posisinya ga berubah karena perubahan posisi, seperti yang atas jadi bawah atau sebaliknya,akan menyebabkan si embrio mati.

      Tanah yang menutupinya juga kalo bisa dikasih lampu penghangat lagi diatasnya. setelah itu diamkan aja sampai menetas…tapi itu hanya berdasarkann yang saya baca loh,bukan pengalaman pribadi.

  3. benar-benar terima kasih banget!! telur saya tiba-tiba keluarin telur padahal dia hidup sendiri tanpa ada pejantan sejak 3 tahun yang lalu. saya panik. tapi setelah baca informasi ini, saya lega sekali.

    tapi yang saya mau tanyakan adalah, telur yang tidak fertil ini diapain ya?

    thx

    1. Sama-sama Stephanie 🙂
      Sebenarnya telur itu bisa dijadiin makanan kura2 karena mengandung banyak calsium tapi airnya jadi bau amis, kalo bisa dikasihinnya di tempat yang berbeda, bukan di kolamnya…atau bisa juga dibuang aja karena ga akan jadi bayi kura2.

  4. hai kak, saya coment ya.
    , sumpah ngeri banget aku lihat video yg telur di opersi tuh. 😦
    kak, kura-kura kalo bertelur itu gak harus ada jantannya kan?
    saya gak tahu nih sistem siklus bertelurnya kura-kura.

    1. Ga harus…karena itu ibaratnya menstruasi kura2. Tapi ga semua kura2 pasti bertelur tanpa jantan sih. sampai sekarang aja Kroten bellum ada tanda2 gravid.

  5. boleh liat ga ukuran kura-kura yang siap bertelur itu seberapa besar? punya saya sering gelisah dan menunjukkan tanda-tanda psikologis yg sama, tapi ukurannya masih kecil (kurang lebih 7 cm). trims

    1. Hi Tyas…
      Kalo udah menggali tapi masih belum ada telurnya berarti si kura masih menyimpan telurnya di dalam…dia masih perlu untuk menggali dan mengeluarkan telurnya. Seperti tertulis di atas, Kame sy beberapa kali menggali tapi ga lgsg ngeluarin telur.

  6. Hai sist,salam kenal..
    Mau tny ni,kalo misal nya RES ny bertelur di air tu ada masalah gak??
    Bisa menetas atau ngak ya??
    Thanks..

    1. Kalo bertelur di air biasanya ga akan menetas…berdasarkan yg sy baca sih, soalnya sy sendiri belim pernah menetaskan telur kura. Kame dulu bertelur yang ga ada isinya

  7. Misi.. Kame umur berapa? Kura-kuraku sepasang (cwe cwo) udah hampir 4 thn , tp yg cwe ga pernah bertelur.. Ukurannya mereka hampir sama, kira2 20cm..

      1. Owwwh.. Oke deh.. Makasih infonya.. Aku sampe bingung, apa aku salah mbesarinnya hehehe.. Klo ga bisa “menstruasi” tetep bisa bertelur setelah kawin ga y?

  8. sis saya mau kawini res saya, mereka berdua umurnya samaan, sekitar 4thunan, kuro (jantan) ukuran 11cm, ross(betina) ukuran 18cm, kira kira si ross udah cukup umur belom buat graving?

  9. hallo.. kura2 saya dirumah bertelur.. dia menimbun telurny di tanah pinggir kolam.. apa itu gak apa2? atau harus kita pimdahkan? karena telur itu ditimbun di tempat yang biasa dipakai si kura2 untuk lalu lalang atau berjemur.
    mohon pencerahannya ya xixixixi..

    1. Hi Gerry…maaf sy ga bs membantu karena sy belum pernah menetaskan telur kura2. Kalo itu cuma telor yg belum dibuahin, diangkat aja karena ga akan pernh jd bayi

        1. SEbaiknya diemin aja karena kalo ga salah ada yang bilang kalao posisinya berubah (atas n bawah) bayinya bisa mati. Kalo penyu memang begitu, sy ga tau kura2 juga begitu atau ga

  10. Hai
    Aq punya kura kura 2 laki sm perem itu yg perem netes di dalam air lalu kok malah dimakan si laki tu….???
    Napa ya…..??

  11. dirumah aku ada kura kura nih gan ane gk tau jnis klaminnya apa,cuma pas aku taruh kura kurannya di didarat dia aktif bgd (7jam mondar mandir terus dia ngegali gali gitu plastik dirmah ane kira kira itu betina atau bukan ya?

  12. Kura2 yang ngeluarin telor itu buat yang udah kawin aja, ato yang belom kawin juga bisa bertelur yang menyebabkan infeksi?, makasih Gan (Y)

  13. Sis, mau tanya. kura2 itu misalnya sudah kelihatan ada tanda – tanda bertelur, apa waktu bertelornya lama? nunggu sampai 1 – 2 bulan baru bertelur? Ngeri juga kalo sampe mati gara2 ga bisa ngeluarin telor….
    Kura2 saya kok ga bertelur2 ya padahal ada tonjolan di kaki belakangnya kayak gumpalan telur. Apa gara – gara ga ada jantannya jadi dia ga mau ngeluarin telurnya? takut sia – sia ?

    1. Tergantung. Kame sampai 2 bulanan baru nelor. Ada juga yang cepat.

      Kalo dia memang udah harus ngeluarin telurnya dia pasti keluarin, ga ada kata sia2 yang ada malah infeksi. Liat tanda2 yang diatas kalo dia ga melakukan tanda2 diatas berarti dia belum mau bertelur

  14. mbak saya pny kura2 gatau jenis apa,udh saya pelihara sekitar 5-6taunan. dia gak pnya temen slm saya pelihara,tp dlm bln ini dia sering betelur awalnya kaget. orang gak pnya pasangan kok bisa bertelur,udh gt mau diselametin pecah trs telor nya.
    emang bisa kura2 gak pnya pasangan bisa bertelur?

  15. Halo, RES saya juga sudah 2 minggu ini punya telur, sudah terasa di bagian belakangnya. Saya sudah coba siapkan area bertelur tapi sampai hari ini tidak bertelur juga. Doa sih pasti ya, tapi saya juga ingin membawa dia ke dokter hewan. Saya lihat di website ini tidak ada list dokter hewan yang biasa menangani kura2. Jika ada infonya tolong di share ya? N kalo ada di daerah serpong atau jaksel lebih bagus lagi 😊 terimakasih sebelumnya.

    1. Hi Aini,

      Maaf baru sempat liat blog dan balas.
      Saya sama sekali ga tau daerah serpong karena tidak pernah tinggal disana, tapi untuk dokter hewan di Jakarta Selatan cukup banyak. Yang paling dekat ada di daerah Ragunan, di sini ada 3 balai kesehatan yang berdekatan tapi hanya 2 yang bisa menanggani kura2. Rumah Sakit Hewan dan Puskeswan (pusat kesehatan hewan)

  16. thanks for your explanation of the ERS. now I know a liitle bit my turtles. currently one has 18cm length and the other has 19cm. their age might be more than 16 years (since my daughter was 7 years, now she’s 23 years). they live together in a big rubber wash-basin. this article will let me know the turtles are female or male. let’s see. it is a pity this blog couldn’t accept a picture.

  17. hi novroz
    saya punya kura kura RES,ada jantan dan betina yang jantan sering banget dia seperti gerakan tarian di depan betina biasa nya habis itu si jantan nya ngejar ngejar betina trus leher nya betina digigit sampai banyak yang luka .
    nah pertanyaan saya apa dia lagi proses untuk kawin atau hanya berantem ?

  18. Salam tuan,

    Saya ada sepasang kura-kura jantan dan betina. Masalahnya si jantan mengigit leher si betina terlalu ganas. Sampai luka-luka leher si betina. Adakah itu normal? Saya lihat si betina meronta-ronta untuk melepaskan diri. Perlukah saya mengasingkan si jantan dengan betina? Terima kasih tuan!

    1. Kalau sampai luka sebaiknya dipisahkan. Tapi untuk lebih yakin kamu harus tanya orang yang sudah pernah membiakkan kura2, siapa tau memang begitu kelakuan kura2 yang mau kawin

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s