Ujian CPNS Departemen Agama

Untuk pertama kalinya dlm sejarah karir gw, gw memutuskan untuk ngelamar CPNS. Selama ini gw ogah ikut2an euphoria massal yang terjadi tiap tahun itu…bagi gw jadi PNS bukanlah sesuatu yang begitu ge kejar…yang penting jadi guru itu aja dah cukup, baik PNS ataupun Swasta. Gw suka malas ngurusin segala tetek-bengek ngelamar PNS yang mesti pake segala jenis surat itu….dah gitu kebanyakan CPNS bukan untuk guru…ogah gw kerja di kantoran. Nah pas gw dikasih tau ma bu Husnul soal depag yang lagi buka lowongan untuk guru MAN dgn syarat yang guampang bgt (cuma lamaran, fotokopi ijazah, akta IV dan KTP), gw langsung semangat 45 untuk ikutan.

Pas hari pendaftaran (20 Nov). Kyaaaa buanyak buanget orang!!! Terjadi antrian dimana2…edun ternyata begini ya kalo lagi ngelamar pegawai negeri…Ck Ck Ck…pokoknya ga bgt deh, sekian banyak manusia tapi yang kepilih cuma segelintir aja. Surat lamaran gw ternyata salah…Surat lamaran aja mesti seragam!! Kapan mau majunya nih negara?? Untung antrian guru kimia MAN ga panjang, jadi setelah ngebenerin surat lamaran gw ga pake lama ngantrinya.

Pas hari Ujian (6 Des). Kyaaaa…lagi2 gw harus berteriak dlm hati!! Muaceeeeet buangeeet, kayaknya kemacetan terjadi kira2 1-2kilometer, untung gw dianterin bokap pake motor jadi bisa selap-selip. Dr rumah jam 7 kurang n sampe sana jam 8 kurang…1 Jam!!! Padahal kata Bokap, biasanya ga kan lebih dr 15 menit. Gila deh, manusia banyak bgt!!! Gw ampe pusing liatnya. Pas gw masuk ruangan, Ya Allah, begini amat ya demi sebuah pekerjaan! Ruang ujian guru penuh amit2, guru kimia bahkan ditaro di luar gedung, di teras gitu (Alhamdulillah jadi ga penggap kayak yang di dalam). Dah gitu, kursinya kursi2 kondangan yang dr besi n busa berlapis plastik merah (tau kan?) ga pake meja kecil ala kursi kuliahan. Aduuuhh…untuk gw dpt tempat yang depannya ada meja panjang n papan jalan Miska kebetulan juga ada di gw. Ujian telat 30 menit (yah namanya juga Indonesia!!). Gw dah kegerahan n pusing liat manusia bertumpuk2 begitu.

Pas melihat soal. Hiks…hiks…hiks…GW GA NGERTIIII!! Ada 200soal yang terdiri atas 50 soal pengetahuan umum yang bersifat kenegaraan (jadi banyak soal2 ttg pasal, UU dan teori2 kenegaraan). Sumpah gw ga ngerti sama sekali!! 90% gw tembak abis dengan baca Bismillah. Trus 50 soal Agama Islam, isinya ayat2 n artinya (mana gw apal!! Gw tau sebagian isi Al Quran tapi kan ga apal ayat mana-mananya), trus ada hukum2 yang dah lenyap dr dlm otak gw. Lagi2 gw 90% nembak dgn membaca Bismillah. 100soal berikutnya gw lebih PD. 50 soal matematika dasar n logika, wah ini sih cuma 2 yang gw tembak, itupun karena gw lupa rumus deret aritmetika n geometri. Sebenernya bisa aja gw urut2, tapi malas ah, dah cape. Yang terakhir, 50 soal kimia, Alhamdulillah yang ini PD bin Yakin. Ada beberapa teori yang aga lupa tapi gapapalah. Apapun hasilnya gw dah pasrah aja, emang pada dasarnya kemungkinan untuk diterima juga kecil bgt 2 orang dr 90an peserta.

Yang lucu, ada bapak2 didepan gw (ga depan2 amat si, aga jauh tapi pas di baris depan) dengan enaknya negok2 kebelakang buat nyalin jawaban teman2nya…halah2 pak!! Pak guru PPKN buat MTs kok NYONTEK!! Gimana ngedidik anak2nya tuh pak???

Kalo gw lolos, Alhamdulillah, tapi kalo ga juga ga kecewa 😀

7 Comments

  1. oalaaa…ternyata kmaren itu ujian cpns toh? hehe akhirnya…dirimu merasakan suka antrian2 daftar hina ituh
    gw jg gitu dulu, dapet alhamdulilah, ngga jg gpp.
    Yah paling ngga, jadi tau tipe2 org yg tertarik cpns seperti apa. ehe…

  2. TYO>> I’ve visited your blog 🙂 it’s new isn’t it! thx n amien

    YANA>> huahahaha iya!!! aduh ga bgt ya ngelamar CPNS. tapi yah setidaknya dah berusaha.

  3. semoga sukses miss!! XDXD
    btw malu2in banget guru nyontek.. mau kyk apa muridnya… pantes Indonesia ga maju2!

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s