Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Laskar Pelangi by Andrea Hirata

 

Untuk pertama kalinya, gw akan ngebahas buku dari seorang penulis Indonesia yang gemilang bgt. Andrea Hirata, seorang anak kampung yang punya masa depan jauh lebih luar dr perkampungannya. Gaya penulisannya begitu luar biasa, menyentuh tapi juga menggelitik, mendidik tanpa menggurui, Ilmiah tapi ga bikin susah…intinya benar2 luar biasa. Penulis Indonesia yang umumnya beredar saat ini kebanyakan menulis ttg cinta – sesuatu yang sangat ga menarik untuk dibaca, ditonton c seru tapi dibaca mah buang2 waktu bgt – atau cerita remaja dgn gaya penulisan penuh lo dan gw yang menurut gw ga enak tuk dibaca. Dulu sih gw mang seneng baca Lupus yang gaul bgt penulisannya, tapi setelah kuliah, setelah banyak baca buku translate-an, setelah banyak baca buku Import…bahasa gaul dah ga asik lagi untuk dibaca…sangat ga nyastra. Andrea Hirata muncul bagaikan A Breath of Fresh Air (minjem istilah Simon Cowell), sebuah karya sastra yang Indah yang menjadikan Andrea Hirata sebagai penulis Indonesia pertama dan satu2nya yang amat gw kagumi. Sekarang dia ada dlm list Penulis favorit gw, bersanding bersama Stephen King dan Haruki Murakami.

 

Laskar Pelangi lebih condong disebut sebuah biography daripada sebuah novel, karena di buku ini Andrea Hirata menceritakan ttg pengalaman masa kecilnya di sebuah sekolah melarat Muhammadiyah. Sekolah yang nyaris ditutup karena muridnya tidak mencapai quota, yaitu 10 orang. Seorang anak cacat mental memenuhi Quota tersebut. Kesepuluh anak tersebutlah yang disebut sebagai Laskar Pelangi karena mereka begitu menyukai memandang pelangi dari dahan2 Filicium. Ikal, Lintang, Mahar, Trapani, Sahara, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek (yang akhirnya dipanggil Samson) dan Harun. Setiap anak memiliki sifat yang berbeda2. Ikal adalah Andrea yang cenderung biasa2 saja, punya cita2 menjadi penulis atau pemain bulu tangkis. Dia mengalami kisah cinta pertama yang menggetarkan hati. Lintang adalah seorang jenius cilik yang begitu cepat daya tangkapnya dan memerlukan penuh perjuangan untuk pergi ke sekolah. Mahar seorang seniman yang luar biasa jenius namun sempat terpuruk ke dalam jerat dunia gaib. Trapani yang tampan tak bisa dipisahkan dr ibundanya. Sahara satu2nya perempuan yang berwatak keras. A Kiong seorang tionghoa yang begitu mengagumi mahar dan sering disebuk otak kaleng. Syahdan yang mempunyai cita2 menjadi aktor tanpa bakat akting secuilpun dan sering menjadi pembantu umum kelas. Kucai sang ketua kelas yang memang punya bakat seperti politisi – tong kosong nyaring bunyinya-. Samsom yang mendapat nama tersebut karena dia tergila2 dgn pembentukan tubuh pria yang sesempurna mungkin. Harun yang menjadi pelengkap laskar inilah yang cacat mental, anak kecil yang terperangkap dlm tubuh org dewasa.

 

Keseluruhan buku menceritakan ttg perjalanan mereka selama 9 tahun. Seorang guru yang penuh pengabdian, Bu Mus yang rela dibayar seadanya dan sering senewen dgn tingkah eksentrik Mahar. Laskar pelangi ini megubah sejarah sekolah miskin Muhammadiyah tersebut. Mulai dr Parade hari kemerdekaan yang menunjukkan seni yang liar hingga lomba cepat tepat yang dimenangkan secara mutlak oleh kejeniusan Lintang. Andrea juga menuliskan perbedaan mencolok dari PN Timah yang kaya raya dgn rakyat sekitar yang melarat. Percintaan Andrea yang menyentuh. Masuknya anggota ke 11 Laskar Pelanggi yang bernama Flo. Kegilaan Flo dan Mahar pada dunia hitam. Dan diakhiri dgn Berhentinya Lintang dr sekolah karena kematian ayahnya. Kesemua bagian cerita tersebut digambarkan dengan begitu indahnya, kelucuan dan kesedihan ditulis dgn gaya santai yang tidak memaksa. Pengambaran yang tidak pernah sedikitpun membuat orang menjadi bosan.

 

Andrea Menutup novelnya ini dgn menceritakan apa yang terjadi dgn teman2nya setelah 11 tahun kemudian. Beberapa meraih sukses dlm hidupnya dan beberapa lagi mengalami penderitaan yang sangat dalam. Andrea sendiri mendapat beasiswa ke luar negeri. Dari kesebelas orang tersebut, Lintanglah yang paling amat disayangkan…kejeniusan yang terbuang percuma hanya karena faktor ekonomi…benar2 disayangkan.

 

Laskar pelangi adalah permulaan dari sebuah tetralogi. Buku kedua adalah Sang Pemimpi, buku ketiga Edensor dan keempat Maryamah Karpov.  

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

28 comments on “Laskar Pelangi by Andrea Hirata

  1. dhilaaz
    June 12, 2008

    it does sound like a good book.. I haven’t read it, though. been thinking to buy it, but it’s one hell expensive book. mo minjem ke siapa ya? hahaha

    ajegile buku skarang mahal2 amat seehh

  2. nijiko
    June 12, 2008

    for me…no matter how expensive they are (I mean books) it worth every penny I spent.

    Pengen buru2 beli yang kedya nih…tapi belum sempet ke gramed. Yang pertama itu daku ketipu, beli murah taunya bajakan.

  3. dhilaaz
    June 12, 2008

    hoh ternyata buku indonesia ada bajakannya juga yah..hahaha

  4. Nina
    June 12, 2008

    Gw juga udah ilang minat sama novel-novel indonesia yg banyak beredar sekarang ini. Gw merasa risih dengan kisah cinta-cintaan dengan bahasa gaul yg jadi lama-lama jadi menyebalkan.

    Pertama kali baca Laskar Pelangi karena dipinjemin ma sepupu gw. Hanya dalam beberapa jam udah tamat gw baca. Kisah Laskar Pelangi bener-bener gak bisa bikin gw berhenti baca sampe akhir. Akhirnya gw minjem lagi buku kedua dan ketiganya, haha~!

    Bulan kemarin gw bareng nyokap beli Laskar pelangi edisi hard cover. Buat gw asal bukunya bermutu, gak masalah kalo harus keluar duit lebih banyak, Dan asal tau aja, buku Laskar Pelangi itu udah dibaca sama gw, nyokap, adek, om, bahkan nenek gw ikut baca juga!

    “Andrea Hinata sebagai penulis Indonesia pertama dan satu2nya yang amat gw kagumi.” <- setuju banget!

  5. Nina
    June 12, 2008

    Ano, sumimasen… “Hinata” janakute, “Hirata” desu. ^^;

  6. Wulaaaan...
    June 13, 2008

    You are just like me!! Aku juga telat banget baca ni buku! Actually, until now i havent read it. I have it though! Tapi plastiknya bahkan blum dibuka. Maklum, masih hrs blajar…

    But I absolutely cant wait to tear that plastic and read it!

    Btw, pernah liat Andrea Hiratanya di interview ga? Oh my God, that guy is really charismatic! Amat sangat rendah hati, penuh dengan visi, pokokny bener2 sosok org Indonesia yg I wish ada lebih banyak di negeri ini, instead of those snobby rich people…

  7. nijiko
    June 13, 2008

    Nadh >> iya nih!! payah deh, jadi jgn beli buku di toko2 buku ga jelas gitu…bisa kena tipu…ke toko2 buku gede aja.

    Nina>> gw aga lama sih selesainya, kecepatan baca gw mang lambat ditambah lagi banyak kerjaan. Laskar mang pas dibaca oleh segala umur.
    hahaha iya nih salah tulis…dah gw betulin semua tuh jadi hirata

    Wulan>> Yup!! gimana ga telat coba? karena selama ini penulis Indo ga da yang bagus jadi ga melirik2 tuh buku sampai Rahmat cerita ttg buku itu n baca beberapa halaman daku langsung ‘hooked’. Hayooo tahan dulu keinginan bacanya samapai UMB dah keluar hasilnya.

  8. Aliiiii
    June 13, 2008

    “Andrea Hirata sebagai penulis Indonesia pertama dan satu2nya yang amat gw kagumi.” I couldn’t agree more miss.. satu2nya novel indonesia -yang akhirnya- bisa ngebuat saya meneteskan air mata…Hidup Andrea Hirata!!!

  9. Nina
    June 13, 2008

    Hoh, iya yg di entry udah dibenerin tapi yg di komen gw sebelumnya juga salah! Waktu itu kan gw copy-paste dari entry~!
    Btw, mbak Karpov kapan munculnya yah..?

  10. nijiko
    June 17, 2008

    Ali>> semoga aja, setelah tetralogi dia masih bisa nulis sesuatu yang bermutu 🙂

    Nina>> katanya agustus gitu deh…sekarang masih dalam proses

  11. sany
    July 20, 2008

    gw dah baca semuanya dari ketiga novel andrea dan menurut gw novel Andrea emang ngga ada duanya. Ueeedan banget, keren..keren…kereen abiiz. pokoke pool banget. dan sekarang gw bener-bener sedang dilanda demam andrea hirata, padahal jarang-jarang lho gw ngeerasa kagum ampe segini gilanya!!!

  12. azi
    September 12, 2008

    bagussss bangettt. cepetan tanyang dong filmnya dah gak sabar nih pingin liat!

  13. ma'ruf
    September 12, 2008

    miss harga buku laskar pelangi berapa miss?
    jadi mau baca nih, telat ga ya kalo baru baca sekarang

  14. Novroz
    September 16, 2008

    Sany>> SAMA!! Baru sekarang gw bisa tergila2 ma penulis Indo

    Azi>> nanti tgl25 tayang di semua bioskop!! gw dah siap2 melaju ke bioskop nih begitu tgl 25.

    Hendry>> You may borrow mine if you wat to read it 🙂
    Lupa berapa harganya, sekitar 60an kayaknya

  15. ria fahleny
    September 17, 2008

    Subhanallah…
    udah lama gw denger nama Andrea Hirata.., klo gk slh skitar thn 2007, gw penasaran banget sm bukunya.. karena gw suka baca novel (tentu novel yang berkualitas laah),, jadi gw berusaha cari bukunya (bukan beli tapi minjem he2 ^_^) dan akhirnya gw dapet (pinjem sm temen dari laskar pelangi sampai edensor)..

    setelah gw baca.. gw cuma bisa geleng kepala.. karena bahasa yang disampaikan oleh Andrea Hirata luar biasa.., cerdas.., lucu.., sedih…, dan tidak menggurui.., bahasa sindiran yang digunakn sangat halus tanpa membuat orang lain tersinggung, malah bikin orang ketawa lagi 😀

    bagi yang membaca tetralogi laskar pelangi.. pasti termotivasi untuk menjadi lebih baik.. tidak takut bermimpi.. karena mimpi bisa menjadi awal kesuksesan seseorang (buktinya Andrea sendiri yang tidak takut bermimpi)..
    dan satu lagi yg gw suka.. novel ini cukup religius,, Andrea Hirata tidak hanya bercerita tentang masa kecilnya yang sulit dan lucu tapi dia juga menyampaikan pesan agama di dalamnya.

    kalo baca novel ini.. jadi inget masa kecil gw dulu.. ^.^
    yang hobi main di sawah, di sungai.., mandi di sungai, cari ikan betok di rawa-rawa belakang rumah.. main sepeda.. n gk mau belajar.. (lho kok jd ngomongin gw.. gk penting amat seh !!)

    “pokoknya keren deeech…”
    sukses untuk Andrea Hirata..
    semoga banyak penulis Indonesia menghasilkan karya tulis yang berkualitas (jgn cinta-cintaan melulu.. bosen !!)

  16. denin
    September 17, 2008

    gue sangat penasaran sama ni novel,,,walopun udah lama terbt tapi gue lom pernah baca…tapi pas gue lagi pengen banget baca tu novel,truz gue berniat beli tu novel di salah satu toko buku ternama di kota bandung..gue cukup terkejut…
    Rp.67.000,-
    harga yang cukup tinggi untuk orang sperti saya…apalagi untuk kantong mahasiswa seperti saya juga….

    dalam hati emang pengen banget beli tu buku tapi apadaya duit ga nyampe…akhirnya saya putusin ga jadi beli tu buku.
    klo ada temen yang punya saya udah berniat pinjam saja.

    apa mungkin sastra sebagus ini hanya menjadi konsumsi rang berduit saja…apa lintang,ikal,ucai,samson dan yang lainnya ga dapat menikmati kisahnya yang udah menjadi konsumsi publik sastra….??????????

  17. Pingback: Laskar Pelangi-The Movie « Boku No Sekai

  18. cha
    October 6, 2008

    gila…gara2 buku negh aku jadi ngerhargain pendidikan yang di kasih ortuq…gara2 buku negh juga tanteq yang seorang guru di sekolah terpencil jadi semangat buat ngajar…buku negh ngebawa aku untuk nangis, tersenyum dan juga termenung..termasuk setelah nonton filmnya aku jadi semakin salut sama anggota laskar pelangi…jadi penengen ketemu sama anggota laskar pelangi yang asli..andre hirata you are my inspiration…^_^

  19. noe2
    October 10, 2008

    Q dah nntn flmnya,& mnrut aQ filmnya sama bagusnya dengan novelnya.
    aku dpt banyaknyaknyak bgt pelajaran hidup yang dapat diteladani dari film & novel ini…
    aQ tggu filmnya sang pemimpi…

  20. ad 17 ya
    October 15, 2008

    is the best

  21. titha titha
    October 15, 2008

    tadi siang ak nonton pelemna…..kereeeen…. ^_^

  22. Strife Leonhart
    October 15, 2008

    aku sih jadi risih kalo terulang kasus kayak ayat-ayat cinta… di toko buku banyak buku-buku yg rada niru gitu… sampulnya lah dimirip-miripin,, jdulnya lah..

  23. Novroz
    October 16, 2008

    wow ga nyangka kalo tulisan gw yang satu ini bakal mengunfang banyak koment…padahal gw tulis pure krn kegaguman gw ma buku ini. Untuk semua yang juga suka buku ini…thx dah ngasih koment 🙂

    Denim>> kan ada perpustakaan kalo emang beli kemahalan…LP adalah sebuah karya yang indah jadi wajar kalo aga mahal dikit.

    Strife>>hehehe kalo gitu sih yah jangan dilirik yang lain2nya!! kan emang dah kebiasaan Indonesia kalo ada yang tenar langsung menjamur deh…tergantung qtnya aja, jadi ikut2an juga apa ga.

  24. Ria 13
    November 9, 2008

    gW suka bngt ma laskar pelangi!!!
    gW jG dah bCa novelx smpe 3x dlm 2 minggu….
    gW pgen ktmu pemain ank2 anggota laskar pelangi!!!

    gW ngEfaNz bngt ma mReka….

    i LoVe LaSkaR peLaNgi………

    yG jDi LiNtang n SyaHdaN gWaNteng n MaNieZ bnGt….. SuMpah! gW juJuR

  25. Dalang Kemplu
    November 10, 2008

    Uih….
    Luar biasa..Novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata…,menginspirasi banyak orang termasuk Dalang kemplu can mBanyumas..yang lagi promosi W@yang, barang kali ada yang mau naggap..??????
    Salam sukses…
    http://dalangjemblung.multiply.com

  26. rere
    November 14, 2008

    sebenernya aku anti banget m novel, baru kali ini aku terkesan m novel indo karena mengisahkan tentang kehidupan masyarakat kecil.mungkin pemerintah bisa sdr tntang pendidikan indonesia.

  27. Joely
    November 19, 2008

    Kuereeeeen buangeth….
    gw tuh pecinta novel sejati, tapi baru kali ini deh hanyut dalam emosi cerita….
    apalagi waktu Lintang meninggalkan sekolah…ya ampyuuuuuun…serasa sesak itu juga terasa…
    pokoke…is the best bangethhh dehhh…
    sulit untuk diungkapkan dengan kata2
    jadi kepengen ketemu Lintang asli n nanya2 tentang segala sesuatu, karena gw juga dulu bercita2 pengen jadi ilmuwan astronomi dan menembus Sorbonne. mengajarkan pada kita mimpi itu bukanlah suatu angan2 belaka tapi tujuan yang menjadikan kita semangat untuk meraihnya….two thumbs for Andrea Hirata…

  28. mee
    August 23, 2009

    jadi pengen baca bukunya! nanti titip deh kalo lagi ada yang ke indo hehee. salam kenal, baru pertama kali ketemu orang indo yang punya blog isinya book reviews 🙂

    Balasan Novroz
    salam kenal juga 🙂

    Sy dah liat blog mee…keren benar2 berdedikasi untuk buku….blog saya sih masih campur aduk. Tapi emang benar jrg bgt nemu blog orang indo yg ngereview buku…kebanyakan mereview film.

    Oh ya…buku laskar pelanggi ini wajib dibaca!!! ini 1-1nya buku Indo yg sy baca

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 10, 2008 by in Excessive Reader and tagged , .

Categories

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,178 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.