Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Menentukan Jenis Kelamin

Semua tulisan ini merupakan terjemahan dari Redearslider.com, Gambar dan foto2nya juga milik Redearslider.com (kecuali yang ada label blog ini).

This post is translated from Redearslider.com, the pictures are also from Redearslider.com (except those with my label) , I don’t own copyright for this post. My intention is only to help my fellow turtle lovers from Indonesia who don’t understand English very well.

Keterangan: Kame: kura2 pertama saya; Kroten: kura2 kedua saya.

Ciri-ciri fisik kura-kura

Red Ear Slider sangat mudah dikenali karena adanya garis merah dikepalanya, garis tersebut dianggap seolah2 telinga si kura2 sehingga namanya menjadi Red Ear (telinga merah) Slider. Sebenarnya, garis merah tersebut bukanlah telinganya. Telinga kura2 berbentuk garis melingkar dibawah garris merah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan liat di tulisan berjudal Ada Apa di Kepala Kura-Kura.

Bagian cangkang kura2 disebut Karapas dan Plastron. Karapas adalah bagian atas cangkang dan Plastron adalah bagian bawah cangkang. Bagian2 tersebutpun dibagi lagi menjadi beberapa nama. Lihat pada gambar di bawah.

Copyright belongs to redearslider.com

Ketika masih kecil, warnanya hijau (atau agak kekuningan seperti Kroten). Cangkangnya pun sedikit lunak. Ketika RES semakin besar, warnanya berubah menjadi semakin gelap dan garis merahnya pun mulai memudar. Perhatikan perbedaan warna kura2 kecil dan kura2 besar dibawah ini: (walaupun Kroten, si kecil, akhirnya tumbuh jadi warna kuning bukan gelap seperti kame, si besar)

RES tergolong kura-kura air tawar. Mereka tidak memiliki air liur sehingga mereka memerlukan air untuk menelan makanannya. Walaupun disebut kura2 air, tapi mereka cukup kuat hidup di darat hingga berhari-hari. Jika mereka menemukan makanan di darat. Mereka akan mencari air untuk menelannya. Kura2 tidak mempunyai gigi, tapi mereka memiliki paruh yang kuat untuk memotong sayur dan daging. Saya ssebelumnya sudah menulis tentang efek dari gigitan kroten disini.

Pengukuran dan Umur

Copyright belongs to redearslider.com

Pengukuran panjang kura2 dilakukan TANPA mengikuti lekuk karapasnya. Gunakan penggaris plastic untuk mengukurnya karena penggaris plastik tidak mengikuti lekuk kura2.

Kura2 yang baru menetas, biasanya berukuran kurang lebih 1 inchi (2,5 cm). setelah setahun ukurannya menjadi sekitar 2-3,5 inchi (5-9 cm). Kura-kura jantan dianggap telah matang seksualnya ketika mencapai ukuran 4 inchi (10,5 cm) dan betina pada ukuran 5 inchi (13 cm). Kura2 dewasa bisa mencapai ukuran 7 – 9 inchi (17,8 – 22,8 cm) dan betina bisa mencapai 10 – 12 inchi (25 – 30,5 cm). Saat ini, Kame berukuran 18 cm dan berumur 4 tahunan (tulisan edisi khusus ulang tahun Kame bisa dilihat disini); kroten berukuran 16 cm dan umur sekitar 2,5 tahun dalam peliharaan saya, tidak jelas umurnya berapa ketika masih di toko hewannya.

Catatan penting: Ukuran tidak bisa dijadikan patokan umur, namun kura2 peliharaan biasanya tumbuh lebih cepat daripada kura2 liar. Hal ini biasanya disebabkan karena kura2 peliharaan tidak melakukan hibernasi dan pemberian makan yang terlalu banyak. Makan yang berlebihan dapat membahayakan kura2. Silakan baca pola makan yang baik disini.

Jika dirawat dengan baik, RES peliharaan bisa hidup hingga 40 tahun (sementara RES liar umumnya hanya mencapai 20 tahun). Oleh karena itu, persiapkanlah diri anda untuk merawat mereka selama itu, jika tidak siap maka pikirlah kembali sebelum membeli kura2.

Jantan atau Betina?

Plastron melengkung ke dalam BUKAN jaminan

Jika anda pernah tertipu penjual kura2 dalam membedakan RES jantan dan betina…anda tidak sendiri!! Saya pun pernah tertipu. Ntah pedoman dari mana yang mereka pakai, yang pasti teori jantan betina mereka salah besar!!

Dulu teman sy melihat acara di TV yang mengatakan kalau kura2 Jantan itu memiliki plastron yang melengkung ke dalam (saya pun pernah melihatnya di buku cara merawat reptile, terbitan orang Indonesia yang sy lupa namanya) dan betina memiliki plastron yang datar sebagai ruang menyimpan telur. Ciri2 ini tidak 100% salah, tapi sangat tidak tepat diterapkan pada kura2 kecil. Bentuk plastron baru menjamin jantan atau Bettina ketika kura2 tesebut sudah cukup besar. Ketika masih kecil, plastron bukanlah patokan jenis kelaminnya.

Saya sempat dibuat bingung apakah kame betina atau jantan, bahkan saya membeli kroten atas dasar yang sama…berharap dapat jantan tapi ternyata kroten pun sama betinanya dgn kame.

Plastron tidak bisa dijadikan penentu jantan atau betina kecuali jika RES-nya sudah dewasa.

Secara ukuran tubuh, Jantan memiliki tubuh yang lebih kecil daripada betina.

Lihat foto di bawah ini!

Copyright belongs to redearslider.com

Betina memiliki cakar depan yang lebih pendek daripada jantan. Ekor betina juga lebih pendek daripada jantan, kloakanya pun lebih dekat ke pangkal ekor.

Ukuran ini terlalu kecil untuk menentukan jantan atau betina (Copyright belongs to redearslider.com)

Secara umum, kematangan seksual RES ditentukan oleh ukurannya. Anda harus menunggu hingga ukurannya mencapai 4 inchi (10,5 cm) untuk dapat menentukan jenis kelaminnya. Tidak mudah untuk menentukan jenis kelaminnya jika berukuran dibawah 10 cm. Ukuran tersebut biasanya dicapai setelah usia 2 hingga 4 tahun.

RES jantan yang lebih tua terkadang memiliki tampilan lain yang mencirikan bahwa RES tersebut adalah jantan, seperti hidung yanglebih panjang dan plastron paling bawah yang agak melengkung kedalam. Namun kedua ciri ini tidak bisa dijadikan patokan pasti saat RES masih muda.

Ini cakar/kuku Kame dan Kroten.  Kedua RES saya adalah betina.

Semoga infomasi ini berguna bagi para pemilik RES dan untuk info lebih banyak lagi, silakan klik icon informasi perawatan kura-kura di atas.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Ciri dan jenis kelamin, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA. Maaf saya TIDAK akan menjawab pertanyaan yang tidak berhubungan.

About these ads

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

237 comments on “Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Menentukan Jenis Kelamin

  1. ovy
    April 18, 2014

    Q binggung ne . Q dibeliin kura” ma suami tp g tau umur brapa, trus di kasih makan g pernah di makan. Matanya merem terus jarang di buka

  2. Dimas Agung
    April 19, 2014

    mas kok kura” saya bisa bertelur padahal ga ada jantannya gimana nih…?? trus kura” itu biasanya ada dimana ya??? satu lagi kame itu apasih kroten juga maksud nya apa mz???

    masih pemula.. hehehehe :D

  3. Aditya Kurnia Wiratama
    April 21, 2014

    Gan Ane Punya Kura2 Baru Dikasih Tetangga , Tetangga ane rawatnya didalam aquarium. Kalo gw dilepasin di halaman yang gk terlalu gede. Sekitar 2 minggu ane kasih makan kornet potongan. Tiba2 ada 1 kura2 yang stress kayaknya gan (ada 2 kura2 drmh ane). Pas ane tangkep buat ngasih makan, dia lari2 gk jelas gan, ane ksh makan gk mau. Nah itu gimana ya ? Fast Reply Gan (mbak juga) thanks ya

  4. phino
    May 13, 2014

    mau tnya ya mba.. kurapi sama kurapo kura2 saya..saya juga kurang jelas mereka klaminnya ap.. tp salahsatu dr mrka muncul jendolan(sprti daging di anusnya} itu kira2 apa ya? apakah penis?

  5. Muhammad Iqbal
    May 17, 2014

    Gan,gw bingung kura2 gw cewe ap cowo ya,sp tw lo bisa ngebantu

    • Novroz
      May 18, 2014

      Yah silakan dibaca aja di atas :)
      Menurut sy dah cukup jelas. Oh ya, sy ce jadi panggil mba atau nickname aja…jangan gan.

  6. Muhammad Iqbal
    May 26, 2014

    Tp uk.nya bru 6cm,apa udh bisa dibedain….??

    • Novroz
      May 28, 2014

      6 cm masih belum terlalu jelas…tapi sebenarnya dah bisa aga dikira2. Liat aja kloakanya, jaraknya jauh apa dekat

  7. kura2 saya ga mau makan terus. terus dia kurang lincah. tapi kalo digabung di aquarium gede sama ikan hias lainya, dia rajin berenang.. itu gimana ya caranya biar dia lincah meskipun sendirian ?

    • Novroz
      May 28, 2014

      Di kolamnya ditaro ikan2 kecil aja…dia sperti suka mengejar2 makanannya

  8. rossy
    May 27, 2014

    mba, saya punya kura2 yg kurang lebih sudah 10tahun saya pelihara, ukuran pertama sebesar kepalan tangan dewasa dan skrg sudah sebesar tangan org dewasa yg dilebarkan. selama 10tahun saya berusaha mencari kura2 brazil dengan ukuran yg serupa dan baru skrg dapatnya.. tapi ketika mereka disatukan dalam kolam awalnya mereka berdekatan hingga akhirnya kura2 yg baru spt menyerang kura2 saya, menggigit dan sulit dilepas.. karna hal tsb saya memisahkan dan menyatukannya kembali setiap hari dalam pantauan saya.. setelah berjalan seminggu, sekarang intensitas bertengkarnya berkurang tp masih gigit2an namun skrg cenderung kura2 baru terus mengejar kura2 saya.. sebenarnya itu knp ya ? oh ya, tambahan kura2 baru itu ditangkap oleh seorang teman dari rawa2, dan kura2 baru memiliki ekor sktr 5cm, sdgkan kura2 saya selama ada kura2 baru tidak pernah tampak ekornya..
    tolong bantuannya mba, terimakasih..

    • Novroz
      May 28, 2014

      Berarti mereka ga bisa disatukan dalam 1 kolam! Ada kura2 yang teritorial. Kroten ga pernah mau satu kolam dengan kura2 manapun, makanya dia sampai sekarang punya 1 kolam sendiri.

  9. nuris
    May 29, 2014

    gan kura2 saya sudah berumur 8 th ..wkt dulu beli masih kecil yg jual bilang co & ce.tp wkt baca informasi diatas,kayaknya kura2 ku ce2 semua….makanya yg satu banyak luka gi2tan…apa tempatnya harus dipisah ya ?

    • Novroz
      May 29, 2014

      Banyak luka gigitan?
      Sebenarnya ce dua2nya atau co dua2nya ga ngaruh dgn gigit-mengigit. Tapi yg satu pasti lbh galak dr yg lain. Kalo mau aman memang hrs dipisahkan

  10. Galih
    May 29, 2014

    proses kopulasi kura-kura terjadi di darat ato di air??

  11. Muhammad Ayyas
    July 5, 2014

    kura kura yang darat mana kura kura air yang mana

    • Novroz
      July 5, 2014

      Post ini tidak membahas perbedaan kura2 darat dgn air, tapi jantan dan betina dr kura2 air tawar.

      Kura2 darat gampang banget dibedainnya dr air, liat aja kakinya.

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 22, 2010 by in Kame&Kroten and tagged , , , , .

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,161 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Top Rated

Tweeeeeettttt

Goodreads

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,161 other followers

%d bloggers like this: