Polychrome Interest

A Random Blog of Everything I like

Perawatan Red Ear Slider (Habitat Yang Baik)

Orang Indonesia telah lama memiliki pemahaman tentang cara merawat kura-kura yang salah. Sehingga menyebabkan orang2 yang baru punya kura2 melakukan kesalahan yang sama…salah satunya adalah gw. Semua kesalahan itu baru gw ketahui setelah menemukan situs2 berbahasa Inggris yang menjelaskan ttg perawatan kura2 yang biasa disebut kura2 brasil (nama sesungguhnya adalah red ear slider).

Forum redearslider.com telah banyak membantu sy Namun situs tersebut berbahasa Inggris dan gw ingin membagi cara merawat dalam bahasa Indonesia untuk mereka yang tidak begitu pandai berbahasa Inggris.

Pertama2 qt lihat tempatnya.

Berikut ini adalah KESALAHAN yang banyak terjadi di Indonesia.

1. Kura2 dibiarkan hidup di tempat kecil, intinya sih yang penting berair. Lihat gambar dibawah (dgn model kame tersayangku). Di dalam sebuah ember yang member sedikit bgt ruang buat bergerak. Perlakuan ini sangat menyiksa mereka!!! Kura2 itu mahluk yang senang berenang n berjemur sekali2. Coba bayangkan kalo kalian tinggal di ruangan yang cuma bisa buat berdiri aja, enak ga?? Nah begitu pulalah perasaan mereka.

Ada 2 orang yang gw dah tau persis melakukan itu. Teman Riki punya kura2 brasil yang dah belasan tahun dalam ember. Tetangga gw yang  lama juga punya kura2 (bkn red ear slider) yang dah 15thn hidup dlm tempat sekecil itu.

Sy melihat kame dlm ember itu cuma beberapa menit aja dah ga tega…apalagi sampai belasan tahun begitu…huaaa tega bener!!

too-narrow

2. Kura2 hidup dalam air yang sedikit. Ah ini kesalahan yang dulu sy lakuin. Lihat gambar (dgn model masih kameku nan cute). Tinggal di container plastic yang lumayan bisa buat bergerak tapi air cuma sebatas karapasnya. Kesalahan ini paling sering terjadi. Sy liat dimana2 n bahkan gw berfikir emang begitulah caranya….dan betapa salahnya sy!!

Air yang sedikit itu memang kepake buat mereka menelan makanan karena mereka ga punya air liur dan lidah untuk menelan jadi mereka menggunakan bantuan air namun air sedangkal itu membuat mereka ga bisa berenang bebas.

Dgn menyesal sy katakana bahwa si bule Kroten masih tinggal dgn cara begini :(…tapi itu cuma sementara samapi gw punya uang untuk beli filter atau sampai kame n kroten ga bisa akur dlm 1 kontainer.

low

Sekarang mari qt lihat tempat kura2 yang benar.

1. Buatlah Aquarium berkapasitas 400liter jika tidak ingin mengganti2 aquarium setiap kura2 mulai membesar.

Tapi seperti yang qt semua ketahui…membuat aquarium yang besar butuh uang yang besar juga dan ga semua orang mampu ngeluarin jutaan untuk bikin aquarium. Untuk sementara bisa pakai container plastik. Carilah yang paling besar!! Punya gw ukuran 125liter. Untuk sementara, karena kame belum mencapai ukuran maksimalnya, dia bisa hidup tenang dlm container itu…tapi dia harus pindah setelah dewasa.

Akan lebih bagus kalo bikin kolam outdoor. Itu adalah cita2 gw…pengen punya rumah sendiri n membangun kolam yang luas buat kame n kroten, sehingga dia bisa selalu kena cahaya matahari.

container

2. Buatlah basking area atau tempat berjemur kura2 lengkap dgn Lampu UV. Lihat gambar di bawah. Basking area kame dibuat dari karton plastik lengkap dgn tangga naiknya dan lampu tepat di atasnya (dialasi kain agar lampu ga memanasi plastik). Proses pembuatan basking area

Tempat berjemur ini sangat penting buat karapasnya. Kura2 perlu diberi waktu untuk mengeringakan karapasnya. Karapas yang selalu basah dpt menyebabkan pertumbuhan karapas yang tidak baik. Kame biasanya berjemur sepanjang siang, bahkan sampai tertidur di basking areanya (Link).

basking

3. Khusus untuk kura2 yang tinggal di dalam rumah>> berikanlah mereka kesempatan berjemur di bawah sinar matahari sesekali. Minimal sekali seminggu bawa mereka keluar. Bisa membawa container kecil yang diisi sedikit air atau biarkan mereka bebas berjalan2 jadi saat kepanasan mereka bisa berlindung di balik bayangan.

Tapi jangan pernah lepaskan mereka dr pandangan!!!! Anda bisa kehilangan mereka atau mereka bisa terluka opleh hewan2 bercakar…jadi gunakan 1 jam dlm seminggu untuk benar2 memberikan mereka perhatian.

Kame n Kroten di jemur setiap gw ga berangkat ke sekolah.

berjemur

Itulah sedikit tentang tempat hidup mereka.

Tulisan ini adalah bagian dari Seri Perawatan Kura-Kura  RES

Tulisan lainnya:

  1. Pola Makan
  2. Ada apa di kepala kura2 (bukan perawatan sih, cuma info aja)
  3. Basking Area nan Simpel
  4. Gravid Turtle (Kura2 yang siap bertelur)
  5. Pengelupasan Scute
  6. Ciri-Ciri Fisik Kura-Kura  dan Meentukan Jenis Kelamin
  7. Cara melatih Kura-kura

.

Untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan Habitat Kura-kura, silakan tanyakan di TANYA JAWAB SEKITAR KURA-KURA.

About these ads

About Novroz

I actively maintained 2 blogs. My personal blog is about things that I love: Turtles, Books, Movies, Music, Larc en Ciel, Muse, Cillian Murphy, The Mighty Boosh and many more. I also help my 3 super cute turtles, Kroten, Papoe and Kurome, to maintain their own blog: http://kamekroten.wordpress.com

208 comments on “Perawatan Red Ear Slider (Habitat Yang Baik)

  1. Dhiyan
    July 23, 2012

    Hai kak,..aku baru ja bli kura kura masi kecil bgt si , warnanya ijo tua,..namanya Turple . Uda aku teliti dari tulisan kakk yang uda uda sepertinya ciri ciri si Turple sama ama Kroten ,.

    kak apa gak papa klo rumhe si Turple itu diisi aer ampe full / ampe dia tenggelem ? Aku ko takud ya klo dia bukan jenis RES / Dia jenis lain yg gakboleh kena air gitu

    • Novroz
      July 23, 2012

      Kalo dia memang kura2 air tawar berarti ga masalah dia hidup di air yang banyak karena di alam bebas mereka hidup di sungai dan dah pasti sungai itu airnya dalam. tapi kura bukan ikan, jadi harus ada tempat istirahatanya juga, itulah guna basking area.

  2. Stefanus
    July 27, 2012

    dear novroz, mau nanya donk..
    saya udah punya RES yang menurut saya, kelamin nya cowo, karna kuku nya panjang. Nama nya Bimboo.
    nah, ceritanya saya baru aja beli 1 kura lagi, dan saya belum tau kelamin nya apaan, karna masih kecil. (rencana nya di kasih nama bimbee :p )
    Bimboo udah menyendiri selama 5 bulan, pas saya taruh bimbee, kura kecil yang baru saya beli, kok bimboo jadi ndeketin dia, trus sering majuin kaki depan nya, n di goyang-goyang in, kayak nantangin dia. Itu gejala apaan ya ?

    sekarang posisi nya di pisah akuarium, takut mereka berantem, n streess..

    mohon pencerahan nya gimana..

    • Novroz
      July 28, 2012

      Menggerakkan tangan di dpn itu artinya ada 2, mengajak kawin atau menandakan teritory kekuasaan. Kalo yg kdua maka si kura kecil memang blm bs disatuin sama yg besar

      • Devon Cornelius Stark
        July 13, 2014

        gimana cara berjemur soalnya depan rumah saya jalanan gak ada rumput tetangga sering make mobil lagi gimana ya

        • Novroz
          July 14, 2014

          Ga ada rumput juga gapapa, taro di dalam baskom trus jemur, banyak cara kok untuk menjemur…yang penting diawasin terus

  3. Melz
    July 31, 2012

    Baby res ku udh rip 1 kak, abis dititipin d rmh tmn :'( .. Skrg udh beli baby res lg tp yg lebih kecil dr sebelumnya soalnya cman ada ukuran segitu sihh .. Mahal pulaa .. Aku juga ada bawa plg 1 kura yang dulu dititipin ke guru, skrg sih udah lumayan gede :) .. Kura2 nya nakal, ikan guru aku dimakannya terus ampe mati, jd kuranya dibalikin sm aku, skrg lg d plihara .. Kl d plihara guru ku itu aquariumnya d ruangan ber ac, ngga pernah d jemur, d satuin ma ikan lainnya .. Wktu aku bawa plg kuranya, pas di cek ternyata lg mau melepas scute na :) sekarang sih gada waktu buat jemur dia, paling hari minggu doang .. Tp aku bingung, itu kura katanya gblh d ruangan ber ac dan harus d jemur, malah gede skrg .. Tp kura aku d jemur, gada ac nya, dll lah ikutin syarat, malah is dead .. Bingung aku jadinya .. Kura yg gede ini skrg kayana ga percaya bgt ma org, biar jinak gimana ya kak ?? Meronta-ronta mulu dia klo d pegang ..

    • Novroz
      August 1, 2012

      Turut berduka cita.

      Wah kalo itu sih saya ga ngerti deh…ajal urusan Tuhan sih, mau di rawat atau ga, yang nentuin meninggalnya cuma Tuhan.

      Kura2 memang ga akan percaya sama orang kalo dr awal aja ga pernah disentuh. Kalo dah gede aga susah untuk menjinakkannya tapi ya dicoba aja langakah2 disini> http://bokunosekai.wordpress.com/2011/02/10/cara-melatih-kura-kura/

  4. Melz
    August 4, 2012

    haii kakk :D aku baru aja beliin heater buat baby res ku .. biasanya dia gamau nyemplung sampai pagi sampe2 matanya gabisa d buka saking keringnya :( karena airnya dingin, sekarang dia dah berenang trs karna airna dah anget 24 jem dong .. hehehe :) tapi kura aku yg gede karna kasian dia gak dapat heater aku gabungin sama yg baby, kira2 bisa brantem ga yah ? aku takut tar brantem :(

    • Novroz
      August 5, 2012

      Sebenarnya heater ga mesti nyala 24 jam kok. Gapap dimatiin beberapa jam karena jadi seperti alam aja, matahari kan ga muncul 24 jam ;)
      Coba aja diperhatiin dulu…bakal beratem atau ga, kalo ga ya udah satuin aja terus.

  5. Melz
    August 5, 2012

    Heaternya otomatis mati kok kalo derajatnya udah melebihi sesuai yg d atur, kalo d bwh derajat yg di atur ya dia nyala lg :) saya liat sih ga brntem, prtama d gabungin s pearlie (kura yg agak gede) ngeliatin si pero (baby) ampe palanya keluar gitu .. Stlah liat bbrp lama trs pearlie pegi lg, ga d apa2in kok .. Kemaren sy gabung smpe skrg pagi ga knp2 :) brrti boleh di gabung ya :D smntara ak msi pk ember, ikan d akuarium gtw mw d kmanain wkwkwk

  6. Stefanus
    September 15, 2012

    Dear Novroz,

    mau tanya ni. Skr kura-kura punya saya udah berumur 8 bulan an. saya sudah biara sekitar 5 bulan.

    skr lagi dapet case, dia gak mau buka mata nya kalo di dalem air. tp kalo jalan-jalan di luar akuarium mau buka matanya.

    air udah di ganti, tetep aja gak mau buka mata. itu kenapa ya ?

    thanks for sharing nya.

    • Novroz
      September 15, 2012

      hi Stefanus…
      Jujur sy ga tau knp itu, kalo dia buka mata saat ga di air plus matanya keliatan sehat2 aja…maka hrsnya matanya jg shat…kl sakit mata harusnya di air dan darat dia susah buka mata brarti dia memang sakit

  7. Devil Evil
    October 20, 2012

    Pngin melihara kura”
    Tapi bingung gimana buat tempat tinggalnya / Aquarium

    • Devil Evil
      October 21, 2012

      mau nanya
      qw kan baru beli babby kura” namanya Evil n Clouds :D
      itu katanya orang jual kalau ngasih air gak boleh kebanyakan ya..?

      • Novroz
        October 21, 2012

        Sebenarnya kura2brazil itu jago berenang…saya sih selalu kasih air banyak plus tempat buat sia istirahat karena bagaimanapun juga kura bukan ikan :)

    • Novroz
      October 21, 2012

      Saya pakai container plastic paling gede

      • Devil Evil
        October 22, 2012

        jadi meskipun masih bayi airnya gpp banyak kan yang penting ada basking areanya :)

        • Novroz
          October 22, 2012

          iya gapapa.

          • Devil Evil
            October 23, 2012

            Makakasih banyak :)

          • Novroz
            October 24, 2012

            Sama2 :)

          • Devil Evil
            October 26, 2012

            Haduh tiap ngasih air banyak dikit mesti langsung di kurang’i ama ayah ku.
            trus ngomel”
            emang kalau airnya kurang boleh..?

          • Novroz
            October 27, 2012

            Boleh aja kok

          • Devil Evil
            October 27, 2012

            Owh ya udah kalau gitu
            Makasih banyak :D

  8. Dita Restia (@Hikazu)
    January 19, 2013

    Misi Novroz… aku dikasih tau sama temenku tentang blog ini >< infonya menarik banget…
    cuman aku mau nanya, aku punya kura-kura batok (kura2 Ambon), kalo dilihat dari jenis kukunya sih betina yah… Tahun ini memasuki usia ke 12, cuman aku kasian selama 12 taun dia sendirian terus di baskom gede… dulu pernah kumasukin kolam ikan, ikan2 bapak ku pada mati jd sampe sekarang ditaro di baskom gede aja. misal kira2 aku beliin kura2 baru kalau beda jenis gapapa kah disatukan? atau tunggu kura2 baru itu agak besar?

    • Novroz
      January 19, 2013

      Hi dita.
      Wah kasian sekali dia (si kura) :(
      Kalau belum bisa nyediain tempat yang lebih baik buat si kura…menurut saya lebih baik jangan tambah kura2 dulu. Kasian. Sendirian aja juga gapapa.

  9. Ilham gunawan
    January 26, 2013

    Mau nanya kalau masih baby airnya banyak atau sedikit ?

  10. Ilham gunawan
    January 27, 2013

    Klau masih baby ?

    • Novroz
      January 27, 2013

      iya…bayi2 saya dah pada ditaro di air yang cukup banyak jadi bisa berenang kesana kemari

  11. Ilham gunawan
    January 27, 2013

    Kalau makanannya ?

    • Novroz
      January 27, 2013

      Pelet dan mulai dikasih sayur dikit2 karena kalo ga dibiasain dr kecil nantinya bakal susah untuk biasa makan sayur

  12. Ilham gunawan
    January 27, 2013

    Klau obat nya apa?

  13. Ilham gunawan
    January 27, 2013

    Kura , klu misalnya sakit.

    • Novroz
      January 27, 2013

      Itu mah tergantung sakitnya dan yg tau juga cuma yg umum, kl yg spesifik mau ga mau dibawa ke dokter hewan

  14. Ilham gunawan
    January 28, 2013

    Saya baru beli res , ukurannya 4cm , kira2 airnya hrs berapa cm ?

    • Novroz
      January 28, 2013

      yah susah juga nentuin berapanya kalo kolamnya aja seberapa saya ga tau.
      Intinya sih kura2nya bisa berenang.

  15. Ilham gunawan
    January 28, 2013

    Hi nov
    saya mau nanya knp ya , ko RES ku lemes2 kaya gtu ?

    • Novroz
      January 28, 2013

      Lemes? bayi kura2 memang cenderung gampang stress…yang penting kasih makan dan berjemur setiap pagi.

  16. Ilham gunawan
    January 30, 2013

    Gimana caranya agar ga setress lgi ?

    • Novroz
      January 30, 2013

      Itu…sy ga tau gimana caranya karena sy ga pernah punya kura2 yang stress. Sy cuma bisa membantu kalo dah pernah terjadi dgn kura2 sy

  17. okey
    February 16, 2013

    Baru menemukan halaman ini,wah,penjelasannya lengkap dan g menyesatkan(g kyk penjual2) :D
    makasih infonya..

    Q jg pnya kura2 kecil,g tau umur brapa,kalo itungan manusia mgkn balita.belinya berdasar tempurung bawahnya melengkung dan g,tp kyknya diperhatiin d rmh c cewe mua(g tau jg c,msh kcl)
    mereka q beri nama tukituki dan tikutiku ^^

    mereka suka berenang,jd q taruh d baskom besar dan air yg bnyak,tp terkadang q beri air sedikit biar bs berjemur d lempengan batu.q taruh dekat jendela biar kena cahaya matahari.

    Pernah q campur bersama pompong dg baskom berisi pasir pantai,tp tiba2 buntut tukituki putus,huaa bahaya bgt..jd q pisah lg..
    Q ajak bermain dg kucingku,tp mreka sama2 g tertarik.haha

    • Novroz
      February 17, 2013

      Makasih dah baca Vivi :)

      Dan makasih juga dah berbagi cerita soal Tuki dan Tiku :)

  18. Bentz
    February 20, 2013

    Kk Novroz yg baik, mau tanya nich, aq baca di artikel2 yg lain katanya untuk Kura2 jangan pakai air keran, padahal di rumahku cuma ada air keran, Gimana menurut kakak Novroz?
    Makacih ya kak untuk penjelasannya.

    • Novroz
      February 20, 2013

      Air keran yg ga boleh itu air PAM. kalo air tanah sih boleh2 aja.
      Air di rumah saya walaupun air tanah tapi ga gitu bagus :( jadi sy suka pake air campur, setengah kolam pake air isi ulang setengah lagi air keran

  19. Bentz
    February 21, 2013

    Aduh saya cuma ada air PAM K Novroz, apa ada solusi untuk air PAM, katanya bisa didiamkan dulu 24 jam supaya kandungan Khlorinenya mengendap baru bisa digunakan, apa benar begitu K Novroz?
    Thanks reply-nya yach…

    • Novroz
      February 21, 2013

      Katanya sih begitu…tapi saya juga ga tau bener atau tidaknya karena ga pernah pk PAM

      • Bentz
        February 23, 2013

        Ok ,trims ya K.

  20. ramdani
    May 26, 2013

    Hy kka..
    Ohh trnyta RES itu ga boleh di ksih air PAM ya

    Slma ini RES aq, aq ksih air PAM ka..
    Apa akan ada maslah /penyakit dngn RES ku itu ka

    Ohh ya 1lgi ka tntng lmpu UV itu guna nya u/ apa ya ka..
    Kla di gnti dngn lmpu sport atau lmpu sorot bgimna ka..?

    Terima kasih

    • Novroz
      May 26, 2013

      Ga boleh karena air PAM mengandung banyak klorin, efeknya apa terhadap kura2 saya juga kurang tahu. Air di rumah saya juga kurang bagus, karena saya ga mau terjadi apa2 sama kura2 saya jadi saya suka kasih setengah air minum isis ulang dan setengahnya lagi air rumh yang dah disaring.

      Lamp UV itu untuk penganti sinar UV matahari…dipakai kalau kita jarang menjemur kura2. Lampu sorot cuma berguna untuk menghangatkan mereka aja

  21. Liza
    May 31, 2013

    Kak, sekarang aku lagi di semarang, kan panas tuh, nah habis ini aku kuliahnya di bandung yang dingin.. Kura2ku perlu dibeliin heater ga ya?
    Sama biar terbiasa udara dingin udah beberapa minggu ini aku masukin kamarku yg ber ac, boleh ga ya?
    Tengkyuu

    • Novroz
      May 31, 2013

      Sebaiknya pake heater…sy inget betapa dinginnya Bandung…tapi mungkin sekarang dah ga sedingin dulu lagi.

      Sebenarnya ruangan ber-AC itu ga bagus karena bisa menyebabkan Respiratory Infection, penyakit yang lumayan mematikan.

      • Liza
        May 31, 2013

        Tapi kura2ku banyak gerak, enaknya heaternya taruh mana ya, takutnya kalo ketendang terus pecah, katanya kalo pecah bisa nyetrum.
        Sama ciri-cirinya Respiratory Infection apa aja ya?

        • Novroz
          June 2, 2013

          Wah setau sy semua alat2 buat akuarium dibikin kuat n ga gampang pecah.

          Silakan klik Tanya Jawab sekitar kura2 (ada di sidebar)

  22. hansen
    September 15, 2013

    kak
    metta ku msh bayi
    ukuran ny msh kecil
    boleh g kalo hanya tinggal di ember?

    • Novroz
      September 15, 2013

      Untuk sementara boleh aja tapi lebih bail dia tinggal di akuarium dgn filter air

      • hansen
        September 15, 2013

        makasih kak

  23. ika
    November 18, 2013

    mau tanya dong…
    gw punya kura-kura RES cowo trus gw pengen beli kura-kura yang biasa kalo gw jadi satu itu bahaya gak ya atau ada yang tau gak tempat yang jual kura-kura brazil buat gw kawinin, Trus 1 lagi kalo kura-kura RES trus gw isi air setengah aquarium itu bahaya gak si .

    • Novroz
      November 19, 2013

      Hi Ika,
      Menyatukan 2 kura2 dalam satu kolam itu antara bisa dan tidak, tergantung kura2nya…ada yang bisa langsing menerima teman ada yang ga.
      Bahaya dalam artian apa? KUra2 saya airnya sepenuh akuarium kok.

      • ika
        November 19, 2013

        pas pertama beli kura ada yang bilang katanya kalo isi air kura2 RES jngn ampe lebih dari tempurungnya takutnya gak kuat nafas gitu trus baru minggu ini gw isi air ampe setngah aquarium itu bakal mati gak ya…

        sama mau tanya tempat yang jual kura2 RES gitu dimana si ?

        • Novroz
          November 19, 2013

          Tolong tulisan saya diatas dibaca :)
          udah jelas banget kok diatas soal perairan ini.

          RES dijual dimana…itu kura2 paling pasaran.

  24. inot
    December 4, 2013

    saya punya kolam 3×1 meter
    d sna ada air 70% dartan 30%
    sya punya res hmpir 8 ekor, matahari,piput, dan kura ambon
    sya cmpur jdi satu,,

    yg saya mw tnyakan ambon sring brtengkar dgan res,,
    wkt d ksih mkan
    knapa y..

    • Novroz
      December 7, 2013

      Wow banyak bgt kura2 kamu!

      Berantem berebut makanan sih wajar…jangankan yg beda jenis, yg sejenis aja bisa berantem juga.

  25. kyuta
    December 14, 2013

    Sy kmrn (11-12-13) beli baby kura2 hijau 2 ekor,tp sudah hilang satu krn sy ceroboh waktu jemur mereka ;,(.. Sekrang tgl 1,si noni.. Sy msh berharap rava tiba2 nongol sih,krn jemurnya cuma di kebun atas… Ga sengajaa ketemu blog ini n liat poto2 RES nya.. Jadi pengen punya jg.. Berapa ya kisaran harganya? ⌣☺Tнaπκ-ýŏϋ☺⌣

    • Novroz
      December 15, 2013

      RES murah kok. Yang 5 ribu 1 juga ada.

  26. kyuta
    December 15, 2013

    Нaнaнaº°˚ ˚°ºhɑhɑhɑº°˚ ˚°º setelah aq telaah lagi,kura2 hijau ku ternyata jg termasuk res.. Maklum,baru mulai melihara,jd blm tau ;)
    Aq kmrn beli di jatinegara 30rb n td beli lagi 2 u/ nemenin noni.. Tp kepengen punya yellow ears silders,kyk sih kuroten ya? Unyu soalnya ;)

  27. kyuta
    December 15, 2013

    Нaнaнaº°˚ ˚°ºhɑhɑhɑº°˚ ˚°º ternyata kura2 yg aq beli kmrn udah termasuk RES.. Makllum baru mulai melihara,jd belum terlalu tau.. Sangat bermnfat baca2 seri perwatan kura2 nya.. Td sy beli lagi 2 res (skitar 7cm) dengan harga 30 rb . Katanya sih psarannya segitu,klo yg lbh kecilan 10rb.. Unyu2 bgt deh ;)
    ⌣☺Tнaπκ-ýŏϋ☺⌣ for the good info ya ;)

  28. akbar
    December 23, 2013

    kak,itu buat tempat berjemurnya pake apa yaa?kok kaya dari kardus tapi gak hancur pas kena air

    • Novroz
      December 26, 2013

      Itu namanya impraboard, kayak karton tp dr plastic.

      • akbar
        December 31, 2013

        kira-kira belinya dimana ya??dan berapa harganya?

        • Novroz
          January 4, 2014

          Di toko buku, ga tau berapa soalnya sy daur ulang punya murid

          • akbar
            January 5, 2014

            makasih ya kak atas informasinya :)

  29. akbar
    December 24, 2013

    kak,kalo buat pengganti matahari pake apa yaa??
    kalo benda item yang ada di tempat kura-kura di gambar di atas itu apa?
    kura-kura saya ada 3,yang 2 umurnya 9 tahun yang 1nya lagi baru 3 tahun tapi gak pake benda item sama pengganti matahari

    • Novroz
      December 26, 2013

      Penganti matahari pake lampu UVB/UVA, lumayan mahal dan susah dicari. Sy aja masih blm pake.

      Yg item itu filternya supaya ga sering2 ganti air

      • akbar
        December 31, 2013

        kalo filter saya pernah make tapi di ancurin,caranya gimana ya supaya gak di ancurin?

  30. Putri Eka Pertiwi
    January 14, 2014

    yaampun kak… sedih banget rasanya baca postingan-postingan kakak… ternyata selama ini saya salah ngurusin kura-kura saya. Udah kurang lebih 5 tahun kak umurnya… nggak pernah dijemur:”( selama ini cuma tau dia baik-baik aja tapi seminggu sampai 2 minggu terakhir ini dia mogok makan… terus jadi gak selincah biasanya… akhirnya aku searching dan baca semua postingan di blog kakak ini… makasih kak pengetahuannyaa… :)

    • Novroz
      January 14, 2014

      Hi Putri :)
      Senang bisa membantu dan semoga kamu bisa jadi pemilik Kura-kura yang bertanggung jawab :)

  31. Dhiky Hurt
    January 27, 2014

    mau tanya mbak..
    kalo airnya dalem tapi kepalanya masih bisa menjulur ambil udara bisa..? dan juga gak ada basking areanya..?

    • Novroz
      January 28, 2014

      Airnya dalam dan ga ada basking area? Kura-kura bukan ikan, mereka bernafas dengan paru2 dan bisa cape berenang…dia mungkin bisa bertahan hidup tapi dia ga akan hidup dgn bahagia

  32. andi
    February 25, 2014

    kak filter itu beli nya di mana kak saya cari di mana mana ngak ada??

    • Novroz
      February 25, 2014

      Ada di toko yang biasa jual ikan dan akuariumnya. banyak kok kalo disini

  33. isanlangang
    February 28, 2014

    salam kak,,, mau tanya nih, saya punya sepasang kura-kura yang “kemungkinan” betina, soalnya ekor nya tumpul dan cakarnya pendek,,
    kura-kura ini saya letak di kolam outdoor,dan umurnya sekitar 4-5 tahun,
    yang ingin saya tanyakan, akhir2 ini kedua kura-kura saya sering menyendiri/bersembunyi di sudut-sudut seperti pojokan kolam atau sudut2 lobang di dinding kolam yang tidak terkena air, lebih tepatnya seperti hewan yang sedang hibernasi.
    saya bingung, ketika saya mengeluarkan si kura-kura dari persembunyian, dan hendak memberi makan, si kura-kura malah mengabaikan makanannya dan kembali mencari sudut-sudut kolam seperti yang saya katakan tadi,
    padahal sebelumnya si kura-kura tidak seperti itu
    jadi saya harus bagaimana kak?
    apakah ini penyakit,
    atau memang sifat alami kura-kura (kebetulan di daerah saya sedang musim kemarau hebat, dan otomatis jumlah air di kolam juga ikut menyusut)
    terimakasih atas perhatiannya kak..

  34. tewel
    March 24, 2014

    permisi, saya mau tanya nih,, tolong dijawab ya,, apakah tikus itu makan kura2 atau tikus bisa menyerang kura2 nggak ya? soalnya dirumah ane banyak tikus,, n kura2 terkecil saya berukuran 10cm, aman nggak ya saya taruh dipekarangan takutnya dimakan tikus gitu… trims

    • Novroz
      March 25, 2014

      Saya kurang tau juga. Kura2 saya selalu punya kolam indoor.

  35. lana
    April 13, 2014

    makasih gan.. semua infonya ngebantu banget buat ane. yang selama mungkin 5tahun salah melihaara si jo (kura kura ane)

  36. Michael
    April 24, 2014

    Halo sist
    kura2 gw jarang dijemur matahari karena gw kerja.
    apakah sebuah Lampu UVB bisa diganti dgn sinar matahari ? seperti lampu yang dimiliki Kroten di basking area nya. dan gw ada beli lampu dekor yang biasanya di pakai untuk akuarium ikan untuk mempercantik akuarium itu trmasuk lampu UV ga?
    dan Apa Heater itu wajib dimiliki? soalnya kondisi keadaan kura2 gw itu parah bgt skrg. sudah 10 hari tdk mau makan, tempurung mulai lembek dan ada bekas karatan berwarna kuning2 gitu, jarang mau gerak dan gak mau di perairan
    itu knp ya sist ? minta pecerahannya dong ..
    thanks :)

    • Novroz
      April 26, 2014

      Pakai UVB yang sebenarnya. Yg saya pake buat Kroten dulu bukan UVB sebenarnya. Lampu UVB yang punya fungsi sama dengan matahari harganya aga mahal tp perlu buat kesehatan mereka.

      Wah kalau udah ga mau makan aga susah juga.

  37. ramdani
    May 22, 2014

    Nov dmna prnah ikut prkumpulan RES ga?
    Biasa kumpul” nya dmna ea ..?

    Pngen sekali” ikut perkumpulan kya gitu deh..
    Bisa searing soal RES kita..
    Dan nambah wawasan cara merawat RES kita…

    Tolong info nya noV…

Say something so I know you have read my post, THANK YOU for reading :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 11, 2009 by in Kame&Kroten and tagged , , , .

Movie Event

Thank you for following me :)

Join 1,177 other followers

Check these books!

RSS Celoteh Siswa

  • Kepribadian
    Hari ini, guru Bahasa Indonesia di sekolah meminta anak2 kelas 6 untuk membuat kalimat dengan menggunakan beberapa kata, salah satunya adalah KEPRIBADIAN. Salah seorang anak membuat kalimat yang menarik “Saya menyimpan kepribadian saya di locker”

COPYRIGHT

© Polychrome Interest [bokunosekai.wordpress.com]. Unauthorized use and/or duplication of this material and/or photographs without express and written permission from this blog’s author and/or owner is strictly prohibited. All requests to republish excerpts, articles, or photos must be made to the blog owner/author.

Top Rated

Tweeeeeettttt

Goodreads

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,177 other followers

%d bloggers like this: