Perawatan Kroten

Beberapa bulan belakangan ini, gw perhatiin ada putih2 di karapas Kroten. Awalnya ga putih bgt jadi gw cuekin aja…eh lama2 kok makin memutih. Gw jadi khawatir bgt dan langsung berkonsultasi di redearslider.com. Mereka langsung menanggapi dgn berbagai saran.

Saran yg paling umum dan masuk akal adalah agar memakaikan salep ke kroten. Karena salep yg dianjurkan org2 di RES.com aga repot nyarinya, dan tiba2 kemul (member res.com tp orang Indonesia juga) ngirim message keg w n bilang dlu kura2nya juga begitu n dia cuma pake kalpanax aja n sembuh. Yah gw pikir kalo kalpanax yg jelas2 untuk manusia aja bisa…berarti obat jamur lainnya pun juga bisa.

Nah…yg ada di rumah gw saat ini adalah salep dgn merk nosib. Pertama2, gw bersihin dulu itu jamurnya dgn alcohol, trus pas dah kering gw kasih betadin, semenit kemudian betadinnya gw lap dan gw olesin nosibnya. Karena nosib ini berminyak2 dan harus dipakai selama beberapa jam…jadi Kroten ga boleh masuk air untuk beberapa waktu.

Gw ga suka meng-dry docking-in kura2 gw, bisa2 stress mereka…jd setelah pake nosib, kroten bebas berkeliaran di rumah…mau kemanapun juga dia boleh. Walaupun dia bebas menjelajah, gw tetap selalu memantau keberadaan dia…ilang kelamaan lgsg gw panggil2 karena takut dia kejepit di suatu tmpt n ga bisa keluar. Untungnya kroten itu selalu ada di dekat2 gw. Kalo gw lg nntn, dia bakal muter2 sekitar ruang tengah, kalo gw lagi ngetik, dia pun muter2 sekitar ruang depan. Yang paling mungkin dia sendirian cuma di kamar. Duduk manis dkt kolamnya seperti merindukan air hehe.

Untuk ngebersihin salepnya, pertama gw olesin alcohol lagi, trus gw sikat pake sikat gigi n dibayurnya sama air garam karena air garam bisa mematikan kuman. Disikat sampe minyaknya dah ga brasa. Baru deh masukin ke kolam.

Alhamdulillah…setelah 5hari perawatan perubahannya dah keliatan. Liat foto dibawah. Terlihat kan perbedaan antara sesudah dan sebelum 🙂 gw akan terus merawat kroten smp benar2 sembuh karena gw suayaaang bgt ma kroten.

Sebelum
Sesudah

32 Comments

    1. Saya ga yakin sih, tapi sepertinya boleh2 aja…asal sebelum dimasukin lg ke air, salepnya hrs benar2 besih dr kakinya. Pasti susah bersihin salep dr kaki.

        1. Oh, iya gimana cara merawatnya???? di rmh-ku ga ada alkohol.
          Jamuranya udah gede banged… jamur ini ada di kepala Ruby si baby res.
          Gede-nya udah satu per empat kepala Ruby.
          Help ya….

          Terima kasih…

          1. Wah kalo di kepala aga susah juga. Coba pake Acroflavine aja.
            Cara ini cuma berani saya terapin ke cangkang bukan ke kulit langsung dia

          2. Tnx, ya… Tadi, jamur di kepala Ruby mulai copot dikit2… Gak berani ku copotin, takut kenapa-kenapa…

            Oh, iya… tetangga-ku nanya kura-kura punya dia berbau aneh…. itu knp ya???

          3. Kura-kura bau cuma ada 2hal !
            Kolamnya ga pernah dibersihin jadi airnya bau dan otomatis kura-kuranya pun jadi bau.
            atau…kura-kuranya ga pernah disikat jadi bertumpuk lumutnya dan bau

  1. Hahahahahahaahahahhaahaahahhahahahahahha…….
    betul juga, kura2 tetanggaku bertumpuk lumut, ijo2 gitu… hahaha…..
    Kasihan banget, udah sampe banyak gitu lumutnya. Disikat pake sikat gigi gak hilang2 akhirnya pake sikat besar yang buat nyuci baju deh…
    hahahhahaha…. kura2-nya lucu banget….

  2. woow,, pke nosip+alkohol yh,, kbeneran drmh ada. jamurx juga sama kya kroten. tp berhubunf tutel + torto masih baby g dibiarkan jln2 gpp kali yh,, mdh2n g sutrez hha…
    oia klo temurung ad bercak itemnya pake nosib juga bisa??

  3. sist,gw lg nyoba pake alkohol,betadin,nosib niihh,,,
    krna blom d blz c torto yg tempurungx ada item2nya gw obatin sekalian ajh,, hhe
    mudah2n pada sembuh biar pada cantik kya kroten+kame.
    oia klo pake nosibnya 2jam ajh gmn? cz mreka masih baby jdi g d lepas keliaran d rmh, gw smpen d aquarium 2×1 meter yg g ada aernya mudah2n mreka g sutres..
    thx yh infonya, mudah2n torto+tutel bisa sembuh kya kroten.. 🙂

    1. Gapapa dicoba aja dulu, sapa tau hitam2nyya bisa hilang juga.
      Jangan lupa sisa2 salepnya dibersihin sebersih2nyya sebelum mereka dibalikin ke kolamnya ya.

  4. novroz,, yg item2 itu brubah jdi putih2.. knp yh?
    tyuz yg putih2 di tutel udh mendingan g putih bgd. cma lg d hentikan ney pengobatanx.
    abz tutel kyax kena infeksi paru2 dh, abz dy nafasx pake mulut,tyuz brenangx miring,makanx juga skrg dikit obatnya apa yh? sedih liatnya 😦

    1. Karena sy ga pernah mengalamin jamur yg hitam jd sy ga begitu tau kenapa2nya.

      Kalo untuk infeksi biasanya disebabkan krn udara yang dingin, suhu disekitar dia harus dinaikkan

  5. td buka2 mr google ktax suhu hrus d naikin+aquariumnya di tutup rapet biar udarax g tercemar, baru beberapa jam udah mendingn c, makannya juga mulai banyak+pupupnya juga bgz g mencret, aduh mudah2n sembuh yh, cz it pnyakit yg sring bikin kura mati 😦

    oia mw tanya lagi donk, 3 res gw d badannya kya ad serabut putih dr kulitx 2 gtu, ap ganti kullit yh?

    1. Memang…makanya harus cepat2 ditangani.Dia harus dipisahin dr yang lain juga loh. Dan kalo bisa sering2lah dijemur.
      Yup…itu ganti kulit, gapapa kok

  6. Slama ngobatin tutel Gΰă Ğa pnah pisahin ‎​sɑ̈‎​mɑ̈ kure+torto. Tp Ğa ad masalah c, alhamdulillah Ğa ad Ўanƍ ktularan,,

    Mreka itu typ pgi, klo ad mthari dr jm 6 p set9 pasti ∂ï jmur. Cma blum ad prubahan ∂ï tutel. Brenangx msih miring+nafas pke mlut. Itu knp ♈ª? Klo nafsu makan masih normal cuma Ğa terlalu lahap kya dulu,

  7. hisk..hisk kenapa aku gak nemuin post an ini dari dulu…,pasti nyoit masih hidup…..
    padahal dia dah setahun aku rawat. Nyoit kena jamur di kapalanya bahkan sampe mata hisk..hisk…hisk

    kak mau tanya kura-kuraboleh gak sih makan poopnya sendri boleh gk sih soalnya pas ku tinggal skolah dia kelaperan jadi makan poopnya sendiri deh.

  8. kak,(maaf ya klo selalu ktemu+nanya terus)kura2ku ada kyk bisul putih di tangan kaki dn di matanya itu jamur bukan ya?

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s