Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Perawatan Kura-kura Brasil (Pola Makan)

Karena semakin Banyaknya pertanyaan yang tidak  berhubungan dengan makanan … jadi saya ingatkan, TOLONG kalo mau bertanya bukan yang berhubungan dgn makanan ditanyakan di> Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES

Sebelumnya, saya dah ngebahas soal habitat kura2 yang baik…sekarang saya akan membahas Pola Makan kura2 yang baik. Seperti posting sebelumnya, sy bakal ngebahas hal hal yang salah terlebih dahulu baru yang benar.

Orang2 Indonesia menganggap bahwa kura2 itu sebaiknya hanya makan PELET dan IKAN2 KECIL…tapi sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan besar!!!

Kenapa salah?? Ikan kecil, udang, ayam yang udak dimasak atau makanan hewani lainnya mengandung kandungan protein yang tinggi. Kura2 yang memakan makanan berprotein terlalu tinggi akan menyebabkan kura2 tersebut overgrowth (tumbuh terlalu cepat) dan menderita Pyramiding. Kegemukan dan pertumbuhan yang terlalu cepat akan membahayakan organ bagian dalamnya sama seperti orang yang mengalami kegemukan. Pyramiding juga membahayakan fungsi kerja hatinya. Dengan sangat menyesal, itulah yang terjadi pada Kame, tapi sekarang Kame sudah menjalani diet demi kebaikannya.

Lihat photo di bawah ini!! Terlihat tanda2 awal pyramiding. Kura2 yang sehat akan memiliki Karapas yang mulus melengkung bukan gradakan seperti kame.

Pyramiding Tahap Awal

Pyramiding Tahap Awal

Photo berikut menunjukkan betapa cepatnya Kame tumbuh. Pada photo kame dgn jeruk: Photo pertama diambil pada februari 1007 dan yang kedua pada maret 2009, dalam jangka waktu 2 tahun kame tumbuh dgn sangat cepat. Kura2 betina pada usia 2-3thn biasanya berukuran maksimal 5 inchi tapi lihat photo berikutnya, kame panjangnya sudah mencapai 8 inchi, padahal itupun pengukuran secara kasar tanpa mengikuti lengkungan karapas.

Tumbuh terlalu cepat

Tumbuh terlalu cepat

too-long

Bagaimana cara mencegah semua ini?

Kura2 air tawar seharusnya lebih banyak makan sayuran dibanding daging2an. Walaupun mereka tergolong omnivora namun mereka cenderung lebih herbivora drpd carnivora. Oleh karena itu, aturlah pola makan mereka sebaik2nya.

Pelet diberikan secara konstan saat kura2 tersebut masih kecil, kira2 seukuran masih dibawah 8 Cm…setelah itu sebaiknya mereka mulai dibiasakan makan sayuran. Sayuran2 yang baik untuk kura2 dan terdapat luas di Indonesia adalah Sawi (baik sawi yang hijau maupun sawi yang agak pendek), Kangkung, Semua jenis selada (kecuali selada yang mirip kol karena selada itu ga mengandung gizi yang cukup). Wortel dapat diberikan sekali seminggu karena mengandung terlalu banyak gula namun vitamin A-nya diperlukan untuk mata. Agar mempermudah kura2 makan, sayuran dpt diikat seperti di bawah.

kangkung

Bayam sama sekali TIDAK BOLEH diberikan pada kura2 karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium.

Kura2 juga memerlukan Vitamin E yang cukup guna mempermudah scutting (pengelupasan karapas). Vitamin E didapat dari Ubi masak, namun hanya dapat diberikan sekali seminggu karena ubi mengandung banyak gula seperti wortel (INGAT! Jangan berikan wortel dan ubi secara bersamaan). Selain itu Vitamin E juga bisa didapat dari kulit apel. Beberapa sayuran yang tertulis diatas juga mengandung vitamin E.

Pengelupasan Karapas

Pengelupasan Karapas

Tidak banyak yang tahu bahwa TULANG SOTONG sangat dibutuhkan oleh kura2. Tulang sotong mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh karapas kura2. Tulang sotong ini dapat ditemukan di toko2 yang menjual pakan burung, karena burung juga memerlukan suplai kalsium tersebut. Lihat photo dibawah! Gambar 1 menunjukkan bagian belakang tulang sotong yang keras, sementara gambar 2 menunjukkan bagian bawah tulang sotong yang dapat dimakan. Jika dipegang, bagian belakang terasa seperi mika sementara bagian bawah terasa seperti kapur tulis. Bagian keras tersebut harus dibuang terlebih dahulu karena kura2 tidak dapat mencernanya. Congkel-lah bagian keras tersebut dgn pisau yang aga tumpul, harus sabar ya!! Gambar 3 menunjukkan tulang sotong yang sudah dicongkel bagian kerasnya. Pemberian tulang sotong bisa dgn sedikit2 (potonga2 kecil) atau dgn potongan aga besar lalu diikat dan biarkan kura2 makan sesukanya (gambar 4).

Tulang Sotong

Tulang sotong biasa dijual di tempat2 yang biasa menjual makanan burung karena burung juga butuh tulang sotong. Harga beragam, yg paling murah 500 persatu tulang, yang paling mahal yang pernah saya temukan 5000 pertulang.

Nah itulah sekilas tentang makanan sehat bagi kura2. Semoga berguna bagi anda.

Kame sangat suka kangkung dan wortel, kroten akan memakan apapun yang diberikan padanya. Keduanya sangat suka tulang sotong. Pada awalnya Kame sama sekali ga mau menyentuh sayur2an kecuali wortel…namun demi kebaikannya, sy paksa dia makan sayur dgn cara ga dikasih apapun sampai dia makan sayurnya. Sekarang kame makan sayur tiap pagi dan sedikit pellet tiap malam.

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara melatih Kura-kura
  8. Resep Makanan Untuk Kura-Kura Yang Tidak Suka Sayur dan Tulang Sotong

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

355 comments on “Perawatan Kura-kura Brasil (Pola Makan)

  1. Cece
    January 18, 2012

    Q pux 3 kura (carol, carel, caril) msg2 ukran 8cm kcuali caril 5cm.. Mbk kura2 Tiap hr bleh g dkasih mkan? Trus kame n kroten tiap hr dksih mkn g? N menu ap hr pa ja? Skali shari ato brturut2 perharix? Sory byk nax mbk.. Q pgn kura2q kyk pux mbk sht2 n bgs2..

    • Novroz
      January 18, 2012

      Kura2 sebaiknya cuma dikasih makan sekali sehari dalam porsi kecil. Sehari lebih dari sekali sangat tidak dianjurkan karena bisa bikin obesitas dan mereka juga kalo di alam liar bisa makan hanya sekali seminggu.

      Menu harian sih ga ada.Saya kasih makan tergantung apayang ada ditukang sayur…kurang lebih seperti ini: Selembar daun sawi besar (atau 2 lembar medium), beberapa tangkai daun kangkung, selembar selada, 1 buah strawberry atau anggur,wotel, tulang sotong, pelet, kulit apel dan ubi rebus. Tinggal pilih salah satunya perhari.
      Mereka dapat cemilan special sekali sebulan, 2-3 ekor jangkrik atau ikan kecil.

      • Cece
        January 19, 2012

        Oce dweh.. Maksh mbk untk infox..

      • GemaGemi107
        September 15, 2012

        Makasih kak infonya. … sekarang Gema sama Gemi jadi rakus makan. Gemi itu paling rakus dan paling bandel, sedangkan Gema udah bisa salim sama ngerti namanya. makasih ya kak … o iya, mau tanya, kura-kura kalo kebanyakan makan bisa sakit gk?

        • Novroz
          September 15, 2012

          Sama-sama 🙂

          Kalo kbanyakan makan bisa jadi obesitas.

          • GemaGemi107
            September 17, 2012

            Oh … gitu. Gema sama Gemi kan masih kecil, makan sayur sedikit boleh gak?

          • Novroz
            September 17, 2012

            Boleh aja. Papoe jg dah makan sayur dr kecil bgt kok.

      • GemaGemi107
        September 18, 2012

        Kak … emangnya, gmn caranya ngediet kura-kura yang udh kbnykan makan?

        • GemaGemi107
          September 18, 2012

          kak, nanya lagi boleh ya? hehe … kak, tulang sotong itu berminyak gk? klo berminyak kan bisa ngotorin airnya …

          • Novroz
            September 19, 2012

            ga kok, kering, namanya jg tulang 😉

        • Novroz
          September 19, 2012

          makannya dikurangi dr shari skali jd 2hari skali dan lbh banyak makan sayur drpd pellet dan ikan.

  2. Donna
    February 24, 2012

    Halo mbak.
    Kura2 saya kena pyramiding. Saya udah ikutin dietnya. Tp, masih blh kasih pelet ga ya, kira2 2 atau 3 hari sekali? Trus, mereka boleh maka nasi ga (porsinya dikit, 2 sendok per kura2)?
    Terima kasih.. Maaf ganggu

    • Novroz
      February 24, 2012

      Waduh…Nasi benar2 bukan makanan kura Don!! terlalu banyak karbohydrat dan gula.

      Karena si kura lagi dalam masa diet, pellet sbaiknya paling sering cuma smggu skali. Hehe sy dl mlh lbh kejam, 2mgg skali. Skrg dah sehat aja cm sy ksh smgg skali.

      • Melz
        April 22, 2012

        kak, aku baru aja beli res 2 hari yang lalu .. dia masi kecil, saat ini aku baru kasih dia makan pelet sehari sekali .. kira2 kapan baru dia bisa makan buah atau sayuran

        • Novroz
          April 22, 2012

          Sebenarnya dr sekecil mungkin gapapa kok. Papoe saya aja dah sy kasih sayur sejak kecil. Tapi karena kecil itu masih rentan jadi kasih aja pelet di pagi hari trus tinggalin sesobek sayur buat dia gigit. Untung2 abis. Saya suka ninggalin wortel atau selada buat si kecil papoe dan suka ada bekas2 gigitannya…seneng deh liatnya 🙂

          • Melz
            April 22, 2012

            ooh .. okei deh trims yah .. btw kl kasih makan pelet itu kira2 brp banyak yang ckup ?

          • Novroz
            April 22, 2012

            Kalo masih bayi, kira2 sebanyak besar kepalanya.

          • Melz
            April 22, 2012

            ooh gitu .. makasih yaa .. hhe 😀

          • Steven
            September 11, 2013

            Trus peletnya abis gk mbak ? Soalnya kura kura saya bru belinsayabksihbpellet yg khusus kura kura bentuknya ijongtu kgk dimakan makan

          • Novroz
            September 12, 2013

            Kura2 saya sih rakus semua 🙂

          • habib
            December 1, 2013

            mbak kalu kura kuranya masih kecil bisa makan tulang sotong gak

          • Novroz
            December 1, 2013

            Bisa aja tapi ga semua bayi kura2 mau makan tulang sotong

  3. ardini
    April 23, 2012

    aku baru beli RES,kayanya sama kaya kame deh nanti, warnanya hijau tua gituu 🙂
    pngen tau jenis kelaminnya,tapi baru bisa dilliat kira2 pas udah dewasa yah? 😦 pngennya sih kasi nama sesuai jenis kelaminnya 😀

    oia, mw tanya, didekat kepala, antara mata dgn leher RES-ku kokk seperti ada bisul atau tanduk gitu deh,gatau apaan,.warnanya kuning tua kaya kulitnya..bahaya ga yaa? 😦

    • Novroz
      April 23, 2012

      Maaf ya Ardini…pertanyaan kamu ga ada hubungannya dengan pola makan dan saya ingin membuat semua pertanyaan sesuai dgn postnya.

      Pertanyaan kamu saya pindahkan dan jawab di sini> Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura

      • shira '.'
        September 21, 2012

        Kura-kura saya yang bernama khaya tidak mau makan sama sekali. jina, saudaranya sudah rest in peace. Sedih deh … T_T

        • Novroz
          September 22, 2012

          Hi Shira…
          maaf tidak bs bnyk membantu kalo soal ga mau makan. coba aja terus kasih makan dan smoga tiba2 mau mulai makan.

          • shira '.'
            September 23, 2012

            gk apa-apa kok, khaya sudah saya bawa ke dokter dan ternyata dia pregnant alias hamil! bahagia banget deh, tp dia belum ngeluarin telurnya …

          • Novroz
            September 23, 2012

            Hamil berisi atau kosong? Maksudnya ada jantannya kah?
            Kame dulu juga dah pernah bertelur tapi telur kosong karena ga dibuahi.

          • shira '.'
            September 23, 2012

            Oh iya …., klo untuk kura2 hamil, makanan yg pas apa ya?

          • Novroz
            September 23, 2012

            Yang banyak kalsium!! mereka butuh kalsium buat cangkang telurnya. kasih Tulang sotong

          • shira '.'
            September 24, 2012

            dulu jina jantan, umur mereka kira-kira sdh 4 thn. mngkin berisi … 🙂

          • Novroz
            September 24, 2012

            kalo brisi brarti harus siapkan pasir. sy pernah tulis disini tp ga bs kasih linknya krn pk hp. kalo mau cr di blog arsip sy > http://nrarchive.wordpress.com/2011/11/

          • shira '.'
            September 24, 2012

            tulang sotong biasanya saya liat dijual di toko burung … burung jg makan tulang sotong ya? 😀

          • Novroz
            September 24, 2012

            iya, emang adanya di toko burung.

  4. natsu
    April 29, 2012

    haii novros ^^
    aku hbis ngupas tlang sotong nih XD susah T_T
    dan masalahnya, aku bingung, gimana caranya ngasih ini k turtle”ku?=.=’a
    mereka jua gamau mkan sayur, mkan pelet jua jrang tapi aktif bgt, mau aku kasih tulang sotong, tapi mau ga ya,,

    • Novroz
      April 30, 2012

      Mau ga mau…tulang sotong itu wajib. Kasih aja kecil2 setiap hari, siapa tau nantinya dimakan.

  5. natsu
    May 1, 2012

    iya mreka mau looo XD
    tpi cma dikiiit bgt =_=’
    tulang sotong itu buat paruh ama cangkang kn? tpi cangkang.nx hika n daima uda keras bgt(pdhal bru umur 2blan), tpi gpp deh biar mreka tmbah kuat ^^

  6. Melz
    May 19, 2012

    kak kalau kura2 itu msh kecil boleh mkn tlg sotong nda ?

  7. nalu
    June 10, 2012

    ka, kalo nalu dikasih pelet tuh makan dikit, dikasih sayur gamau T.T
    kerjaannya tidur mulu
    kenapa yah 😦 ????

    • Novroz
      June 10, 2012

      SEmoga bukan tanda2 sakit…mungkin dia memang jenis yang pemalas

      • nalu
        June 14, 2012

        ohh gt ?
        memang kalo keliatan sakit itu kaya gimana yah ?
        dari kulitnya juga keluar lendir putih gt kaa 😦

        mohon jawabannya yah, hehe ^_^

        • Novroz
          June 14, 2012

          Tanda2 sakit paling pertama adalah hilangnya nafsu makan

          • nalu
            June 16, 2012

            okeh
            makasih banyak-banyak untuk informasinya 😀

          • Novroz
            June 16, 2012

            Sama2 🙂

  8. dhimaz
    June 13, 2012

    mbak, kalo dikasih makan ikan sama jangkrik aja kira” kurang baik gak ya?

    • Novroz
      June 14, 2012

      SANGAT tidak baik, Dim!!
      lama2 kura2nya bs obesitas dan pyramiding yg ujungnya jd menyerang fungsi hati si kura

  9. Lynn
    July 6, 2012

    sis mau tanya donk… aku ne baru melihara si tutu 3bulan. ukurannya juga paling masi 1inchian, tiap hari aku kasi makan pelet, bermasalahkah??? Soalnya kalu kasi makan salada suka ga mau. trs kalu masi kecil begitu bagusnya kasi mknan apa???
    trs mw nanya kamu pelihara kuya pake air apa ya? selama ini aku pake air aqua ga berani pake air keran takut mati. sebenarnya kandungan kaporit di air keran bahaya ga sich buat mereka???
    ‘n selama ini aku kasi airnya paling byk 3/4 badannya dia, skr mlh aku ga pernh ngasi air byk2, aku takut si tutu nyusul keke, gara2 badanya kebalik trs palanya kerendem air ga tau brp lama akhirnya RIP T-T , setelah aku baca2 tulisan kamu kayanya mereka harus dikasi air byk ya? walaupun mereka masi sekecil itu?
    sorry ya nanyanya byk bgtt… soalnya gara2 aku sedih bgt kehilangan keke skr teman ku ngasi aku 4 ekor kuya. mau ga mau aku hrs ngurusin 5 kuya, ‘n aku ga mau ada yg RIP lagi. 😦
    Thx’s ya sis…

    • Novroz
      July 8, 2012

      Kalo masih kecil begitu gapapa kok makan pelet dulu…kalo mau dipuasaain supaya makan sayur juga masih kasihan…tapi ada baiknya ada sehari dalam seminggu dimana dia cuma dikasih sayur. papoe kecilku dah mau makan sayur dengan cara begitu.

      Saya pake air sumur/tanah…tapi karena air tanah di rumah saya yang sekarang aga ga bagus, jadi saya pake setengah air aqua stengah air sumur disaring. Air Kaporit ga baik buat mereka karena kebanyakan kandungan klorinnya.
      Kematian keke saya yakin bukan karena air yang banyak…kura2 air tawar itu udah sifat alaminya jago berenang…habitat asli mereka kan di sungai. Tapi air banyak hrus dilengkapi dengan basking area karena mereka bukan ikan yang kuat berenang berhari2.

      Gapapa kok tanya sebanyak mungkin 🙂 selama saya bisa jawab ttp akan saya jawab…tapi kalo pertanyaannya makin ga berhubungan dgn makanan, dilanjutkan di sini aja ya 😉 > https://bokunosekai.wordpress.com/2011/12/02/tanya-jawab-sekitar-kura-kura-res-bagian-ketiga

  10. berlian
    July 14, 2012

    Sist, mau nyoba seminggu ga di kasih makan sayuran tapi nggak tega takut mati T_T

    • Novroz
      July 14, 2012

      Bukan ga dikasih makan…tapi tiap pagi dikasih cuma sayur, dimakan ga dimakan besoknya diganti sayur segar lagi. Dulu Kame sampai seminggu akhirnya dimakan deh sayurnya

      • berlian
        July 15, 2012

        ya kak ..
        sy mau coba kangkung dipotong kecil” hingga mnyerupai pelet, trus pelet sama potongan kangkung itu mau saya campur buat makanannya biar dz ga bs bedain akhirnya dimakan semua dehh

        kaya gitu boleh ga ??

        • Novroz
          July 15, 2012

          Boleh aja 🙂
          Trik memberi sayur ya harus sekreatif mungkin…kayak ngasih sayur ke bayi aja deh 😉

          • berlian
            July 21, 2012

            kak, daun selada itu boleh dikasihin kan ?
            daun selada itu bentuknya kayak sawi ya ??

          • Novroz
            July 21, 2012

            Iya…selada dan sawi sama2 boleh. Yang ga boleh itu bayam

  11. angel
    July 29, 2012

    Hai mbak, mau tanya nih…
    Saya barusan beli RES, trus cara kasih makannya itu ditaruh saja di air atau ditaruh di darat?
    Baru hari ini dibeli, dia masih suka kesana kemari kayak mau kabur, dan nggak mau makan
    Saya bingung juga, mau taruh di dalam air akuariumnya, kasian dia slalu kayak berusaha mau keluar. Taruh di darat, takut nggak bisa makan.
    Ada saran?
    Terus, tidur di darat nggak apa kan? soalnya saya taruh di box yg diisi lempitan2 kain, dia tadinya masih kesana kemari. Eh tau2 nyelempit di dalem kain trus tidur -.-“a

    • Novroz
      July 30, 2012

      Hi Angel, RES itu ga punya kelenjar ludah jadi mereka harus makan di dalam air.

      kalo masih kecil usahakan jangan banyak ada didarat.

      tidur di dalam box gapapa kok krn mrk sepertinya suka tidur2an dalam kain.

      • angel
        July 30, 2012

        makasih jawabannya ya mbak…
        Iya itu si loki tiap kali ditaroh dalem box kainnya pasti dalam 5 menit bakal tutup mata trus tidur…
        lucu deh klo lg tidur ^^
        Tp sampe tadi masih gk mau makan… pellet ny jg cm dimakan sebiji, trus sayurnya gk digigit sama sekali…
        Agak takut juga sih kalo sampe kelaperan

        • Novroz
          July 30, 2012

          Untuk usia bayi ga perlu dikasih sayur dulu. kasih pelet aja juga gapapa. nanti kalo makan peletnya dah giat baru dilatih makan sayur.

          • angel
            July 31, 2012

            okee… makasih banget sarannya mbak ^^

  12. ryryn dol-pin
    August 12, 2012

    Saya ♏ªΰ tanya sedikit nich tentang kura2 saya ,.. Saya punya 5 kura2 yang masih kecil ,.. Awal’x dia kuat banget makan’x nah belakangan ini kura2 saya sudah mati 2 karna dia tau2 G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ♏ªΰ makan , sekarang kura2 yg cowo jga ikut2an G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ♏ªΰ makan, cara ngatasi’x gmna Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺♡̬̩̃̊☺ , apa perlu tambahan vitamin, padahal saya sudah sering menjemur’x ,.. Mohon petunjuk’x Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺♡̬̩̃̊☺ karna saya sayank bgt sama mereka , terima kasih

    • Novroz
      August 13, 2012

      Ga mau makan itu bisa karena penyakit dan stress…mungkin habitatnya ga pas buat dia atau mungkin dia ga suka makanannya. Coba ganti makanannya

  13. nia
    August 28, 2012

    mba,q baru bgt coba piara kura2 dan q sama skali gak ngerti..awalnya bejo ma juminten mau makan cacing tp skrg gak mau sama skali,udah q coba kash sayur dan pelet gak mau jg,skrg dah 2 hari gak makan..saya bingung..tolong bimbingannya ya soalnya saya jg pengen dia hdup bertahun2…

    • Novroz
      August 28, 2012

      Bayi kura2 itu memang sangat rentan, gampang stress dan kalo dah stress suka ga mau makan. Sy ga tau cara bkin ga stress krn Alhamdulillah ga pernah dpt kura yg stress.

      Cara plg gampang adalah dgn menjemur krn matahari baik bwt kura.

  14. maria
    October 6, 2012

    kura2 q gag mau makan sayur nih,mau nya pelet ma ubi.gmn cranya biar dy mw makan sayur?qgag mau dia kena obesitas dan gag sehat. . .

    • Novroz
      October 7, 2012

      Dipuasain! itu doank satu2nya cara

  15. dedy
    October 15, 2012

    sist kura2 gw chaku ama dera ko skarang lebih suka diem aja di tangkringannya malah udah 2 hari ini tidur terus penasaran akhirnya diangkat trus di cek sehat sehat aja (biasa berontak2 gitu dah) tpi kl di taro aquarium ya tidur lagi mereka (di papan yg gw bikinin diatas air bwat mreka nyantai)… tanya ke orang2 katanya mreka mao proses hibernasi.. emang si skarang udah mau musim dingin, tapi ada juga yg bilang kalo kura2 peliharaan itu ga boleh mengalami proses hibernasi karna takutnya ga memenuhi persiapan hibernasi kaya dialam liar…. gimana nih… jadi bingung… jadi takut ninggalin mereka lama lama… pengennya pulang terus ngliatin perkembangannya

    • Novroz
      October 15, 2012

      Biasanya di Indonesia, kura2 ga melakukan hibernasi krn qt cuma pny 2musim. Mereka hibernasi di negara bermusim dingin.

      Selama kura2 masih smangat makan, biasanya ga perlu dikhawatirin

  16. dedy
    October 16, 2012

    oo gitu ya…udah 1 tahun lebih makanan pokoknya pelet paling diselingin makan daging sebulan sekali.. pengen kasi makan sayuran tpi ga pernah mao..sekarang mereka pada males makan udah dua hari ini pelet yg biasanya jadi makanan paforit ga di sentuh.. kerjanya cuma tiduuurrr aja … jadi takut nih gw

    • Novroz
      October 17, 2012

      kalo kurang makan memang bkin cemas tp kl tidur mulu mah ga masalah 🙂

  17. Dea
    November 7, 2012

    Mau tanya dong, kalo kura2 kecil boleh gak dkasih makan pelet ikan? Soalnya kalo pelet kura2 kegedean, jd susah masuknya. Kalo pelet ikan kecil2 ukuran’y.. Masalah gak? Thx. Dtggu jwbn’y….

    • Novroz
      November 7, 2012

      gapapa Dea 🙂
      pd dasarnya isinya sama. tp nnt aga gedean harus diganti yg bwt kura krn gizinya lbh lengkap

  18. Sasty
    November 29, 2012

    Mau nanya nih kak,,kalo ngasi tulang sotong tu takarannya sebrp ya? trus ngasinya tiap hari ato brp hr sekali? Kura2q masih kecil..Nyetnyot ukurannya sekitar 4 cm, kalo Nyit2 sekitar 3 cm.. Makasi 🙂

    • Novroz
      November 29, 2012

      Kalo masih kecil ga perlu2 banget makan tulang sotong. Kalo dah aga gede juga cuma seminggu sekali aja.

      • Sasty
        November 30, 2012

        Ow, gt…oke thanks…
        Anehnya Nyitnyit malah gak suka pelet. dia lebih suka serangga & sayur (sawi, kecambah). Dikasi kecambah gpp kan? awalnya gak sengaja gara2 di kulkas ada kecambah trus coba q kasi ke dia ternyata suka..
        Kalo Nyetnyot sukanya pelet. Tp gara2 dia dah gemuk,bnyak lemak disana-sini, skr q paksa makan sayur..Alhamdulillah dia mau.. 🙂

        • Novroz
          December 1, 2012

          Kayaknya gapapa…kecambah apa? semacam toge banyak vitamen e-nnya jadi gapapa bat kura.

          • Sasty
            December 1, 2012

            kecambah/toge kacang ijo…
            O ya, tadi pagi qliat dibawah mulutnya Nyitnyit kok ada bintil putih kayak bisul tapi keras ya?itu knapa?smacam penyakitkah?mohon bantuannya…makasi 🙂

  19. Alfan nur putro (@alfan_cahyo)
    November 29, 2012

    kura kura ku gak besar2 nih.. gimana caranya biar cepet besar

    • Novroz
      November 29, 2012

      Dikasih makan yang bener ga?
      Kalo dah benar dan tetap kecil gapapa kok karena ada yang jenisnya aga2 kate gitu

  20. Dimas
    December 19, 2012

    kk novroz ,, mau tny kuraku gk mau mkn ,?? dah gitu sering nutup mata

    suhu ny sih gpp , tiap kli air uda dingin aq ganti ,

    dah gitu pke lampu (lagi mampu beli ^_^ ) peletnya merek sonyu ,

    agak gedean bentuknya . stiap matok tuh pelet yg ktelen dikit ..

    kira kira gimana y kak agar dy mau mkn & aktif lgi .. aq cmas nihh

    apa aku harus ganti pelet biar dy mau mkn & aktif lgi..??

    mohon dijawab ,, butuh bgt jwan dri kk .

    • Novroz
      December 19, 2012

      Hi Dimas,
      Sebenarnya saya dah terlalu sering ditanya hal ini, samapi akhirnya saya tulis di Tanya Jawab Sekitar Kura-kura sebagai pertanyaanya yang paling sering muncul.

      Jawaban saya selalu sama…tidak makan adalah tanda sakit atau stress. Saya ga tau cara mengatasinya karena ga ada 1 pun kura2 saya yang pernah malas makan…semuanya rakus. Saran saya cuma, coba dijemur…sinar matahari bagus buat mereka. kalo masih ga mau makan…maaf saya sama sekali ga bisa membantu.

  21. Dwika Aswaputra
    December 24, 2012

    tulang sotongnya bisa dikasi tiap hari gax??

    • Novroz
      December 24, 2012

      bisa aja karena kalo kelebihan calciumnya dikluarkan lewat feces…tp sayang jd lbh baik 2x sminggu aja

  22. Dwika Aswaputra
    December 27, 2012

    si ramon cma mw jangkrik ja…
    gx papa kn??

    • Novroz
      September 29, 2013

      Apa2 banget soalnya nanti bisa obesitas dan pyramiding

  23. kalo kura”nya gamau makan selain cacing gmn?

    • Novroz
      January 19, 2013

      Segera dipaksa makan sayur. cacing itu SANGAT tinggi proteinnya. terlalu banyak makanan berprotein tinggi bisa menyebabkan obesitas dan pyramiding

  24. ivan
    January 28, 2013

    Mau tnya kura2 sya umurnxa 1 bulan.
    Dia kalo dilepas di halaman kenceng bget jlannya, sesudah itu dia kelaparan n kukasi pelet, tpi akhir2 ini ketika dia lapar aku kasi pelet n sawi tetep gamau makan. Gimana ya?

    • Novroz
      January 28, 2013

      Maaf…kalo soal ga mau makan saya kurang tau karena kura2 saya rakus semua jadi belum pernah menanggani kura2 yang kehilangan nafsu makan

      • ivan
        January 31, 2013

        oke,
        tapi selaen gak mau makan, dya jg sering bgt membuka mulut, kadang keluar gelembung dr mulutnya.
        akir2 ini jg sering naek ke basking area gak mau di air samsek..padahal udah diganti trus airnya.
        kaki depannya jg sering masuk ke karapakny/jrg nongol.
        itu kenapa ya?

        • Novroz
          January 31, 2013

          Kalo sering membuka mulut kemungkinan dia kena RI (infeksi saluran pernafasan), penanganannya bisa dibaca disini> https://bokunosekai.wordpress.com/2011/12/02/tanya-jawab-sekitar-kura-kura-res-bagian-ketiga/

          • ivan
            January 31, 2013

            oke, aku coba tetesin di lubang hidungnya lngsung ya..
            it berapa tetes?

          • Novroz
            January 31, 2013

            Berhubung itu saran dari Vika, saya belum pernah ngelakuin…jadi saya sama sekali ga bisa nentuin berapa tetes.
            Yang saya tau cuma 4 saran sy tulis di awal.

          • ivan
            January 31, 2013

            oke. .
            setelah sya tetesin akhirnya kura2ku langsung RIP. .
            😦

          • Novroz
            January 31, 2013

            Ah…maaf. Turut berduka 😦
            RI itu memang penyakit yang mematikan.

  25. Liza
    February 2, 2013

    Kalo sawi putih boleh ga, kak?

  26. andy setyadi
    February 6, 2013

    knp jojo g mau makan tulang ikan sotong y? Trus dia doyan bgt peletnya, tp peletnya pun dia g mau klo yg murah. OTZ

    • Novroz
      February 6, 2013

      Tulang sotong emang ga gampang disukai. Papoe saya juga masih belum mau makan tulang sotong. Yang penting terus dikasih aja

  27. Rendra Dzaky
    March 19, 2013

    Kak,mau bertanya,di kontainer kura2ku kadang suka bayak gelembung2nya itu wajar gak ya.?soalnya aku rada cemas.

  28. Rendra Dzaky
    March 20, 2013

    tidak,saya belum punya filternya.

    • Novroz
      March 21, 2013

      Sebaiknya punya filter jadi air selalu bersih

  29. retaataa
    March 24, 2013

    wah, terimakasih banyak ya Novroz..
    Merasa sangat terbantu atas tips-tipsnya.
    Kenalin, kura-kuraku namanya Zeeschi, Vino, dan Kurari. Mereka baru aja kukasih tulang sotong.

    • Novroz
      March 25, 2013

      Hi Reta 🙂
      Terima kasih dah mau membaca tips-tips seorang ibu kura2 yang sama sekali bukan dokter hewan ini 😉
      Semoga Zeeschi, Vino, dan Kurarisehat selalu.

  30. rabbit
    April 5, 2013

    Kura2 boleh boleh di satuin sama ikan gk sih di akuarium?

    • Novroz
      April 6, 2013

      Boleh tapi biasanya kura2 jadi suka ngejar2 ikannya dan sedikit digigitin 😉

      • rabbit
        April 6, 2013

        Punya ku masih baby ko 3centi an,brarti air’y dkasih banyak gpp tuh kalo baby?

        • Novroz
          April 6, 2013

          Gapapa asal ada baskung areanya karena kura2 itu bukan ikan, jd dia bs cape berenang

  31. Michelle
    May 31, 2013

    Note:

    Pertanyaan yang tidak berhubungan dengan pola makan dipindah dan dijawab sini> https://bokunosekai.wordpress.com/2011/12/02/tanya-jawab-sekitar-kura-kura-res-bagian-ketiga/comment-page-5/#comment-28408

  32. Dwi Lufie
    June 2, 2013

    maaf mbak mau tanya kura2q th klau gak pelet gak mau makan kalau lagi ngambek dy bisa gak mau makan berhari2.. kalau kayak gt gmn cara ngatasinya ya? makash sblmya…

    • Novroz
      June 3, 2013

      Hi Dwi, maaf ya kalo ngambek ga mau makan sy ga ngerti cara ngebantunya krn kura2 sy semua lancar makannya

  33. Liza
    June 6, 2013

    Kak.. Kura2ku udah mulai mau makan sawi nih hehehehe.. Tapi baru 1, satunya lagi belum mau, maunya cuma pelet..
    Nah, aku bingung enaknya ngasi sayurnya seberapa banyak.. Takutnya kalo habis didietin sayur tetep gendut soalnya makannya kebanyakan.. Kira2 buat umur 4th sawinya kasi berapa lembar per hari ya?
    Sama perlu dipisah gak ya, supaya yang suka sayur enggak makan jatahnya yg gak suka?

    • Novroz
      June 6, 2013

      Selembar sehari kl ukuran badannya normal tp kl dah kegemukan selembar 2hari.
      Tp kl bisa jgn sawi aja, selang seling sana kangkung, wortel, pelet, dll.

      Sebaiknya sih di pisah.

      • Liza
        June 8, 2013

        Dikasi makan 2hari sekali gapapa, kak?
        Oke kak, makasih

        • Novroz
          June 8, 2013

          Gapapa…tapi kalo belum gendut, sehari sekali juga gapapa

          • Liza
            June 11, 2013

            Kak, ngomong2 soal overgrowth, betina 4thn panjang tempurungnya 7inchi normal gak ya?
            Sama tempurungnya besar sebelah dikit.. Dan agak terbentuk gunungan.. Termasuk pyramiding enggak ya? Ini fotonya tampak samping http://img855.imageshack.us/img855/1259/1370966737659.jpg
            Tengkyu

          • Novroz
            June 12, 2013

            Aduh jgn pk inchi2 lah, kita kan org Indonesia, pk cm aja…sy malas mengkonversiinnya.

            Kalo liat dr photonya…IYA, dia dah mulai pyramiding

  34. chreisza
    June 10, 2013

    mba~ kalo kura kura masih bayi, ukurannya masih 5-7 cm an gak papa ya dikasih sayuran? saya kasih sawi putih dia gak mau, makasih :))

    • Novroz
      June 10, 2013

      Gapapa…Papoe sy dr ukuran 3cm dah makan sayur.
      Kalo ga prnh makan sayur emang bakal nolak, itu lumrah. Kasih terus smp dia mau. Kl masih sekecil itu mash ga perlu puasa demi makan sayur.

      • chreisza
        June 11, 2013

        oh:)) sayurnya seger atau udah layu? bagusnya dia makan sayur berapa kali sehari?

        • Novroz
          June 12, 2013

          Seger lah…masa dikasih yg layu.
          Sehari sekali aja…biarpun cuma sayuran ttp aja bs bikin gemuk kura2

          • chreisza
            June 12, 2013

            oh:)) tadi aku kasih toge kak,terus dia nyicip gitu,mau cuman yang kuningnya doang yg atasnya itu,tp waktu ketiga kalinya dia gak mau

          • Novroz
            June 12, 2013

            Udah kenyang kali 😉

  35. goyol
    August 1, 2013

    Mau tanya kenapa kura2ku kedua matanya merem ga mau buka sblumnya si normal

  36. bayu
    August 14, 2013

    mau tanya kenapa kura2 ku kok ga mau makan sayur

    • Novroz
      August 14, 2013

      Kalo ga biasa makan sayur ya pasti ga mau. Satu2nya cara ya harua tega…dikasih makan cuma sayur smp berhari2 sampai akhirnya sayurnya dimakan.

  37. yaya
    August 27, 2013

    kak ada ngak penambahan kalsium buat kura2 selain tulang sotong?? truss kalo kura2 yg masih kecil pa udah harus si kasih tulang sotongnya???

    • Novroz
      August 28, 2013

      Setau sy ga ada. Udah gedean dikit juga gapapa kok

  38. shin
    September 2, 2013

    4 tahun lalu saya piara kura2 (kuro&kuri), tapi mati semua karena pola makan yang ga baik. setelah umur 1 tahun, mereka mati 1 per satu, gara2 obesitas (baru tau baru2 ini) soalnya makanya lahap bangt,jadi kasi makan 1 hari 3 kali.

    sekarang lg piara lagi (blm dinamain) ukuran 6,5 cm. tapi pendiem banget, ga mau gerak apalagi makan kalo diliatin. apa mungkin kesepian yah? (soalnya cuma sendirian),apa ga masalah dia ga nafsu makanya??

    selama ini saya kasi mkan 1 hari sekali, kadang ga dimakan sedikitpun pelletnya.gmn ya solusinya?

    • Novroz
      September 4, 2013

      Kura2 ga masalah kok cuma sendirian. Ga nafsu makan biasanya disebabkan ga suka mananannya, atau stress, atau sakit. Maaf sy ga tau kalo soal bikin jadi nafsu makan karena kura2 saya normal semua makannya

  39. arya ramadhan simaremare
    September 12, 2013

    tulang cumi2 juga bisa?????????

    • Novroz
      September 13, 2013

      Tulang cumi susah karena bagian yg seperti kapurnya itu sgt sedikit.

  40. Dhika Filia
    September 12, 2013

    kak mau tnya kalo pkan yg ga amis apaan ya? dlu wktu ak kasi pakan instan si ga bau.. bis it nyoba cacing kering, eh gataunya malah bau banget padahal pagi airnya bru pas aku pulang kerja gnti air lg bis bau bgt. kasi apa ya kak enaknya? trus, kalo kasi mkn kura” ga boleh bnyk” ya??

    • Novroz
      September 13, 2013

      Saya sih lebih sering kasih sayur drpd cacing dan lain sebagainya itu. Jadi ga amis.

  41. hansen
    September 15, 2013

    kak
    gmn klo res ku g mw mkn……
    dy g prh buka mulut
    ;(

    • Novroz
      September 15, 2013

      Sy ga tau bagaimana membuat kura2 mau makan karena biasanya disebabkan krn memilih kura2 yg dari sananya dah sakit

  42. hansen
    September 15, 2013

    tulang sotong kasi ny bro ks sehari
    klao masi baby

    • Novroz
      September 15, 2013

      Bayi belum tentu mau tulang sotong sih. Aga gedean aja br dikasih. Seminggu sekali juga gapapa

  43. hansen
    September 15, 2013

    apa yg bisa buat res jd nafsu makan?

    • Novroz
      September 15, 2013

      Jujur saya ga tau. Alhamdulillah semua kura2 saya maruk makan jadi sy ga mencari tau bagaimana bikin kura jadi mau makan

  44. Luluk Nugraha
    October 15, 2013

    Saya punya kura-kura brazil yang masih kecil. Udah berapa hari ini kok nggak mau makan ya? Dia pup tapi malah pup nya yang dimakan. Bisa kasih saran? makasih 🙂

    • Novroz
      October 16, 2013

      I am sorry..saya ga banyak tau soal gimana bikin kura2 mau makan. Bereksperimen aja coba ganti2 makanan

  45. dimas
    November 13, 2013

    Bagaimana cara mengawinkan kura kura yang benar ?

  46. habib
    November 29, 2013

    kk novi klau kura2 nya msih bayi makan nya apa

    • Novroz
      December 1, 2013

      Pelet aja juga gapapa…tapi bagusnya mulai dilatih makan sayur juga

  47. Andri
    December 24, 2013

    Gimana cara menangani kura-kura yg stress ?
    Bingung nih ! ! ! 😦

    • Novroz
      December 26, 2013

      Saya kurang tau krn ga prnh punya kura2 yg stress

  48. Lala
    January 11, 2014

    kak sayur yang bagus untu bayi kura-kura apa aja? terus cara ngasih nya gimana? aku masih belum ngerti :/

    • Novroz
      January 11, 2014

      Kangkung, sawi, selada…cara ngasihnya ya tinggal di kasih aja, nanti bakal digigit dikit

  49. G
    February 3, 2014

    Saya mau tanya,kura2 saya sudah semingguan ga mau makan. Ciri2nya si kayak obesitas. Gimana ya penanganannya?

    • Novroz
      February 3, 2014

      Kalo obesitas dia pasti doyan makan. Ga mau makan bisa karena stress atau sakit

      • G
        February 4, 2014

        Gimana ya penanganannya? Kalo stres terapinya gimana? Aku keluaran dari akuarium juga ga terlalu mau jalan. Kalo sakit dikasi obat apa ya? Masalahnya saya di kota kecil,ga ada Dr hewan yg cukup kompeten menangani kura-kura.

        • Novroz
          February 4, 2014

          Wah maaf…kalo penanganan stress saya sama sekali ga bisa bantu karena Alhamdulillah kura2 saya ga ada yg pernah stress

  50. hanjaeheebum
    February 13, 2014

    hallooo…aku baru nemu blog ini…
    mw tny2 soal cara ksh makan kura2 dunk 😀
    oia,mw nny dulu,kura2 jenis RES it apa y???
    kura2ku jenis kura2 brasil,ad 2 namany Jinri sm Minri 🙂
    aku udh 6bln miara mereka dan selama it aku cm ksh pelet doank,,,kira2 klo skrng aku gnti makan sayur blh g y??? mereka msh kecil soalny,,ukuranny 4,5cm…itu termasuk kecil g y?? 😀
    aku takutny mereka stress 😦 oia,aku juga beli tulang sotong,tpi mereka gmw makan,,,klo tulang sotong it bs didiemin didlm air seharian g???
    maaf y kebanyakan nny abis aku penasaran bgdh,,aku pgn Jinri sm Minri sehat…hehehehehe 😀
    makasih bwt artikel2 ny yaaa..berguna bgdh (y) ^^ (Y)

    • Novroz
      February 17, 2014

      RES atau Red Ear slider itu yg biasa dikenal org Indo sebagai kura2 brazil.

      masih kecil udah boleh kok dikasih sayur jadi ga repot pas udah besarnya. Tulang sotong memang kurang disukai jadi wajar kalau pertama kali ga dimakan tapi di taro aja di kolamnya gapapa kok

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 15, 2009 by in Kame&Kroten and tagged , , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,182 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.