Ada apa aja di kepala kura2?

Hehe ini tulisan iseng aja. Kayaknya ga banyak orang yang pernah benar2 merhatiin kepala kura2…jadi sy pikir ga ada salahnya nulis ttg apa aja yang ada di kepala kura2.

Sy punya 2 ekor RES (red ear slider/ kura2 brazil)…tapi beruntungnya mereka ga sama. Kame adalah RES yang umum berwarna hijau coklat gelap sementara Kroten adalah RES yang berwarna pastel/ kuning….sehingga motif mereka aga sedikit berbeda.

Kepala Bagian Atas.

Dr atas aja dah terlihat perbedaan nyata Kame n Kroten. Motif Kame jauh lebih jelas drpd Kroten. Di foto ini ga terlalu terlihat…mungkin karena pengaruh lampu, tapi sebenarnya garis merah (karena itulah kura2 ini disebut red ear slider) di kepala kroten jauh lebih merah dibanding kame.

Kepala Atas

Kepala bagian samping

Karena warna Kroten yang kekuningan jadi Kroten tampak lebih pucat drpd Kame.

Samping

Leher

Di leher juga terlihat betapa motif Kame jauh lebih ketara drpd Kroten. Dlm hal motif kame terlihat lebih bagus drpd Kroten, tapi dalam hal warna Kroten terlihat lebih bagus.

Leher

Perlu diingat bahwa motif kura2 itu ga ada yang sama…sama halnya dgn sidik jari manusia…maka ga akan pernah ditemukan RES dgn motif yang identik…Subhanallah.

Tahukah kalian dimana telinga kura2?

Walaupun nama kura2 ini adalah Red ear Slider (Slider bertelinga merah) tapi garis merah itu bukanlah telinga kura2, telinganya ada di bawah garis merah tersebut…seperti yang qt semua ketahui, reptile tidak punya daun telinga!! Jadi jangan harap menemukan telinga kura2 dgn gampang.

Waktu Kame masih kecil bgt, kira2 masih seukuran di bawah 5cm…sy suka nyari2 telinganya…tapi ga ketemu2 karena memang belum jelas terlihat. Semakin gede, telinga kame semakin jelas terlihat. Bentuknya seperti di bawah ini. Berbentuk setengah lingkaran. Walaupun cuma seperti garis begitu…tapi sy bisa jamin kalo pendengaran mereka sangat baik.

Turtle Ear

Garis telinga itu terus menyambung sampai ke mata (lihat foto di bawah). Lalu ntah untuk tujuan apa, garis tersebut berlanjut hingga ke atas hidung dan sampai ke mata di sisi yang lain. Sejujurnya sy ga ngeh sama garis ini sampai sy ambil fotonya…kalo dilihat langsung aga ga jelas.

Turtle line

Tahukah kalian kalo kelompak kura2 itu menutup ke atas?

Sy, jujur aja, ga tau hal ini sebelum gw punya mereka. Kelopak mata manusia itu menutup dr atas ke bawah, jadi yang banyak bergerak adalah kelopak atas…sementara kura2 melakukan hal yang sebaliknya…mereka menutup matanya dr bawah ke atas. Perhatikan foto di bawah dgn baik, akan telihat garis mata ada diatas dan kelompak bawah tampak mengelumbung.

Sleeping eyes

Nah yang ini lebih jelas terlihat bagaimana pergerakan kelopak mata kura2…hehe tapi gambarnya aga sedikit berlemak (maksudnya lemak Kame terlihat bgt hehe)

eye

Oh iya…mata kura2 juga bermotif loh!! Kalo dilihat dr dekat, warnanya aga2 blurry gitu…luthu deh.

Yah sekianlah ttg kepala kura2…hehe semoga ada yang terhibur pas membaca ini 🙂

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

undefinedTulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara Melatih Kura-kura

25 thoughts on “Ada apa aja di kepala kura2?

  1. wow, baru tau juga saya miss. haha.
    mungkin klo soal corak itu mengindikasikan daerah dia tinggal, misal ditempat terang warnanya juga terang untuk kamuflasi. (ga tau juga haha)

  2. aku punya 2 kura” res, msih brumur 2blan sih,,
    tpi d dket mata daima(jntan) kaya ada bisulnya(wrna putih) itu apa sih? kasih tau dnk=.=

  3. iya, skrg uda ilang, kalo dperhatiin sih kaya bisul =_=
    apa dlu kroten jua ngelupas gitu kulitnya? kaya selaput” transparan gitu dleher ama kaki’nya,,

  4. aq bru pelihara kura2, tp lupa tanya jenis ny apa,klo d perhatikan hnpir mirip sama RES,ada garis di samping bgian kepala,ga tau umur ny jg tp dy gk prnh buka mata dr awal beli,knp ya kura2 ny??
    makasih..

  5. Kura-kura ku masih kecil ada 2 kura nihh satu nama rocket dan groot nahh si groot ini dia di kepala nya ada merah gitu bukan garis samping ya tapi tepat di atas kepala yaa kenapa ya ku takut ada pendarahan ;( sama satu lagii di rocket dia ada putih2 dekat mata ya kaya jendolan putih gitu apa itu jamur yaa apa sakit mata ya tolong yaa bantuu daku newbie nihh baru pelihara baru 4 harii ngerawat ny;)

  6. Aku punya kurakura jantan dan betina.. usianya dh 7th…
    Tp kenapa dia belum bertelur ya… Apa karena dia tidak pernah saya keluarkan dr dalam air… Mohon penjelasanya…

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s