Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Menentukan Jenis Kelamin

Semua tulisan ini merupakan terjemahan dari Redearslider.com, Gambar dan foto2nya juga milik Redearslider.com (kecuali yang ada label blog ini).

This post is translated from Redearslider.com, the pictures are also from Redearslider.com (except those with my label) , I don’t own copyright for this post. My intention is only to help my fellow turtle lovers from Indonesia who don’t understand English very well.

Keterangan: Kame: kura2 pertama saya; Kroten: kura2 kedua saya.

Ciri-ciri fisik kura-kura

Red Ear Slider sangat mudah dikenali karena adanya garis merah dikepalanya, garis tersebut dianggap seolah2 telinga si kura2 sehingga namanya menjadi Red Ear (telinga merah) Slider. Sebenarnya, garis merah tersebut bukanlah telinganya. Telinga kura2 berbentuk garis melingkar dibawah garris merah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan liat di tulisan berjudal Ada Apa di Kepala Kura-Kura.

Bagian cangkang kura2 disebut Karapas dan Plastron. Karapas adalah bagian atas cangkang dan Plastron adalah bagian bawah cangkang. Bagian2 tersebutpun dibagi lagi menjadi beberapa nama. Lihat pada gambar di bawah.

Copyright belongs to redearslider.com

Ketika masih kecil, warnanya hijau (atau agak kekuningan seperti Kroten). Cangkangnya pun sedikit lunak. Ketika RES semakin besar, warnanya berubah menjadi semakin gelap dan garis merahnya pun mulai memudar. Perhatikan perbedaan warna kura2 kecil dan kura2 besar dibawah ini: (walaupun Kroten, si kecil, akhirnya tumbuh jadi warna kuning bukan gelap seperti kame, si besar)

RES tergolong kura-kura air tawar. Mereka tidak memiliki air liur sehingga mereka memerlukan air untuk menelan makanannya. Walaupun disebut kura2 air, tapi mereka cukup kuat hidup di darat hingga berhari-hari. Jika mereka menemukan makanan di darat. Mereka akan mencari air untuk menelannya. Kura2 tidak mempunyai gigi, tapi mereka memiliki paruh yang kuat untuk memotong sayur dan daging. Saya ssebelumnya sudah menulis tentang efek dari gigitan kroten disini.

Pengukuran dan Umur

Copyright belongs to redearslider.com

Pengukuran panjang kura2 dilakukan TANPA mengikuti lekuk karapasnya. Gunakan penggaris plastic untuk mengukurnya karena penggaris plastik tidak mengikuti lekuk kura2.

Kura2 yang baru menetas, biasanya berukuran kurang lebih 1 inchi (2,5 cm). setelah setahun ukurannya menjadi sekitar 2-3,5 inchi (5-9 cm). Kura-kura jantan dianggap telah matang seksualnya ketika mencapai ukuran 4 inchi (10,5 cm) dan betina pada ukuran 5 inchi (13 cm). Kura2 dewasa bisa mencapai ukuran 7 – 9 inchi (17,8 – 22,8 cm) dan betina bisa mencapai 10 – 12 inchi (25 – 30,5 cm). Saat ini, Kame berukuran 18 cm dan berumur 4 tahunan (tulisan edisi khusus ulang tahun Kame bisa dilihat disini); kroten berukuran 16 cm dan umur sekitar 2,5 tahun dalam peliharaan saya, tidak jelas umurnya berapa ketika masih di toko hewannya.

Catatan penting: Ukuran tidak bisa dijadikan patokan umur, namun kura2 peliharaan biasanya tumbuh lebih cepat daripada kura2 liar. Hal ini biasanya disebabkan karena kura2 peliharaan tidak melakukan hibernasi dan pemberian makan yang terlalu banyak. Makan yang berlebihan dapat membahayakan kura2. Silakan baca pola makan yang baik disini.

Jika dirawat dengan baik, RES peliharaan bisa hidup hingga 40 tahun (sementara RES liar umumnya hanya mencapai 20 tahun). Oleh karena itu, persiapkanlah diri anda untuk merawat mereka selama itu, jika tidak siap maka pikirlah kembali sebelum membeli kura2.

Jantan atau Betina?

Plastron melengkung ke dalam BUKAN jaminan

Jika anda pernah tertipu penjual kura2 dalam membedakan RES jantan dan betina…anda tidak sendiri!! Saya pun pernah tertipu. Ntah pedoman dari mana yang mereka pakai, yang pasti teori jantan betina mereka salah besar!!

Dulu teman sy melihat acara di TV yang mengatakan kalau kura2 Jantan itu memiliki plastron yang melengkung ke dalam (saya pun pernah melihatnya di buku cara merawat reptile, terbitan orang Indonesia yang sy lupa namanya) dan betina memiliki plastron yang datar sebagai ruang menyimpan telur. Ciri2 ini tidak 100% salah, tapi sangat tidak tepat diterapkan pada kura2 kecil. Bentuk plastron baru menjamin jantan atau Bettina ketika kura2 tesebut sudah cukup besar. Ketika masih kecil, plastron bukanlah patokan jenis kelaminnya.

Saya sempat dibuat bingung apakah kame betina atau jantan, bahkan saya membeli kroten atas dasar yang sama…berharap dapat jantan tapi ternyata kroten pun sama betinanya dgn kame.

Plastron tidak bisa dijadikan penentu jantan atau betina kecuali jika RES-nya sudah dewasa.

Secara ukuran tubuh, Jantan memiliki tubuh yang lebih kecil daripada betina.

Lihat foto di bawah ini!

Copyright belongs to redearslider.com

Betina memiliki cakar depan yang lebih pendek daripada jantan. Ekor betina juga lebih pendek daripada jantan, kloakanya pun lebih dekat ke pangkal ekor.

Ukuran ini terlalu kecil untuk menentukan jantan atau betina (Copyright belongs to redearslider.com)

Secara umum, kematangan seksual RES ditentukan oleh ukurannya. Anda harus menunggu hingga ukurannya mencapai 4 inchi (10,5 cm) untuk dapat menentukan jenis kelaminnya. Tidak mudah untuk menentukan jenis kelaminnya jika berukuran dibawah 10 cm. Ukuran tersebut biasanya dicapai setelah usia 2 hingga 4 tahun.

RES jantan yang lebih tua terkadang memiliki tampilan lain yang mencirikan bahwa RES tersebut adalah jantan, seperti hidung yanglebih panjang dan plastron paling bawah yang agak melengkung kedalam. Namun kedua ciri ini tidak bisa dijadikan patokan pasti saat RES masih muda.

Ini cakar/kuku Kame dan Kroten.  Kedua RES saya adalah betina.

Semoga infomasi ini berguna bagi para pemilik RES dan untuk info lebih banyak lagi, silakan klik icon informasi perawatan kura-kura di atas.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Ciri dan jenis kelamin, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA. Maaf saya TIDAK akan menjawab pertanyaan yang tidak berhubungan.

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

218 comments on “Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura dan Menentukan Jenis Kelamin

  1. Anggi
    March 29, 2013

    Kura2 RES saya bagian cangkang atasnya ada sebagian(1 ruas) yang warnanya transparan. Itu penyakit ato nggak?

    • Novroz
      March 29, 2013

      Transparant? Mksudnya dagingnya smp keliatan?

  2. rian
    March 30, 2013

    yahh akk sudahh tau yang mna betina yang mna jantan …..

  3. nisa
    April 11, 2013

    kura kura saya kulitnya ada yang mengelupas apakah itu penyakit?

  4. Louis
    April 28, 2013

    itu kame sama krotennya cewe ya?

  5. Liza
    May 1, 2013

    Kak.. Ak masih bingung sm jenis kelaminnya kura2ku
    Ak kasih foto kaki depannya ya..
    Turo: http://img259.imageshack.us/img259/9413/1367392763762.jpg
    En-en (agak cacat karena pernah tengkar sama turo) : http://img62.imageshack.us/img62/3329/1367393092878.jpg

    Tengkyu

    • Novroz
      May 2, 2013

      Hi Liza, 2-2nya betina :)

      • Liza
        May 4, 2013

        Makasih kak

  6. Kura-kura Surabaya
    May 2, 2013

    Terjemahannya tentang kura-kura brasil nya cukup bagus. Mungkin saya tambah nama lain RES (red eared slider) adalahTrachemys scripta elegans (latin), Kura hijau, atau kura-kura brasil/brazil

    • Novroz
      May 3, 2013

      Terima kasih atas tambahannya :)

  7. dellani
    May 3, 2013

    kak , aku mau tanya, tapi nunggu balesan kakak dluu .. belum foto kurakranya soalnyaa.. aku bngung itu jantan apa betina.. kayak gitu kan harus dibandingin dluu..
    ditunggu ya balesannya :)

    • Novroz
      May 4, 2013

      Ga mesti dibandingin, sekali liat kuku n kloakanya bs lgsg tau

      • dellani
        May 11, 2013

        ka bisa invit ?pin aku?

        • Novroz
          May 11, 2013

          Pin? maksudnya bb ya? sy ga pake bb.

  8. Kura-kura Ku
    May 4, 2013

    Kura RES yang dijual di Indonesia saya bilang 80% kemungkinan betina karena sudah diatur begitu. Untuk ternak 1 cowo 2 cewe

    - Tutorial di atas jelas kok, ingat (umur dan ukuran) karena ada yg tua jarang dikasi makan jadinya ukuran lebih kecil, ada yg muda tapi dikasi byk vitamin jadi ukuran jumbo. Kuku kaki DEPAN jantan istimewa … puanjaaaaaanggg … kaya cakar wolverine.

    Berikut poto2 kura2 saya, termasuk res

  9. Anggi
    May 6, 2013

    kalo kura-kura brazil mau bertelur,harus di pasir gak kak? hehe makasih ya:)

  10. nafisah
    May 6, 2013

    Kalo baru beberapa bulan cara mendeteksi bagaimana?
    kura-kura punya teman kemarin sudah bertelur 2 kali dan saya ingin mengadopsi yang jantan dan betina, bisakah cara di atas diterapkan??

    • Novroz
      May 7, 2013

      Seperti yang tertulis di atas, bayi ga bisa ditentuin. Bisa dikira2 dengan alasan warna lah, aga cekunglah dan lain sebagainya, tapi semua itu ga menjamin…hanya panjang ekor dan kuku yang menentukan…itupun setelah ukurannnya cukup besar

  11. Arie Kusnady
    May 7, 2013

    Saya mau tanya nih, kemarin kura-kura peliharaan istri kebetulan bertelur (sebelumnya saya dan istri tdk tau kalo mereka itu jantan atau betina). Yang baru kelihatan telurnya 1 butir. Apa telur bisa diletakkan begitu saja di daratan atau seperti apa untuk penanganannya? Saya dan istri bersemangat sekali melihat kura-kura nya bertelur. Ohya, di rumah itu (halaman belakang maksudnya) ada 5 ekor kura-kura, 2 yang masih anakan (1 beli 1 lagi nemu di jalan lagi “melamun sambil merangkak”) dan 3 yang dewasa (ukurannya besar maksud saya). Nah di antara ke3 yang besar itu tidak tau yang mana “pelaku” yang bertelur. Jadi kira-kira bagaimana caranya supaya telur itu bisa di tetaskan karena saya sudah baca-baca juga kalo kura-kura ternyata tidak menjaga telur mereka hingga menetas. Mohon pencerahannya sis..

    Thanks.

  12. ardha
    May 16, 2013

    mbak.. nanya nih..
    ni kok kura2 saya bdannya jauh beda kali ya.. yang satu nyaris bulet smpurna dan satu lagi kayak oval pdahal mkanan ma umur samaan kak.. t knapa ya? ato beda jns klamin mungkin?

    • Novroz
      May 16, 2013

      Kalo masih kecil belum bisa ditebak jenis kelaminnya…soal beda ukuran ya kayak manusia aja ga semuanya sama tinggi atau sama besar

  13. Michelle
    May 19, 2013

    Kura-kura saya baru umur 5 tahun kok udh mati padahal saya kasih makan setiap harinya MBA

    • Novroz
      May 19, 2013

      Hanya Tuhan yang tau.
      Kame sy yg paginya lelihatan sehat tiba2 meninggal pas sy pulang kerja. Sedih bgt tapi harus ttp ikhlas

  14. khusnul
    May 20, 2013

    Q bru beli kura-kura tpi q ga tau mna yg betina mna yg jantan,, kalau mmperhatikan kuku perbedaan nya apa.

    Thx

    • Novroz
      May 20, 2013

      Kalo masih kecil belum bisa dibedain

  15. anyunk
    July 26, 2013

    Saya baru aja melihara kura-kura. Kura-kura saya masih kecil. Panjangnya 6cm. Ada 2 ekor. Yg bikin saya agak heran adalah salah satunya seneng banget ngorek2 tanah. Kemudian dia diem di lubang itu ngumpet seolah-olah mau mengubur diri. Itu perilaku apa ya?

    Trims.

    • Novroz
      July 27, 2013

      Kura2nya jenis apa?
      Kura2 yg suka ngumpet seperti itu juga ada, jenisnya Emydura Schultzei….menurut sy itu emang udah sifat alami dia.

  16. ari
    July 31, 2013

    Hi Mas Novros, salam kenal..kura-kura saya akhir-akhir ini sering menggigit bagian pantat kura-kura yg satunya, sampai saya liat ada darah di pinggir pantatnya, nah saya bingung apakah kelamin dari kedua kura2 tersebut..boleh saya minta alamat e-mail mas novros untuk mengirimkan fotonya? alamat e-mail saya di ariordk@gmail.com, terima kasih mas

    • Novroz
      August 1, 2013

      Hi ari,
      Pertama2 saya bukan laki2 :)
      Kedua, foto bisa diupload di media upload foto online dan tinggalkan linknya dikomen :)

  17. dinda kartika
    August 4, 2013

    Kakak,.. Kura” aku ada benjolan besar di lehernya :( itu bahaya gak sihh?

    • Novroz
      August 5, 2013

      Kurang tau juga. Kalo benjolan itu tumor, ya bahaya

  18. khuril ain
    August 6, 2013

    aku beli kura kura sekitar 8 bulan lalu. pas aku beli, umur kura kura itu sekitar 1th kata penjualnya. naaah, sampai skrg, kura kura itu gaada perubahan bentuknya. mksdnya, gak nge gedein sama sekali. padahal mau kok kalau dikasih makan.. kenapa yah? makasihh :)

    • Novroz
      August 6, 2013

      Maksudnya perubahan bentuk bagaimana?

    • Novroz
      August 7, 2013

      Sepertinya 2-2nya perempuan. Kalo jantan kuku depannya panjang bgt.
      Sayang ga ada foto yang nunjukin kloakanya

      • Dhia Fauzia Rahman
        August 8, 2013

        kloaka itu yang mana kak? kalo bisa, nanti aku fotoin

        • Novroz
          August 8, 2013

          Coba liat penjelasan di atas. Disitu tertulis kloaka yg mana

  19. Yanu Aldi Sperroo
    August 18, 2013

    apa suhh untungnya punya RES…???

    • Novroz
      August 18, 2013

      Apa ya? Sy juga ga tau. Yg sy tau cuma sy sayang bgt sama RES, Reeve’s turtle dan short neck sy :)

      • Yanu Aldi Sperroo
        October 30, 2013

        aq punya 2 kakk

        tpy baru dirawat 3 minggu yg udh matii,
        waktu itu kandangnya sya campur ama ikan mujaer,
        tpy pas 2 hari stelah matinya res ku, mujernya gantianmati, jdi res ku tnggal 1 sendirian di kandang

  20. tamie
    August 20, 2013

    klo kura2 braxzil di satukan t4x dgn kura2 lokal, apa gak apa2?
    ukuran kura2Q dah skitar 9 cm (kyakx) tp dbwahx dtar trus cakarx pnjang, kmungkinan tu jantan atw betina yah???

    • Novroz
      August 20, 2013

      Kalo kura-kuranya bisa menerima kura2 baru gapapa disatuin. RES saya saya pisah dr 2 yang lain karena dia agresif.
      Kalau cakarnya panjang, kemungkinan jantan

      • habib
        December 8, 2013

        mbak klau kura2 ny disatuin dngn ikan bisa gk sih

        • Novroz
          December 10, 2013

          Ikannya kalo gerak cepat akan aman tapi kalo lambat2 ya siap2 digigit si kura

  21. dedi
    August 28, 2013

    saya belum tau jenis kelamin kura kura saya apakah jantan atau betina
    di samperin aja malah takut

    • Novroz
      September 29, 2013

      Asaal keliatan kukunya bisa langsung ketauan kok

  22. Rudi
    August 30, 2013

    Emang nya kura2 brazil bisa hdup dlm brpa thun ???

  23. adhit
    September 11, 2013

    “Ada 2 hal yang menyebabkan kura2 bertelur:

    Sama halnya seperti mamalia yang sedang menstruasi, burung dan reptile juga mengalami hal yang sama…namun mereka mengeluarkan telur bukan darah seperti umumnya mamalia. Telur2 tersebut adalah telur2 infertile yang tidak akan pernah menetas karena tidak ada penjantannya. Terjadi kira2 pada usia 3-5tahun dimana kura2 sudah dianggap dewasa.”

    mas bro…salam kenal sebelumnya…

    ane mw tanya khusus kalimat yg itu biasanya kura”nya mengeluarkan berapa telur infertile??brp kali dy bertelur infertile?

    soalnya punya ane ad 2 kura” (msh blm bs yakin status kelaminya :D), sy beli dari akhir 2009, sekitar bulan februari ad bekas cangkang telur pecah di sekitar box tempat tinggal kura” (wktu itu msh saya taruh dlm box, mengingat ad perbaikan rumah..hehehe..), sekarang setelah saya buatkan t4 baru,,dan kura” bisa bergerak bebas,,skg (september) kura” kembali bertelur di dekat kamar mandi,ad sekitar 12 buah…

    pertanyaan selanjutnya:
    1) apakah mmg sdh umum utk ditetaskan?
    2) bagaimana cara menetaskan telur” nya?

    (klo boleh sms aj mas bro klo ad no hp…:D)

    trims bwt info sebelum dan sesudahnya…

    • Novroz
      September 12, 2013

      Pertama2 saya bukan mas-mas atau bro :)

      Kedua, maaf sy ga bagi2 nomor HP yg artinya sy ga mungkin smsan :)

      Nah soal pertanyaannya, kalo si telur ga dibuahi, artinya si jantan ga pernah berhubungan dgn betina maka selamanya si telur ga akan menetas. Kalo memang sudah dibuahi maka bisa menetas tapi sy sama sekali ga tau bagaimana menetaskan telur karena blm pernah sy lakukan :)

  24. Miftach
    September 28, 2013

    Mba’ minta kura2nya ?? boleh gax ???

  25. oooo
    September 29, 2013

    kura kura saya 1ekor, sudah beberapa kali bertelur bisakah menetas..?

  26. francisca
    October 7, 2013

    Saya ingin bertanya.kalau kura -kura berbunyi maksudnya apa yaa..

  27. chris
    October 21, 2013

    sebaiknya kura-kura dipelihara sendiri atau berpasangan??
    ak cm punya satu,
    takutnya kesepian atau kalau pas musim kawin bs agak stress kyk anjing/kucing.

    sama tempat pemeliharaanya, kalau cuma di bak/akuarium kecil bisa stress jg?
    soalnya klo dilepas suka hilang di sudut2

  28. Satria Iman
    October 21, 2013

    kak mau tanya kura kura saya yang rambo itu kukunya panjang dan bentuk tubuhnya pyramid sedangkan yang Bamboe itu kukunya panjang dan bentuknya bulet. Apakah keduanya jantan/betina atau jantan dan betina mohon bantuannya

    • Novroz
      October 22, 2013

      Kalo bisa, kasih link fotonya. Kalo beda panjang kukunya sedikit aga mungkin sama2 betina. Jantan itu panjang bgt kukunya

  29. Chandra
    October 27, 2013

    Kalau mau tanya kura kura aku si boni kukunya pendek tapi badannya gede kalori si dini badannya kecil tapi kukunya panjang nah berarti aku salah ngasih nama dong ka padahal belinya bareng

    • Novroz
      October 29, 2013

      Badan ga gitu ngaruh, cukup liat kuku dan ekornya aja. Panjangnya tuh panjang bgt dibanding yg betina

  30. Chandra
    October 30, 2013

    Ka kura kura aku suka ngikuttin aku terus kukunya sakit banget klo nginjek aku apa harus di gunting

  31. redwin
    October 31, 2013

    Mpok, aku baru beli dua kura kata penjualnya salah satu cara menentukan kelamin selain ekor juga motif bagian bawah, kalo motifnya besar cowok kecil cewek

    • Novroz
      October 31, 2013

      Oh ya? Kame saya besar-besar motifnya dan ce, Kroten kecil2 motifnya dan ce juga.

  32. Chandra
    November 1, 2013

    Ka kura kura saya kukunya panjang apa harus digunting soalnya sakit klo nginjek

  33. Chandra
    November 1, 2013

    Mohon dijawab terus saya minta pin bb dong ka klo punya supaya ngobrol nya gampang sekian dan terima kasih

    • Novroz
      November 1, 2013

      Maaf ya Candra…saya mau dibilang sombong kek apa kek udah ga peduli lagi karena saya cape ngejawabin pertanyaannya yang ga mau baca tulisan saya. Saya jelas2 tulis : Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Ciri dan jenis kelamin, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA. Maaf saya TIDAK akan menjawab pertanyaan yang tidak berhubungan. < Jadi tolong hargai apa yang saya sudah cape2 tulis. Lihat aja di atas ada pertanyaan2 yang ga saya jawab tapi pertanyaan berikut malah saya jawab.

      Terima kasih.

  34. Dwi Rahma
    December 2, 2013

    aku baru beli kura-kura, tapi di kasih makan ga mau. sekalinya dimakan malah di keluarin lagi.. kenapa ya?

  35. keken
    December 8, 2013

    Thank inform nya skrang sya tau poki itu jantan hehe

  36. Rahmi Maulidayanti
    January 15, 2014

    Jenis kura-kura kamu apa yang keduanya?

  37. Merisa
    January 16, 2014

    Maaf, mau tanya..
    Obat u/ RES yg pilek dan matanya bengkak apa ya??
    Apa ada cara alami selain obat??
    Minta referensi petshop / tempat yg jual obatnya ya,,Soalnya sya udah ke 4 petshop gaada yg jual . . :’(
    Tus brpa lama RES bisa bertahan hidup klo ga diobatin???
    Terimakasih

  38. Vie Evie
    January 28, 2014

    Met malem….lam kenal..aku evie dr papua…kemaren aku beli 2 kura2 imut2 but g tau jenis kura2 apa…trus wkt aku nanya kelaminnya apa..yg jual jwb gak tau yaakk abis dr jawa gak keterangan nama n gendernya apa…hanya aja tu kura2 panjangnya 3 cm warnanya ijo.di .kpalanya ada garis2 trus ada warn orange di samping kiri kanan kepala … Please bantuin aku ngenalin nama kura2ku skalian gendernya yaaakk tengkyu

    • Novroz
      January 28, 2014

      Hi Vie…yang ada garis merahnya itu kemungkinan besar Red ear slider atau biasa disebut di Indonesia kura2 Brazil.

      Ukuran 3 cm? kan saya dah tulis diatas, dibawah 10cm ga bisa ditebak gendernya

  39. Joel
    February 1, 2014

    kk bantu ak ngebedain kura kura ak dong karena aku sering liat mereka deket2 gitu apakah cewecowo atau cewe2 n cowo2 : tp aku gk tau cara upload fotonya

    • Joel
      February 1, 2014

      tolong kasih tau ak cara upload fotonya thanks

      • Novroz
        February 1, 2014

        Gampang kok, upload aja di twitter atau FB atau photobucket atau situs2 upload foto lainnya trus copy-paste linknya disini.

  40. Daniel
    February 6, 2014

    Kak, kura2 ku cewe, udah 7 tahun miara, biar bisa bertelur, bagaimana ya? Trims

    • Novroz
      February 6, 2014

      Wah itu sih hukum alam, kalau mau bertelur (telur yang ga akan pernah menetas) ya bertelur dgn sendirinya. Kalo mau bertelur yg bisa menetas ya harus ada jantannya

      • Daniel
        February 7, 2014

        Kira2., disaat kapan itu kura2 mau kawin dengan jantannya, dan brp umur jantan yg siap kawin?

        • Novroz
          February 9, 2014

          Wah ga tau sy, sy ga pernah mengawinkan kura2 soalnya

  41. aloys
    February 10, 2014

    haloo, saya kebetulan memelihara res 2 ekor yg baru saya pelihara selama 8 bulanan, ydengan ukuran karapas 2 inch, kebetulan juga saya memelihara kura kura cst,, seandainya jika digabung jadi satu, pada brantem ga ya

  42. safriko
    February 20, 2014

    haloo,saya punya kura2 brazil baru beli kemarin,kata penjualnya sih laki perempuan,kura-kura brazil makanannya apa ya??
    pas itu saya pernah kasih sayur-sayuran nggak mau makan
    sama kalo ngasih makan kura2,pas kura2nyadi darat apa di air???
    trims

  43. ranaul
    February 23, 2014

    Kalau saya cuma punya kura-kura 1 ekor tidak apa2 kan? Maksudnya dia enggak kesepian kan ya? ._.

  44. William jacques
    March 18, 2014

    Kak punya nomer telpon?nnt aku sms klo punya soalnya aku mau kirim gambar kura kura ku ga bisa.klo punya kirimin ya; )

    • Novroz
      March 19, 2014

      Punya tapi bukan buat public :)
      Maaf ya semuanya lewat online aja

  45. William jacques
    March 18, 2014

    Permisi!Aku masih bingung kura kura ku berkelamin apa.tolong bantuin liat kura kura ku 3″nya ya (ada 3 kura kura)

    http://t.co/1QpfJqzcXC

    http://t.co/UVHW4lnU8O

    http://t.co/iPIQpq9V0M

    • Novroz
      March 19, 2014

      Yang 1 mungkin co, yang 2 dah pasti ce, Tapi kalau mau lebih yakin, foto ekornya yang keliatan kloakanya

  46. William jacques
    March 21, 2014

    Yang mana cwe yg mana cwo? Jawab ya
    Gambar 1

    http://t.co/XxvjzP49O4— william jacques (@williamjacques8) March 21, 2014

    photo/1
    Gambar 2

    http://t.co/6dbq0WrP12— william jacques (@williamjacques8) March 21, 2014

    photo/1

    • Novroz
      March 21, 2014

      Yang atas cowok yang bawah cewek

  47. William jacques
    March 22, 2014

    Bukanya yang bawah yang cowo ta?kliatany kloakanya lebih jauh

  48. William jacques
    March 22, 2014

    Thx ya infonya.aku jadi tau mana kura2 ku berkelamin apa!

  49. vanindya
    April 15, 2014

    Kura kura yg stress itu krna ap ya ? Aku pnya 2 kura kura yg satunya diem dan gak nafsu makan, apa dia sakit ato bagaimana ya ?? Tapi wktu aku pisahkan yg satu tadi.. tetep aja diem. Tolong bls ya.

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Information

This entry was posted on November 22, 2010 by in Kame&Kroten and tagged , , , , .

My Monthly Post

undefined

undefined

undefined

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 966 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Top Rated

Tweeeeeettttt

  • On the way to Papandayan :) wish me luck and hope everything goes well. 1 day ago
  • Yeaaa ke Papandayan hari ini!! Walaupun aga ga seru nih karena anggi ga jadi ikut :( 2 days ago

Goodreads

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 966 other followers

