Perawatan Kura-kura Brasil (Pola Makan)

Karena semakin Banyaknya pertanyaan yang tidak  berhubungan dengan makanan … jadi saya ingatkan, TOLONG kalo mau bertanya bukan yang berhubungan dgn makanan ditanyakan di> Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES

Sebelumnya, saya dah ngebahas soal habitat kura2 yang baik…sekarang saya akan membahas Pola Makan kura2 yang baik. Seperti posting sebelumnya, sy bakal ngebahas hal hal yang salah terlebih dahulu baru yang benar.

Orang2 Indonesia menganggap bahwa kura2 itu sebaiknya hanya makan PELET dan IKAN2 KECIL…tapi sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan besar!!!

Kenapa salah?? Ikan kecil, udang, ayam yang udak dimasak atau makanan hewani lainnya mengandung kandungan protein yang tinggi. Kura2 yang memakan makanan berprotein terlalu tinggi akan menyebabkan kura2 tersebut overgrowth (tumbuh terlalu cepat) dan menderita Pyramiding. Kegemukan dan pertumbuhan yang terlalu cepat akan membahayakan organ bagian dalamnya sama seperti orang yang mengalami kegemukan. Pyramiding juga membahayakan fungsi kerja hatinya. Dengan sangat menyesal, itulah yang terjadi pada Kame, tapi sekarang Kame sudah menjalani diet demi kebaikannya.

Lihat photo di bawah ini!! Terlihat tanda2 awal pyramiding. Kura2 yang sehat akan memiliki Karapas yang mulus melengkung bukan gradakan seperti kame.

Pyramiding Tahap Awal
Pyramiding Tahap Awal

Photo berikut menunjukkan betapa cepatnya Kame tumbuh. Pada photo kame dgn jeruk: Photo pertama diambil pada februari 1007 dan yang kedua pada maret 2009, dalam jangka waktu 2 tahun kame tumbuh dgn sangat cepat. Kura2 betina pada usia 2-3thn biasanya berukuran maksimal 5 inchi tapi lihat photo berikutnya, kame panjangnya sudah mencapai 8 inchi, padahal itupun pengukuran secara kasar tanpa mengikuti lengkungan karapas.

Tumbuh terlalu cepat
Tumbuh terlalu cepat

too-long

Bagaimana cara mencegah semua ini?

Kura2 air tawar seharusnya lebih banyak makan sayuran dibanding daging2an. Walaupun mereka tergolong omnivora namun mereka cenderung lebih herbivora drpd carnivora. Oleh karena itu, aturlah pola makan mereka sebaik2nya.

Pelet diberikan secara konstan saat kura2 tersebut masih kecil, kira2 seukuran masih dibawah 8 Cm…setelah itu sebaiknya mereka mulai dibiasakan makan sayuran. Sayuran2 yang baik untuk kura2 dan terdapat luas di Indonesia adalah Sawi (baik sawi yang hijau maupun sawi yang agak pendek), Kangkung, Semua jenis selada (kecuali selada yang mirip kol karena selada itu ga mengandung gizi yang cukup). Wortel dapat diberikan sekali seminggu karena mengandung terlalu banyak gula namun vitamin A-nya diperlukan untuk mata. Agar mempermudah kura2 makan, sayuran dpt diikat seperti di bawah.

kangkung

Bayam sama sekali TIDAK BOLEH diberikan pada kura2 karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium.

Kura2 juga memerlukan Vitamin E yang cukup guna mempermudah scutting (pengelupasan karapas). Vitamin E didapat dari Ubi masak, namun hanya dapat diberikan sekali seminggu karena ubi mengandung banyak gula seperti wortel (INGAT! Jangan berikan wortel dan ubi secara bersamaan). Selain itu Vitamin E juga bisa didapat dari kulit apel. Beberapa sayuran yang tertulis diatas juga mengandung vitamin E.

Pengelupasan Karapas
Pengelupasan Karapas

Tidak banyak yang tahu bahwa TULANG SOTONG sangat dibutuhkan oleh kura2. Tulang sotong mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh karapas kura2. Tulang sotong ini dapat ditemukan di toko2 yang menjual pakan burung, karena burung juga memerlukan suplai kalsium tersebut. Lihat photo dibawah! Gambar 1 menunjukkan bagian belakang tulang sotong yang keras, sementara gambar 2 menunjukkan bagian bawah tulang sotong yang dapat dimakan. Jika dipegang, bagian belakang terasa seperi mika sementara bagian bawah terasa seperti kapur tulis. Bagian keras tersebut harus dibuang terlebih dahulu karena kura2 tidak dapat mencernanya. Congkel-lah bagian keras tersebut dgn pisau yang aga tumpul, harus sabar ya!! Gambar 3 menunjukkan tulang sotong yang sudah dicongkel bagian kerasnya. Pemberian tulang sotong bisa dgn sedikit2 (potonga2 kecil) atau dgn potongan aga besar lalu diikat dan biarkan kura2 makan sesukanya (gambar 4).

Tulang Sotong

Tulang sotong biasa dijual di tempat2 yang biasa menjual makanan burung karena burung juga butuh tulang sotong. Harga beragam, yg paling murah 500 persatu tulang, yang paling mahal yang pernah saya temukan 5000 pertulang.

Nah itulah sekilas tentang makanan sehat bagi kura2. Semoga berguna bagi anda.

Kame sangat suka kangkung dan wortel, kroten akan memakan apapun yang diberikan padanya. Keduanya sangat suka tulang sotong. Pada awalnya Kame sama sekali ga mau menyentuh sayur2an kecuali wortel…namun demi kebaikannya, sy paksa dia makan sayur dgn cara ga dikasih apapun sampai dia makan sayurnya. Sekarang kame makan sayur tiap pagi dan sedikit pellet tiap malam.

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara melatih Kura-kura
  8. Resep Makanan Untuk Kura-Kura Yang Tidak Suka Sayur dan Tulang Sotong

357 thoughts on “Perawatan Kura-kura Brasil (Pola Makan)

  1. kak kura2 saya yg masih kecil (4cm) tiba2 ga mau makan, tadinya lahap bgt makan pelet, knp ya kira2? apa krn saya baru ganti air? trus klo ukuran sgitu sampe kpn dia bisa tahan ga makan?

    1. Seperti yang saya tulis pada pertanyaan yg sama diatas. Ga makan itu biasanya karena stress atau sakit. saya kurang mengerti cara penangganannya karena ga pernah mengalami punya kura yg ga mau makan

  2. Kura” ku masih baby res baru 1 bulan beli udh rakus banget, tapi satunya baru beli 2 mingguan gk mau makan apa”. dikasih pelet sama tubifex worm gk mau

    1. Kalau masih kecil bgt memang cenderung lebih carnivora atau lebih suka daging2an. Kalo sudah 8cm-an baru mulai dikenalkan dgn sayur2an. Kura2 tertentu bakal langsung suka sama sayur…contohnya kura2 sy yg bernama Kroten dan Papoe. Tapi ada juga yg susah makan sayur seperti Kame dan Kurome.

      Mengingat sayuran sgt penting buat kura2…JADI mau ga mau saya harus sedikit tega. Contoh yg sy lakukan ke Kame, sy sayangnya setengah mati sama dia, ga tega liat dia ngerayu2 minta makan…TAPI demi kebaikannya SAYA HARUS TEGA.

      Kame ga sy kasih makan apapun kecuali selada/sawi/kangkung selama hampir seminggu. Pada 3 hari pertama dia cicip dikit tp di lepeh…tapi sekitar seminggu karena lapar, pas sy pulang kerja, sayurnya dah habis 🙂

      Jadi kunci mengajarkan kura2 makan sayur adalah TEGA!!

  3. Aq baru dapat kura kura brazil dua hari yang lalu di depan rumahq,,setelah q tangkap berniat untuk memeliharanya tp aq bingung…kira2 ngeladeninx kudu gimana?supaya dia bs nurut dan yg plg pntg mau makan,,sekarang dia lagi mondar-mandir patroli keliling dalam rumah,,dia nggamau nyetuh sawi yg q kasih ma sekali…mohon bantuanx!!

    1. Kalau mau nurut bisa lihat di cara melatih kura2 🙂
      Tapi karena masih baru, jangan terlalu dipaksakan jadi nurut. Yang penting mau makan dulu. Kalo ga mau yg satu coba ganti yang lain, inti mau makan aja dulu

  4. Mas,, kura kura nya dah mau makan,,tapi cuman mau udang sungai kecil2 kira2 ngga pa2 klo q ksh mkn udang kecilx 3 minggu sekali???

      1. soalnya kura kuraku kalau dikasih pelet (masih kecil) ndak mau….tulang sotong juga ndak mau….aku kasih telur makannya lahap….telurnya sudah dibekukan di kulkas

          1. memang dia airnya dingin banget….gak ada lampunya juga….lampunya lampu apa ya? yang murah tapi bikin hangat..

            Biar menjaga suhu air pake alat apa dong?

  5. Kak mau tanya dong

    2 ekor kura2ku udah dri dulu makan.x pelet aja. Dan nda tau klo umur 2 thnn harus dibiasain mkn sayur2an
    akhir.x sekarang dia nda mau mkn sayur2an apapun itu. N cuma mau mkn pelet aj.
    gimana ya supaya dia mau mkn sayur2? Biar nda terlalu bergntung dri pelet lagi
    mmakasih 🙂

    1. Kalau masih kecil bgt memang cenderung lebih carnivora atau lebih suka daging2an. Kalo sudah 8cm-an baru mulai dikenalkan dgn sayur2an. Kura2 tertentu bakal langsung suka sama sayur…contohnya kura2 sy yg bernama Kroten dan Papoe. Tapi ada juga yg susah makan sayur seperti Kame dan Kurome.

      Mengingat sayuran sgt penting buat kura2…JADI mau ga mau saya harus sedikit tega. Contoh yg sy lakukan ke Kame, sy sayangnya setengah mati sama dia, ga tega liat dia ngerayu2 minta makan…TAPI demi kebaikannya SAYA HARUS TEGA.

      Kame ga sy kasih makan apapun kecuali selada/sawi/kangkung selama hampir seminggu. Pada 3 hari pertama dia cicip dikit tp di lepeh…tapi sekitar seminggu karena lapar, pas sy pulang kerja, sayurnya dah habis 🙂

      Jadi kunci mengajarkan kura2 makan sayur adalah TEGA!

  6. Urgent nih kak. Rencana saya mau mudik kurang lebih seminggu, kalau RES ditinggal tanpa dikasih makan aman atau tidak ya?

    Ada 2, 1 besar usia kurang lebih 12 tahun dan 1 kecil sekitar 2 tahun kurang.

    Kalau yang kecil sih gampang, tinggal dikasih ikan kecil beberapa ekor juga bisa. Nanti kalau lapar dia juga berburu dan makan itu ikan. Tinggal yang besar bingung.

    Apa dikasih sayuran aja ya? Dia sih gak pernah suka makan sayur. Dengan asumsi itu saya yakin gak akan dia makan selama beberapa hari. Mungkin setelah 4 hari baru mulai lapar mau gak mau dimakan deh.

    Tapi kalau sayuran selama itu ditinggal di aquarium, apakah masih awet dan layak makan?

      1. Siap kak, terima kasih infonya. Btw akhirnya kemarin titip sepupu buat kasih makan per 2 atau 3 hari sekali hehe…

        Soalnya sebelumnya belum pernah ditinggal sampai seminggu, paling lama cuma 4 hari aja.

        Sekalian mau tanya, misal lain kali RES mau ditinggal dalam waktu lama lagi (katakanlah seminggu), bagaimana caranya kak? Apakah ada kiat khusus sebelum ditinggal seperti dikasih makan apa atau diterapi apa, gitu?

  7. Kak,saya baru beli kura” brazil jadi newbie bgt.saya mau tanya takaran yang pas buat kura kura < 6cm itu berapa ya.
    Saya kasih makan pelet

  8. Kak,kura kura kecil itu bisa enggak makan berapa hari?
    Soalnya saya dan keluarga mau pergi jadi saya takut kalau dianya malah mati kelaparan

  9. ka mau nanya dong klo kura” ukuran udh setelapak tangan org dewasa itu kok makan sayurnya susah? gmn caranya ngelatih mereka makan sayur yah ka? terus 1 dr 2 kra” saya matanya bengkak trus berdarah jdi ga keliatan lagi mata kirinya itu kira” knp yah? obatnya apa? dijawab yah ka thanks 🙂

  10. Kak, semalam kan mama saya memberi sayur pada kura2 saya tpi mama saya tidak tau kalo kura2 ga boleh makan bayam jadi mama saya memberikan kura2 saya bayam. Apakah berbahaya kak? Tolong dijawab secepatnya ya kak

  11. Mas, mau tanya,, saya baru pertama memelihara kura² brazil yg masih baby banget. Baru beli 2 hari yg lalu. Saya bingung naruhnya dimana? Klo di taruh di aquarium kok sebentar² keatas ngambil udara gitu, jadi takut sendiri. Takaran airnya itu banyak atau sedikit ya?

  12. aku mau nanya..kura2 ku kn udah 8 taun kupelihara tp kok gak gede2 ya..aneh aja kalo liat punya orang2 bisa gede gt..tumbuh tuh cm sampe umur 4 thn lah,stelah itu ukurannya tetep kira2 panjangnya 12 cm an..
    knapa ya?

    ah terus emang iya punggunya pyramiding bgt..cara dietnya makanannya dikurangin gt?jd bbrapa hari skali apa gpp?dia selalu ku beri makan sawi tiap hari..

    makasih ya..

    lupa..nama kuraku gery
    sehat sih..tp gak tumbuh trs pyramiding..

    1. Hi nuraini,

      Biasa aja kok, memang suka ada kura2 yang lambat pertumbuhannya. Selama dia sehat ga perlu khawatir.

      Kalo punggung pyramiding brarti pola makannya udah salah. Banyak2 dikasih sayur sekali sehari aja bisa sangat membantu menghilangkan pyramiding

  13. Kak aku mau tanya, 2 minggu lalu beli RES dengan panjang sekitar 8cm tapi sejak dibeli gamau makan pelet. Gimana dong? Mending dicoba me sayur atau ikan dulu? Oiya untuk kulit apel itu jadi kita cuma ngasih kulit tanpa daging apelnya ya?

    1. Sebaiknya coba dengan ikan kecil. Mungkin dia terbiasa dgn ikan, tapi coba juga dengan sayur. Kalo ga mau makan memang harus kreatif cari2 makanan yang dia suka.

      Iya, kulitnya lebih bergizi drpd dagingnya

  14. saya ingin bertanya,kalo kura kura yang masih kecil terus dikasih pelet aja???
    pelet nya merek apa yang baik ????
    terima kasih.

  15. Haii kak, aku mau tanyak nih,
    Kura-kura aku uda gak mkan selama 2 minggu, uda aku ksih apa aja tapi ttp gak mau makan , mkann nya pun di biarin gtu aja, tapi dia aktif banget , cuman gk mau mkan aja , aku bingung nih, gmnaa atasi nyaa ya?
    Terimaksih

    1. Hi Ruth 🙂

      Maaf kalo soal bagaimana membuat kura2 mau makan saya kurang tau karena Alhamdulillah semua kura2 sy doyan makan. Coba ganti2 menunya sampai ada yg dia suka

  16. mau nanya , kalo buat kura-kura yg sakit kan tempurungnya ada bercak2 putih , saya baru pelihara kura-kura jadi masih kecil , kira2 diobatin pake apa ya soalnya yang satu udah mati kemaren gara2 ada bercak2 putih juga

  17. terimakasih mbak info2nya,saya baru kemaren nemu kura2 di got depan rumah.sangat membantu sekali info ttg makanannya,karna saya sama sekali blank sebelumnya.kura2 yg saya temukan sebesar piring makan,kira2 itu berapa tahun ya umurnya?

  18. Senangnya klo kura2nya gampang makan. Baru seminggu pelihara bayi kura2 tapi susah makan. Ga mau pelet khusus kura2 sama sekali. Pelet ikan hias pun cuma di makan beberapa butir. Maaf mbak, klo porsi pelet buat bayi kura2 bagusnya berapa butir ya? Saya agak bingung kalau takarannya sebesar kepala kura2 😀

  19. misi mbak cantik. mau nanya, untuk baby kura2 porsi peletnya gmna yah? sya ngasi makan 3x sehari atau gmna? Mohon pencerahannya. Maklum newbie 🙂

  20. misi mbak cantik. saya mau nanya, untuk baby kura2 takaran/porsi peletnya gmna ya mbak, makannya sehari 3x apa gmna. apa juga perlu di kasi sotong. mohon pencerahaannya mbak 🙂 Terimakasih

    1. Kalo masih bayi boleh aja 3 kali sehari tapi dikit2…karena kalo terlalu banyak bisa obesitas.

      Belum perlu tulang sotong, tunggu aga besaran lg. Mumpung masih bayi, usahakan kasih sayur jadi dia terbiasa dgn sayur

  21. Kak, kura2 saya udah cukup tua. Sekitar 6 tahun. Saya perhatiin kayaknya dia kegemukan akhir2 ini. Ada lipatan gitu di lehernya. Pyramiding jugaa. Padahal dari agak gedean cuma dikasih sawi sehari sekali. Gimana caranya biar dia balik normal lagiii? Kame masih kegemukan kak sekarang?

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s