Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Ada apa aja di kepala kura2?

Hehe ini tulisan iseng aja. Kayaknya ga banyak orang yang pernah benar2 merhatiin kepala kura2…jadi sy pikir ga ada salahnya nulis ttg apa aja yang ada di kepala kura2.

Sy punya 2 ekor RES (red ear slider/ kura2 brazil)…tapi beruntungnya mereka ga sama. Kame adalah RES yang umum berwarna hijau coklat gelap sementara Kroten adalah RES yang berwarna pastel/ kuning….sehingga motif mereka aga sedikit berbeda.

Kepala Bagian Atas.

Dr atas aja dah terlihat perbedaan nyata Kame n Kroten. Motif Kame jauh lebih jelas drpd Kroten. Di foto ini ga terlalu terlihat…mungkin karena pengaruh lampu, tapi sebenarnya garis merah (karena itulah kura2 ini disebut red ear slider) di kepala kroten jauh lebih merah dibanding kame.

Kepala Atas

Kepala bagian samping

Karena warna Kroten yang kekuningan jadi Kroten tampak lebih pucat drpd Kame.

Samping

Leher

Di leher juga terlihat betapa motif Kame jauh lebih ketara drpd Kroten. Dlm hal motif kame terlihat lebih bagus drpd Kroten, tapi dalam hal warna Kroten terlihat lebih bagus.

Leher

Perlu diingat bahwa motif kura2 itu ga ada yang sama…sama halnya dgn sidik jari manusia…maka ga akan pernah ditemukan RES dgn motif yang identik…Subhanallah.

Tahukah kalian dimana telinga kura2?

Walaupun nama kura2 ini adalah Red ear Slider (Slider bertelinga merah) tapi garis merah itu bukanlah telinga kura2, telinganya ada di bawah garis merah tersebut…seperti yang qt semua ketahui, reptile tidak punya daun telinga!! Jadi jangan harap menemukan telinga kura2 dgn gampang.

Waktu Kame masih kecil bgt, kira2 masih seukuran di bawah 5cm…sy suka nyari2 telinganya…tapi ga ketemu2 karena memang belum jelas terlihat. Semakin gede, telinga kame semakin jelas terlihat. Bentuknya seperti di bawah ini. Berbentuk setengah lingkaran. Walaupun cuma seperti garis begitu…tapi sy bisa jamin kalo pendengaran mereka sangat baik.

Turtle Ear

Garis telinga itu terus menyambung sampai ke mata (lihat foto di bawah). Lalu ntah untuk tujuan apa, garis tersebut berlanjut hingga ke atas hidung dan sampai ke mata di sisi yang lain. Sejujurnya sy ga ngeh sama garis ini sampai sy ambil fotonya…kalo dilihat langsung aga ga jelas.

Turtle line

Tahukah kalian kalo kelompak kura2 itu menutup ke atas?

Sy, jujur aja, ga tau hal ini sebelum gw punya mereka. Kelopak mata manusia itu menutup dr atas ke bawah, jadi yang banyak bergerak adalah kelopak atas…sementara kura2 melakukan hal yang sebaliknya…mereka menutup matanya dr bawah ke atas. Perhatikan foto di bawah dgn baik, akan telihat garis mata ada diatas dan kelompak bawah tampak mengelumbung.

Sleeping eyes

Nah yang ini lebih jelas terlihat bagaimana pergerakan kelopak mata kura2…hehe tapi gambarnya aga sedikit berlemak (maksudnya lemak Kame terlihat bgt hehe)

eye

Oh iya…mata kura2 juga bermotif loh!! Kalo dilihat dr dekat, warnanya aga2 blurry gitu…luthu deh.

Yah sekianlah ttg kepala kura2…hehe semoga ada yang terhibur pas membaca ini :)

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

undefinedTulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Pola Makan yang baik
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara Melatih Kura-kura
About these ads

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

22 comments on “Ada apa aja di kepala kura2?

  1. jeffry
    September 12, 2010

    wow, baru tau juga saya miss. haha.
    mungkin klo soal corak itu mengindikasikan daerah dia tinggal, misal ditempat terang warnanya juga terang untuk kamuflasi. (ga tau juga haha)

    • Novroz
      September 12, 2010

      Haha ngarang amat soal corak. Warna Kroten yg lebih muda karena dia jenis morph, bukan RES biasa.

  2. Jeffrey
    April 23, 2012

    eh eh. kk . kenapa kura-kura itu menutup mata dari bawah ke atas?? -_-

    • Novroz
      April 23, 2012

      Kenapa? ya dari sananya ;) Hanya Tuhan yang tau

  3. natsu
    April 28, 2012

    aku punya 2 kura” res, msih brumur 2blan sih,,
    tpi d dket mata daima(jntan) kaya ada bisulnya(wrna putih) itu apa sih? kasih tau dnk=.=

    • Novroz
      April 30, 2012

      Hi Natsu…
      maaf kl soal bintik putih itu sy jg krg tau. Mungkin smacam penyakit kulit atw bs jg hanya kulit yg kering

  4. natsu
    April 30, 2012

    iya, skrg uda ilang, kalo dperhatiin sih kaya bisul =_=
    apa dlu kroten jua ngelupas gitu kulitnya? kaya selaput” transparan gitu dleher ama kaki’nya,,

    • Novroz
      April 30, 2012

      Ganti kulit emang hal yang wajar…namanya juga reptile ;)

  5. natsu
    May 4, 2012

    oh, yaudah lw gitu, aq kira itu jamur apa apaa gitu,, hehe pemula -_-

  6. Donna
    July 4, 2012

    kalo ngebersihin kepala bagian atasnya gimana ya? punya si ahri da numpuk nih..

  7. vicky
    July 11, 2013

    kalo mata nya buta cara nyembuhin nya gimana ya?

  8. dini
    August 20, 2013

    aq bru pelihara kura2, tp lupa tanya jenis ny apa,klo d perhatikan hnpir mirip sama RES,ada garis di samping bgian kepala,ga tau umur ny jg tp dy gk prnh buka mata dr awal beli,knp ya kura2 ny??
    makasih..

  9. arya ramadhan simaremare
    September 12, 2013

    nama kura2 ku mas si kempi.rencana mau beli satu lagi.kasih nama apa ya???????????

  10. Rey
    September 18, 2013

    Papoe kok mirip kura kura emydura ya??? Imyut:*

    • Novroz
      September 20, 2013

      Dia emang jenis emydura, emydura schultzei

  11. Fari
    September 7, 2014

    Kalo di kepalanya ada putih” nya?

  12. husna
    October 21, 2014

    Cara ngilanginnya giamana ya…

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 2, 2009 by in Kame&Kroten and tagged , , , .

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,189 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik ;) “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Top Rated

Goodreads

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,189 other followers

%d bloggers like this: