Boyolali Roadtrip2: Day 4 – Pulang

Hari ini qt balik ke Jakarta. Rencananya mau berangkat jam 8 tapi Bapaknya Tri minta supaya qt berangakat setelah beres2nya selesai, sekitar jam 10.


Tau ga apa yg dimaksud beres2?? Sekelompok pemuda dan org tua bergotong royong untuk  ngebongkar bangunan semi permanen yang dibangun buat alun2 n terbuat dr bambu n seng. Ada yg manjat buka2in tali pengikat sengnya, ada yang bongkar panggung, ada yang gotong2 kursi. Jadisebagian besar alat yg digunakan adalah milik bersama seperti piring, gelas, seng, bambu dan kayu buat panggung…semua itu dikembalikan ke gudang kampung, dipake lagi tiap ada yg hajatan. Kursi plastik juga sama, tp ga semuanya ditumpuk ke gudang, sebagian besar punya rumah2 warga…namun semuanya itu adalah hasil sumbangan mingguan yang tiap tahun dibelikan keperluan bersama gitu.

Petugas pembongkar tersebut juga adalah yang sebelumnya membuat alun2, menghiasnya dan yang juga jadi Pengejek (pengantar makanan buat para tamu)…sementara ibu2 yang sibuk didapur masak dan ngatur2 makanan saat pernikahan, hr ini sibuk bersih2 alat2 dapur, nysun piring n gelas ke box2nya dan ngebersihin panci2 besar buat dibalikkin ke gudang.

Dan taukah kalian?? mereka semua kerja dgn sukarela…seperti saat mereka semua bergotong-royong membangun rumah warga. Bayaran mereka untuk kerja nonstop itu adalah makanan kecil plus kopi saat istirahat, nasi dan lauknya saat makan siang dan kata Tri biasanya orang rumah ngasih beras (bawaan para tamu buat tuan rumah) beberapa liter ke mereka sebagai basa basi terimakasihnya.

Adakah yg seperti itu di Jakarta??? Semuanya selalu dihitung dgn uang!!!

Jam 10 qt berangkat meninggalkan rumah Tri diiringi isak tangis si mbok, dan kaka2 Tri. Jam 12an gw baru inget kalo batterai n charger Kamera masih ada di rumah Tri…Damn!! jd dititipin ke mas Yanto, tapi yg jadi masalah gw minggu mau pake tuh kamera buat GJ UI 😦

Di Pekalongan, qt mampir lagi tapi gw cuma beli oleh2 makanan aja. Riki beli oleh2 celana batik n makanan buat teman2nya.

Jam 7an qt berhenti di rumah makan padang SAUDARA…gila amit2 deh!! Harga makanannya ditembak abis!!! 6orang makan jadi 100rb lebih….Najong!! mending rasanya enak, hambar aja!! ah begitulah resiko makan di restoran ga jelas.

Sampai rumah jam 1/2 12 malam….huaaa cape pisaaaan….Tapi senang bisa liat My baby turtles lagi…langsung ngelus2 Kame n Kroten. Sebenarnya pgn main2in mereka dulu tapi gw terlalu cape.

Tidur dulu ya……

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s