Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Perawatan Kura-kura Brasil (Pola Makan)

Karena semakin Banyaknya pertanyaan yang tidak  berhubungan dengan makanan … jadi saya ingatkan, TOLONG kalo mau bertanya bukan yang berhubungan dgn makanan ditanyakan di> Tanya Jawab Sekitar Kura-Kura RES

Sebelumnya, saya dah ngebahas soal habitat kura2 yang baik…sekarang saya akan membahas Pola Makan kura2 yang baik. Seperti posting sebelumnya, sy bakal ngebahas hal hal yang salah terlebih dahulu baru yang benar.

Orang2 Indonesia menganggap bahwa kura2 itu sebaiknya hanya makan PELET dan IKAN2 KECIL…tapi sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan besar!!!

Kenapa salah?? Ikan kecil, udang, ayam yang udak dimasak atau makanan hewani lainnya mengandung kandungan protein yang tinggi. Kura2 yang memakan makanan berprotein terlalu tinggi akan menyebabkan kura2 tersebut overgrowth (tumbuh terlalu cepat) dan menderita Pyramiding. Kegemukan dan pertumbuhan yang terlalu cepat akan membahayakan organ bagian dalamnya sama seperti orang yang mengalami kegemukan. Pyramiding juga membahayakan fungsi kerja hatinya. Dengan sangat menyesal, itulah yang terjadi pada Kame, tapi sekarang Kame sudah menjalani diet demi kebaikannya.

Lihat photo di bawah ini!! Terlihat tanda2 awal pyramiding. Kura2 yang sehat akan memiliki Karapas yang mulus melengkung bukan gradakan seperti kame.

Pyramiding Tahap Awal

Pyramiding Tahap Awal

Photo berikut menunjukkan betapa cepatnya Kame tumbuh. Pada photo kame dgn jeruk: Photo pertama diambil pada februari 1007 dan yang kedua pada maret 2009, dalam jangka waktu 2 tahun kame tumbuh dgn sangat cepat. Kura2 betina pada usia 2-3thn biasanya berukuran maksimal 5 inchi tapi lihat photo berikutnya, kame panjangnya sudah mencapai 8 inchi, padahal itupun pengukuran secara kasar tanpa mengikuti lengkungan karapas.

Tumbuh terlalu cepat

Tumbuh terlalu cepat

too-long

Bagaimana cara mencegah semua ini?

Kura2 air tawar seharusnya lebih banyak makan sayuran dibanding daging2an. Walaupun mereka tergolong omnivora namun mereka cenderung lebih herbivora drpd carnivora. Oleh karena itu, aturlah pola makan mereka sebaik2nya.

Pelet diberikan secara konstan saat kura2 tersebut masih kecil, kira2 seukuran masih dibawah 8 Cm…setelah itu sebaiknya mereka mulai dibiasakan makan sayuran. Sayuran2 yang baik untuk kura2 dan terdapat luas di Indonesia adalah Sawi (baik sawi yang hijau maupun sawi yang agak pendek), Kangkung, Semua jenis selada (kecuali selada yang mirip kol karena selada itu ga mengandung gizi yang cukup). Wortel dapat diberikan sekali seminggu karena mengandung terlalu banyak gula namun vitamin A-nya diperlukan untuk mata. Agar mempermudah kura2 makan, sayuran dpt diikat seperti di bawah.

kangkung

Bayam sama sekali TIDAK BOLEH diberikan pada kura2 karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium.

Kura2 juga memerlukan Vitamin E yang cukup guna mempermudah scutting (pengelupasan karapas). Vitamin E didapat dari Ubi masak, namun hanya dapat diberikan sekali seminggu karena ubi mengandung banyak gula seperti wortel (INGAT! Jangan berikan wortel dan ubi secara bersamaan). Selain itu Vitamin E juga bisa didapat dari kulit apel. Beberapa sayuran yang tertulis diatas juga mengandung vitamin E.

Pengelupasan Karapas

Pengelupasan Karapas

Tidak banyak yang tahu bahwa TULANG SOTONG sangat dibutuhkan oleh kura2. Tulang sotong mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh karapas kura2. Tulang sotong ini dapat ditemukan di toko2 yang menjual pakan burung, karena burung juga memerlukan suplai kalsium tersebut. Lihat photo dibawah! Gambar 1 menunjukkan bagian belakang tulang sotong yang keras, sementara gambar 2 menunjukkan bagian bawah tulang sotong yang dapat dimakan. Jika dipegang, bagian belakang terasa seperi mika sementara bagian bawah terasa seperti kapur tulis. Bagian keras tersebut harus dibuang terlebih dahulu karena kura2 tidak dapat mencernanya. Congkel-lah bagian keras tersebut dgn pisau yang aga tumpul, harus sabar ya!! Gambar 3 menunjukkan tulang sotong yang sudah dicongkel bagian kerasnya. Pemberian tulang sotong bisa dgn sedikit2 (potonga2 kecil) atau dgn potongan aga besar lalu diikat dan biarkan kura2 makan sesukanya (gambar 4).

Tulang Sotong

Tulang sotong biasa dijual di tempat2 yang biasa menjual makanan burung karena burung juga butuh tulang sotong. Harga beragam, yg paling murah 500 persatu tulang, yang paling mahal yang pernah saya temukan 5000 pertulang.

Nah itulah sekilas tentang makanan sehat bagi kura2. Semoga berguna bagi anda.

Kame sangat suka kangkung dan wortel, kroten akan memakan apapun yang diberikan padanya. Keduanya sangat suka tulang sotong. Pada awalnya Kame sama sekali ga mau menyentuh sayur2an kecuali wortel…namun demi kebaikannya, sy paksa dia makan sayur dgn cara ga dikasih apapun sampai dia makan sayurnya. Sekarang kame makan sayur tiap pagi dan sedikit pellet tiap malam.

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

Tulisan lainnya:

  1. Habitat yang baik
  2. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara melatih Kura-kura

Catatan penting!!

Karena tulisan ini sudah terlalu banyak pertanyaan…kasian yang bacanya atau yang mau ninggalin komen, jadi form komen disini saya tutup :)

Tapi bukan berarti saya tidak terima pertanyaan lagi loh!:)
Silakan bertanya di Tanya- Jawab Sekitar Kura-Kura

About these ads

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

282 comments on “Perawatan Kura-kura Brasil (Pola Makan)

  1. William jacques
    March 21, 2014

    Biasanya kura2 sehari diberi makan brp kali?

  2. smael
    March 22, 2014

    kak kura kura saya kok ngak mau makan ya

    • Novroz
      March 23, 2014

      Mungkin dia sakit atau stress. Tapi saya ga tau cara menanggani kura2 yang ga mau makan karena semua kura2 saya ga perenah ga nafsu makan

  3. sonr
    March 23, 2014

    kak kura2 saya yg masih kecil (4cm) tiba2 ga mau makan, tadinya lahap bgt makan pelet, knp ya kira2? apa krn saya baru ganti air? trus klo ukuran sgitu sampe kpn dia bisa tahan ga makan?

    • Novroz
      March 24, 2014

      Seperti yang saya tulis pada pertanyaan yg sama diatas. Ga makan itu biasanya karena stress atau sakit. saya kurang mengerti cara penangganannya karena ga pernah mengalami punya kura yg ga mau makan

  4. raiyaroof
    April 14, 2014

    sis, kalo sudah terlanjur piramiding, bisa ditreat nggak utk mengembalikannya? kalo bisa, caranya gmn? thanks..

    • Novroz
      April 15, 2014

      Bisa! Dengan mengasih makan yang benar. Aga lama balik normalnya tapi perlahan berubah dengan dia melakukan shedding (pengelupasan scute)

  5. Ridho BS
    May 10, 2014

    Akuariumku udah dikasih batuan buat berjemur kuraku,tapi dia ngk mau berjemur sama sekali.kenapa itu?

  6. Artistika
    June 2, 2014

    kak bukannya kalau kura2 makan cuma segitu enggak laper ?
    soalnya kurakura saya kalo blum di kasih makan dia nggigiti kasurnya aneh ?
    mohon di jawab ya

    • Novroz
      June 3, 2014

      mereka selalu lapar…kita yang harus ngotrol jgn smp kelebihan

  7. bhembhenk
    June 14, 2014

    tolong infonya kura@” makanannya apa selain pelet. karena saya masih baru ngerawat kura”. dan kalo mau konsultasi kemana ya? thx

    • Novroz
      June 14, 2014

      Yah seperti yang tertulis diatas…silakan dibaca

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 15, 2009 by in Kame&Kroten and tagged , , , , .

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,160 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Top Rated

Tweeeeeettttt

Goodreads

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,160 other followers

%d bloggers like this: