Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Perawatan Red Ear Slider (Habitat Yang Baik)

Orang Indonesia telah lama memiliki pemahaman tentang cara merawat kura-kura yang salah. Sehingga menyebabkan orang2 yang baru punya kura2 melakukan kesalahan yang sama…salah satunya adalah gw. Semua kesalahan itu baru gw ketahui setelah menemukan situs2 berbahasa Inggris yang menjelaskan ttg perawatan kura2 yang biasa disebut kura2 brasil (nama sesungguhnya adalah red ear slider).

Forum redearslider.com telah banyak membantu sy Namun situs tersebut berbahasa Inggris dan gw ingin membagi cara merawat dalam bahasa Indonesia untuk mereka yang tidak begitu pandai berbahasa Inggris.

Pertama2 qt lihat tempatnya.

Berikut ini adalah KESALAHAN yang banyak terjadi di Indonesia.

1. Kura2 dibiarkan hidup di tempat kecil, intinya sih yang penting berair. Lihat gambar dibawah (dgn model kame tersayangku). Di dalam sebuah ember yang member sedikit bgt ruang buat bergerak. Perlakuan ini sangat menyiksa mereka!!! Kura2 itu mahluk yang senang berenang n berjemur sekali2. Coba bayangkan kalo kalian tinggal di ruangan yang cuma bisa buat berdiri aja, enak ga?? Nah begitu pulalah perasaan mereka.

Ada 2 orang yang gw dah tau persis melakukan itu. Teman Riki punya kura2 brasil yang dah belasan tahun dalam ember. Tetangga gw yang  lama juga punya kura2 (bkn red ear slider) yang dah 15thn hidup dlm tempat sekecil itu.

Sy melihat kame dlm ember itu cuma beberapa menit aja dah ga tega…apalagi sampai belasan tahun begitu…huaaa tega bener!!

too-narrow

2. Kura2 hidup dalam air yang sedikit. Ah ini kesalahan yang dulu sy lakuin. Lihat gambar (dgn model masih kameku nan cute). Tinggal di container plastic yang lumayan bisa buat bergerak tapi air cuma sebatas karapasnya. Kesalahan ini paling sering terjadi. Sy liat dimana2 n bahkan gw berfikir emang begitulah caranya….dan betapa salahnya sy!!

Air yang sedikit itu memang kepake buat mereka menelan makanan karena mereka ga punya air liur dan lidah untuk menelan jadi mereka menggunakan bantuan air namun air sedangkal itu membuat mereka ga bisa berenang bebas.

Dgn menyesal sy katakana bahwa si bule Kroten masih tinggal dgn cara begini :(…tapi itu cuma sementara samapi gw punya uang untuk beli filter atau sampai kame n kroten ga bisa akur dlm 1 kontainer.

low

Sekarang mari qt lihat tempat kura2 yang benar.

1. Buatlah Aquarium berkapasitas 400liter jika tidak ingin mengganti2 aquarium setiap kura2 mulai membesar.

Tapi seperti yang qt semua ketahui…membuat aquarium yang besar butuh uang yang besar juga dan ga semua orang mampu ngeluarin jutaan untuk bikin aquarium. Untuk sementara bisa pakai container plastik. Carilah yang paling besar!! Punya gw ukuran 125liter. Untuk sementara, karena kame belum mencapai ukuran maksimalnya, dia bisa hidup tenang dlm container itu…tapi dia harus pindah setelah dewasa.

Akan lebih bagus kalo bikin kolam outdoor. Itu adalah cita2 gw…pengen punya rumah sendiri n membangun kolam yang luas buat kame n kroten, sehingga dia bisa selalu kena cahaya matahari.

container

2. Buatlah basking area atau tempat berjemur kura2 lengkap dgn Lampu UV. Lihat gambar di bawah. Basking area kame dibuat dari karton plastik lengkap dgn tangga naiknya dan lampu tepat di atasnya (dialasi kain agar lampu ga memanasi plastik). Proses pembuatan basking area

Tempat berjemur ini sangat penting buat karapasnya. Kura2 perlu diberi waktu untuk mengeringakan karapasnya. Karapas yang selalu basah dpt menyebabkan pertumbuhan karapas yang tidak baik. Kame biasanya berjemur sepanjang siang, bahkan sampai tertidur di basking areanya (Link).

basking

3. Khusus untuk kura2 yang tinggal di dalam rumah>> berikanlah mereka kesempatan berjemur di bawah sinar matahari sesekali. Minimal sekali seminggu bawa mereka keluar. Bisa membawa container kecil yang diisi sedikit air atau biarkan mereka bebas berjalan2 jadi saat kepanasan mereka bisa berlindung di balik bayangan.

Tapi jangan pernah lepaskan mereka dr pandangan!!!! Anda bisa kehilangan mereka atau mereka bisa terluka opleh hewan2 bercakar…jadi gunakan 1 jam dlm seminggu untuk benar2 memberikan mereka perhatian.

Kame n Kroten di jemur setiap gw ga berangkat ke sekolah.

berjemur

Itulah sedikit tentang tempat hidup mereka.

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

Tulisan lainnya:

  1. Pola Makan
  2. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara melatih Kura-kura

.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Habitat Kura-kura, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

Advertisements

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

244 comments on “Perawatan Red Ear Slider (Habitat Yang Baik)

  1. Jmal
    May 6, 2017

    Makasih infonya.
    Lampunya dinyalain seharian full(24jam) kah ?
    Atau ada jadwalnya ?

    • Novroz
      May 7, 2017

      Kalau lampu UV cuma boleh nyala 4 jam. Boleh pagi atau siang

  2. hanif
    May 8, 2017

    gan kalo kura2 kecil 3-5cm apa juga harus dikasih air yg banyak? saya baca dr beberapa sumber katanya cuma dikasih air setinggi 3cm

    • Novroz
      May 13, 2017

      Saya sih dah lgsg banyak ngasih airnya

  3. ilen
    May 16, 2017

    halo kak saya mau tanya, saya baru beli kura kura msh kecil terus saya gabung sm ikan koki di aquarium. trs kura2 nya kayak kesusahan berenang gt kepalanya naik terus. karena ga tega saya lgsg google ternyata harus ada tempat berjemur, jd saya kasih tumpukan batu sm karang supaya jd tumpuan dia tp ttp aja gabisa jd tempat dia berjemur karena batu sm karangnya cm ngebantu dia buat pegangan utk bisa naikin kepala.. jd sebaiknya saya pisahin aja apa ya sm ikan koki nya? trs buat tempat berjemur dirumah baru kura2 nya? kl bisa boleh tlg kasih tau basic tempat tinggal utk kura kura yg baik seperti apa? makasih:)

  4. Hilma Mufidah
    May 18, 2017

    kira-kira untuk mncapai ukuran maksimal (kura-kura brazil) itu butuh waktu selama apa ya? biar bisa memperkirakan pembelian aquarium besar.

    • Novroz
      May 27, 2017

      Setiap kura2 punya pertumbuhan berbeda2

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 11, 2009 by in Kame&Kroten and tagged , , , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 2,553 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik 😉 “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Tweeeeeettttt

Goodreads