How to Stop a Cheating Student

Betapapun bagusnya sebuah sekolah, betapa ketatpun seleksi masuknya… tetep aja ada anak2 yg suka nyontek atau bergantung apad orang lain untuk ngejawab soal2 ujian. Berikut ini adalah cara2 jitu ala gw untuk mengurangi kegiatan mereka (tehnik ini khusus untuk anak yang paling giat nanya2nya) 

Ø      Pelototin terus tuh anak!!

Kelebihan : dia jadi susah untuk bergerak karena selalu dipandangi

Kerugian : anak2 lain jadi ga keperhatiin n terjadilah contek2an lain yang tak terdeteksi

Penyelesaian : Pelototin tuh anak kira2 70% trus 30%nya untuk yang lain (berharap aja anak yang dipelototin itu lumayan untuk dipandang kalo ga…yah sial deh lu!! Dah dpt anak bandel, ga indah pula) 

Ø      Tegor tiap dia nengok!!

Kelebihan : Dia jadi tau kalo lagi diamati jadi lebih hati2 nengok2nya

Kekurangan : kadang anak2 lain jadi rame ngatain tuh anak juga, hasilnya malah banyak yang nanya di tenggah keributan yang terjadi.

Penyelesaian : Jadilah seperti Bu Ai, kalo lagi negor yang lain ga berani bersuara juga…aura guru yang menakjubkan dari bu Ai ga da yang ngalahin deh. 

Ø      Catat namanya!!

Kelebihan : ga bikin ribut n ga ngerepotin

Kekurangan :  Belum tentu catatannya diperhatiin ma panitia atau guru mata pelajaran yang lagi dia contek

Penyelesaian : Yah setidaknya bisa dipake buat nakut2in mereka 

Ø      Diri di dekatnya!!

Kelebihan : Tuh anak benar2 bakal susah berkutik…benar2 harus nyari celah buat nyontek

Kekurangan : Cape bo!! Kalo kudu diri selama 1,5 jam kan lumayan gempor

Penyelesaian : Pandangi selama 45menit n diri di dekatnya selama 45menit berikutnya 

 

Cara terakhir adalah cara favorit gw kalo gw lagi ga cape atau lagi mood. Sebenarnya gw ga begitu streng soal Tanya menanya, karena kadanga itu mereka lakukan karena kepepet tapi adakalanya yang melakukan adalah orang yang sama sekali ga belajar trus berharap dari kiri kanan aja…nah yang begini nih yang bikin gw gatal pengen ngelempar sepatu ke tuh anak!!  

 

Untuk Semester ganjil tahun ini….Award Cheater Sejati jatuh ke tangan Seseorang dari X-2 dan Seseorang dari XI IPA 3.

5 Comments

  1. walah. dulu waktu SMP kelas 3 sampe SMA kelas 2, gw selalu ngebet + kerja sama pas ujian (setidaknya ga nyontek temen diem2 lah) .. kalo tanpa itu, terus terang saya tidak berkutik. Pelajaran SMA banyak banget @_@

  2. heran deh sm org2 yg doyan nyontek.
    klo nyontek, lantas ilmu yg didapet mo dikemanain?? nilai yg didapet mo diapain??

    enak tau, dpt nilai bagus murni hasil sndiri. banggaaaaaaa~ bgt ;p

    tips: mau pinter? jangan nyontekk!

  3. hehehe dasar anak pintar!!! gaya ngomongnya beda ma yang kasih komen pertama kali…

    betul!!! buat apa nyontek?? itu bukan kemampuan sendiri jadinya

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s